McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by ChZ »

Hola SM readers!

Kali ini saya akan mempersembahkan sebuah special review, Yah karena mobil yang di review juga sangat spesial dan nggak setiap hari bisa dapet kesempatan.

Intro

Hari Sabtu kemaren saya diajak oleh Ivan (MojoBerry) untuk datang ke Lenmarc karena katanya ada launching McLaren. Ummm serious, McLaren? Saya kira McLaren mau buka dealership di Lenmarc juga, ternyata enggak, cuma event launching dan TD saja. Wow... Test Drive, seriously? Saya gak berharap banyak, paling bisa liat - liat aja udah bagus.

Banyak yang gak percaya dan pesimistis bisa dapat test drive sehingga urung ikut. Saya dan Ivan dengan modal nekat datang ke Capital Lenmarc, isi buku tamu dan ngobrol - ngobrol. Dan ketika kita tanya "itu mobil di depan boleh dicoba?" sambil nunjuk 650S warna Volcano Orange yang sudah standby, seorang eksekutif dari McLaren Jakarta yang ngobrol dengan kami bilang "Oh bisa, boleh aja koh". WOW. Ini saya nggak mimpi kan? Boleh test drive McLaren? :big_chicken:

Some people will regret their decision not to join us :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

“British” Supercar ?
Well... saya bingung mau dimulai dari mana.

Bicara tentang supercar, otak kita sudah otomatis ter direct kepada 2 pabrikan Italia paling tersohor : Ferrari dan Lamborghini. Bahkan bicara otomotif saja kita tau bahwa Itali adalah “ahli” nya supercar. I mean, sama seperti Toyota, orang mana yang nggak tau bahwa Ferrari dan Lamborghini adalah spesialis mobil-mobil yang patut diberi tag “super” ?

Image

Tapi bagaimana reaksi anda ketika mendengar kata “supercar Inggris” ? Seems a bit weird for your ears ? Seakan dua kata ini bukan suatu kata yang bisa dipasangkan ? karena ketika bicara mobil buatan Inggris kita nggak akan terlintas merek supercar manapun. Mobil buatan Inggris identik dengan mobil ultra-luxury : Jaguar, Land Rover, Rolls Royce, MINI, Bentley, Aston Martin. 2 yang saya sebutkan terakhir pun meskipun pakai mesin besar juga bukan supercar, lebih ke arah Grand Tourer. British is famous with the “craftsmanship”, not “engineering”.

Image

Mungkin sudah ada yang tau, tapi saya rasa kebanyakan nggak tau merek ini adalah buatan Inggris. Saya sendiri aja awalnya nggak tau, begitu tau “HAH? British?”. Merek ini pernah membuat mobil fenomenal dan mendapatkan gelar “fastest car” sebelum lahirnya Koenigsegg Agera, Pagani Huayra, dan Bugatti Veyron.

You are right, it’s McLaren. Merek yang baru – baru ini bangkit kembali dengan memproduksi supercar MP4-12C pasca lepas dari Mercedes, mobil produksi pertama mereka setelah McLaren F1 di pertengahan 90s. Saya nggak akan cerita panjang soal perusahaannya karena akan sangat complicated, saya hanya akan cerita sedikit soal MP4-12C, karena bicara 650S gak akan lepas dari MP4-12C.

Image

The McLaren Way , the British Way

Supercar, terutama Itali, didesain untuk berorientasi pada pemakaian di track : suspensi yang sangat keras, peredaman yang sangat minim karena mengejar pengurangan bobot, ban yang berisik, panas mesin yang masuk ke kabin, transmisi yang jerking di low speed dan yang paling parah : sangat tidak reliabel.

Dan jika anda berpikir McLaren juga menciptakan supercar yang demikian untuk compete dengan Ferrari 458 atau Lamborghini Gallardo, yup, anda salah besar. MP4-12C adalah supercar yang cukup “spesial”, made in a British way like no other.

Image

Berbekal pengalaman di F1, MP4-12C didesain berdasarkan mobil F1 mereka, MP4/1. Beberapa break-through engineering yang dilakukan oleh McLaren pada 12C :
-Chassisnya menggunakan carbon fiber monocell dan desain kokpit yang “cocooned” seperti F1. Diklaim sangat kuat dan sangat ringan.
Image
-Brake steer, yang otomatis mengerem ban sisi dalam pada saat cornering. Teknologi ini dulu sempat diaplikasikan di F1 dan disembunyikan oleh McLaren, yang lucunya, kepergok saat seorang jurnalis memergoki adanya “pedal ke-4” dan teknologi ini akhirnya di-banned dari F1.
Image

Image
brake steer di McLaren F1

-Proactive Chassis Control, berbeda dengan independent suspension biasa, PCC di MP4-12C membuat setiap rodanya bisa bergerak benar-benar independent, suspensinya terhubung dengan aktuator hidrolis yang mengontrol pergerakan tiap dampernya.
Image

Saya belum pernah menjajal MP4-12C, tetapi menyadur semua referensi yang saya ambil sebelum membuat review ini, setidaknya dari 3 review berbeda : TopGear UK, MotorTrend, CarThrottle, ketiganya menggunakan term yang sama untuk mendeskripsikan kenyamanan MP4-12C dan memberikan pujian tertinggi : “Like a Rolls Royce”. Phew.







Dan 650S, adalah penyempurnaan dan penerus dari MP4-12C. Seriously saya yang masih sangat penasaran dengan MP4-12C malah dapat kesempatan untuk mencoba penerusnya. Saya jujur saking deg-degan nya mencari sebanyak mungkin cross-reference di internet termasuk review media yang reliabel, untuk memastikan apa yang saya tulis ini beneran dan tidak mengada - ada, also my first time in a supercar, saya takut bikin review yang salah dan misleading sehingga nggak dapat pointnya.

Dan mohon maaf kalau review kali ini kurang memuaskan karena keterbatasan tempat, waktu, dan bensin... :e-wall:

Image

Well, here goes the review.

Exterior

Ubahan terbesar dari MP4-12C ke 650S adalah tampilannya. Jika MP4-12C memiliki front-end yang terkesan kalem, 650S menggunakan front-end dari hypercar mereka : P1.

Image

Image

Image

Image

Dan berbeda dengan Lamborghini yang doyan menggunakan aksen kotak – kotak dan garis – garis tegas untuk membuat mobilnya terlihat garang, McLaren justru memilih untuk terlihat understated dengan lekukan – lekukan membulat, yang nggak maksa kayak lekukan di Avanza tentunya. Membuat 650S terlihat sangat elegan dan mempunyai aura yang berbeda dari pesaing – pesaingnya. Yah, at least for me it looks better than 488, Huracan, even its predecessor MP4-12C.

Image

Practically di exterior 650S layaknya MP4-12C dikasih front-end P1, karena bagian samping dan belakangnya nggak berubah. Ahh, love that rear-end too. High mounted mufflers and line shaped tail lights. Cocok buat manggang motor-motor alay di jalan, dengan aftermarket exhaust yang bisa keluar api tentunya. Konon ada 1 prototype MP4-12C yang bumpernya sempat meleleh akibat pengaplikasian muffler di atas ini.

Image

Wheels ? New forged wheels yang diclaim McLaren lebih ringan dan dibalut ban Pirelli P-Zero Corsa 235/35/19 dan 305/30/20. Konon Pzero Corsa ini juga spek khusus yang berbeda dengan Pzero Corsa di MP4-12C terdahulu. Aaaaand.... Massive carbon ceramic disc brakes with 6pot in front and 4pot rear.

Did i miss something? Oh yes, it’s a convertible!

Interior
Oh my.... i am not dreaming right? Perasaan saya campur aduk bahkan sebelum masuk ke dalam kokpit. Siapa yang nyangka saya dapet kesempatan yang sangat berharga buat njajal mobil yang harganya setara rumah di kawasan elite sekalipun? And i’m REALLY on it man...

Image

Image

Masuk ke kokpit, surprisingly nggak terlalu sulit seperti kebanyakan supercar, saya cuma sedikit kesulitan karena dek sampingnya cukup tinggi sedangkan posisi joknya landai sekali, sisanya piece of cake. Posisi nyetir, support joknya pun sempurna. Dan saya sedikit bingung waktu awal masuk jok nyari tombol atau tuas buat maju mundurin, saya kira seat nya fixed, karena kebanyakan mobil yang saya coba tombol electric seatnya di samping kanan jok, yang ini ternyata di............ bawah jok, setelah kuliah kurang lebih 2 SKS untuk maju mundurin jok dan naik turunin setir doang...

Image

Image

Interior berbalut alcantara dan layout kokpit yang menyenangkan. Build quality juga *tentunya* sangat baik dan sangat premium. Well, it’s a hundred thousand dollar car, build quality shouldn’t be an issue.

Tombol – tombol mudah diraih dengan jangkauan tangan, sangat user friendly dan sangat mudah mengoperasikannya, kecuali mematikan TCS yang ternyata setelah saya liat – liat yutub butuh prosedur “khusus” dan Bapak M yang bertugas menemani saya merahasiakannya, mungkin demi alasan safety, make sense, toh siapa butuh matiin tombol TCS di dalem kota, malah bikin bahaya dengan mobil bertenaga 641 horsepower ini. Saya gak punya nyali sebesar itu terutama di dalam kota Surabaya... kalau nabrak ongkos benerinnya bisa seharga mobil saya di rumah...

Desain layout center dash ini sekali lagi bahkan ditiru oleh pabrikan partner mereka di F1 untuk compact SUV mereka......... HR-V. Ya bisa dimaklumi karena McLaren punya hubungan baik dengan Honda di motorsport... :big_weee:

Driving...

Yeah... the most interesting thing. One more time I DON’T REALLY BELIEVE THIS, I’m sitting on a cockpit of a V8 Twin-Turbo powered supercar, and now i’m starting the engine. Saya masih memastikan apakah ini beneran atau Cuma mimpi.

Image

Basically nomenclature 650S berasal dari angka horsepowernya : 650 PS atau setara dengan 641 horsepower. Torsinya? 678Nm yang sudah keluar di 3000 – 7000 RPM. Berbeda dengan supercar kebanyakan yang mengandalkan automated manual, 650S menggunakan 7-speed SSG (Seamless Shift Gearbox) Dual Clutch.

Image

Basically unit M838T Flat-planed V8 ini masih sama dengan yang digunakan di MP4-12C terdahulu. Ubahannya berupa : revised pistons, revised timing, new exhaust valves, new exhaust system. Dan basically M838T digunakan oleh semua line-up Mclaren termasuk hypercar P1. Hanya dengan 1 mesin McLaren bisa membuat banyak variant dari 540C, 570S, 650S, 675LT, dan P1. Phew. Turbonya sendiri, well, supplied by Mitsubishi Heavy Industries, tapi berbeda dengan turbo di Lancer Evo ya.

Suara start-up nya kalem dan halus, mungkin juga pengaruh insulation nya. Saya sedikit ngeri mau injak pedal gas... :e-wall:

Oh.... wow... smooth... :big_chicken: really smooth start. It was not jerking, it was not wild. It’s just real smooth. With that bunch of power, really? Saking ngerinya saya dengan powernya saya Cuma injek gas dikit, tapi 650S merespon dengan sangat halus.

Halus dalam arti sesungguhnya, nggak nyentak, tapi jalan ngikutin kemauan saya. Bukan saking halusnya nggak ngerespon kayak MPV sejuta umat yang saya coba seminggu sebelumnya. OK turun dari parkiran Lenmarc, saya agak sedikit takut mentok karena Gcnya yang pendek dan saya kebiasa pakai mobil tinggi. Well, ketakutan saya nggak terjadi. Mobil ini ternyata masih sangat aman overhang depannya.

Keluar ke jalan, 650S beneran sangat mudah dijinakkan, untuk seorang yang pertama kali menyentuh supercar sekalipun. Dan yang dikatakan oleh Clarkson beneran nggak lebay, it is REALLY that comfortable. Di jalanan keriting Surabaya sekalipun, it is REALLY-REALLY COMFORTABLE. In a level of Rolls Royce? I don’t know. Yang jelas bahkan lebih nyaman dari BMW seri-5 sekalipun. Dibandingkan Jaguar XJ 3.0, saya rasa mirip-mirip empukan Jaguar dikit. And i am REALLY serious abt this. Kerasa nyetir sedan mewah pakai casing supercar. The PCC is working really brilliant.

Merayap di jalanan ramai pun saya nggak ngerasakan jerking dari transmisi seperti kebanyakan supercar dengan transmisi automated manual, yes karena 650S menggunakan 7-speed SSG (Seamless Shift Gearbox) dual clutch. Untuk level dual clutch sekalipun tergolong sangat.... sangat halus. Paddle shifternya pun saya suka, mechanical feelnya sangat terasa sekali.

OK lalu saya berbelok ke Citraland, the SM secret proving ground. Cari tempat sepi dan saya memberanikan diri injak gas dalam ... 3.... 2..... 1......

BANG! This is really a shocking revelation. Seketika mobil yang daritadi saya rasakan sangat smooth menjadi buas, kepala dan punggung saya kayak ditarik seseorang dari belakang . Ketika saya lihat speedometer sudah menunjuk angka 116 km/h, gila! Saya nggak berani lanjutkan karena jalannya nggak mendukung, but it is F*CKING INCREDIBLY FAST! This is how it feels driving on a car that hits sixty mph in 3seconds. Biar gampang bayanginnya, mobil terkencang yang pernah saya bawa sebelum ini adalah WRX STi A-Line yang 0-100 km/h ditempuh dalam 6.7secs. Dan mobil itu buat saya sudah tergolong sangat kencang. 650S? TWICE as fast. DUA KALI. :big_slap:

Lalu saya cari belokan, and in fact it is an RWD car, it must be oversteer, even with that massive power, even if the traction control is on. But...?

Slow entry.... corner exit... hit the gas.... Uh? 650S berbelok sangat presisi sekali sesuai keinginan saya. Bokongnya nggak liar walaupun saya gas pol keluar tikungan. Well, thanks to that brake-steer tech that makes this brilliant cornering performance done very nice.

Dan in fact mobil ini memiliki lebar nyaris 2.1 meter dan panjang 4.5 meter, that’s about as long as BMW X3, wider than BMW X5. Tapi berada di dalam mobil ini tidak terasa panjang dan lebar. Terasa sangat compact walaupun dimensinya cukup besar. Saya jadi percaya diri untuk bermanuver dengan 650S. Dan fakta bahwa bobot mobil keseluruhan hanya 1.3 ton, that’s really light. Mobil ini sangat-sangat lincah dan feels so compact. Steering nya juga very-very lively. Feedback nya sangat natural dan response nya juga cepat.

650S memiliki 3 mode settingan damper : Normal, Sport, Track dan 3 mode stability control : Normal, Sport, dan Track. Sayangnya mode Sport dan Track tidak bisa saya eksplorasi karena keterbatasan ruang dan bensin... Yes... Bensinnya sudah hampir habis. Saya juga belum coba LAUNCH CONTROL nya karena di indicator ada tulisan “LAUNCH CONTROL UNAVAILABLE” ... ntah apa maksudnya. :shrug:

Image

Terpaksa kembali ke Lenmarc. Dan saya mengemudi pada mode automatic, ada 1 hal yang saya notice, gear indicator nya selalu memilih gear yang tinggi ketika cruise pada low speed. Selalu bermain di gear 5-6-7. Pantas bisa smooth sekali padahal Dual clutch, dan claim fuel consumption nya saya kira nggak berlebihan. 17.5L/100KM urban, 11.5L/100KM combined, 8.5L/100KM extra urban.

Di sepanjang perjalanan balik ada 1 tempat yang belum saya explore yaitu head unit, dan Bapak M menyalakan untuk menjelaskan fitur tersebut ke saya, beliau sempat menjelaskan 650S menggunakan sound system dari Meridian. Phew. Tapi sepertinya beliau notice saya nggak tertarik explore HU karena tiba – tiba beliau ngomong “kayaknya HU nya nggak menarik ya mas ?” dan saya njawab enteng “Hahahahaha suara di belakang saya lebih enak pak”. Lalu kita berdua ketawa barengan.

Of course when you got a supercar, a nice sound system is totally overrated, but nice to have also, terutama di McLaren, karena mobil ini bisa digunakan untuk harian dan bermacet – macet ria di jalan.

By the way, ada 1 hal yang hampir saya lupa. Saya mendeteksi beberapa rattle di sekitar dashboard mobil ini, entah mungkin faktor odometer yang sudah cukup tinggi (5000an KM).

Verdict

Well, one hell of an experience. Sayangnya date saya dengan 650S Cuma sebentar. A really lovely supercar, the perfect supercar if i must say. :big_love:

It is fast, it is sharp, yet it is comfortable. Saya kehabisan kata – kata buat mendeskripsikan mobil ini. she is really THAT awesome. A piece of British Engineering. :frm_tumbleft:

Ketika anda punya SANGAT BANYAK uang, bosen main properti dan pengen cari supercar buat sekedar jalan – jalan, pengen tampil beda dari pemilik Ferrari/Lambo/Porsche, mobil ini sangat pas untuk anda. Well, kalau 650S sangat overrated bisa ambil adiknya, 570S yang less powerful tapi gadgetery nya lebih canggih termasuk tacho nya yang sudah full LCD TFT, atau 540C saya rasa juga sudah cukup.

Image

Kalau anda cukup GILA, P1 anyone? US$ 2millions.

Saya pribadi cukup terkesan dengan hospitality pihak McLaren Jakarta yang sudah menyambut kami dengan baik. Thanks a lot! And thanks for the merchandise also! Hope we can meet again next time. :frm_tumbleft: :frm_salut:

Image

Image


Cukup sekian saja... Selamat membaca. Mohon maaf kalau banyak sekali kekurangannya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by sintoni »

Oktan 92 di trit ripiu dewa!

Pertama denger bro Ivan sama Chris ngmg di WA kalo mau nyoba TD McLaren, ane sudah cukup pesimis. Mengingat pengalaman buruk antek2 Surabaya ketika di php dengan Maserati. :ngacir:

Ternyata ane salah, waktu denger kabar kalo sudah bawa jogging, ane jadi nyesel kenapa TD nya ga pas ane lg di Surabaya. :ngacir:

Back to the review:

Super review and an even better car, chris. :ngacir:

Emang mobil ini terkenal nyaman, seperti Jeremy Clarkson ngmg waktu dia nyoba mp4-12c di test track waktu dia nyoba motong tikungan. Aneh juga waktu denger harusnya sebagai superkar ini mobil harusnya ganas dengan suspensi super keras, ternyata beneran empuk ya apalg udah dicoba di jalan Indonesia.

Padahal ini pake push-rod suspension kan seperti di F1 yang harusnya super keras?

Mungkin masi ada cita rasa British yang emang terkenal buat mobil empuk seperti Bentley atau Rolls. Emang supercar Inggris lebih empuk dari beberapa lawan sih menurut ane, Aston (selain DBS series) juga termasuk empuk kan?

Oh ya, untuk after sales gimana?

Ada service centre? Bisa pake oktan 95 atau harus ambil pertamax racing?

Omce again, great review Chrisss! Selamat udah nyobain salah satu supercar tercanggih di duni, moga2 nanti bisa nyoba musuhnya yang dari Itali. :weekk:
Last edited by sintoni on Tue Sep 01, 2015 11:24, edited 1 time in total.
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by abrof »

Mantapps...ngiler jadi pengen setelah baca reviewnya. Ngimpi mode on. Nice review bro...eh ngomong2 berapa nih sebiji??? cuman penge tau aja...
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by FRD »

:big_chicken: nice review bro chz!

asem, beneran berasa lagi ikut TD di dalamnya..
ngomongin mp4, ada seekor mclaren mp4 orange di sby punya i*** yg konon katanya lagi proses facelift ke model 650s yak :mky_01:

good newsnya ini bisa minum ron95 ya, dalam artian ga usah merogoh kantong utk minum pertamax racing :cupss:

duh jadi kepengen punya 650s neehhh..tanggung jawab ente :big_love: :big_love: :big_love:
:big_smoking:
nflfrs705
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Wed May 06, 2015 6:32

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by nflfrs705 »

Super sekali reviewnya...
Walaupun cuma dibaca lewat layar, mata saya bisa merefleksikan bagaimana aslinya mobil ini...
Dih kok jadi kepengen punya yah, walaupun saya not a big fan of a V8 powered car...
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
User avatar
sukribo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
Location: Surabaya

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by sukribo »

OMG ! :big_chicken:
Ane kira repiu McD ... ternyata McLaren booookkk .... :big_slap:
Reviewing a supercar for SM sake iz no play2 .... saluuuuttt mod ! :big_exellent:





*tapi mana signature move ente .... gaspol keluar showroom? :mky_03:
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by Fiz »

woahh nais skali bro chz!
betul betul pengalaman yg sangat beharga ya..
btw gw pribadi baru tau klo mclaren terkenal dengan empuknya,, walopun sering nonton topgear tapi gak pernah ngeh tentang hal itu :big_slap:

btw, imho, gw gak sukanya mclaren dari desainnya aja sih, sama semuaaa :big_slap:
sama kayak aston..
kudu liat emblem tipenya dlu atau atleast merhatiin dengan seksama bokong/depannya buat mastiin tipe apa..

nais car, nais repiew :big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by ChZ »

sintoni wrote:Oktan 92 di trit ripiu dewa!

Pertama denger bro Ivan sama Chris ngmg di WA kalo mau nyoba TD McLaren, ane sudah cukup pesimis. Mengingat pengalaman buruk antek2 Surabaya ketika di php dengan Maserati. :ngacir:

Ternyata ane salah, waktu denger kabar kalo sudah bawa jogging, ane jadi nyesel kenapa TD nya ga pas ane lg di Surabaya. :ngacir:

Back to the review:

Super review and an even better car, chris. :ngacir:

Emang mobil ini terkenal nyaman, seperti Jeremy Clarkson ngmg waktu dia nyoba mp4-12c di test track waktu dia nyoba motong tikungan. Aneh juga waktu denger harusnya sebagai superkar ini mobil harusnya ganas dengan suspensi super keras, ternyata beneran empuk ya apalg udah dicoba di jalan Indonesia.

Padahal ini pake push-rod suspension kan seperti di F1 yang harusnya super keras?

Mungkin masi ada cita rasa British yang emang terkenal buat mobil empuk seperti Bentley atau Rolls. Emang supercar Inggris lebih empuk dari beberapa lawan sih menurut ane, Aston (selain DBS series) juga termasuk empuk kan?

Oh ya, untuk after sales gimana?

Ada service centre? Bisa pake oktan 95 atau harus ambil pertamax racing?

Omce again, great review Chrisss! Selamat udah nyobain salah satu supercar tercanggih di duni, moga2 nanti bisa nyoba musuhnya yang dari Itali. :weekk:
Makanya ane waktu jemput bro Ivan, kami berdua finger crossed, nggak berani berharap banyak karena boro-boro Maserati aja gak dapet kok ngarep McLaren. Eh lha taunya kok dapat...

MP4-12C dan 650S gak pakai push-rod suspension bro Toni. Pakai double wishbone biasa yang dihubungkan dengan aktuator hidrolis pada keempat roda. Keempat rodanya bener-bener independent dan nggak terhubung satu sama lain. Namanya PCC (Proactive Chassis Control)

Image

Nggak ada service center di Surabaya, tapi McLaren Jakarta kerjasama dengan bengkel rekanan. Jadi ketika ada McLaren mau servis mereka tinggal dateng ke bengkel rekanan tersebut dan McLaren Jakarta lalu dikirim flying mechanic. Konon oktan 95 bisa karena udah disesuaikan.

Amen to that, semoga bisa coba 488 GTB atau Huracan.... Tapi ane masih kepengen nyoba 911 GT3 :e-wall:
abrof wrote:Mantapps...ngiler jadi pengen setelah baca reviewnya. Ngimpi mode on. Nice review bro...eh ngomong2 berapa nih sebiji??? cuman penge tau aja...
Thank u oom... Cukup sediakan kurang lebih US$ 800ribu seingat saya... IDR 10M kalau gak salah
FRD wrote::big_chicken: nice review bro chz!

asem, beneran berasa lagi ikut TD di dalamnya..
ngomongin mp4, ada seekor mclaren mp4 orange di sby punya i*** yg konon katanya lagi proses facelift ke model 650s yak :mky_01:

good newsnya ini bisa minum ron95 ya, dalam artian ga usah merogoh kantong utk minum pertamax racing :cupss:

duh jadi kepengen punya 650s neehhh..tanggung jawab ente :big_love: :big_love: :big_love:
ane yang gak bisa bayangin kalo ente ikut TD, itu mekleren larinya bisa kalah ama Agya :ngacir:

Oh yang itu.... Mainan orang kaya emang, MP4-12C disulap sendiri jadi 650S.
nflfrs705 wrote:Super sekali reviewnya...
Walaupun cuma dibaca lewat layar, mata saya bisa merefleksikan bagaimana aslinya mobil ini...
Dih kok jadi kepengen punya yah, walaupun saya not a big fan of a V8 powered car...
Hahahaha thank u om... Saya juga kepengen tapi apa daya inget realita isi kantong gak cukup.. :big_cry:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by ChZ »

sukribo wrote:OMG ! :big_chicken:
Ane kira repiu McD ... ternyata McLaren booookkk .... :big_slap:
Reviewing a supercar for SM sake iz no play2 .... saluuuuttt mod ! :big_exellent:




*tapi mana signature move ente .... gaspol keluar showroom? :mky_03:
Oom oli mai aidol :cupss: Kalau repiu mekdi sih itu jatahnya FRD... :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Signature move kalau pakai mekleren sih serem om, bisa-bisa datang tagihan seharga SUV ane di rumah :e-wall:
Fiz wrote:woahh nais skali bro chz!
betul betul pengalaman yg sangat beharga ya..
btw gw pribadi baru tau klo mclaren terkenal dengan empuknya,, walopun sering nonton topgear tapi gak pernah ngeh tentang hal itu :big_slap:

btw, imho, gw gak sukanya mclaren dari desainnya aja sih, sama semuaaa :big_slap:
sama kayak aston..
kudu liat emblem tipenya dlu atau atleast merhatiin dengan seksama bokong/depannya buat mastiin tipe apa..

nais car, nais repiew :big_exellent:
Thank u oom hehehe.

Saya kalau gak baca review Top Gear mungkin saya juga gak tau McLaren itu empuk sekali, bahkan dipuji seempuk Rolls Royce.

Di MotorTrend ada pengujian dampingnya, disana MP4-12C dibandingkan dengan Rolls Royce Ghost dan Nissan GT-R. Hasilnya Nissan GT-R dapat score 0.058G, MP4-12C 0.038G, RR Ghost 0.022G (disini makin kecil angkanya makin bagus), dan dampingnya MP4-12C lebih dekat ke Rolls Royce dibanding GT-R.

650S diclaim punya suspensi lebih keras tapi diclaim lebih nyaman dan memang banyak jurnalis mengatakan 650S lebih nyaman dari MP4-12C. :e-think:

Ya oom kebanyakan mobil sekarang sulit di identifikasi merek dan tipenya :e-wall: mirip mirip semua. Jaguar juga gitu, Land Rover juga gitu, Mercedes, BMW, VW, Porsche, dll... :frm_bang_head:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by madcat015 »

Wohooo! Akhirnya rilis juga ripiu 650S! :mky_02:

Yeap, ane ga ikut. Gegara miskom antara ane dengan bro chz dan bro mojoberry. Ane pengen nya carpooling lalu ngelencer ke TKP dgn kapal induk. Dan bro mojoberry ketiduran. Meninggalkan ane terkatung2, sementara bro chz sudah melesat ke TKP flat out.

But anyway, this is some of the experience few people can indulge. :mky_02:


650S, cukup dgn kalimat XJL sedikit lebih empuk, ane uda dpt membayangkan betapa nyamannya mobil ini dibandingkan LP700 yg bikin seluruh tulang dan sendi ane rattling. Belum lg halusnya throttle merespon.

A daily supercar it must be, and it is from the King's courtyard! :big_smoking:


A splendid review well done, bro chz... Kudos to you :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by ChZ »

madcat015 wrote:Wohooo! Akhirnya rilis juga ripiu 650S! :mky_02:

Yeap, ane ga ikut. Gegara miskom antara ane dengan bro chz dan bro mojoberry. Ane pengen nya carpooling lalu ngelencer ke TKP dgn kapal induk. Dan bro mojoberry ketiduran. Meninggalkan ane terkatung2, sementara bro chz sudah melesat ke TKP flat out.

But anyway, this is some of the experience few people can indulge. :mky_02:


650S, cukup dgn kalimat XJL sedikit lebih empuk, ane uda dpt membayangkan betapa nyamannya mobil ini dibandingkan LP700 yg bikin seluruh tulang dan sendi ane rattling. Belum lg halusnya throttle merespon.

A daily supercar it must be, and it is from the King's courtyard! :big_smoking:


A splendid review well done, bro chz... Kudos to you :mky_02:
Thank u mod cing... Ah, kemaren katanya carpool di rumah bro Ivan makanya gw langsung gas pol ajah...

Itu dia yang surprise mod, ane nggak ngerasa berada di dalam sebuah race car yang dibuat "road legal" , malah sebaliknya, "regular car" yang bisa dipakai ngebut dan akselerasinya 0-100 kph 3secs. Three-f*cking-seconds. Muter-muter cukup lama di jalanan Sby barat yang banyak geronjalan juga gak bikin pantat pegel. The British way of making a supercar :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by madcat015 »

ChZ wrote:
madcat015 wrote:Wohooo! Akhirnya rilis juga ripiu 650S! :mky_02:

Yeap, ane ga ikut. Gegara miskom antara ane dengan bro chz dan bro mojoberry. Ane pengen nya carpooling lalu ngelencer ke TKP dgn kapal induk. Dan bro mojoberry ketiduran. Meninggalkan ane terkatung2, sementara bro chz sudah melesat ke TKP flat out.

But anyway, this is some of the experience few people can indulge. :mky_02:


650S, cukup dgn kalimat XJL sedikit lebih empuk, ane uda dpt membayangkan betapa nyamannya mobil ini dibandingkan LP700 yg bikin seluruh tulang dan sendi ane rattling. Belum lg halusnya throttle merespon.

A daily supercar it must be, and it is from the King's courtyard! :big_smoking:


A splendid review well done, bro chz... Kudos to you :mky_02:
Thank u mod cing... Ah, kemaren katanya carpool di rumah bro Ivan makanya gw langsung gas pol ajah...

Itu dia yang surprise mod, ane nggak ngerasa berada di dalam sebuah race car yang dibuat "road legal" , malah sebaliknya, "regular car" yang bisa dipakai ngebut dan akselerasinya 0-100 kph 3secs. Three-f*cking-seconds. Muter-muter cukup lama di jalanan Sby barat yang banyak geronjalan juga gak bikin pantat pegel. The British way of making a supercar :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Nah, miscomm beneran kan. Wkwkwkwk... :big_biglaugh:


Ini dia, ane begitu penasaran bro. Apakah semanusiawi itu? Dan ane percaya dgn penilaian ente... Apalg saat TD british luxury macam Jag XJL dan Evoque, ente juga terlibat. Plus pengalaman ente TD seri 5 dan X3.



Truly, a supercar worthy of my admiration. Fast, stunning, but yet comfortable and driveable. Thank you for reviewing this, bro chz... :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by imingwahyudi »

akhirnya review dewa keluar juga :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Thank God sempet nyicip MP4 walaupun cuma muter bentar dan disetirin :wkkk: ..kejadian pas lagi antar orangtua saya berobat di Singapura, kolega mama saya datang menjenguk ke hotel di tempat kami menginap. Karena tahu saya gemar otomotif, anak dari teman mama saya mengajak untuk turun ke lobby..

"Ngapain koh?"

"Just follow me, dont forget your wallet"

" :big_think: :big_think: :big_think: "

*keluar lobby and...wow :big_childish: *

*lempar key fob* "Beware of ground clearance"

"Ah...you drive lah koh...no licence too :big_biglaugh: "

Surprisingly comfy inside...exhaust note yang ga intimidating untuk level supercar *bakal lebih bengis kalau start di aggressive mode...whatever that was I forget :big_biglaugh: *, mulai keluar dari parkiran lobby, belok kiri menuju Orchard Rd...dan ada beberapa manhole yang harusnya cukup membuat mobil ini bergoyang...but I was wrong :big_bored: ....rides better than Sonatas and 300Cs i've ever sat in Singapore :big_slap: , quite as much as 85% compared to his mom's Phantom that *luckily* have ever picked me from Changi to hotel...minus the noise and vibration of course :big_grin: ..akhirnya kami menuju salah satu tempat hangout yang cukup terkenal di daerah Marina Bay Sands, masih terpesona juga dengan bagaimana mobil ini menetralisir aspal kasar....

