KIA morning 1.0 VS LCGC

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by martinnn »

Salam kenal semua kepada rekan rekan SMer, ogut biasanya Silent reader aja, tapi karena ogut liat blom ada yg review kia morning, ogut bela belain bikin id untuk review si morning ini , mungkin ada rekan rekan yang galau seperti ogut pada awalnya, ketika ingin membeli LCGC tapi tidak ada yang sreg sama sekali waktu test drive semua merek LCGC, sampai akhirnya memilih merek alternatif tapi seharga LCGC :mky_03:

Tanpa basa basi langsung aja deh beginilah review kia morning yang secara otr dibanderol 143.500.000, tapi ogut masih dapet harga lama di angka 142.500.000, karean harga naik keesokan hari setelah ogut spk :mky_06:


DESIGN

Image
Houston commercial photography

Morning di indonesia adalah trim terendah untuk deretan mobil kia, dengan diskon pada saat ogut spk adalah Rp 31,500,000 jadi harganya bahkan lebih murah dibandingkan lcgc trim tertinggi macam agya trd atau ayla x elegant atau wagon r GS dan brio satya :mky_01:

menurut ogut mobil ini good looking , berkarakter dan cantik dilihat dari segala sisi biarpun aksesoris kopongan, bahkan talang air aja gak dikasih :big_cry:

one word about the design : good job for you mr Peter schreyer :off_good_job:

Image

Untuk jeroan mesinnya KIA membekali mobil ini dengan teknologi DOHC dan dual CVVT ketika LCGC lain masih ada yang mengandalkan SOHC seperti dan mesin konvensional tanpa pengaturan katup variabel , KIA sudah membekali morning dengan teknologi yang selangkah lebih maju dibanding pesaingnya :mky_03:
KIA morning juga sudah dilengkapi oleh engine mounting hidrolik, jadi getaran khas 3 silinder sama sekali tidak terasa di dalam kabin, beda dengan LCGC yang ogut test drive,semuanya masih pakai engine mounting konvensional yang bisa bikin nonik nonik basah tiba tiba kalau lagi di dalam kabin :mky_03:

Morning 1 : 0 LCGC

INTERIOR

Image
Image

interior morning didominasi warna hitam dan grey untuk jok sampai dashboard jadi terkesan lapang dan elegan :mky_04:
Joknya empuk dan lebih tebal dibandingkan LCGC manapun dan headrestnya terpisah loh :mky_03:

dari semua LCGC yang ogut test drive, yang paling lumayan adalah satya, hanya karena dia 4 silinder dan tidak ada sensasi vibrator, tapi untuk kesenyapan kabin dan kualitas jok semua LCGC bisa bikin uring uringan kalau dipakai lama karena kabin sangat berisik dan jok tipis :frm_bang_head:

Untuk kesenyapan kabin,kualitas jok lagi lagi KIA morning unggul berkat engine mounting hidrolik dan peredaman 3 lapis, kabin kia morning sangat senyap dan bebas vibrator, serasa mengendarai mobil sekelas KIA sportage :mky_02:



PERFORMA

Begitu mobil sudah resmi serah terima, ogut langsung bawa test drive dan tentu saja hard breakin biar mesinnya gak manja , [cencored] with manual book :big_comfort:

Image

top speed dapat 150 kpj @5000 RPM, 4th Gear, masih bisa lebih tapi jalanan habis

si morning ini dalam kondisi ngebut tapi kemudi masih sangat stabil berkat motor driven power steeringnya dan berkat peredaman 3 lapisnya sama sekali tidak ada bunyi mesin berlebihan yang masuk sampai kabin, masih senyap dan minim getaran, kalau LCGC 3 silinder lain yang pernah ogut test drive sih 120 kpj aja uda goyang karawang dan suara mesinnya menyahat hati seakan akan berteriak "kill me please" :mky_03:


Fitur

untuk fitur sih 11-12 lah dengan LCGC lain, si morning biarpun kopong tapi sudah ada wiper belakang ,defogger dan tilt steering :mky_02:

Image

untuk AC lagi lagi morning selangkah lebih maju karena sudah ada pengaturan sirkulasi fresh air ataupun cabin air :mky_02:

si morning juga sudah ada pengaturan semburan untuk lower body,upper body , ataupun both :off_good_job:

si morning juga sudah ada heater, tidak terlalu berguna di indonesia, mungkin bisa dipakai untuk manasin pizza atau martabak ke calon mertua :big_grin:



KONSUMSI BENSIN

Image

pakai sehari hari dengan eco indikator off si morning perlu 5,7 liter untuk 100 kilometer alias 1 liter untuk 17,5 km, cukup irit dan sesuai expektasi ogut, kalau kaki ogut sekolah mungkin bisa 1:20


sekian review ogut soal morning dan alasan memilih morning dibanding LCGC :big_cat: :big_cat: :big_cat: :big_cat: :big_cat:
User avatar
omsafety
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Tue May 03, 2011 3:14

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by omsafety »

Sayang nya foto nya gak keluar di pc saya om hehehe
overall tanpa melihat brand yang ujung2 nya ke resale value maka tutup mata saya pasti milih kia morning sih, soalnya sudah test drive termasuk agya ayla dan satya dan rasanya yang paling nyaman jok nya adalah kia morning ini, ini berguna buat menembus kemacetan layaknya kegunaan city car ini, imho
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by martinnn »

lah ini cara edit post gmana ya ? kok gambar juga gk keluar
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2500
Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by WiraSoenaryo »

Hallo,

Pak Martinnn menggunakan Tag HTML sehingga text tidak tercompile oleh program forum.
Tag sudah saya rubah menjadi bbCode, akan tetapi gambar tetap tidak keluar. Mungkin link tujuan gambar sedang mengalami masalah.
Terima kasih.
martinnn wrote:lah ini cara edit post gmana ya ? kok gambar juga gk keluar
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by ternakblog »

Sudah keluar gambarnya
Beh mantep.morning seharga 100jeti?worth it bgt
Fitur keselamatane apa ae ya morning ini?
User avatar
34lee
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
Location: Republic Of CH

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by 34lee »

Dengan app tapatalk , gmbrny keluar


Sent from my iPhone using Tapatalk
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by martinnn »

ternakblog wrote:Sudah keluar gambarnya
Beh mantep.morning seharga 100jeti?worth it bgt
Fitur keselamatane apa ae ya morning ini?
cuma side impact beam sama high stensile steel plates aja om menurut brosur... alias kopongan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by ChZ »

Selamat om mobil barunya :frm_tumbleft:

Nice review juga

KIA Morning hmmm saya pernah coba nya KIA Picanto 2012 1.2L new model punya temen dan jujur saja saya kurang impressed sih. Mungkin mengingat harganya sangat mahal dibanding Brio 1.2L atau Mirage 1.2L, bahkan seingat saya Picanto 1.2 harganya setara Swift GL MT.

Morning kalau harganya di angka 100juta-an ya jelas cukup bagus lah om... Hehehe. Segitu baru worth. Kalau 150++ jelas enggak. Elsigisi yang saya lirik so far cuma Brio Satya dan KWR... Morning mungkin bisa jadi alternatif bagus. AgyaAyla? NO. Datsun Go? BIG NO. Salah satu elsigisi terburuk yang pernah saya setir itu Datsun Go. Getarannya lebih dahsyat dari duo serigala, interior kaya angkot, bawa 60 udah kayak roller coaster.

HU nya masih model seperti itu ya? Punya temen saya HU nya sempet lepas dari dudukan... Jadi hati-hati aja om :e-wall:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by keong »

Morning ada yg matic ga om ?
Ass kia gimana ya klo dilihat dr segi pelayanan beres, ketersediaan sparepart, dan biaya servis ? Soalnya saya suka liat di stiker kaca belakang garansinya berani juga sampe 150rb km atau 5th, sayang menurut saya masih terlihat terlalu kopong
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by newrubble »

mobil bgini yg basic trim manual di mainland EU harganya E. 9,800 lbh mahal drpd vw up basic trim matic E. 9,300*

*after taxes n discount
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by aburaza »

Sent link to istri. Kira2 kl vs brio e mendingan mana?
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by martinnn »

ChZ wrote:Selamat om mobil barunya :frm_tumbleft:

Nice review juga

KIA Morning hmmm saya pernah coba nya KIA Picanto 2012 1.2L new model punya temen dan jujur saja saya kurang impressed sih. Mungkin mengingat harganya sangat mahal dibanding Brio 1.2L atau Mirage 1.2L, bahkan seingat saya Picanto 1.2 harganya setara Swift GL MT.

