Captiva yang saya pake ini model facelift , mesin diesel, transmisi AT dan yang penggerak roda depan. Sekarang masih jalan dengan odo kira2 48rb (on going).
Modelnya kayak gini : (maaf foto dari internet yaa, foto captiva saya entah keselip dimana haha) Beberapa hal yang bakal ane singgung disini yaitu :
-Intro (Latar belakang beli, dan kelakuan Sales

-Exterior
-Interior
-Performa (Mesin, Tranny, Handling)
-Reliability
-Conclusion dan Analysis
Oke langsung aja masuk ke Intro..
Jadi Mobil ini dibeli buat gantiin Innova yang waktu itu dah sepuh dan bosen (saking gapernah ada problem

Kandidat lain yaitu Nissan Serena C24 atau nunggu keluarnya MPV boxy2 itu (Biante waktu itu baru keluar kalo gasalah, C26 ama Nav1 menyusul).
Akhirnya setelah TD sana sini dipilih Captiva dengan pertimbangan berikut :
-Harga tergolong murah (budget max 400 jt waktu itu)
-7 seater (occasional)
-Driving Experience
-Tenaga Mesin/Torsi
Cuma apesnya waktu itu ane kebagian sales Baru yang belum pernah ngejualin mobil. Dapet jualan ke ane itu mobil pertama dia yang kejual..
Akhirnya ane ama bapak ane yang ngajarin/ ngasih masukan2 gitu karena dia malah kebingungan

Kelakuan sales ini yang lainnya adalah waktu itu Buku Manual mau dikasih FOTOKOPInya aja, dengan alasan belum cetak. WTH! Akhirnya abis kesabaran, sales ama supervisornya ane ancem dibilangin ke Media. Lhaa beli Innova yang (dulu) dibawah 250 aja dapet lengkap kok....
Yak itu Intro mengenai kualitas Sales Chevy jaman dulu yaa (2,5 tahun yll), sekarang masuk ke Exterior
Exterior Captiva FL ini terutama yang banyak dirubah depannya, dari yang bulet2 unyu jadi tegas dengan gril besar ala Chevy. Very American

Roofrail, foglamp udah termasuk kelengkapan standar. Velg ukuran 17 inci dengan ban standar 235/60 R17. Pokoknya exteriornya kesannya Gagah deh hehe...
Bumper2 layaknya SUV/crossover jaman sekarang make plastik abu-abu itu yang sebenernya ane benci. Kenapa? Karena kalo udah patah dikit atau keserempet, gabisa diketok magic kayak bemper biasa, harus PASANG BARU. dan harganya lumayan (plastik bumper depan tahun 2014 1,3 juta) + nunggu partnya semingguan.
GC sangat tinggi kalo buat di Jawa, belum pernah mentok tuh sepanjang Jakarta ampe ujung Jawa Timur.
Masuk ke Interior , seperti yang biasanya Chevy. Rada Spartan. Pecinta Wood Panel pasti benci

Kualitas Finishing biasa aja, bahan semua plastik keras kombinasi ama plastik silver yang lumayan gampang kegores. Di Doortrim ada kain/kulit dikit.
Setir juga gitu 4 spoke dan dibagian pegangan dilapis Kulit.
Cuma Fitur di dalem lumayan detail, udah ada climate control, MID, terus ada colokan power 12V tiap baris (ampe baris 3) dan konsol penyimpanan Berlimpah! CupHolder buat Botol kalo dihitung bisa ada 8-10

Diatas Plafon ada tmpat kacamata, lampu baca 2 buah standar SUV lah...
Seatbelt 7 sampe belakang, dan ada dudukan ISOFIX buat kursi bayi. Top Tethernya ga nemu (kayaknya kelapis pas jok diganti kulit (bonus)).
Seat kalo dilipet bisa Flat. Ohya , Suara mesin sangat kedap, jadi kalo lagi cruise paling yang dirasain dari kabin itu suara ban dan sedikit siulan turbo saat dibejek. Entah udah berapa kali orang bilang (Loh ini Diesel

Performa
Saya rasa hampir semua orang beli Captiva ini setelah TD

Yang agak menghambat mesinnya sepertinya Tranny nya ya. Sudah 6 speed plus bisa tiptronic. Tapi tanpa paddle shift, dan kalau tiptronicnya dipake, ada jeda kira2 1 detikan sebelum gigi pindah.
Agak ga enak, saya biasanya masukin ke D udah cukup (lebih pintar), kecuali butuh hold di gigi 2 saat tanjakan padat merayap. Menyalip saya juga lebih suka di D, kickdown dan kemudian badan anda terhempas ke jok belakang


Handlingnya cenderung ke Comfort, berat setir cukup tapi agak minim komunikasinya (mirip2 Innova) , suspensi juga cukup empuk, kalo dibanding CX5 jauh (lebih komunikatif dan sporty CX5) haha...
Reliability dan ASS
Sesuai julukannya "Badak" , mobil ini ga rewel kok, sampe sekarang cuma servis berkala aja. 2x klaim warranty, 1 brake switch , 1 AC switch. Keluhan rattle2 juga ga ane temui di mobil ane (entah telinga ane kurang sensi atau gimana ya).
Paling masalahnya di biaya servis yang lebih mahal dibanding mobil Jepang/Korea (kecuali Mazda). Filter Oli harganya 240 rb apa

Beda dengan salesnya, ane rasa kualitas bengkelnya lumayan ya, SA nya enak kalo diajak diskusi or tanya2 (di Serpong).
Conclusion and Analysis
Apakah ane Puas dengan badak ini? YES, ABSOLUTELY.
Bagaimana dengan RV? Ukuran mobil non Jepang, Captiva Diesel lumayan kok. Ingat, Yang DIESEL ya.
7 seaternya apakah layak digunakan? Masih layak (jauh dibanding Xtrail) , cuma kalo bawa barang jadi harus beli roof rack/vertical bar biar ditaroh diatas.
Apakah worthed dibeli di tahun 2015 ini?
Jika anda perlu SUV diesel dan budget under 400, ini satu satunya pilihan.
Jika anda perlu SUV 7 seat yang layak dan kompak dan budget under 400, ini satu satunya pilihan.
Diluar kriteria diatas, sudah banyak pilihan lain yang lebih up to date (dari segi model dan fitur).
Budget s/d 450 dan 7 seat jepang, ada Fortuner. (Jika tidak masalah dengan sizenya)
Budget s/d 450 dengan tenaga oke, fitur banyak tapi Bensin, ada Xtrail, dan CX-5.
Perlu 4x4 diesel, ada Fortuner dan Pasport.
Kesimpulan saya, Captiva di 2015 ini modelnya sudah mulai out of date. Jeroan mesinnya sih masih sangat up to date. Sehingga konsumen yang mungkin ditarik buat sekarang cuma 2 kriteria diatas, sisanya kita sudah punya pilihan yang lebih baik. (coba CR-V atau Xtrail keluarin diesel, mati dah chevrolet

Jadi mungkin Chevrolet bisa ngeluarin model baru tanpa ngubah mesin kayak merk T


Sekian Review pertama dari saya ya. Kurang lebihnya mohon dimaafkan.
Penampakan asli Badak tersayang