"Ming, it's my daily driven"

"WTF? How about gas? :big_slap: "

"Well, cost as much as my Overfinch..even less"


Bold statement...and I do believe him...

Setelah beberapa saat chattering and goofing around...kembali ke hotel saya menginap..sengaja beliau mengganti tracklist EDM nya menjadi sesi akustik...dan memang..diluar ground clearance yang bikin waswas...untuk ukuran supercar..sangat forgiving and plush :big_comfort: ...no jerking whatsoever dari DCT nya..lebih mirip DSG nya VW dibandingkan...4matic nya Avanza(?) :big_slap: :big_slap: :big_slap:
Tahu saya nyaris ketiduran di dalam kokpit, beliau sengaja mencoba launch control dari awal Scotts Rd. Wow...jambakannya :big_chicken: gilak! Engine note cenderung merdu dibandingkan gila. Seperti bandingkan suara Richard Marx dengan Korn :big_grin:

Impressive? Yes it is. Soulful? Um, depends. Pretty? Relative. Jekyll n Hyde? Hell, yes :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by ChZ »

madcat015 wrote:
Nah, miscomm beneran kan. Wkwkwkwk... :big_biglaugh:


Ini dia, ane begitu penasaran bro. Apakah semanusiawi itu? Dan ane percaya dgn penilaian ente... Apalg saat TD british luxury macam Jag XJL dan Evoque, ente juga terlibat. Plus pengalaman ente TD seri 5 dan X3.



Truly, a supercar worthy of my admiration. Fast, stunning, but yet comfortable and driveable. Thank you for reviewing this, bro chz... :mky_02:
Evoque kalau dibandingkan sama 650S sih pastinya kerasa kasar sekali bantingannya. Jaguar XJ 3.0 LWB sih beneran ngikutin kontur jalan, ya kalau Jaguar XJ level bantingannya 9/10, 650S paling 8.8/10 lah, not that much different.

Well sistem suspensinya masih bikin ane terpana .... keempat roda individual dan diatur hydraulic actuator, gimana gak nyaman :big_chicken:
imingwahyudi wrote:akhirnya review dewa keluar juga :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Thank God sempet nyicip MP4 walaupun cuma muter bentar dan disetirin :wkkk: ..kejadian pas lagi antar orangtua saya berobat di Singapura, kolega mama saya datang menjenguk ke hotel di tempat kami menginap. Karena tahu saya gemar otomotif, anak dari teman mama saya mengajak untuk turun ke lobby..

"Ngapain koh?"

"Just follow me, dont forget your wallet"

" :big_think: :big_think: :big_think: "

*keluar lobby and...wow :big_childish: *

*lempar key fob* "Beware of ground clearance"

"Ah...you drive lah koh...no licence too :big_biglaugh: "

Surprisingly comfy inside...exhaust note yang ga intimidating untuk level supercar *bakal lebih bengis kalau start di aggressive mode...whatever that was I forget :big_biglaugh: *, mulai keluar dari parkiran lobby, belok kiri menuju Orchard Rd...dan ada beberapa manhole yang harusnya cukup membuat mobil ini bergoyang...but I was wrong :big_bored: ....rides better than Sonatas and 300Cs i've ever sat in Singapore :big_slap: , quite as much as 85% compared to his mom's Phantom that *luckily* have ever picked me from Changi to hotel...minus the noise and vibration of course :big_grin: ..akhirnya kami menuju salah satu tempat hangout yang cukup terkenal di daerah Marina Bay Sands, masih terpesona juga dengan bagaimana mobil ini menetralisir aspal kasar....

"Ming, it's my daily driven"

"WTF? How about gas? :big_slap: "

"Well, cost as much as my Overfinch..even less"


Bold statement...and I do believe him...

Setelah beberapa saat chattering and goofing around...kembali ke hotel saya menginap..sengaja beliau mengganti tracklist EDM nya menjadi sesi akustik...dan memang..diluar ground clearance yang bikin waswas...untuk ukuran supercar..sangat forgiving and plush :big_comfort: ...no jerking whatsoever dari DCT nya..lebih mirip DSG nya VW dibandingkan...4matic nya Avanza(?) :big_slap: :big_slap: :big_slap:
Tahu saya nyaris ketiduran di dalam kokpit, beliau sengaja mencoba launch control dari awal Scotts Rd. Wow...jambakannya :big_chicken: gilak! Engine note cenderung merdu dibandingkan gila. Seperti bandingkan suara Richard Marx dengan Korn :big_grin:

Impressive? Yes it is. Soulful? Um, depends. Pretty? Relative. Jekyll n Hyde? Hell, yes :big_peace:
Wait mingki wait.... Singapur :big_chicken: di Singapur piara MP4-12C :big_chicken: should be a billionaire

650S kalau menurut Chris Harris lebih nyaman dibanding MP4-12C.

Yoaaa engine dan exhaust note nya memang bukan tipikal yang teriak-teriak kayak Lambo atau Ferrari punya. Dan FYI, itu engine note nya memang specially developed, ada sound engineernya sendiri di McLaren yang bertugas "meracik" engine & exhaust note nya. Kemarin kebetulan waktu cari reference ane lihat video yutub HD Documentary "McLaren : How to Make a Supercar"
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by KodokPushUp »

Ga berani komen

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by jivos »

duh .....bruntung sekali ini si om,
kiraiin review sport car spt biasa.
ngga taunya, Test Drive bok..........

*yg kepikiran mlh pk ilmu ajian apa bs di ksh TD
modal clana pendek ato formal dress gt si om?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by imingwahyudi »

ChZ wrote:
Wait mingki wait.... Singapur :big_chicken: di Singapur piara MP4-12C :big_chicken: should be a billionaire

650S kalau menurut Chris Harris lebih nyaman dibanding MP4-12C.

Yoaaa engine dan exhaust note nya memang bukan tipikal yang teriak-teriak kayak Lambo atau Ferrari punya. Dan FYI, itu engine note nya memang specially developed, ada sound engineernya sendiri di McLaren yang bertugas "meracik" engine & exhaust note nya. Kemarin kebetulan waktu cari reference ane lihat video yutub HD Documentary "McLaren : How to Make a Supercar"

iyeeeshh bro Chris :mky_01: ...nyokap beliau imigran dari Indonesia, menikah dengan Singaporean...dan ayahnya cukup terpandang dalam bisnis hospitality Singapura *makanya kalo pesen hotel suka diskon lumanyun :mky_03: :mky_03: *


Even comfier :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:





*brb cek ada diler MekLeren di Bandung gak :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by ChZ »

KodokPushUp wrote:Ga berani komen

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Ah kenapa gak berani komen :ngacir:
jivos wrote:duh .....bruntung sekali ini si om,
kiraiin review sport car spt biasa.
ngga taunya, Test Drive bok..........

*yg kepikiran mlh pk ilmu ajian apa bs di ksh TD
modal clana pendek ato formal dress gt si om?
Hahahahaha yup om, one lucky day. Nggak om, serius saya cuma pake kaos oblong ama celana pendek dan sendal. Gak ada keliatan keren-kerennya blas. Kan keliatan di foto tuh om kaki saya :big_chicken:
imingwahyudi wrote:
iyeeeshh bro Chris :mky_01: ...nyokap beliau imigran dari Indonesia, menikah dengan Singaporean...dan ayahnya cukup terpandang dalam bisnis hospitality Singapura *makanya kalo pesen hotel suka diskon lumanyun :mky_03: :mky_03: *


Even comfier :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:





*brb cek ada diler MekLeren di Bandung gak :ngacir:
Bucet kenalannya Mingki.... :big_chicken: diem diem mapia.

Pantas miara MP4-12C di singapur... daily ride lagi :big_chicken:

Di bandung adanya mek yang satu lagi.... MekDonal... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by imingwahyudi »

ChZ wrote:
Bucet kenalannya Mingki.... :big_chicken: diem diem mapia.

Pantas miara MP4-12C di singapur... daily ride lagi :big_chicken:

Di bandung adanya mek yang satu lagi.... MekD****l... :ngacir:

kenalan mama saya ituuuu...bukan saya :big_childish:

saya samarin biar ga ketauan FRD :big_dunno: :big_dunno: mati aku setok burger blas habis :big_slap:








:ngacir:
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by Xous »

Awesome kris. Akirna tau jg klo karakter supercar tuh ad ygempuk n dailyuse
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by grandis_GT »

nice review om chris , beruntung bnget bisa test drive plus dapat oleh" dari mclaren :mky_02:
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by Fiz »

ChZ wrote:
Thank u oom hehehe.

Saya kalau gak baca review Top Gear mungkin saya juga gak tau McLaren itu empuk sekali, bahkan dipuji seempuk Rolls Royce.

Di MotorTrend ada pengujian dampingnya, disana MP4-12C dibandingkan dengan Rolls Royce Ghost dan Nissan GT-R. Hasilnya Nissan GT-R dapat score 0.058G, MP4-12C 0.038G, RR Ghost 0.022G (disini makin kecil angkanya makin bagus), dan dampingnya MP4-12C lebih dekat ke Rolls Royce dibanding GT-R.

650S diclaim punya suspensi lebih keras tapi diclaim lebih nyaman dan memang banyak jurnalis mengatakan 650S lebih nyaman dari MP4-12C. :e-think:

Ya oom kebanyakan mobil sekarang sulit di identifikasi merek dan tipenya :e-wall: mirip mirip semua. Jaguar juga gitu, Land Rover juga gitu, Mercedes, BMW, VW, Porsche, dll... :frm_bang_head:
iya iya bener skarang emang jamannya desain exterior dan interior linenya mirip semua..
but.. its a fcuking sssuuuppeeerr caaaarr,, ahahaha
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by Mamang555 »

Wow... nice review mod cris :D

Interiornya sama persis dengan MP4 ya? And surprisingly, untuk ukuran mobil dewa, irit juga yak?
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by sandal »

Wow another nice ripiu by ChZ :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Rasanya harus mengajak bro sintoni TD lagi 650S ini atau ajak FRD :ngacir:
Bucet kenalannya Mingki.... :big_chicken: diem diem mapia.

Pantas miara MP4-12C di singapur... daily ride lagi :big_chicken:

Di bandung adanya mek yang satu lagi.... MekDonal... :ngacir:
Mingki diem2 mapia bandung :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
MekFlurry juga tuh :ngacir:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
chikiciuw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Wed Mar 25, 2015 5:48

Re: McLaren 650S Spyder Short Test Drive : Antithesis of Supercar

Post by chikiciuw »

Nice review mod chz... :big_exellent:

Baidewei agak OOT nih...

McLaren oren B 1960 WB ini kan pernah nongol di modcom..
Bahkan di situs jual beli pun ada.. open price 6M.
Tapi klo di sana semua itu bilangnya kok MP4-12C yah? :ungg:
Pas ngecek ke web samsat B 1960 WB malah ga terdaftar...
Piye toh. Hahahaha.
Jadi yg betul ini 650s atau mp4-12c yah?