Re: Serba Serbi Ban Part 2
Posted: Thu Jan 31, 2019 11:54
Video YouTube tentang busi
https://youtu.be/cBjdRQf2AoI
https://youtu.be/cBjdRQf2AoI
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Dunlop ena' ena', bridgestone ekoBakpia, dan gudyir tripleks keras semua tuh.... Ban kategori eco tp empuk, keknya cmn conti comfortcontact 6 dan michelin XM2patrickstar wrote: ↑Thu Jan 31, 2019 14:10 nanya tentang ban dong om2. AN Ertiga menurut saya nyamannya berkurang dibanding Ertiga lama, gampang goyang biarpun batu kecil, lubang kecil (mau coba ganti shock, susah cari aftermarketnya).
iseng2 googling ban, banyak yg bilang ban Enasave emang karakteristik keras, ngga stabil.
nah bawaan AN Ertiga pake Enasave, apa mungkin pengaruh ban. badan kaya kebanting2 dah. trmkasih.
Conti ccc6 masa eco om?josomba wrote: ↑Thu Jan 31, 2019 15:40Dunlop ena' ena', bridgestone ekoBakpia, dan gudyir tripleks keras semua tuh.... Ban kategori eco tp empuk, keknya cmn conti comfortcontact 6 dan michelin XM2patrickstar wrote: ↑Thu Jan 31, 2019 14:10 nanya tentang ban dong om2. AN Ertiga menurut saya nyamannya berkurang dibanding Ertiga lama, gampang goyang biarpun batu kecil, lubang kecil (mau coba ganti shock, susah cari aftermarketnya).
iseng2 googling ban, banyak yg bilang ban Enasave emang karakteristik keras, ngga stabil.
nah bawaan AN Ertiga pake Enasave, apa mungkin pengaruh ban. badan kaya kebanting2 dah. trmkasih.
Setau saya tier-ingnya kek gini kalau non-suv (cmiiw);
Ring berapa om?exball wrote: ↑Sat Feb 02, 2019 19:22 Suhu2 sekalian, minta reviewnya dong
Ban dengan ukuran 245/45 (profil 110mm) termasuk ban tipis atau ga ya?, apa masih lumayan nyaman ngelewatin jalan rusak?
Ban dengan ukuran 185/60 , 195/55 atau 205/55 memiliki profil hampir mirip dengan 245/45 di atas, kasih reviewnya dong om2 yang sudah pernah make ban dengan 3 ukuran tersebut, gimana rasanya saat ga sengaja hajar lobang yang ga terlalu dalam, atau saat dijalan yang aspalnya kasar atau jalan berbatu, apa kerasa keras atau gimana?
Rencana mau pake Ring 19 omsintoni wrote: ↑Sun Feb 03, 2019 0:07Ring berapa om?exball wrote: ↑Sat Feb 02, 2019 19:22 Suhu2 sekalian, minta reviewnya dong
Ban dengan ukuran 245/45 (profil 110mm) termasuk ban tipis atau ga ya?, apa masih lumayan nyaman ngelewatin jalan rusak?
Ban dengan ukuran 185/60 , 195/55 atau 205/55 memiliki profil hampir mirip dengan 245/45 di atas, kasih reviewnya dong om2 yang sudah pernah make ban dengan 3 ukuran tersebut, gimana rasanya saat ga sengaja hajar lobang yang ga terlalu dalam, atau saat dijalan yang aspalnya kasar atau jalan berbatu, apa kerasa keras atau gimana?
Kalo ane sih 245/45 masih termasuk oke ya, kalo dibilang tipis ga jg kalo dibilanh tebel ga jg.
Rata2 skrg sedan mewah atau sport sudah profil 45 kebawah malahan.
Kalo saya ganti2 ukuran ban berpatokan sama tabel di bawahLuxman wrote: ↑Wed Feb 06, 2019 13:11 Met malam dulurr...
Saya pakai BS dueler HT 215/70/15 di GNKI. Tekana ban standard 33 psi depan dan belakang. Tapi kok terasa keras sekali ya. Diisi 27 psi baru terasa nyaman.
Apakah aman bila diisi 27 psi?