Morning kalau harganya di angka 100juta-an ya jelas cukup bagus lah om... Hehehe. Segitu baru worth. Kalau 150++ jelas enggak. Elsigisi yang saya lirik so far cuma Brio Satya dan KWR... Morning mungkin bisa jadi alternatif bagus. AgyaAyla? NO. Datsun Go? BIG NO. Salah satu elsigisi terburuk yang pernah saya setir itu Datsun Go. Getarannya lebih dahsyat dari duo serigala, interior kaya angkot, bawa 60 udah kayak roller coaster.

HU nya masih model seperti itu ya? Punya temen saya HU nya sempet lepas dari dudukan... Jadi hati-hati aja om :e-wall:
5 detik setelah masuk datsun go ogut uda langsung ill feel liat speedometer,dashboard,kualitas jok dan rem tangan ala 1970 :mky_05:

setelah test drive lebih ill feel lagi :big_chicken:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by martinnn »

keong wrote:Morning ada yg matic ga om ?
Ass kia gimana ya klo dilihat dr segi pelayanan beres, ketersediaan sparepart, dan biaya servis ? Soalnya saya suka liat di stiker kaca belakang garansinya berani juga sampe 150rb km atau 5th, sayang menurut saya masih terlihat terlalu kopong
morning gak ada yang matik om

pelayanan beres, dan spare part masih wajar kok, setara suzuki deh :mky_01:

yang banyak dikeluhkan di forum kaskus sih jasa servicenya yang Rp 350 ribuan termasuk service 1k yang cuma colek colek doank :mky_06:
dan harus beli oli di beres, gak boleh beli di luaran yang notabene 2x lipat dari harga diluar :big_slap:

padahal ogut penggemar mitsubishi genuine oil atau daihatsu genuine oil karena murah dan cukup bagus :mky_01:

garansi 150 ribu km mencakup mesin,kaki kaki ,AC dan radiator, jadi tenang deh :mky_02:

namanya juga trim terendah om, kalo gak mau kopong ambil yang platinum seharga 180 juta lebih :big_slap:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by daftar »

kalo harganya segitu sih worth it.
deffoger kaca blkg, pengaturan semburan AC, pilihan sirkulasi udara, meskipun sederhan tapi itu fitur yang membedakan dengan kelas "mobil ekonomis" menurut saya.
:ngacir:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by martinnn »

aburaza wrote:Sent link to istri. Kira2 kl vs brio e mendingan mana?
Brio e :

+
mesin powerfull i- vtec 88 DK
gengsi honda
aksesoris dan racun banyak
ASS lebih banyak dibanding kia

-
interior crappy
kabin berisik
jok tipis
speedometer gak enak diliat
AC asal nyembur dengan kenop ala rinnai



tapi karena ogut orang yang mementingkan kualitas interior dibanding kebut kebutan, jadi ogut pilih morning deh, toh buat mobil perang dan cari duit, kalo week end car nanti aja ogut beli nissan GTR atau porsche macan buat kebut kebutan :big_comfort:
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by keong »

term and condition garansi 150.000 km apa om ? apakah termasuk full service record be-res selama 5 tahun atau 150.000 km mana yg sampai dulu ?
Saya setuju untuk harga around 100 morning masih menawarkan lebih dibanding lcgc
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by amfibi »

Buset dah dengan harga segitu sukses bikin ane secara tiba2 : ngiler.......... :ungg:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by sandal »

Nice review om

Kia morning ini sebenarnya bagus sih apalagi eksterior dan interiornya good, cuma akomodasi belakangnya sempit. Lainnya oke menurut ane sih apalagi harganya hehehe....

LCGC yg ane lirik (berdasarkan urutan menurut newbie):
1. Duo agay G/alay X menang di bagasi, kepraktisan, akomodasi dan ASSnya cuma kalah di performa dan tampilannya
2. Brio Satya menang di performa dan manualnya oke punya cuma bagasinya agak sempit dan interiornya :e-doh:
3. Karimun Wagon R malah kurang airbag walaupun tipe GS merupakan favorit ane karena tampang depannya suka banget, dan under seat tray :big_grin: bisa nyimpen barang rahasia :upss: pingin coba AGSnya wagon R ini
4. Datsun GO malah lebih parah dari hampir semua aspek :off_no: :snipersmile:

IMHO dan CMIIW
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by ChZ »

martinnn wrote:
5 detik setelah masuk datsun go ogut uda langsung ill feel liat speedometer,dashboard,kualitas jok dan rem tangan ala 1970 :mky_05:

setelah test drive lebih ill feel lagi :big_chicken:
HAHAHAHA ternyata om sama kayak saya... Ya saya berusaha untuk melupakan hal-hal jelek tersebut di sesi TD, yang akhirnya malah bikin saya tambah bingung.... Lalu apa bagusnya mobil ini :e-think:

Brio Satya saya masih bisa tolerir karena mobilnya enak waktu dibawa jalan, kenceng pula. Lha ini, dasbor angkot, rem tangan '70s, dibawa jalan juga gak karu-karuan rasanya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Gak kebayang itu Datsun Go ntar 5-10 tahun orkestra kabinnya bakal seperti apa :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 796
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by Dat510 »

Wew, sekarang harga nya mahal juga yah, udah 143,500,000 sebelum diskon, padahal waktu launching tahun lalu cuma 128,000,000. Naik ampir 15jt, walaupun setelah diskon yg 30+ jt harganya jadi sama aja.
bayumas80
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Thu Jul 26, 2012 20:40

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by bayumas80 »

Datsun GO, membuat saya berubah pikiran cari mobil tua datsun 120y ke corolla ke-30. Betul2 merusak nama harum datsun
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by nyotnyet »

Untuk sirkulasi ac brio ada, set ac cuma ada 2 pengaturannya...atas atau atas bawah...

Brio menang ada dual airbagnya, kalo speedometer menurut saya sih lumayan oke..siang hari pun dia nyalA, passport harga 4x nya aja speedonya gelap gulita

Untuk jok so far saya ga ada masalah (selera kalo ini), tp emang peredaman ama kualitas audio ampun deh...ancur banget...

Masalahnya saya coba brio matic lbh dapat indikator econya drpd yg manual...aneh...

Soul Red zoom zoom
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by keong »

irit juga yaa 5,7L/100km by MID, brio sotoy nik '15 yg pernah ane pakai jogja-dieng PP cuma dapet 14,4 km/L by MID, termasuk itungan boros dong kalo dibandingkan dgn morning, bisa segitu aja ane kira udah irit bener, maklum sehari2 bawa ipah matic, bensin pula, makin kerasa iritnya biar ga irit2 banget juga, mngkin kaki ane aja yg kudu cari beasiswa ...
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by amfibi »

keong wrote:irit juga yaa 5,7L/100km by MID, brio sotoy nik '15 yg pernah ane pakai jogja-dieng PP cuma dapet 14,4 km/L by MID, termasuk itungan boros dong kalo dibandingkan dgn morning, bisa segitu aja ane kira udah irit bener, maklum sehari2 bawa ipah matic, bensin pula, makin kerasa iritnya biar ga irit2 banget juga, mngkin kaki ane aja yg kudu cari beasiswa ...
Wkwkwk kalo kebiasaan pake innova bensin matic mah semua mobil2 jadi berasa irit :big_biglaugh:
Lha wong fuel cons nya sama kyk yg 3000cc v6 tapi tenaga ga ada kuat2nya ... :upss:
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: KIA morning 1.0 VS LCGC

Post by ternakblog »

Ngomongin dat go
Di tol sering jumpa ini mobil ngebut potong sana potong sini,gak sadar kendaraan yg dibawa uda masuk taraf danger :big_cry: