tapi anyway, ini ban pengganti ban Yokohama A-Drive 195 55 R15 saya yang umurnya sudah 4 tahun, dan dipakai 3 tahun sejauh 26 ribu km kurang lebih. Terpaksa ganti karena ada satu ban dari keempat roda yang gampang banget ketembus paku dan sudah 3x kena, entah ada apa sama tuh ban


Dan sialnya ban Yokohama ini sudah ga ada dimana2, karena emang juga sudah ganti model jadi Yokohama BlueEarth AE01. yang tampilan persis sama hanya masuk eco tyre karena ganti kompon. Terpaksalah pensiun setengah dini dari umur pakai yang tebakan saya bisa 40 ribu km, dan dicari satu biji yang sudah pernah ditambal juga. Dan juga emang ini ban sudah berisik banget, dan tapak mulai kelihatan muncul retak2, penyakit ban yang buatan bukan Indonesia dan thailand muncul juga.
AKhirnya mutusin sebaiknya ganti dan emang agak urgent.
kebutuhan:
1. GRIP.
2. Grip.
3. Noise.
Umur pakai ga masuk kategori karena pengalaman dari dulu ban 35 - 40 ribuan km sudah ganti duluan biasa karena entah udah ketambal 3x, emang sudah nyaris habis atau sudah lebih dari 4 tahun sejak pasang dan bosen

Dalam pencarian muncul 3 kontender utama yang berukuran sama:
1. BS AR20. harga 850 ribuan. ban premium yang mana harganya agak kemahalan menurut newbie, ya seperti biasanya this is BS, ga pernah murah

2. Dunlop LM704. Harga 700 ribuan tapi ini seingat saya bisa jadi salah. ban sport touring, tapi menilik pengalaman newbie dengan varian D80 V4 yang luar biasa horrible jadi dieliminasi duluan d.
3. Yokohama ADVAN DB V551




Jadi balik ke nomor 1? Kemudian muncul pilihan keempat: GT RADIAL varian BAX2. merek Ban lokal yang ajaibnya kenceng di luar negeri daripada di indo, senasib dengan sepeda merek Polygon kah?


Akhirnya mampir ke Tirezone yang kebetulan ada di daerah saya. tanya2 ternyata ready stock, harga 525 ribu saja. wow!

Akhirnya deal BAX2, dicariin oleh mekanik yang keluaran baru, karena nyatanya yang ada stok cetakan minggu 46 tahun 2014




Dipasang selesai. yang saya notice pertama kali kok dinding ban gendut? ternyata ga ada Rim guard.. doeng



SPESIFIKASI
CHAMPIRO BAX 2
Memberikan pengendalian sempurna, kenyamanan dan kesenangan berkendara dalam berbagai kondisi
Features Benefits
Pola telapak yang asimetris Sangat stabil dalam pengendalian dan membelok serta tingkat kebisingan yang rendah
Kompon Silika Memaksimalkan pengendalian serta daya tahan gelinding yang rendah, menjadikan ban ini irit bahan bakar
Alur-alur yang lebar Sangat cepat mengevakuasi air
http://www.gtradial.com/global/Tire-Det ... PIRO_BAX_2
masuk kategori silent tyre, di beberapa web eropa bilang ini ban masuk EU TYRE LABEL: FUEL E, WET B, NOISE 72dB 3 strip. hmm not bad at all terutama dari tyre noise dan wet grip. dari spek di dinding ban nilai UTGQ Treadwear 360, Temperature A, Traction A. nilai ini hanya beda di treadwear 300 untuk Yokohama lama ane.
TEST JALAN
Gelinding pertama kali langsung hore ga berisik padahal dipasang di belakang, yang depan masih pakai ban lama

tampilan jadi agak unik, kesannya lebih kearah profile 60 tapi dari belakang kok lebar sekali


Coba test Tegal - JKT PP. lewat pantura yang lagi heboh betonisasi dimana2 dan kondisi aspal mulai ngelupas akibat sudah lewat musim lebaran, dan kualitas jalan beton yang berasa ada yang kayanya speknya ga sesuai dengan SNI ada yang luar biasa bagus, semuanya oke2 aja, hanya terasa ini ban berisik kalau ketemu lintasan aspal yang mulai habis, sedangkan di beton ga terlalu berisik. terpenting suara angin relatif tereduksi sekali. hanya suara tapak aja yang agak berisik. naik toll Ruas Kanci Pejagan yang buatan bakrie dan kondang dengan kualitas beratnakan dan pothole dimana2 nyaman2 aja, pun ketika belok2 dan ngelibas sambungan yang asal2an buatannya ga masalah. sambung toll Cikampek Palimanan hanya bunyi siulan dari tapak yang kedengeran jelas sisanya ga ada

Conclusion.
Memuaskan sekali. Saya suka dengan ban asimetrik




besok2 ane ganti ban gt radial lagi aja ah.. cintai produk dalam negeri




