Mau numpang input review sebuah citycar dr toyota
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Semoga mbantu buat nambah2 referensi smers sekalian


=========================

Diluncurkan tahun 2013 di Indonesia, mobil 1 ini ngikut berkompetisi di kelas brio picanto and the gang ...
Dengan pilihan mesin 1.2 3NR-FE n transmisi yg sayangnya cuma manual 5-speed doang, yah sepenglihatan ane sih mobil ini kurang laku di Ibukota, jauh lebih laku di daerah yg notabene masih enak pake manual & masih pada manual minded jg konsumennya...

Unit milik seorang sobat yg ane test ini yang type G silver tahun 2014, odo masih 5.000 km dan kondisi terbilang fresh...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

Mbahas soal desainnya, yah kebanyakan orang juga pasti liat etios ini aneh banget modelnya, udah kayak jadul banget, mending kalo model jadul tapi cakep, lha ini....


Terlalu banyak lekuk2 yg aneh banget, karna ini memang mobil buat pasar India yang yah... begitulah

Seperti contoh (tentunya soal desain IMHO ya hehe) , di bagian depan lampunya juga kenapa ga dibuat nyambung aja sama grill nya, malah naik ke atas gitu jadi bikin aneh...

Masuk ke samping, sebenernya terlihat wajar2 aja sih namanya juga citycar, cuma ya plain banget n model handlenya juadul abis...

Nah belakang ini yang ane sama sekali ga ngeh, model lampu n juga lekuknya yang goyang2 gitu, ngapain juga harus berlekuk2 gitu, kalo dibuat lurus aja kan cakep...
Kentara banget aura mobil India nya, malah kayak bukan mobil jepang

Paling yang agak mbantu sih velgnya yg berukuran pas jg cukup manis, ama di type G kit tempelannya agak ndongkrak lah wkwk...
Overall dari sisi desain, ane sama sekali ga bisa mencerna model Etios ini dari awal launching ampe skrg...

======================

Masuk ke interior, disambut dgn warna hitam legam, Pertama masuk sih lumayan keren, tapi lama lama...
...bahannya murahan bgt

Untung agak kebantu sama warna itemnya jd agak2 kesamar lah (n lawannya dr honda jg sama2 murahan sih......)
Biarpun ada 1 yang ga bisa tersamarkan : Speedonya yg berasa liat speedo motor bebek banget haduh

Ada 1 poin yg menyelamatkan, yaitu steer nya yg bawahnya rata gitu jd oke banget modelnya, juga udah semi kulit dari std jd dipegangnya manteb n 'gemuk', pw sangat steernya

Jok depannya lumayan lah berasa duduk di yaris bakpao (06-12), nggak tipis juga, nyaman deh didudukinnya (beda banget sama citycar 1.2L buatan honda 1 itu

Bahan joknya sendiri dr fabric yg sama2 aja mah kualitasnya kyk mobil 100jt an lainnya...
Ruang depannya lega banget ini mah dikelasnya, bisa dibilang hampir se yaris

Ngga ada rasa kesempitan sama sekali buat ane yg 184cm/77kg, baik jd driver or passenger depan...

Sedangkan ruang belakangnya juga ane bilang oke, luas n joknya yah cukup lah buat didudukin selama aktivitas di dalem kota, ga terjadi di ane yg namanya kaki mentok depan... Bagasi pun jg cukup buat naroh barang2 penunjang aktivitas mah

Audio dikasih dobeldin standart dgn USB port, berkualitas suara yg biasa biasa juga, cukupan buat denger2 aja dan yah ga sampe kyk agya yg bikin ngeplay audio cd non compress berasa 64kbps MP3 bitrate

Kelemahan lain yg ane rasa di ACnya yang pas siang2 jakarta hari ini, di posisi 1 cuma bisa bikin adem aja, ga ampe dingin2 gimanaa gitu...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
======================
Nyalain mesin, starternya cepet n pas stasioner suara mesin 3NRnya hualuuus nan senyap kyk Honda L15A engine lah kira2... Bagus ini, K3VE or 1NZ aja suaranya kedengeran bgt

Posisi mengemudi ga rebah ala sedan melainkan rada tinggi, n blindspot menurut ane sih masih minim lah, ukuran bodi yg kompak bikin cepet adaptasinya ...
Masuk kopling n gigi 1... Koplingnya ringan buanget n juga empuk dipake buat dalkot, plus buat pengemudi manual pemula : ga gampang stall dan ga gitu endut2an jdi enak deh buat belajar manual mah (kebetulan ini jg TDnya sambil ngajarin yg empunya mobil cara pake manual, berhubung mobilnya baru dikasih n yg dikasih belom lancar manual)

Mesinnya sendiri yah khas toyota, lebih kuat di putaran bawah... Justru di citycar ini mah jd kewajiban, lha wong kan seringnya main di putaran bawah... Tenaganya ga berasa underpowered, sudah mantab buat menghela laju mobil berdimensi 3.7 meter ini mah

Selama dipake ngiter2 juga masih terasa halus & senyap, sama kyk pas idle...
Gear shifternya termasuk empuk perpindahannya n ga jauh2, nyaman sih dipindah2nya cuma ya lebih berasa 'greng' honda punya shifter kalo buat cepet2...
Respons gas n rem juga ringan & cepat, ga dalem. buat selip2 dalam kota oke laah...
Steer yah namanya juga EPS, ringaan banget dan no feeling ke jalan, rasa2nya lebih ringan dari GD8 ane... Tapi akurat sih untungnya, n stir yg super duper nyaman buat dioperasiin (ga kayak citycar honda yg duh kasar n bikin tangan keringetan stirnya)

Ride quality, nah ini dia yang ane suka... Suspensinya lumayan empuk, jauh dari kata keras n kebanting2.. Ga bikin pantat sakit, gini dong seharusnya citycar



Walaupun empuk tapi tetep ga gitu limbung, masih lincah meliuk2 d kecepatan sedang...
Peredaman suara2 dari luar ya alakadarnya khas citycar, dimaklumin aja hehehe
Kesimpulannya kalo dr sisi driving, ane acungkan 2 jempol, berasa remake dari yaris bakpao yg koplingnya diringanin jauuuh & lebih kecilan dikit


Bener2 definisi citycar yg baik udah kekumpul di sini, manual ringan empuk n enak (ane rasa bisa lah hidup di perkotaan padat dgn manualnya), respons di putaran bawah bagus, suspensi empuk n jok depan oke ga bikin pegel tapi handling tetep bisa lincah, dan stirnya ringan banget tapi juga akurat...

======================
Menurut ane sebenernya mobil ini sayang banget, dibawanya enak, ditumpanginya juga enak, cuma dinodai sangat dgn modelnya yang.... duh.... agya aja terlihat jauh lebih bagus...

Minat sama etios ini & ga peduli model? Ane sarankan ambil aja, mantab kok buat dipake harian

Tapi kalo peduli model sih... Ya masih banyak pilihan citycar lain mah yg jauh lebih cakep dr nih mobil atu

Sekian review yg cukup singkat nya, trims buat yg udah baca, semoga membantu hehe