Bagaimana dampak jangka panjang pada ban dan mobil bila pakai ukuran ini?
Ganti ban baru sebaiknya sekalian di spooring juga omEscaflowne wrote: ↑Thu Feb 07, 2019 13:56 Selamat malam om, mohon petunjuk, kemarin saya mengganti ban depan mobilio bawaan GT champiro eco karena benjol di dinding sebelah kiri ban dengan, sepasang ban depan dengan bridgestone Turanza t005, setelah diganti, posisi setir yang tadinya lurus berubah menjadi agak miring ke kiri sedikit.
Saya sudah menukar posisi kanan ban menjadi kiri ban, namun setir saya tetap miring ke kiri.
Apa yang mestinya saya lakukan supaya posisi setir kembali centre?
Apakah harus dilakukan spooring?
Terima kasih.
Mobilnya apa om? Kalo Honda ane perhatiin rata2 suspensi agak sporti alias cenderung keras, jadi tekanan ban ikutin standar pabrik aja.rendangkrispi wrote: ↑Fri Dec 14, 2018 8:37 Halo, untuk tekanan angin ban apakah harus sesuai rekomendasi pabrik yang ada di sisi pintu?
Aku pakai 32psi dari rekomendasi 30psi pabrik, tapi kelihatannya malah masih seperti kempes kondisi mobil parkir.
Jangan om, ban serep justru HARUS yg paling ideal kondisinya, krn kalo dia yg kena masalah pas dipake, udah gak ada lagi penggantinya.
Terima kasih om. Ga kuatir lagi dah.aabx wrote:Kalo saya ganti2 ukuran ban berpatokan sama tabel di bawahLuxman wrote: ↑Wed Feb 06, 2019 13:11 Met malam dulurr...
Saya pakai BS dueler HT 215/70/15 di GNKI. Tekana ban standard 33 psi depan dan belakang. Tapi kok terasa keras sekali ya. Diisi 27 psi baru terasa nyaman.
Apakah aman bila diisi 27 psi?
Bagaimana dampak jangka panjang pada ban dan mobil bila pakai ukuran ini?
Cara bacanya kita ambil load index dari ban std dan tekanan angin rekomendasi pabrik
Misalnya std 205/65/15 94H, tekanan angin pabrikan 33
Diganti ke 215/70/15 98T (ini contoh aja ya, angka aslinya monggo dicek ke mobil om)
Kalau di tabel kita cari dengan load rating std + tekanan std akan ketemu angka 1363. Kemudian kita cari di baris load rating baru yaitu 98, angka yang paling dekat dengan 1363, akan ketemu kolom diantara 28-29psi. 28-29 psi ini bisa digunakan untuk ban barunya. Sekali lagi, monggo dicek angka benarnya dari ban yang terpasang di mobil om.
Sudah diganti om. Kemarin itu masih pakai ban lama, dan karena pemakaian mobil sedang intens, jadi ban itu dijadiin ban serep sampai ganti semua bannya.qushay20019 wrote: ↑Thu Feb 07, 2019 20:47Jangan om, ban serep justru HARUS yg paling ideal kondisinya, krn kalo dia yg kena masalah pas dipake, udah gak ada lagi penggantinya.
Spooring sudah dilakukan om ketika pasang ban baru.aabx wrote:Ganti ban baru sebaiknya sekalian di spooring juga omEscaflowne wrote: ↑Thu Feb 07, 2019 13:56 Selamat malam om, mohon petunjuk, kemarin saya mengganti ban depan mobilio bawaan GT champiro eco karena benjol di dinding sebelah kiri ban dengan, sepasang ban depan dengan bridgestone Turanza t005, setelah diganti, posisi setir yang tadinya lurus berubah menjadi agak miring ke kiri sedikit.
Saya sudah menukar posisi kanan ban menjadi kiri ban, namun setir saya tetap miring ke kiri.
Apa yang mestinya saya lakukan supaya posisi setir kembali centre?
Apakah harus dilakukan spooring?
Terima kasih.
Kalau spooringnya masih garansi coba di klaim om, atau pindah bengkel untuk spooring ulang. Selama bannya gak cacat produksi dan kaki2 sehat harusnya masih bisa lurus.Escaflowne wrote: ↑Fri Feb 08, 2019 2:28 Spooring sudah dilakukan om ketika pasang ban baru.
Apakah saya mesti copot setir dan sesuaikan posisi lurusnya? Tapikrn ada airbag saya tidak berani buka om, takut ga bisa pasangnya lagi.
Di toko ban langganan ane kalo spooring gak pernah ada tuh cerita lepas setir...aabx wrote: ↑Fri Feb 08, 2019 2:44Kalau spooringnya masih garansi coba di klaim om, atau pindah bengkel untuk spooring ulang. Selama bannya gak cacat produksi dan kaki2 sehat harusnya masih bisa lurus.Escaflowne wrote: ↑Fri Feb 08, 2019 2:28 Spooring sudah dilakukan om ketika pasang ban baru.
Apakah saya mesti copot setir dan sesuaikan posisi lurusnya? Tapikrn ada airbag saya tidak berani buka om, takut ga bisa pasangnya lagi.
Kalau setir gak pernah dibongkar2 saya gak rekomen dengan cara tsb, karena sudut di kaki2 lebih penting. Saya pernah lurusin dengan cara tsb, pas lurus emang bener lurus tapi pas nikung lumayan berantakan hehe.
Noted om, thanks infonya, saya memang sptnya ga mao copot setir kecuali dianjurkan tempat spooring. saya akan coba spooring ulang bsk di toko ban lain.aabx wrote:Kalau spooringnya masih garansi coba di klaim om, atau pindah bengkel untuk spooring ulang. Selama bannya gak cacat produksi dan kaki2 sehat harusnya masih bisa lurus.Escaflowne wrote: ↑Fri Feb 08, 2019 2:28 Spooring sudah dilakukan om ketika pasang ban baru.
Apakah saya mesti copot setir dan sesuaikan posisi lurusnya? Tapikrn ada airbag saya tidak berani buka om, takut ga bisa pasangnya lagi.
Kalau setir gak pernah dibongkar2 saya gak rekomen dengan cara tsb, karena sudut di kaki2 lebih penting. Saya pernah lurusin dengan cara tsb, pas lurus emang bener lurus tapi pas nikung lumayan berantakan hehe.
Mudah2an bsk saya spooring ulang tidak sampai copot setir. Thanks om sarannya.qushay20019 wrote:Di toko ban langganan ane kalo spooring gak pernah ada tuh cerita lepas setir...aabx wrote: ↑Fri Feb 08, 2019 2:44Kalau spooringnya masih garansi coba di klaim om, atau pindah bengkel untuk spooring ulang. Selama bannya gak cacat produksi dan kaki2 sehat harusnya masih bisa lurus.Escaflowne wrote: ↑Fri Feb 08, 2019 2:28 Spooring sudah dilakukan om ketika pasang ban baru.
Apakah saya mesti copot setir dan sesuaikan posisi lurusnya? Tapikrn ada airbag saya tidak berani buka om, takut ga bisa pasangnya lagi.
Kalau setir gak pernah dibongkar2 saya gak rekomen dengan cara tsb, karena sudut di kaki2 lebih penting. Saya pernah lurusin dengan cara tsb, pas lurus emang bener lurus tapi pas nikung lumayan berantakan hehe.
Paling diputer2 aja setirnya pas mobil udah di atas lift
sebaiknya memang spooring lagi om..Escaflowne wrote: ↑Thu Feb 07, 2019 13:56 Selamat malam om, mohon petunjuk, kemarin saya mengganti ban depan mobilio bawaan GT champiro eco karena benjol di dinding sebelah kiri ban dengan, sepasang ban depan dengan bridgestone Turanza t005, setelah diganti, posisi setir yang tadinya lurus berubah menjadi agak miring ke kiri sedikit.
Saya sudah menukar posisi kanan ban menjadi kiri ban, namun setir saya tetap miring ke kiri.
Apa yang mestinya saya lakukan supaya posisi setir kembali centre?
Apakah harus dilakukan spooring?
Terima kasih.