
Tanpa basa basi langsung aja deh beginilah review kia morning yang secara otr dibanderol 143.500.000, tapi ogut masih dapet harga lama di angka 142.500.000, karean harga naik keesokan hari setelah ogut spk

DESIGN

Houston commercial photography
Morning di indonesia adalah trim terendah untuk deretan mobil kia, dengan diskon pada saat ogut spk adalah Rp 31,500,000 jadi harganya bahkan lebih murah dibandingkan lcgc trim tertinggi macam agya trd atau ayla x elegant atau wagon r GS dan brio satya

menurut ogut mobil ini good looking , berkarakter dan cantik dilihat dari segala sisi biarpun aksesoris kopongan, bahkan talang air aja gak dikasih

one word about the design : good job for you mr Peter schreyer


Untuk jeroan mesinnya KIA membekali mobil ini dengan teknologi DOHC dan dual CVVT ketika LCGC lain masih ada yang mengandalkan SOHC seperti dan mesin konvensional tanpa pengaturan katup variabel , KIA sudah membekali morning dengan teknologi yang selangkah lebih maju dibanding pesaingnya

KIA morning juga sudah dilengkapi oleh engine mounting hidrolik, jadi getaran khas 3 silinder sama sekali tidak terasa di dalam kabin, beda dengan LCGC yang ogut test drive,semuanya masih pakai engine mounting konvensional yang bisa bikin nonik nonik basah tiba tiba kalau lagi di dalam kabin

Morning 1 : 0 LCGC
INTERIOR


interior morning didominasi warna hitam dan grey untuk jok sampai dashboard jadi terkesan lapang dan elegan

Joknya empuk dan lebih tebal dibandingkan LCGC manapun dan headrestnya terpisah loh

dari semua LCGC yang ogut test drive, yang paling lumayan adalah satya, hanya karena dia 4 silinder dan tidak ada sensasi vibrator, tapi untuk kesenyapan kabin dan kualitas jok semua LCGC bisa bikin uring uringan kalau dipakai lama karena kabin sangat berisik dan jok tipis

Untuk kesenyapan kabin,kualitas jok lagi lagi KIA morning unggul berkat engine mounting hidrolik dan peredaman 3 lapis, kabin kia morning sangat senyap dan bebas vibrator, serasa mengendarai mobil sekelas KIA sportage

PERFORMA
Begitu mobil sudah resmi serah terima, ogut langsung bawa test drive dan tentu saja hard breakin biar mesinnya gak manja , [cencored] with manual book


top speed dapat 150 kpj @5000 RPM, 4th Gear, masih bisa lebih tapi jalanan habis
si morning ini dalam kondisi ngebut tapi kemudi masih sangat stabil berkat motor driven power steeringnya dan berkat peredaman 3 lapisnya sama sekali tidak ada bunyi mesin berlebihan yang masuk sampai kabin, masih senyap dan minim getaran, kalau LCGC 3 silinder lain yang pernah ogut test drive sih 120 kpj aja uda goyang karawang dan suara mesinnya menyahat hati seakan akan berteriak "kill me please"

Fitur
untuk fitur sih 11-12 lah dengan LCGC lain, si morning biarpun kopong tapi sudah ada wiper belakang ,defogger dan tilt steering


untuk AC lagi lagi morning selangkah lebih maju karena sudah ada pengaturan sirkulasi fresh air ataupun cabin air

si morning juga sudah ada pengaturan semburan untuk lower body,upper body , ataupun both

si morning juga sudah ada heater, tidak terlalu berguna di indonesia, mungkin bisa dipakai untuk manasin pizza atau martabak ke calon mertua

KONSUMSI BENSIN

pakai sehari hari dengan eco indikator off si morning perlu 5,7 liter untuk 100 kilometer alias 1 liter untuk 17,5 km, cukup irit dan sesuai expektasi ogut, kalau kaki ogut sekolah mungkin bisa 1:20
sekian review ogut soal morning dan alasan memilih morning dibanding LCGC




