Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by amfibi »

Permisi SMers sekalian...
Mau numpang input review sebuah citycar dr toyota :big_smile]
Semoga mbantu buat nambah2 referensi smers sekalian :mky_02:

Image

=========================

Image

Diluncurkan tahun 2013 di Indonesia, mobil 1 ini ngikut berkompetisi di kelas brio picanto and the gang ...
Dengan pilihan mesin 1.2 3NR-FE n transmisi yg sayangnya cuma manual 5-speed doang, yah sepenglihatan ane sih mobil ini kurang laku di Ibukota, jauh lebih laku di daerah yg notabene masih enak pake manual & masih pada manual minded jg konsumennya... :D

Unit milik seorang sobat yg ane test ini yang type G silver tahun 2014, odo masih 5.000 km dan kondisi terbilang fresh... :big_smile]

Image

Mbahas soal desainnya, yah kebanyakan orang juga pasti liat etios ini aneh banget modelnya, udah kayak jadul banget, mending kalo model jadul tapi cakep, lha ini.... :big_dunno:

Image

Terlalu banyak lekuk2 yg aneh banget, karna ini memang mobil buat pasar India yang yah... begitulah :big_childish:
Seperti contoh (tentunya soal desain IMHO ya hehe) , di bagian depan lampunya juga kenapa ga dibuat nyambung aja sama grill nya, malah naik ke atas gitu jadi bikin aneh...

Image

Masuk ke samping, sebenernya terlihat wajar2 aja sih namanya juga citycar, cuma ya plain banget n model handlenya juadul abis...

Image

Nah belakang ini yang ane sama sekali ga ngeh, model lampu n juga lekuknya yang goyang2 gitu, ngapain juga harus berlekuk2 gitu, kalo dibuat lurus aja kan cakep...
Kentara banget aura mobil India nya, malah kayak bukan mobil jepang :big_dunno:

Paling yang agak mbantu sih velgnya yg berukuran pas jg cukup manis, ama di type G kit tempelannya agak ndongkrak lah wkwk...

Overall dari sisi desain, ane sama sekali ga bisa mencerna model Etios ini dari awal launching ampe skrg... :big_biglaugh:

======================

Image

Masuk ke interior, disambut dgn warna hitam legam, Pertama masuk sih lumayan keren, tapi lama lama...

...bahannya murahan bgt :big_slap:
Untung agak kebantu sama warna itemnya jd agak2 kesamar lah (n lawannya dr honda jg sama2 murahan sih......)
Biarpun ada 1 yang ga bisa tersamarkan : Speedonya yg berasa liat speedo motor bebek banget haduh :mky_07:

Ada 1 poin yg menyelamatkan, yaitu steer nya yg bawahnya rata gitu jd oke banget modelnya, juga udah semi kulit dari std jd dipegangnya manteb n 'gemuk', pw sangat steernya :mky_02:

Jok depannya lumayan lah berasa duduk di yaris bakpao (06-12), nggak tipis juga, nyaman deh didudukinnya (beda banget sama citycar 1.2L buatan honda 1 itu :mky_03: )
Bahan joknya sendiri dr fabric yg sama2 aja mah kualitasnya kyk mobil 100jt an lainnya...

Ruang depannya lega banget ini mah dikelasnya, bisa dibilang hampir se yaris :mky_02:
Ngga ada rasa kesempitan sama sekali buat ane yg 184cm/77kg, baik jd driver or passenger depan...

Image

Sedangkan ruang belakangnya juga ane bilang oke, luas n joknya yah cukup lah buat didudukin selama aktivitas di dalem kota, ga terjadi di ane yg namanya kaki mentok depan... Bagasi pun jg cukup buat naroh barang2 penunjang aktivitas mah :D

Audio dikasih dobeldin standart dgn USB port, berkualitas suara yg biasa biasa juga, cukupan buat denger2 aja dan yah ga sampe kyk agya yg bikin ngeplay audio cd non compress berasa 64kbps MP3 bitrate :big_biglaugh:

Kelemahan lain yg ane rasa di ACnya yang pas siang2 jakarta hari ini, di posisi 1 cuma bisa bikin adem aja, ga ampe dingin2 gimanaa gitu... :big_smile]

======================

Nyalain mesin, starternya cepet n pas stasioner suara mesin 3NRnya hualuuus nan senyap kyk Honda L15A engine lah kira2... Bagus ini, K3VE or 1NZ aja suaranya kedengeran bgt :big_exellent:

Posisi mengemudi ga rebah ala sedan melainkan rada tinggi, n blindspot menurut ane sih masih minim lah, ukuran bodi yg kompak bikin cepet adaptasinya ...

