Saya cukup tertarik dengan yang namanya Crossplane Cranckshaft yang diterapkan pada Moge Yamaha baik 2, 3 atau 4 silinder.
sejauh yang saya tahu, teknologi ini menempatkan cranck pin dengan perbedaan sudut 90 terhadap piston selanjutnya untuk meminimalisir momen atau gaya inersia yang timbul dari throttle atau hasil gerakan piston dan cranckshaft itu sendiri sehingga mampu meningkatkan linearitas throttle saat berakselerasi dan ini juga yang saya rasa membuat Yamaha mampu mengimbangi V-Engine Honda dan Ducati.
Engine note dari crossplane juga jauh berbeda dari engine Flatplane/conventional 180. Engine note crossplane bagi sebagian orang termasuk saya memiliki karakter dan merdu suaranya.
Nah untuk mass production car (bukan sport car), adakah pabrikan yang menerapkan crossplane pada mobilnya?
dan sepengetahuan saya karena beberapa injection system Toyota dikembangkan oleh Yamaha (Seperti Lexus LFA), adakah produk Toyota yang mengaplikasikan crossplane cranckshaft pada produknya? mohon reviewnya aplikasi ini pada mobil..
Mohon sharingnya
