Serba Serbi Ban Part 2
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Dunlop LM704 ganti ke size 195/65. Kalo ngejar awet pasti BSuyab07 wrote: Thu Jan 31, 2019 1:13 ada rekomendasai buat gantiin ban GL yg uda 5 tahun lewat, jarang dipake si dan masih tebel kembangannya tapi ngeri2 jg karetnya uda ga bagus
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: Serba Serbi Ban Part 2
nanya tentang ban dong om2. AN Ertiga menurut saya nyamannya berkurang dibanding Ertiga lama, gampang goyang biarpun batu kecil, lubang kecil (mau coba ganti shock, susah cari aftermarketnya).
iseng2 googling ban, banyak yg bilang ban Enasave emang karakteristik keras, ngga stabil.
nah bawaan AN Ertiga pake Enasave, apa mungkin pengaruh ban. badan kaya kebanting2 dah. trmkasih.
iseng2 googling ban, banyak yg bilang ban Enasave emang karakteristik keras, ngga stabil.
nah bawaan AN Ertiga pake Enasave, apa mungkin pengaruh ban. badan kaya kebanting2 dah. trmkasih.
Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Dunlop ena' ena', bridgestone ekoBakpia, dan gudyir tripleks keras semua tuh.... Ban kategori eco tp empuk, keknya cmn conti comfortcontact 6 dan michelin XM2patrickstar wrote: Thu Jan 31, 2019 14:10 nanya tentang ban dong om2. AN Ertiga menurut saya nyamannya berkurang dibanding Ertiga lama, gampang goyang biarpun batu kecil, lubang kecil (mau coba ganti shock, susah cari aftermarketnya).
iseng2 googling ban, banyak yg bilang ban Enasave emang karakteristik keras, ngga stabil.
nah bawaan AN Ertiga pake Enasave, apa mungkin pengaruh ban. badan kaya kebanting2 dah. trmkasih.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Conti ccc6 masa eco om?josomba wrote: Thu Jan 31, 2019 15:40Dunlop ena' ena', bridgestone ekoBakpia, dan gudyir tripleks keras semua tuh.... Ban kategori eco tp empuk, keknya cmn conti comfortcontact 6 dan michelin XM2patrickstar wrote: Thu Jan 31, 2019 14:10 nanya tentang ban dong om2. AN Ertiga menurut saya nyamannya berkurang dibanding Ertiga lama, gampang goyang biarpun batu kecil, lubang kecil (mau coba ganti shock, susah cari aftermarketnya).
iseng2 googling ban, banyak yg bilang ban Enasave emang karakteristik keras, ngga stabil.
nah bawaan AN Ertiga pake Enasave, apa mungkin pengaruh ban. badan kaya kebanting2 dah. trmkasih.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Setau saya tier-ingnya kek gini kalau non-suv (cmiiw);
Entry atau kelas eco2: ComfortContact6 (cc6)
Medium/comfort: Conti Max Contact atau gak Premium contact
High performance: Ultra Contact dan sport contact
Tp ya memang cc6 bisa bersaing sih dengan dunlop lm704 yg harusnya kategori comfort.....

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Fri Sep 12, 2014 4:59
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Suhu2 sekalian, minta reviewnya dong
Ban dengan ukuran 245/45 (profil 110mm) termasuk ban tipis atau ga ya?, apa masih lumayan nyaman ngelewatin jalan rusak?
Ban dengan ukuran 185/60 , 195/55 atau 205/55 memiliki profil hampir mirip dengan 245/45 di atas, kasih reviewnya dong om2 yang sudah pernah make ban dengan 3 ukuran tersebut, gimana rasanya saat ga sengaja hajar lobang yang ga terlalu dalam, atau saat dijalan yang aspalnya kasar atau jalan berbatu, apa kerasa keras atau gimana?
Ban dengan ukuran 245/45 (profil 110mm) termasuk ban tipis atau ga ya?, apa masih lumayan nyaman ngelewatin jalan rusak?
Ban dengan ukuran 185/60 , 195/55 atau 205/55 memiliki profil hampir mirip dengan 245/45 di atas, kasih reviewnya dong om2 yang sudah pernah make ban dengan 3 ukuran tersebut, gimana rasanya saat ga sengaja hajar lobang yang ga terlalu dalam, atau saat dijalan yang aspalnya kasar atau jalan berbatu, apa kerasa keras atau gimana?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Ring berapa om?exball wrote: Sat Feb 02, 2019 19:22 Suhu2 sekalian, minta reviewnya dong
Ban dengan ukuran 245/45 (profil 110mm) termasuk ban tipis atau ga ya?, apa masih lumayan nyaman ngelewatin jalan rusak?
Ban dengan ukuran 185/60 , 195/55 atau 205/55 memiliki profil hampir mirip dengan 245/45 di atas, kasih reviewnya dong om2 yang sudah pernah make ban dengan 3 ukuran tersebut, gimana rasanya saat ga sengaja hajar lobang yang ga terlalu dalam, atau saat dijalan yang aspalnya kasar atau jalan berbatu, apa kerasa keras atau gimana?
Kalo ane sih 245/45 masih termasuk oke ya, kalo dibilang tipis ga jg kalo dibilanh tebel ga jg.
Rata2 skrg sedan mewah atau sport sudah profil 45 kebawah malahan.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Fri Sep 12, 2014 4:59
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Rencana mau pake Ring 19 omsintoni wrote: Sun Feb 03, 2019 0:07Ring berapa om?exball wrote: Sat Feb 02, 2019 19:22 Suhu2 sekalian, minta reviewnya dong
Ban dengan ukuran 245/45 (profil 110mm) termasuk ban tipis atau ga ya?, apa masih lumayan nyaman ngelewatin jalan rusak?
Ban dengan ukuran 185/60 , 195/55 atau 205/55 memiliki profil hampir mirip dengan 245/45 di atas, kasih reviewnya dong om2 yang sudah pernah make ban dengan 3 ukuran tersebut, gimana rasanya saat ga sengaja hajar lobang yang ga terlalu dalam, atau saat dijalan yang aspalnya kasar atau jalan berbatu, apa kerasa keras atau gimana?
Kalo ane sih 245/45 masih termasuk oke ya, kalo dibilang tipis ga jg kalo dibilanh tebel ga jg.
Rata2 skrg sedan mewah atau sport sudah profil 45 kebawah malahan.
Yang standar pake ring 17 ban 225/55 om, Up sekitar +3%
Tapi lebar velg pake 7.5" saja, biar diding ban ga rata dengan bibir velg
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Om-om ada yg bisa kasih review pros dan cons antara michelin primacy 3 st vs bridgestone turanza t005a, terimakasih sebelumnya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Sat Apr 01, 2017 23:50
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Met malam dulurr...
Saya pakai BS dueler HT 215/70/15 di GNKI. Tekana ban standard 33 psi depan dan belakang. Tapi kok terasa keras sekali ya. Diisi 27 psi baru terasa nyaman.
Apakah aman bila diisi 27 psi?
Bagaimana dampak jangka panjang pada ban dan mobil bila pakai ukuran ini?
Saya pakai BS dueler HT 215/70/15 di GNKI. Tekana ban standard 33 psi depan dan belakang. Tapi kok terasa keras sekali ya. Diisi 27 psi baru terasa nyaman.
Apakah aman bila diisi 27 psi?
Bagaimana dampak jangka panjang pada ban dan mobil bila pakai ukuran ini?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Selamat malam om, mohon petunjuk, kemarin saya mengganti ban depan mobilio bawaan GT champiro eco karena benjol di dinding sebelah kiri ban dengan, sepasang ban depan dengan bridgestone Turanza t005, setelah diganti, posisi setir yang tadinya lurus berubah menjadi agak miring ke kiri sedikit.
Saya sudah menukar posisi kanan ban menjadi kiri ban, namun setir saya tetap miring ke kiri.
Apa yang mestinya saya lakukan supaya posisi setir kembali centre?
Apakah harus dilakukan spooring?
Terima kasih.
Saya sudah menukar posisi kanan ban menjadi kiri ban, namun setir saya tetap miring ke kiri.
Apa yang mestinya saya lakukan supaya posisi setir kembali centre?
Apakah harus dilakukan spooring?
Terima kasih.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Kalo saya ganti2 ukuran ban berpatokan sama tabel di bawahLuxman wrote: Wed Feb 06, 2019 13:11 Met malam dulurr...
Saya pakai BS dueler HT 215/70/15 di GNKI. Tekana ban standard 33 psi depan dan belakang. Tapi kok terasa keras sekali ya. Diisi 27 psi baru terasa nyaman.
Apakah aman bila diisi 27 psi?
Bagaimana dampak jangka panjang pada ban dan mobil bila pakai ukuran ini?
Cara bacanya kita ambil load index dari ban std dan tekanan angin rekomendasi pabrik
Misalnya std 205/65/15 94H, tekanan angin pabrikan 33
Diganti ke 215/70/15 98T (ini contoh aja ya, angka aslinya monggo dicek ke mobil om)
Kalau di tabel kita cari dengan load rating std + tekanan std akan ketemu angka 1363. Kemudian kita cari di baris load rating baru yaitu 98, angka yang paling dekat dengan 1363, akan ketemu kolom diantara 28-29psi. 28-29 psi ini bisa digunakan untuk ban barunya. Sekali lagi, monggo dicek angka benarnya dari ban yang terpasang di mobil om.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Ganti ban baru sebaiknya sekalian di spooring juga omEscaflowne wrote: Thu Feb 07, 2019 13:56 Selamat malam om, mohon petunjuk, kemarin saya mengganti ban depan mobilio bawaan GT champiro eco karena benjol di dinding sebelah kiri ban dengan, sepasang ban depan dengan bridgestone Turanza t005, setelah diganti, posisi setir yang tadinya lurus berubah menjadi agak miring ke kiri sedikit.
Saya sudah menukar posisi kanan ban menjadi kiri ban, namun setir saya tetap miring ke kiri.
Apa yang mestinya saya lakukan supaya posisi setir kembali centre?
Apakah harus dilakukan spooring?
Terima kasih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Mobilnya apa om? Kalo Honda ane perhatiin rata2 suspensi agak sporti alias cenderung keras, jadi tekanan ban ikutin standar pabrik aja.rendangkrispi wrote: Fri Dec 14, 2018 8:37 Halo, untuk tekanan angin ban apakah harus sesuai rekomendasi pabrik yang ada di sisi pintu?
Aku pakai 32psi dari rekomendasi 30psi pabrik, tapi kelihatannya malah masih seperti kempes kondisi mobil parkir.
Klo SX4 lama gak masalah rada tinggi smp 35 psi di depan, soalnya biar setir rada ringan kalo pas muter, hehehe. Belakang biasa ane isi 32-33 psi. Kalo Toyota juga kayaknya nyaman2 aja naik 1-2 psi dari standar pabrik
![Police [emo-police]](./images/smilies/2017-police.gif)
Jangan om, ban serep justru HARUS yg paling ideal kondisinya, krn kalo dia yg kena masalah pas dipake, udah gak ada lagi penggantinya.darkauror wrote: Tue Jan 01, 2019 17:16 Sebenarnya ban yang tambal sidewall sudah dijadikan ban serep, ...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Sat Apr 01, 2017 23:50
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Terima kasih om. Ga kuatir lagi dah.aabx wrote:Kalo saya ganti2 ukuran ban berpatokan sama tabel di bawahLuxman wrote: Wed Feb 06, 2019 13:11 Met malam dulurr...
Saya pakai BS dueler HT 215/70/15 di GNKI. Tekana ban standard 33 psi depan dan belakang. Tapi kok terasa keras sekali ya. Diisi 27 psi baru terasa nyaman.
Apakah aman bila diisi 27 psi?
Bagaimana dampak jangka panjang pada ban dan mobil bila pakai ukuran ini?
Cara bacanya kita ambil load index dari ban std dan tekanan angin rekomendasi pabrik
Misalnya std 205/65/15 94H, tekanan angin pabrikan 33
Diganti ke 215/70/15 98T (ini contoh aja ya, angka aslinya monggo dicek ke mobil om)
Kalau di tabel kita cari dengan load rating std + tekanan std akan ketemu angka 1363. Kemudian kita cari di baris load rating baru yaitu 98, angka yang paling dekat dengan 1363, akan ketemu kolom diantara 28-29psi. 28-29 psi ini bisa digunakan untuk ban barunya. Sekali lagi, monggo dicek angka benarnya dari ban yang terpasang di mobil om.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Wed Nov 02, 2016 7:37
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Sudah diganti om. Kemarin itu masih pakai ban lama, dan karena pemakaian mobil sedang intens, jadi ban itu dijadiin ban serep sampai ganti semua bannya.qushay20019 wrote: Thu Feb 07, 2019 20:47Jangan om, ban serep justru HARUS yg paling ideal kondisinya, krn kalo dia yg kena masalah pas dipake, udah gak ada lagi penggantinya.darkauror wrote: Tue Jan 01, 2019 17:16 Sebenarnya ban yang tambal sidewall sudah dijadikan ban serep, ...
Gila juga sih itu, 2 bulan lebih tiap hari pakai mobil (50an km) yang bisa dibilang tanpa ban serep proper.

Sekarang ban itu sudah dibuang, 4 ban yg terpasang ban baru, dan ban serep sekarang pakai ban lama yg tambal tapak.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Spooring sudah dilakukan om ketika pasang ban baru.aabx wrote:Ganti ban baru sebaiknya sekalian di spooring juga omEscaflowne wrote: Thu Feb 07, 2019 13:56 Selamat malam om, mohon petunjuk, kemarin saya mengganti ban depan mobilio bawaan GT champiro eco karena benjol di dinding sebelah kiri ban dengan, sepasang ban depan dengan bridgestone Turanza t005, setelah diganti, posisi setir yang tadinya lurus berubah menjadi agak miring ke kiri sedikit.
Saya sudah menukar posisi kanan ban menjadi kiri ban, namun setir saya tetap miring ke kiri.
Apa yang mestinya saya lakukan supaya posisi setir kembali centre?
Apakah harus dilakukan spooring?
Terima kasih.
Apakah saya mesti copot setir dan sesuaikan posisi lurusnya? Tapikrn ada airbag saya tidak berani buka om, takut ga bisa pasangnya lagi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Kalau spooringnya masih garansi coba di klaim om, atau pindah bengkel untuk spooring ulang. Selama bannya gak cacat produksi dan kaki2 sehat harusnya masih bisa lurus.Escaflowne wrote: Fri Feb 08, 2019 2:28 Spooring sudah dilakukan om ketika pasang ban baru.
Apakah saya mesti copot setir dan sesuaikan posisi lurusnya? Tapikrn ada airbag saya tidak berani buka om, takut ga bisa pasangnya lagi.
Kalau setir gak pernah dibongkar2 saya gak rekomen dengan cara tsb, karena sudut di kaki2 lebih penting. Saya pernah lurusin dengan cara tsb, pas lurus emang bener lurus tapi pas nikung lumayan berantakan hehe.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Di toko ban langganan ane kalo spooring gak pernah ada tuh cerita lepas setir...aabx wrote: Fri Feb 08, 2019 2:44Kalau spooringnya masih garansi coba di klaim om, atau pindah bengkel untuk spooring ulang. Selama bannya gak cacat produksi dan kaki2 sehat harusnya masih bisa lurus.Escaflowne wrote: Fri Feb 08, 2019 2:28 Spooring sudah dilakukan om ketika pasang ban baru.
Apakah saya mesti copot setir dan sesuaikan posisi lurusnya? Tapikrn ada airbag saya tidak berani buka om, takut ga bisa pasangnya lagi.
Kalau setir gak pernah dibongkar2 saya gak rekomen dengan cara tsb, karena sudut di kaki2 lebih penting. Saya pernah lurusin dengan cara tsb, pas lurus emang bener lurus tapi pas nikung lumayan berantakan hehe.
Paling diputer2 aja setirnya pas mobil udah di atas lift
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Noted om, thanks infonya, saya memang sptnya ga mao copot setir kecuali dianjurkan tempat spooring. saya akan coba spooring ulang bsk di toko ban lain.aabx wrote:Kalau spooringnya masih garansi coba di klaim om, atau pindah bengkel untuk spooring ulang. Selama bannya gak cacat produksi dan kaki2 sehat harusnya masih bisa lurus.Escaflowne wrote: Fri Feb 08, 2019 2:28 Spooring sudah dilakukan om ketika pasang ban baru.
Apakah saya mesti copot setir dan sesuaikan posisi lurusnya? Tapikrn ada airbag saya tidak berani buka om, takut ga bisa pasangnya lagi.
Kalau setir gak pernah dibongkar2 saya gak rekomen dengan cara tsb, karena sudut di kaki2 lebih penting. Saya pernah lurusin dengan cara tsb, pas lurus emang bener lurus tapi pas nikung lumayan berantakan hehe.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Mudah2an bsk saya spooring ulang tidak sampai copot setir. Thanks om sarannya.qushay20019 wrote:Di toko ban langganan ane kalo spooring gak pernah ada tuh cerita lepas setir...aabx wrote: Fri Feb 08, 2019 2:44Kalau spooringnya masih garansi coba di klaim om, atau pindah bengkel untuk spooring ulang. Selama bannya gak cacat produksi dan kaki2 sehat harusnya masih bisa lurus.Escaflowne wrote: Fri Feb 08, 2019 2:28 Spooring sudah dilakukan om ketika pasang ban baru.
Apakah saya mesti copot setir dan sesuaikan posisi lurusnya? Tapikrn ada airbag saya tidak berani buka om, takut ga bisa pasangnya lagi.
Kalau setir gak pernah dibongkar2 saya gak rekomen dengan cara tsb, karena sudut di kaki2 lebih penting. Saya pernah lurusin dengan cara tsb, pas lurus emang bener lurus tapi pas nikung lumayan berantakan hehe.
Paling diputer2 aja setirnya pas mobil udah di atas lift
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Update untuk masalah setir agak miring ke kiri setelah ganti ban, disarankan untuk dilakukan spooring juga oleh toko ban, dan setelah di spooring, setir kembali ke posisi lurus di tengah.
Terima kasih atas saran om om.
Terima kasih atas saran om om.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Sat Apr 01, 2017 1:09
- Location: Gerbang Tol Pondok Aren
- Daily Vehicle: Orange 3NR-VE I4
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Halo SM,
Kemaren 27/01/19 akhirnya beli ban rekomendasi SM, yaitu LM 704 ukuran 185/70/14 yang dipasang di Calya (ban aslinya Ecopia 165/65/14) jadi agak gemuk dikit bannya. Dapat diharga @640 ribu x 4 ban.
Lalu liburan harpitnas kemaren (1-6/02/19) langsung dijajal melahap Tol Trans Jawa (Pondok Aren - Salatiga/Bawen) sampai Jogja PP sepanjang kurleb 1250 KM.
KM pas ganti masih sekitar 24rb an, jadi sebenernya si Ecopia masih tebel sih. Cuman 1 ban udah meletus pas ikutan roadtrip SM ke Jalur Puncak 2, dan 3 ban lain udah kena tambal kena paku.
Tapi anehnya ini ban kok indikator nya di blank semua ya? Yang threadwear dll itu. Lupa apa aja. Pokonya ada 3 indikator gitu dia blank.
Feel yang didapat, ban ini gripnya jauh meningkat dibanding aslinya pas kering walaupun pas basah tetep aja ga berani kenceng-kenceng karena ini mobil enteng banget. Kena angin di tol aja belok sendiri.
Pas kering jalan 110-120 cukup nyaman dan bikin pede walaupun terasa lebih keras tapi kerasnya firm/mantep, enggak yang geludakan (dibanding aselinya Ecopia yang empuk banget itu).
Pas basah cuman berani maks 80 an tapi tidak terasa ada aquaplanning (karena emang pelan-pelan saja).
Cuman pas mengerem dari kecepatan tinggi, rasanya setir agak narik kanan-kiri gitu ya? entah kenapa. padahal abis spooring juga. nariknya ga parah sih, kalau beneran dirasain aja baru kerasa. mungkin karena lebih ngegrip juga ya ini ban pas ABS nya jalan, entahlah. Cuman yang pasti lebih pede lah ngeremnya terutama pas basah dibanding pas pake Ecopia.
Kalau masalah senyap, ga senyap-senyap amat ya. mungkin karena emang mobilnya yang cuman LCGC. hahaha... cuman bisingnya itu beda sih, ga gemuruh kayak Ecopia tapi rasanya lebih nging gitu.
So far ya puas lah ya pake LM &04 ini.
Ga berharap awet-awet juga karena emang ban kayak gini kayaknya ga bakal awet alur bannya. Lagian mobil juga jarang banget dipake, udha 2 tahun lebih cuman 26rb an KM.
Yang penting semoga ga gampang jatuh cinta ama paku dan ga gampang benjol.
Semoga reviewnya membantu, mohon maaf kalau ada salah.
Big Thank$
Kemaren 27/01/19 akhirnya beli ban rekomendasi SM, yaitu LM 704 ukuran 185/70/14 yang dipasang di Calya (ban aslinya Ecopia 165/65/14) jadi agak gemuk dikit bannya. Dapat diharga @640 ribu x 4 ban.
Lalu liburan harpitnas kemaren (1-6/02/19) langsung dijajal melahap Tol Trans Jawa (Pondok Aren - Salatiga/Bawen) sampai Jogja PP sepanjang kurleb 1250 KM.
KM pas ganti masih sekitar 24rb an, jadi sebenernya si Ecopia masih tebel sih. Cuman 1 ban udah meletus pas ikutan roadtrip SM ke Jalur Puncak 2, dan 3 ban lain udah kena tambal kena paku.
Tapi anehnya ini ban kok indikator nya di blank semua ya? Yang threadwear dll itu. Lupa apa aja. Pokonya ada 3 indikator gitu dia blank.
Feel yang didapat, ban ini gripnya jauh meningkat dibanding aslinya pas kering walaupun pas basah tetep aja ga berani kenceng-kenceng karena ini mobil enteng banget. Kena angin di tol aja belok sendiri.
Pas kering jalan 110-120 cukup nyaman dan bikin pede walaupun terasa lebih keras tapi kerasnya firm/mantep, enggak yang geludakan (dibanding aselinya Ecopia yang empuk banget itu).
Pas basah cuman berani maks 80 an tapi tidak terasa ada aquaplanning (karena emang pelan-pelan saja).
Cuman pas mengerem dari kecepatan tinggi, rasanya setir agak narik kanan-kiri gitu ya? entah kenapa. padahal abis spooring juga. nariknya ga parah sih, kalau beneran dirasain aja baru kerasa. mungkin karena lebih ngegrip juga ya ini ban pas ABS nya jalan, entahlah. Cuman yang pasti lebih pede lah ngeremnya terutama pas basah dibanding pas pake Ecopia.
Kalau masalah senyap, ga senyap-senyap amat ya. mungkin karena emang mobilnya yang cuman LCGC. hahaha... cuman bisingnya itu beda sih, ga gemuruh kayak Ecopia tapi rasanya lebih nging gitu.
So far ya puas lah ya pake LM &04 ini.
Ga berharap awet-awet juga karena emang ban kayak gini kayaknya ga bakal awet alur bannya. Lagian mobil juga jarang banget dipake, udha 2 tahun lebih cuman 26rb an KM.
Yang penting semoga ga gampang jatuh cinta ama paku dan ga gampang benjol.
Semoga reviewnya membantu, mohon maaf kalau ada salah.
Big Thank$
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1836
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Serba Serbi Ban Part 2
sebaiknya memang spooring lagi om..Escaflowne wrote: Thu Feb 07, 2019 13:56 Selamat malam om, mohon petunjuk, kemarin saya mengganti ban depan mobilio bawaan GT champiro eco karena benjol di dinding sebelah kiri ban dengan, sepasang ban depan dengan bridgestone Turanza t005, setelah diganti, posisi setir yang tadinya lurus berubah menjadi agak miring ke kiri sedikit.
Saya sudah menukar posisi kanan ban menjadi kiri ban, namun setir saya tetap miring ke kiri.
Apa yang mestinya saya lakukan supaya posisi setir kembali centre?
Apakah harus dilakukan spooring?
Terima kasih.
cuma di 2 mobil saya (kijang kapsul & kuda diesel)..udah 2x kejadian spooring bolak balik ttp ga lurus.
di kijang kapsul tukar ban depan kanan & kiri -> solved (ban Dunlop SP touring T1)
di kuda diesel ga bs tukar ban kana kiri krn ada rotasi (Achilles atr sport)..jd tukar blkg ke depan (Achilles 2233)..so far solved