Masuk kopling n gigi 1... Koplingnya ringan buanget n juga empuk dipake buat dalkot, plus buat pengemudi manual pemula : ga gampang stall dan ga gitu endut2an jdi enak deh buat belajar manual mah (kebetulan ini jg TDnya sambil ngajarin yg empunya mobil cara pake manual, berhubung mobilnya baru dikasih n yg dikasih belom lancar manual) :D

Mesinnya sendiri yah khas toyota, lebih kuat di putaran bawah... Justru di citycar ini mah jd kewajiban, lha wong kan seringnya main di putaran bawah... Tenaganya ga berasa underpowered, sudah mantab buat menghela laju mobil berdimensi 3.7 meter ini mah :frm_tumbleft:
Selama dipake ngiter2 juga masih terasa halus & senyap, sama kyk pas idle...

Gear shifternya termasuk empuk perpindahannya n ga jauh2, nyaman sih dipindah2nya cuma ya lebih berasa 'greng' honda punya shifter kalo buat cepet2...

Respons gas n rem juga ringan & cepat, ga dalem. buat selip2 dalam kota oke laah...

Steer yah namanya juga EPS, ringaan banget dan no feeling ke jalan, rasa2nya lebih ringan dari GD8 ane... Tapi akurat sih untungnya, n stir yg super duper nyaman buat dioperasiin (ga kayak citycar honda yg duh kasar n bikin tangan keringetan stirnya) :upss:

Ride quality, nah ini dia yang ane suka... Suspensinya lumayan empuk, jauh dari kata keras n kebanting2.. Ga bikin pantat sakit, gini dong seharusnya citycar :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Walaupun empuk tapi tetep ga gitu limbung, masih lincah meliuk2 d kecepatan sedang...

Peredaman suara2 dari luar ya alakadarnya khas citycar, dimaklumin aja hehehe

Kesimpulannya kalo dr sisi driving, ane acungkan 2 jempol, berasa remake dari yaris bakpao yg koplingnya diringanin jauuuh & lebih kecilan dikit :big_exellent: :big_exellent:
Bener2 definisi citycar yg baik udah kekumpul di sini, manual ringan empuk n enak (ane rasa bisa lah hidup di perkotaan padat dgn manualnya), respons di putaran bawah bagus, suspensi empuk n jok depan oke ga bikin pegel tapi handling tetep bisa lincah, dan stirnya ringan banget tapi juga akurat... :D

======================

Menurut ane sebenernya mobil ini sayang banget, dibawanya enak, ditumpanginya juga enak, cuma dinodai sangat dgn modelnya yang.... duh.... agya aja terlihat jauh lebih bagus... :ungg:

Minat sama etios ini & ga peduli model? Ane sarankan ambil aja, mantab kok buat dipake harian :mky_02:
Tapi kalo peduli model sih... Ya masih banyak pilihan citycar lain mah yg jauh lebih cakep dr nih mobil atu :ungg:

Sekian review yg cukup singkat nya, trims buat yg udah baca, semoga membantu hehe :mky_02:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by ak4ng »

pertamaxxx :mky_08: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by ricz »

Nice review om (sekali lg, OM :mky_03: ) mod pibih... :mky_01:

Etios pal...eh velcro...eh valco... Mobil yg memakai emblem legendaris yang katanya mendongkrak penjualan yaitu boyota...

Sebenarnya sayang jg sih ini mbl, ride bagus, nyaman, memenuhi standar hatch kecil, tapi "dibunuh" scr tidak langsung oleh adiknya yaitu Agya yg punya matic dan modelnya lebi manusiawi... :big_think:

Aku rasa ini mobil pun agak melempem penjualannya di kampung kecil tempat tinggal gw... Gatau ya klo di daerah lain :big_think:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by Mozawa »

sodara ane kebetulan punya etios valco type g produksi 2013. Ane pernah mencobanya keluar kota , dengan kontur jalan yang kadang datar , kadang naik turun....

kalao ane compare dgn new avanza , yg selisih 100 cc , tapi body lebih gedhe : selintas kita pasti pasti berpikir , horse power / kg , etios lebih superior....

tapi ternyata , saat ane coba , sebaliknya...
mesin serasa kurang torsi...terutama kalau ditanjakan...

yang aneh adalah , jarak main pedal gas yang pendek compare to avanza....

jadi pas saat ane lewati tanjakan panjang , dan butuh akselerasi , gak terasa ternyata pedal gas udah meyentuh
lantai...., gas dan akselerasi seolah2 gak linear...

saat gas penuh , deruman suara mesin dan knalpotnya keren, kaya mobil sport...haaaha....

feeling ane kok lebih powerful mesin new avanza ya?? Mungkin karena efek vvti ya???? Atau entahlah.... tarikan mesin new avanza bagi ane terasa lebih panjang nafasnya , terutama saat nyalip trek panjang agak nanjak...

mengenai kenyamanan : emang benar bantingannya empuk dan nyaman , bahkan ane rasa kok lebih nyaman dari yaris bakpau ya??? Pantulannya juga lebih lembut...

posisi duduk juga lebih baik dari yaris yang posisi duduknya aneh...., posisi duduk depan nyaman....

tapi itu berlaku untuk kenyamanan kursi depan....tidak untuk penumpang belakang.berbeda, .. dibelakang ane kerasa bantingannya keras , terutama lewat lobang atau rel kereta....kurang nyaman dan teredam...

mengenai kehalusan mesin , ane rasa sih mungkin aslinya sama dg l15 , tapi peredaman mesin masih dibawah jazz, sehingga suara mesin relative lbh masuk...

Compare to yaris bakpau , yup , ini mesin lebih halus...suara tik tik tik mesin saat rpm menengah tidak terdengar...

mengenai keiritan bbm , banyak majalah yg mengatakan mesin etios irit banget , tapi sayangnya ane gak perhatikan keiritannya....

kesimpulan , mobil compact yang lumayan untuk dimiliki..
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by amfibi »

ak4ng wrote:pertamaxxx :mky_08: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
:wkkk: :wkkk: :wkkk:
ricz wrote:Nice review om (sekali lg, OM :mky_03: ) mod pibih... :mky_01:

Etios pal...eh velcro...eh valco... Mobil yg memakai emblem legendaris yang katanya mendongkrak penjualan yaitu boyota...

Sebenarnya sayang jg sih ini mbl, ride bagus, nyaman, memenuhi standar hatch kecil, tapi "dibunuh" scr tidak langsung oleh adiknya yaitu Agya yg punya matic dan modelnya lebi manusiawi... :big_think:

Aku rasa ini mobil pun agak melempem penjualannya di kampung kecil tempat tinggal gw... Gatau ya klo di daerah lain :big_think:
Sssst :mky_03:
Iya padahal mah seneng banget ane bawa etios ini, segala standar ane buat sebuah citycar terpenuhi bgt... Cuma ya gitu model...nya :ungg:
Lho di Medan melempem juga tho? Padahal medan jg msh pangsa pasar manualnya gede :big_childish:
Kalo di bandung sih ane liat banyak juga...
Mozawa wrote:sodara ane kebetulan punya etios valco type g produksi 2013. Ane pernah mencobanya keluar kota , dengan kontur jalan yang kadang datar , kadang naik turun....

kalao ane compare dgn new avanza , yg selisih 100 cc , tapi body lebih gedhe : selintas kita pasti pasti berpikir , horse power / kg , etios lebih superior....

tapi ternyata , saat ane coba , sebaliknya...
mesin serasa kurang torsi...terutama kalau ditanjakan...

yang aneh adalah , jarak main pedal gas yang pendek compare to avanza....

jadi pas saat ane lewati tanjakan panjang , dan butuh akselerasi , gak terasa ternyata pedal gas udah meyentuh
lantai...., gas dan akselerasi seolah2 gak linear...

saat gas penuh , deruman suara mesin dan knalpotnya keren, kaya mobil sport...haaaha....

feeling ane kok lebih powerful mesin new avanza ya?? Mungkin karena efek vvti ya???? Atau entahlah.... tarikan mesin new avanza bagi ane terasa lebih panjang nafasnya , terutama saat nyalip trek panjang agak nanjak...

mengenai kenyamanan : emang benar bantingannya empuk dan nyaman , bahkan ane rasa kok lebih nyaman dari yaris bakpau ya??? Pantulannya juga lebih lembut...

posisi duduk juga lebih baik dari yaris yang posisi duduknya aneh...., posisi duduk depan nyaman....

tapi itu berlaku untuk kenyamanan kursi depan....tidak untuk penumpang belakang.berbeda, .. dibelakang ane kerasa bantingannya keras , terutama lewat lobang atau rel kereta....kurang nyaman dan teredam...

mengenai kehalusan mesin , ane rasa sih mungkin aslinya sama dg l15 , tapi peredaman mesin masih dibawah jazz, sehingga suara mesin relative lbh masuk...

Compare to yaris bakpau , yup , ini mesin lebih halus...suara tik tik tik mesin saat rpm menengah tidak terdengar...

mengenai keiritan bbm , banyak majalah yg mengatakan mesin etios irit banget , tapi sayangnya ane gak perhatikan keiritannya....

kesimpulan , mobil compact yang lumayan untuk dimiliki..
Wow thx om tambahan2 pengalamannya :mky_02:
Iya pastinya lebih powerfull new avanza, VVTI gitu lho n juga dia RWD & setting mesinnya tentu lebih panjang napasnya, engineer nya kan mikir ini avanza pasti dipake ama masyarakat buat lukot kemana2 sedangkan etios ini buat muter2 dalem kota aja hahaha...
Kalo lebih nyaman dr yaris bakpau... ane setuju sih, pernah naik yg bakpao 07, dibanding etios masih nyamanan etios wkwk...

Wah di belakang keras ya ? DIkirain empuk juga kayak di bagian depan ... Ane ndak nyoba jd penumpang belakang selama jalan :ungg:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by amfibi »

Oiya sekaliam kalo mau dicompare, ane bisa compare nya sama... March 1.2 XS AT 2011 & 2012 :mky_01:

-Lebih lembut dari etios suspensinya
-Bahan joknya gak bgt n juga joknya kecil banget, jauh lah level ergonomisnya sama etios yg jauuuuh lebih wenak ...
-Kuailtas kabin sama2 alakadarnya, tapi scr desain mendingan... ga mending 22nya :big_think:
-Tenaga (sebenernya sih ga fair karna marchnya at n etiosnya mt), march boyo kuadrat 12, kalo bawa pelan2 sih ga kerasa tapi ya kan ga selamanya pelan2............ butuh akselerasi sedikit dr diem ke jalan aja lemot :ungg:
-Steer march sama sekali gak bgt, kasar bahannya, jauh lebih ngambang jg n ga seakurat etios (tp sama sama ringan)
-Respons rem lebih smoooth march dari etios, march khas nissan dalem n berentinya lembut... :mky_02:
-Audio march..................sedih :big_dunno:
-AC march XS unggul karna udh climate control digital, dingin sih ga tau soalnya ga pernah bawa march pas siang2 bolong...
-Space kabin lebih kecil dari etios, berasa bgt mobil kecilnya...
-Jok belakang sangat sangat ga enak didudukin, rata
-Peredaman sih rasanya mah sama aja
-Reliability? March 2011 yg odonya 50rb km punya slh satu keluarga ane (yg ane test) mulai sakit2an :ungg: (yg 2012 odo 21rb km, msh aman)
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by ak4ng »

@kodok: seandainya ente di kasi pilihan antara etios vs mirage vs picanto vs march vs brio (non LCGC) vs splash vs i20 .... buat dalkot only,. pilih mana?
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
atom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Sat Jul 18, 2015 5:22

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by atom »

Kebetulan di rmh ad etios e 2013, kalo dibanding avanza 2012 punya istri nafas tarikannya di jln datar lebih panjang etios. Tp kalo di tanjakan emg etios ble'e.. Karna di etios batch ini gearboxny bermasalah, dpt garansi sih tp krn musti diinepin blm ketemu waktuny.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by nugroho bagor »

ak4ng wrote:@kodok: seandainya ente di kasi pilihan antara etios vs mirage vs picanto vs march vs brio (non LCGC) vs splash vs i20 .... buat dalkot only,. pilih mana?
Splashlah btw Sirion kagak di masukkin Om :ungg:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by daftar »

lekuk2nya memang aneh, niru mau picanto tapi gagal
:ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by amfibi »

ak4ng wrote:@kodok: seandainya ente di kasi pilihan antara etios vs mirage vs picanto vs march vs brio (non LCGC) vs splash vs i20 .... buat dalkot only,. pilih mana?
Hmm... March n brio jadi mobil pertama yg ane coret, di march ane benci bener ama tenaga leletnya (AT), boros! (dalkot jkt cuma dapet 1:9-10) n biarpun bantingannya paling lembut, tp joknya hancurrr... :big_dunno:

Brio keliatan bgt nih mobil ga ada aman2nya, interior haduuh.... bantingan yg gubrak2 (kyk GD8 ane jg) jg pendeknya GC bikin down banget deh...

Picanto vs i10 grand (bukan i20 yak, lain kelas itu mah wkwk) sebenernya bagus2 aja, tapi kok ya terlalu unyu2, keciri banget citycarnya, kurang 'keliatan' di jalan :mky_01:

Mirage, belom pernah coba, kalo baca2 sm mah terlihat wow, apalagi fuel cons nya ane akuin mantab bgt iritnya... Tapi dr temen2 yg udh coba sih ga se 'wah' yg digembor2kan di serayamotor sini, terutama keluhannya pd bilang limbung parah n peredamannya plg hancur... :ungg:

Splash, biarpun gebrak2 jg bantingannya tp kayaknya ini mobil yg whole packagenya lengkap n well-build, menarik buat dilirik di kelas ini... Model jg lucu :mky_02:

Etios, yah kyk yg ane bilang di atas sih, ane paling cocok sebenernya sama karakter etios ini (ane suka mobil yg nyaman tapi bawanya msh enak n ga berasa 'malas'), sayang tersandung di exterior yg bikin ga pede... :big_childish:

Ada satu lagi : sirion... Kalo yg lama mah terkenal lifeless garing kurang nyaman & kurang ergonomis jg, ga tau deh yg FL ini ada improve or not :mky_01:

Kalo disuruh pilih yg mana ...
Transmisi manual, pegang etios deh :D (sambil berusaha abaikan modelnya yg anu bgt)
Nah kalo matic, lirik splash aja ah, rasanya paling worth gitu wkwkwk...

(Semua ini IMHO)
atom wrote:Kebetulan di rmh ad etios e 2013, kalo dibanding avanza 2012 punya istri nafas tarikannya di jln datar lebih panjang etios. Tp kalo di tanjakan emg etios ble'e.. Karna di etios batch ini gearboxny bermasalah, dpt garansi sih tp krn musti diinepin blm ketemu waktuny.
Masalahnya kaya gimana ya om ? :big_childish:
daftar wrote:lekuk2nya memang aneh, niru mau picanto tapi gagal
Yah namanya juga buat pasar India... ya gitu deh bentuknya :big_dunno:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by walid_007 »

mobil yang dibuat tampa emosi, karakter , tidak memiliki karisma... adalah hasil pembuatan mobil tampa bahasa desain... jauh jika dibandingkan mobil yg pake bahasa desain seperti yaris terbaru

coba ditambahkan praktikalitas, akomodasi, banyaknya cup holder, luasan glove box pasti bikin review ini lebih ciamik... semoga review kedepan ditambahkan bro fib
engine roaring!
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by amfibi »

walid_007 wrote:mobil yang dibuat tampa emosi, karakter , tidak memiliki karisma... adalah hasil pembuatan mobil tampa bahasa desain... jauh jika dibandingkan mobil yg pake bahasa desain seperti yaris terbaru

coba ditambahkan praktikalitas, akomodasi, banyaknya cup holder, luasan glove box pasti bikin review ini lebih ciamik... semoga review kedepan ditambahkan bro fib
Yupp, setuju...

Maklum om ini kan test drive, kalo sempet ngukur n liat gituan2 mah judulnya review or malah long term hehehe :big_smile]
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by adty »

Loh acnya kurang dingn om? Setau saya biasanya mobil2 toyota acnya paling dingin. Dibanding sesama japs dirumah (nissan n suzuki), imo ac toyota paling dingin, nissan paling lama dinginnya.

Desain eksteriornya dimata saya gak bisa ditolerir (jeleknya) sih hahaha, dan setuju jauh lebih cakep agya ayla. Mau di modif juga ini etios tetep we begitu. Agya makin cakep lg kalo dimodif, dan interiornya desain dasbor lebih masuk selera buat saya walaupun lebih sederhana.

Sayang aja sih good package ternodai secara visual, sedangkan mayoritas konsumennya kan akan liat secara visual dahulu. Nice review om fibi
Penikmat roti tawar beroda
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by DOHC »

adty wrote:Loh acnya kurang dingn om? Setau saya biasanya mobil2 toyota acnya paling dingin. Dibanding sesama japs dirumah (nissan n suzuki), imo ac toyota paling dingin, nissan paling lama dinginnya.
wahh masa seh om... bukannya ac nya batu makam rada nendang jg dingin nya ?? di GL aj semriwing banget... bahkan di XR aj (ini gegara stelan fan 1 nya yg dudul) ckup nendang ktimbang jazz lohh...

@ fibi : daleman nya kayanya lebi cakep dan acceptable yah mods dbanding brio... bahkan mobilio skalipun.... ini etios lebi terkesan sdkit lebi "mahal berkelas" gt dbanding brio mobilio... dan ane stuju ttg setir nya etios... cakep bener, desain yg sama dipake di vios... ga gede macam setir apanja jadul
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by sandal »

Nice review fib

Seandainya TAM masukin varian AT etios gud tuh sama perbaikan di eksteriornya

Btw, Kalo seandainya ane dikasi etios dipermak jadi gini

Image

Etios slalom :mky_03:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by amfibi »

adty wrote:Loh acnya kurang dingn om? Setau saya biasanya mobil2 toyota acnya paling dingin. Dibanding sesama japs dirumah (nissan n suzuki), imo ac toyota paling dingin, nissan paling lama dinginnya.

Desain eksteriornya dimata saya gak bisa ditolerir (jeleknya) sih hahaha, dan setuju jauh lebih cakep agya ayla. Mau di modif juga ini etios tetep we begitu. Agya makin cakep lg kalo dimodif, dan interiornya desain dasbor lebih masuk selera buat saya walaupun lebih sederhana.

Sayang aja sih good package ternodai secara visual, sedangkan mayoritas konsumennya kan akan liat secara visual dahulu. Nice review om fibi
Tks om adty :big_smile]
Iya AC nya dinginnya biasa aja, bukan kurang dingin juga sih, tapi pas siang2 cuma bisa bikin kabin jadi adem2 aja :mky_01:

Betull visual nya bener2 ga termaafkan di mata ane juga, n btw liat pasaran bekasnya jeblog juga nih yg 2013 aja 110 dapet, lumayan buat mobil kotaan wkwkwk... (diusahakan jg merem ga usah liat modelnya sama sekali deh, yg penting bs disetir dg mudah & nyaman n cepet sampe tujuan :glodak: )
DOHC wrote:
adty wrote:Loh acnya kurang dingn om? Setau saya biasanya mobil2 toyota acnya paling dingin. Dibanding sesama japs dirumah (nissan n suzuki), imo ac toyota paling dingin, nissan paling lama dinginnya.
wahh masa seh om... bukannya ac nya batu makam rada nendang jg dingin nya ?? di GL aj semriwing banget... bahkan di XR aj (ini gegara stelan fan 1 nya yg dudul) ckup nendang ktimbang jazz lohh...

@ fibi : daleman nya kayanya lebi cakep dan acceptable yah mods dbanding brio... bahkan mobilio skalipun.... ini etios lebi terkesan sdkit lebi "mahal berkelas" gt dbanding brio mobilio... dan ane stuju ttg setir nya etios... cakep bener, desain yg sama dipake di vios... ga gede macam setir apanja jadul
Soal AC nissan, kalo di T30 sih dinginnya cepoi2 apalagi siang2 haduh gerah kalo set 1 doang mah, di march juga dinginnya biasa aja, ga tau deh nissan lain gimana ...

Iya dalemannya lebih bagus ini drpd brio, ini masih lebih well lah, cuma bahan dash nya aja yg ember banget ...
Setirnya selain cakep jg rigid kokoh manteb bgt buat dioperasiin, plus ane suka bgt udh semi kulit jdi ga gmpg keringetan tangan kyk biasanya polyurethane/plastic :big_exellent:
sandal wrote:Nice review fib

Seandainya TAM masukin varian AT etios gud tuh sama perbaikan di eksteriornya

Btw, Kalo seandainya ane dikasi etios dipermak jadi gini

Image

Etios slalom :mky_03:
Tks bro :big_smile]

Oiya lupa duh ane ga kepikiran sama sekali lho tentang etios slalom, buset boleh juga didandanin gitu jadi cakep jauh asli.............. :big_chicken:
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by adty »

DOHC wrote:
adty wrote:Loh acnya kurang dingn om? Setau saya biasanya mobil2 toyota acnya paling dingin. Dibanding sesama japs dirumah (nissan n suzuki), imo ac toyota paling dingin, nissan paling lama dinginnya.
wahh masa seh om... bukannya ac nya batu makam rada nendang jg dingin nya ?? di GL aj semriwing banget... bahkan di XR aj (ini gegara stelan fan 1 nya yg dudul) ckup nendang ktimbang jazz lohh...

@ fibi : daleman nya kayanya lebi cakep dan acceptable yah mods dbanding brio... bahkan mobilio skalipun.... ini etios lebi terkesan sdkit lebi "mahal berkelas" gt dbanding brio mobilio... dan ane stuju ttg setir nya etios... cakep bener, desain yg sama dipake di vios... ga gede macam setir apanja jadul
Oh iya deng livie xgear saya dulu acnya nampol. Kalo di GLnya gasuka fannya berisikkk. Maklum ini mobil gaada kenang2annya sama sekali, jd mudah dilupakan :big_weee:

Tp selain livie family, buat saya sih kurang nampol dinginnya. Latio, serena, xtrail (T31) rada lama dinginnya. Entah kenapa :ungg:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by sandal »

amfibi wrote:
sandal wrote:Nice review fib

Seandainya TAM masukin varian AT etios gud tuh sama perbaikan di eksteriornya

Btw, Kalo seandainya ane dikasi etios dipermak jadi gini

Image

Etios slalom :mky_03:
Tks bro :big_smile]

Oiya lupa duh ane ga kepikiran sama sekali lho tentang etios slalom, buset boleh juga didandanin gitu jadi cakep jauh asli.............. :big_chicken:
Tidak hanya cakep, tapi juara slalom di beberapa kejurnas slalom juga lho :mky_02:
Lebih enak Etios TTI edition ini :mky_03:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by DOHC »

adty wrote:
DOHC wrote:
adty wrote:Loh acnya kurang dingn om? Setau saya biasanya mobil2 toyota acnya paling dingin. Dibanding sesama japs dirumah (nissan n suzuki), imo ac toyota paling dingin, nissan paling lama dinginnya.
wahh masa seh om... bukannya ac nya batu makam rada nendang jg dingin nya ?? di GL aj semriwing banget... bahkan di XR aj (ini gegara stelan fan 1 nya yg dudul) ckup nendang ktimbang jazz lohh...

@ fibi : daleman nya kayanya lebi cakep dan acceptable yah mods dbanding brio... bahkan mobilio skalipun.... ini etios lebi terkesan sdkit lebi "mahal berkelas" gt dbanding brio mobilio... dan ane stuju ttg setir nya etios... cakep bener, desain yg sama dipake di vios... ga gede macam setir apanja jadul
Oh iya deng livie xgear saya dulu acnya nampol. Kalo di GLnya gasuka fannya berisikkk. Maklum ini mobil gaada kenang2annya sama sekali, jd mudah dilupakan :big_weee:

Tp selain livie family, buat saya sih kurang nampol dinginnya. Latio, serena, xtrail (T31) rada lama dinginnya. Entah kenapa :ungg:
bsa dicoba kontek om hariy minta koleksi poto2 "mahluk malem" nya aj om... d print trus di gantung di spion tengah mobil... mudah2an membantu proses pendinginan... :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
atom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Sat Jul 18, 2015 5:22

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by atom »

amfibi wrote:

atom wrote:Kebetulan di rmh ad etios e 2013, kalo dibanding avanza 2012 punya istri nafas tarikannya di jln datar lebih panjang etios. Tp kalo di tanjakan emg etios ble'e.. Karna di etios batch ini gearboxny bermasalah, dpt garansi sih tp krn musti diinepin blm ketemu waktuny.
Masalahnya kaya gimana ya om ? :big_childish:
Etios sampai batch 2013 perlu ada upgrade gear rasio (output shaft, ring gear, gear no.3,4,5, clutch hub, komponen2 ini yg seinget ane perlu diganti).
sandal wrote:Nice review fib

Seandainya TAM masukin varian AT etios gud tuh sama perbaikan di eksteriornya

Btw, Kalo seandainya ane dikasi etios dipermak jadi gini

Image

Etios slalom :mky_03:
Kalo ane lg kepikiran modif kearah rally, kyk gini :

Image
atau ini :
Image

Yang paling ane ga sreg ya spido-nya. Alhasil selama ini ane jadiin rak tisu :big_biglaugh:
Image
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by amfibi »

DOHC wrote:
adty wrote:
DOHC wrote:
wahh masa seh om... bukannya ac nya batu makam rada nendang jg dingin nya ?? di GL aj semriwing banget... bahkan di XR aj (ini gegara stelan fan 1 nya yg dudul) ckup nendang ktimbang jazz lohh...

@ fibi : daleman nya kayanya lebi cakep dan acceptable yah mods dbanding brio... bahkan mobilio skalipun.... ini etios lebi terkesan sdkit lebi "mahal berkelas" gt dbanding brio mobilio... dan ane stuju ttg setir nya etios... cakep bener, desain yg sama dipake di vios... ga gede macam setir apanja jadul
Oh iya deng livie xgear saya dulu acnya nampol. Kalo di GLnya gasuka fannya berisikkk. Maklum ini mobil gaada kenang2annya sama sekali, jd mudah dilupakan :big_weee:

Tp selain livie family, buat saya sih kurang nampol dinginnya. Latio, serena, xtrail (T31) rada lama dinginnya. Entah kenapa :ungg:
bsa dicoba kontek om hariy minta koleksi poto2 "mahluk malem" nya aj om... d print trus di gantung di spion tengah mobil... mudah2an membantu proses pendinginan... :mky_03: :mky_03:
Kalo pake poto2 yg itu mah ga usah pake AC juga bakal kedinginan sendiri... :ngacir:
atom wrote:
amfibi wrote:

atom wrote:Kebetulan di rmh ad etios e 2013, kalo dibanding avanza 2012 punya istri nafas tarikannya di jln datar lebih panjang etios. Tp kalo di tanjakan emg etios ble'e.. Karna di etios batch ini gearboxny bermasalah, dpt garansi sih tp krn musti diinepin blm ketemu waktuny.
Masalahnya kaya gimana ya om ? :big_childish:
Etios sampai batch 2013 perlu ada upgrade gear rasio (output shaft, ring gear, gear no.3,4,5, clutch hub, komponen2 ini yg seinget ane perlu diganti).
sandal wrote:Nice review fib

Seandainya TAM masukin varian AT etios gud tuh sama perbaikan di eksteriornya

Btw, Kalo seandainya ane dikasi etios dipermak jadi gini

Image

Etios slalom :mky_03:
Kalo ane lg kepikiran modif kearah rally, kyk gini :

Image
atau ini :
Image

Yang paling ane ga sreg ya spido-nya. Alhasil selama ini ane jadiin rak tisu :big_biglaugh:
Image
Asli om hahaha ngakak banget dijadiin rak tisu :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Nah modif rally masih oke punya juga tuh, lumayan lah gaya 'heboh' nya mobil aliran rally bisa ngalihin perhatian dr modelnya yg anu bgt... :big_exellent:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by DOHC »

lah koq etios nya om atom setir nya beda ama mods fibi punya ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by amfibi »

DOHC wrote:lah koq etios nya om atom setir nya beda ama mods fibi punya ??
Itu type E om, stirnya masih 'goreng' permukaannya, belom semikulit n belom ada tombol audio :mky_01:
Sama model HU nya beda...

E
Image

G
Image
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Test Drive : 2014 Toyota Etios Valco G M/T

Post by imingwahyudi »

Nais review doqqi :big_love:



Starlet wannabe ni ceritanya...sayang poorly executed :ungg: