Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

Halo teman2 SM, karena saya ngeliat kayaknya di Index belum ada yang review, saya coba share pengalaman saya pake setelah 2,5 tahun ini aja yah...
Captiva yang saya pake ini model facelift , mesin diesel, transmisi AT dan yang penggerak roda depan. Sekarang masih jalan dengan odo kira2 48rb (on going).
Modelnya kayak gini : (maaf foto dari internet yaa, foto captiva saya entah keselip dimana haha)
2011-Chevrolet-Captiva-LTZ-.jpg
Beberapa hal yang bakal ane singgung disini yaitu :
-Intro (Latar belakang beli, dan kelakuan Sales :big_dunno: )
-Exterior
-Interior
-Performa (Mesin, Tranny, Handling)
-Reliability
-Conclusion dan Analysis

Oke langsung aja masuk ke Intro..

Jadi Mobil ini dibeli buat gantiin Innova yang waktu itu dah sepuh dan bosen (saking gapernah ada problem :mky_02: ).
Kandidat lain yaitu Nissan Serena C24 atau nunggu keluarnya MPV boxy2 itu (Biante waktu itu baru keluar kalo gasalah, C26 ama Nav1 menyusul).
Akhirnya setelah TD sana sini dipilih Captiva dengan pertimbangan berikut :
-Harga tergolong murah (budget max 400 jt waktu itu)
-7 seater (occasional)
-Driving Experience
-Tenaga Mesin/Torsi

Cuma apesnya waktu itu ane kebagian sales Baru yang belum pernah ngejualin mobil. Dapet jualan ke ane itu mobil pertama dia yang kejual..
Akhirnya ane ama bapak ane yang ngajarin/ ngasih masukan2 gitu karena dia malah kebingungan :mky_05: . Trus ada aja masalahnya, tadinya mau beli yang grey metallic kayak jaman2 2012 gituu, tapi trus abis... pokoknya sempet dipimpong ampe dibilangin "tinggal ada yang bensin aja pak". YAKALI, akhirnya setelah rada dikerasin dapet unit yang diesel warna hitam (pilihan kedua setelah grey metallic). -Ini salah satu faktor karena akhir tahun sih kyknya-
Kelakuan sales ini yang lainnya adalah waktu itu Buku Manual mau dikasih FOTOKOPInya aja, dengan alasan belum cetak. WTH! Akhirnya abis kesabaran, sales ama supervisornya ane ancem dibilangin ke Media. Lhaa beli Innova yang (dulu) dibawah 250 aja dapet lengkap kok....

Yak itu Intro mengenai kualitas Sales Chevy jaman dulu yaa (2,5 tahun yll), sekarang masuk ke Exterior
Exterior Captiva FL ini terutama yang banyak dirubah depannya, dari yang bulet2 unyu jadi tegas dengan gril besar ala Chevy. Very American :big_exellent:
Roofrail, foglamp udah termasuk kelengkapan standar. Velg ukuran 17 inci dengan ban standar 235/60 R17. Pokoknya exteriornya kesannya Gagah deh hehe...
Bumper2 layaknya SUV/crossover jaman sekarang make plastik abu-abu itu yang sebenernya ane benci. Kenapa? Karena kalo udah patah dikit atau keserempet, gabisa diketok magic kayak bemper biasa, harus PASANG BARU. dan harganya lumayan (plastik bumper depan tahun 2014 1,3 juta) + nunggu partnya semingguan.
GC sangat tinggi kalo buat di Jawa, belum pernah mentok tuh sepanjang Jakarta ampe ujung Jawa Timur.

Masuk ke Interior , seperti yang biasanya Chevy. Rada Spartan. Pecinta Wood Panel pasti benci :big_childish:
chevrolet-captiva-interiors.jpg
Perbedaan dari foto diatas, Tape Audio udah diganti jadi DVD + TV monitor+Rear Camera+Bluetooth merk Caska bonus pas beli. Kualitas So-so lah cuma sekedar ada musik dan kalo di indo di setir gaada steering switch kecuali versi AWDnya....
Kualitas Finishing biasa aja, bahan semua plastik keras kombinasi ama plastik silver yang lumayan gampang kegores. Di Doortrim ada kain/kulit dikit.
Setir juga gitu 4 spoke dan dibagian pegangan dilapis Kulit.
Cuma Fitur di dalem lumayan detail, udah ada climate control, MID, terus ada colokan power 12V tiap baris (ampe baris 3) dan konsol penyimpanan Berlimpah! CupHolder buat Botol kalo dihitung bisa ada 8-10 :mky_02: . Sangat-ngat Fungsional,lebih banyak dikit drpd Innova.
Diatas Plafon ada tmpat kacamata, lampu baca 2 buah standar SUV lah...
Seatbelt 7 sampe belakang, dan ada dudukan ISOFIX buat kursi bayi. Top Tethernya ga nemu (kayaknya kelapis pas jok diganti kulit (bonus)).
Seat kalo dilipet bisa Flat.
captiva3.jpg
Ohya , Suara mesin sangat kedap, jadi kalo lagi cruise paling yang dirasain dari kabin itu suara ban dan sedikit siulan turbo saat dibejek. Entah udah berapa kali orang bilang (Loh ini Diesel :mky_03: )

Performa
Saya rasa hampir semua orang beli Captiva ini setelah TD :mky_03: . Tenaga dan Torsinya Buas (163 hp, 360 NM) kalo yang FL 2014 torsinya naik lagi jadi 400N M, sangat sangat mencukupi buat cruise ataupun menyalip di jalan antarkota. Cruise 100 km/h mesin anteng di 1.800 rpm.
Yang agak menghambat mesinnya sepertinya Tranny nya ya. Sudah 6 speed plus bisa tiptronic. Tapi tanpa paddle shift, dan kalau tiptronicnya dipake, ada jeda kira2 1 detikan sebelum gigi pindah.
Agak ga enak, saya biasanya masukin ke D udah cukup (lebih pintar), kecuali butuh hold di gigi 2 saat tanjakan padat merayap. Menyalip saya juga lebih suka di D, kickdown dan kemudian badan anda terhempas ke jok belakang :mky_02: . Serius! :mky_02:
Handlingnya cenderung ke Comfort, berat setir cukup tapi agak minim komunikasinya (mirip2 Innova) , suspensi juga cukup empuk, kalo dibanding CX5 jauh (lebih komunikatif dan sporty CX5) haha...

Reliability dan ASS
Sesuai julukannya "Badak" , mobil ini ga rewel kok, sampe sekarang cuma servis berkala aja. 2x klaim warranty, 1 brake switch , 1 AC switch. Keluhan rattle2 juga ga ane temui di mobil ane (entah telinga ane kurang sensi atau gimana ya).
Paling masalahnya di biaya servis yang lebih mahal dibanding mobil Jepang/Korea (kecuali Mazda). Filter Oli harganya 240 rb apa :big_slap: , tapi sekarang seinget ane udah turun kok. Kemarin servis 40rb yg lumayan banyak ganti plus purge jatuhnya cuma sekitar 3,5 an, kalo servis berkala 10rb sekitar 1,8 -2,3 kalo gasalah. Tapi menurut ane masih dalam batas wajar biayanya mengingat mobil ini juga diatas 300 jt harganya.
Beda dengan salesnya, ane rasa kualitas bengkelnya lumayan ya, SA nya enak kalo diajak diskusi or tanya2 (di Serpong).

Conclusion and Analysis
Apakah ane Puas dengan badak ini? YES, ABSOLUTELY.
Bagaimana dengan RV? Ukuran mobil non Jepang, Captiva Diesel lumayan kok. Ingat, Yang DIESEL ya.
7 seaternya apakah layak digunakan? Masih layak (jauh dibanding Xtrail) , cuma kalo bawa barang jadi harus beli roof rack/vertical bar biar ditaroh diatas.

Apakah worthed dibeli di tahun 2015 ini?
Jika anda perlu SUV diesel dan budget under 400, ini satu satunya pilihan.
Jika anda perlu SUV 7 seat yang layak dan kompak dan budget under 400, ini satu satunya pilihan.

Diluar kriteria diatas, sudah banyak pilihan lain yang lebih up to date (dari segi model dan fitur).
Budget s/d 450 dan 7 seat jepang, ada Fortuner. (Jika tidak masalah dengan sizenya)
Budget s/d 450 dengan tenaga oke, fitur banyak tapi Bensin, ada Xtrail, dan CX-5.
Perlu 4x4 diesel, ada Fortuner dan Pasport.

Kesimpulan saya, Captiva di 2015 ini modelnya sudah mulai out of date. Jeroan mesinnya sih masih sangat up to date. Sehingga konsumen yang mungkin ditarik buat sekarang cuma 2 kriteria diatas, sisanya kita sudah punya pilihan yang lebih baik. (coba CR-V atau Xtrail keluarin diesel, mati dah chevrolet :mky_01: )

Jadi mungkin Chevrolet bisa ngeluarin model baru tanpa ngubah mesin kayak merk T :big_weee: :big_weee:
Sekian Review pertama dari saya ya. Kurang lebihnya mohon dimaafkan.
Penampakan asli Badak tersayang
captiva2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Rocky R ADS CVT 2021
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by newrubble »

sy chevy volt user n juga egolf

chevy di indo bkn cuma products nya yg enak lari kencang di jalan n stabil

fabriek dia juga lari kencang sampai india
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

newrubble wrote:sy chevy volt user n juga egolf

chevy di indo bkn cuma products nya yg enak lari kencang di jalan n stabil

fabriek dia juga lari kencang sampai india
Haha iya om NR,
terakhir katanya semua alat yang di Bekasi dah dipindah ke India ya
Rocky R ADS CVT 2021
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by adty »

Nice review om :mky_02:

Sejujurnya saya suka banget sama si badak ini, value for money banget secara overall produknya. Kebetulan yg pake ini captiva ini kakak saya di sumatera, beli yg prime edition, ini penampakannya:

Image

Bentuknya ganteng tanpa harus kegedean badan, interiornya luas, nyaman, mewah, fitur kumplitm dieselnya enak walaupun transmisinya rada lemot menurut saya, all and all i love this car :cupss: Enak buat jalan luar kota :big_exellent:

Pengen beli yg baru tp kok liat ass chevy dan populasi captiva makin dikit jadi ragu ya. Interior spartan buat saya sih ngga, karena xtrail t31 yg saya pake lebih spartan lagi hehe. Cuma kualitas interiornya kayaknya kurang bagus di captiva ya. Tapi dengan harga kurang dari 400, ini mobil worth to buy bgt sih, apalagi liat yg warna coklat :big_exellent:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

adty wrote:Nice review om :mky_02:
Pengen beli yg baru tp kok liat ass chevy dan populasi captiva makin dikit jadi ragu ya. Interior spartan buat saya sih ngga, karena xtrail t31 yg saya pake lebih spartan lagi hehe. Cuma kualitas interiornya kayaknya kurang bagus di captiva ya. Tapi dengan harga kurang dari 400, ini mobil worth to buy bgt sih, apalagi liat yg warna coklat :big_exellent:
Iya om, kalo belinya di 2015 ini, saya juga ga bisa rekomen terlalu banyak... memang modelnya sudah mulai tertinggal, wajar kalo populasi juga makin dikit...

udah harus ganti casing sebenarnya hahaha
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by ChZ »

Nice review oom.

Saya juga mantan user Captiva Diesel tapi thn 2008, belom facelift dan masih keluaran awal sekali. Fiturnya masih kosong, bahkan tempat MID nya jadi tempat buat naroh koin, kampret :e-wall: dulu dipakai daily sama papa saya.

150HP/320Nm, 5-speed AT. Sebetulnya mobilnya enak, di dalem kerasa luas sekali dan serba besar. Sayangnya mungkin karena keluaran awal atau gimana, reliability issue nya sangat banyak.

#1. Claim shock depan (ini yang paling ngeselin), warranty claim sebulan lebih baru dapet persetujuan dari ATPM pusat. Yang saya bingung mobil baru setaun dan kilo nya sekitar 30ribu on going kok udah koit shock nya

#2. Oli P/S bocor entah sejak kapan dan dari mana, waktu dicek di BeRes ketauan dulu waktu ganti timing belt bautnya ilang 1, lah ganti timing belt nya udah luamaaa sekali bocornya kok barusan :e-wall:

#3. Alarm saya ganti aftermarket, bunyi bunyi tiap jam 4 pagi, sampe dijual blom ketemu solusinya :mky_01:

#4. Dan sama seperti TS, biaya servisnya mencekik... jauh bener deh ama miara CR-V yang sekali servis blom tentu keluar sejuta :e-wall:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by keong »

Nice review om, terakhir saya road trip krmen sempet kejar2an sama capiva pre fl yg vcdi juga, buas sih tarikannya kaya gada abisnya napasnya, tapi asepnya itu yg ngebul beneer dan pedih bener ternyata di mata soalnya waktu itu coba buka jendela
Captiva belum ada rencana facelift ya ?
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

ChZ wrote:Nice review oom.

Saya juga mantan user Captiva Diesel tapi thn 2008, belom facelift dan masih keluaran awal sekali. Fiturnya masih kosong, bahkan tempat MID nya jadi tempat buat naroh koin, kampret :e-wall: dulu dipakai daily sama papa saya.

150HP/320Nm, 5-speed AT. Sebetulnya mobilnya enak, di dalem kerasa luas sekali dan serba besar. Sayangnya mungkin karena keluaran awal atau gimana, reliability issue nya sangat banyak.

#1. Claim shock depan (ini yang paling ngeselin), warranty claim sebulan lebih baru dapet persetujuan dari ATPM pusat. Yang saya bingung mobil baru setaun dan kilo nya sekitar 30ribu on going kok udah koit shock nya

#2. Oli P/S bocor entah sejak kapan dan dari mana, waktu dicek di BeRes ketauan dulu waktu ganti timing belt bautnya ilang 1, lah ganti timing belt nya udah luamaaa sekali bocornya kok barusan :e-wall:

#3. Alarm saya ganti aftermarket, bunyi bunyi tiap jam 4 pagi, sampe dijual blom ketemu solusinya :mky_01:

#4. Dan sama seperti TS, biaya servisnya mencekik... jauh bener deh ama miara CR-V yang sekali servis blom tentu keluar sejuta :e-wall:
Terkadang mobil yang baru masuk Indo emang gitu... Kalo dulu sokbreker yang gampang jebol itu Grand Livina keluaran awal.. haha, entah ya mungkin jalan indonesia emang masih jelek banyak poldur...

Setau saya yang FL dengan muka baru emang udah jauh reliable dibanding versi punya om chz... keluhan yang banyak sekarang biasanya sih rattle dashboard depan aja...

Buat Biaya Servis, Wow Honda semurah itu ya? Itu serius udah termasuk oli? Maklum udah 3 tahun lebih gapegang Toyota.
Biaya servis kenapa diatas saya bilang wajar, karena sebelum pake GL, captiva ini barengan makenya sama Mazda 2... dan Mazda lumayan mahal kalo menurut saya servisnya, kalo keluarga muda masih punya bayi mobilnya mazda 2 saya ngebayangin aja ngeliat tagihan servisnya kayak gimana :big_biglaugh: rebutan uangnya sama susu bayi

keong wrote:Nice review om, terakhir saya road trip krmen sempet kejar2an sama capiva pre fl yg vcdi juga, buas sih tarikannya kaya gada abisnya napasnya, tapi asepnya itu yg ngebul beneer dan pedih bener ternyata di mata soalnya waktu itu coba buka jendela
Captiva belum ada rencana facelift ya ?
Asep ngebul/pedih kemungkinannya 2, mesinnya ga kerawat, atau dia pake biosolar, jadi baunya asem2 gitu... Kan Diesel :big_grin:
Kemarin baru FL akhir 2014, lampunya jadi kayak di foto saya yang kursi lipet semua (LED)... tapi mau di FL gimanapun juga udah mulai ketinggalan, kan umur aslinya udah dari 2008
Rocky R ADS CVT 2021
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by gaspol »

Nice review om alvin :big_smile]

Salam kenal, saya juga user captiva vcdi 2013, sebelumnya miara captiva awd 2009 pakai sampai 2014 awal.
Pengalaman yang ane rasain sejak miara captiva 2009 ternyata ngga seperti yang orang orang bilang tentang reliability nya..ditangan ane itu mobil sehat bener, setiap hari jalan dan beberapa kali join turing dengan club nya yang pada hobi ke pelosok2 daerah untuk nyari jalanan jelek, dicekokin racechip pro, solar pake bio sampai 60rb km dan sampai dijual 110rb km pakai dex + aditip crc 1tank. :mky_02:
Problem yang pernah muncul hanya puli alternator sama fanbelt pernah putus dijalan tapi untungnya mesin dkk aman. Sisanya hanya ganti fast moving parts saja. Shock depan ganti ditahun ke 4, shock belakang masih bagus belum ada rembes.

Sekarang pakai yang 2013 overall puas banget..problem hanya recall ganti fuelpump yg berdenging (gak enak didenger sama kuping), sama oli ada rembes dikit dari karter. Sisanya aman :mky_02: untuk power standard nya udh sangat mencukupi menurut saya..handling bagus walau tidak selincah cx5 (curb weight si badak ini nyaris 2 ton). Untuk bawa keluarga juga enak banget..lega & nyaman. Diisi penuh, pantat ngga amblas karena ada self leveling :big_love: speaker bawaan udah bagus :big_smile]

Nggak enaknya yaa harga spareparts di beres memang mahal, ngga kuat dicekokin solar busuk, kualitas antar beres ngga merata & jaringan beres nya dikit, transmisi rada bodoh kalo pake tiptronic shifting lelet enakan pake D aja, kualitas bahan interior untuk nfl lebih baik drpd yang fl gampang ninggalin bercak/baret di panel plastiknya :big_dunno: :mky_06:

Image
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by sintoni »

Nice review om.

Yang 2014 ini cuma beda di output power aja ya?

Selain itu ada perbedaan lain?

Captiva ini bagus sih, sayang interiornya membosankan sama sederhana banget. Belom jok kulit jg kan?
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by keong »

Tapi kalo gak tahan sama bio solar running cost-nya lumayan juga ya berarti, ditabah sparepart yg lumayan mahal katanya klo di beres
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by gaspol »

sintoni wrote:Nice review om.

Yang 2014 ini cuma beda di output power aja ya?

Selain itu ada perbedaan lain?

Captiva ini bagus sih, sayang interiornya membosankan sama sederhana banget. Belom jok kulit jg kan?
Beda stoplamp, bemper depan dan belakang beda juga. Interior udh dual climate control. Yang AWD beda speedometer, keyless entry, jok kulit, cruise control, 8 speaker, 6 airbags, fender sewarna body, ada esp, tc, hdc, cruise control, blower ac controller via steering switch.

Untuk VIN 2015 info terbaru yang fwd juga sudah dilengkapi esp, tc, hdc, speedometer sama dgn awd, head unit bisa buat nelpon dikontrol via steer. harga naik 10jt jadi 390jt. :big_smile]
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by gaspol »

keong wrote:Tapi kalo gak tahan sama bio solar running cost-nya lumayan juga ya berarti, ditabah sparepart yg lumayan mahal katanya klo di beres
Memang sudah seharusnya memakai pertadex om...atau kalau pakai bio diusahakan cari spbu yg terpercaya & pakai aditif :big_smile]
Sparepart yg berasa mahal beberapa aja kok kayak filter solar (1,2juta karena double filters. Kalau full dex terus kuat sampai 40rb km) sama shock belakang karena ada self leveling nya. Kalau filter mau hemat pakai filter solar sakura :big_okay:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by nugroho bagor »

keong wrote:Tapi kalo gak tahan sama bio solar running cost-nya lumayan juga ya berarti, ditabah sparepart yg lumayan mahal katanya klo di beres
Lha kalo yang tahan bio :big_think: :big_slap:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by KodokPushUp »

Ane malah kebalikan..
Dari awalnya ngebet pengen captiva (terbiasa crv re, ngebayanginnya handling mirip2 crv (fwd monocoque, media2 juga bilang handling captiva bagus) + torsi buas diesel)
Disuruh nyokap crv, tapi ga suka crv rm
Akhirnya ke chevy

Mulai test drive, langsung ane lewatin jalan jelek..
Terasa suspensi keras banget. Ane pikir, pertanda bakal bagus nih handlingnya.

Begitu jalan mulai sepi, langsung ane tes tendangan torsi dahsyat nya
Mode D.. Injak gas penuh, ga ada tendangan jin
Coba tiptronik.. Tahan di 1500 rpm, trus injak gas penuh, masi males2an
Masih di mode tiptronik.. Tahan di 2000 rpm, lalu gas penuh, lah kok sama aja
Ditambah bonus handlingnya mirip kapal, steering dull, rem ngagetin, kursi ga supportif+belum kulit, interior hard plastik

Kalo dari baca2 beberapa review di SM, kayaknya kondisi unit TD ane yg ga beres.
Dari awalnya ngebet banget, jadi turn off setelah TD.
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by billyd1773dz »

Wowh.. captiva.. jd keingetan lgi... bicara value for money ini rajanya.

Btw td mampir ke web cepy, page captiva bnyk yg di updet, deskripsinya lebih kumplit, terutama di point of difference mereka, fitur baru kaya air ionizer purifier,hdc esp tcs all variant, cluster display allvariant dll.... mantap jg.. wkwkwk ada list cost of owner ship jg sampai 100rb km.

Ya selain jualan cepi tinggal 3 product, dan bisa jd 2 saat stok spin abis ataau.. klw ada trax bisajd nambah

Yg AWD tetep best value imho sih, masih dpt 8speaker leather cabin, powerseat keyless dll...
fl14 jauh rasa saat dikendarainy dibanding pfl10.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

KodokPushUp wrote:Ane malah kebalikan..
Dari awalnya ngebet pengen captiva (terbiasa crv re, ngebayanginnya handling mirip2 crv (fwd monocoque, media2 juga bilang handling captiva bagus) + torsi buas diesel)
Disuruh nyokap crv, tapi ga suka crv rm
Akhirnya ke chevy

Mulai test drive, langsung ane lewatin jalan jelek..
Terasa suspensi keras banget. Ane pikir, pertanda bakal bagus nih handlingnya.

Begitu jalan mulai sepi, langsung ane tes tendangan torsi dahsyat nya
Mode D.. Injak gas penuh, ga ada tendangan jin
Coba tiptronik.. Tahan di 1500 rpm, trus injak gas penuh, masi males2an
Masih di mode tiptronik.. Tahan di 2000 rpm, lalu gas penuh, lah kok sama aja
Ditambah bonus handlingnya mirip kapal, steering dull, rem ngagetin, kursi ga supportif+belum kulit, interior hard plastik

Kalo dari baca2 beberapa review di SM, kayaknya kondisi unit TD ane yg ga beres.
Dari awalnya ngebet banget, jadi turn off setelah TD.
emm itu serius yang diesel om?
handling emang ga sporti2 amat...
tapi mesin dan torsinya harusnya bener2 asik kok om.... justru yg bikin captiva bertahan kalo menurut saya tinggal mesin dieselnya yang 2000 cc tp tenaganya gede...
nugroho bagor wrote:
keong wrote:Tapi kalo gak tahan sama bio solar running cost-nya lumayan juga ya berarti, ditabah sparepart yg lumayan mahal katanya klo di beres
Lha kalo yang tahan bio :big_think: :big_slap:
Ipah d4D oom hehe... ane rasa captiva salah satu pilihan buat upgrade dari ipah si oom, dulu ane kebingungan upgrade ipah... karena harus diakui ipah masih satu2nya mpv streamline dengan rentang harga segitu... naik dikit adanya mpv boxy2.. Odyssey ama mazda 8 kejauhan :big_slap:
billyd1773dz wrote:Wowh.. captiva.. jd keingetan lgi... bicara value for money ini rajanya.

Btw td mampir ke web cepy, page captiva bnyk yg di updet, deskripsinya lebih kumplit, terutama di point of difference mereka, fitur baru kaya air ionizer purifier,hdc esp tcs all variant, cluster display allvariant dll.... mantap jg.. wkwkwk ada list cost of owner ship jg sampai 100rb km.

Ya selain jualan cepi tinggal 3 product, dan bisa jd 2 saat stok spin abis ataau.. klw ada trax bisajd nambah

Yg AWD tetep best value imho sih, masih dpt 8speaker leather cabin, powerseat keyless dll...
fl14 jauh rasa saat dikendarainy dibanding pfl10.

:beer:
tambah banyak fiturnya berarti om yang 2015 yaa? mantap juga.. tapi udh mulai bosen ama tampangnya sih hehe
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by ChZ »

alvin23 wrote:
Terkadang mobil yang baru masuk Indo emang gitu... Kalo dulu sokbreker yang gampang jebol itu Grand Livina keluaran awal.. haha, entah ya mungkin jalan indonesia emang masih jelek banyak poldur...

Setau saya yang FL dengan muka baru emang udah jauh reliable dibanding versi punya om chz... keluhan yang banyak sekarang biasanya sih rattle dashboard depan aja...

Buat Biaya Servis, Wow Honda semurah itu ya? Itu serius udah termasuk oli? Maklum udah 3 tahun lebih gapegang Toyota.
Biaya servis kenapa diatas saya bilang wajar, karena sebelum pake GL, captiva ini barengan makenya sama Mazda 2... dan Mazda lumayan mahal kalo menurut saya servisnya, kalo keluarga muda masih punya bayi mobilnya mazda 2 saya ngebayangin aja ngeliat tagihan servisnya kayak gimana :big_biglaugh: rebutan uangnya sama susu bayi
Naaa itu ada yang bilang FL lebih reliabel, ada yang bilang PFL malah lebih reliabel girboksnya karena yang PFL pakai Aisin, yang FL pakai punya Chevy Hydramatic 6-Speed. Tapi report pemilik FL sih memang lebih minim masalah

Serius oom... servis berkala kalau cuma ganti oli, tune-up + setel klep, dan service rem baru deh sejuta lebih dikiiit.... Ganti oli aja cuma 400ribu. Genuine oil filter Honda kan cuma 40rebu, filter udara 200rebu, oli pakai Blue 5-30 juga 99ribu/liter sudah PPn, ongkos tune-up paling 200ribuan, ongkos service rem sekitar 150ribuan kalau pakai kuras minyak rem tambah bayar 3 botol minyak rem @24rebu...

Tapi Captiva VCDi kalau ganti oli mahal sih wajar, mobil diesel olinya 6-7liter bo'... bensin paling mentok 4-5 liter kalau sama-sama 4 silindernya. Saya ngga tau kalo Mazda, gak pernah piara sih.

Pengalaman sih Honda sebenernya gak mahal-mahal amat... Suzuki beberapa partnya masih lebih mahal malah. Mitsubishi kalau yang baru-baru juga gak mahal-mahal amat... Jadi bingung mananya Honda yang dibilang mahal sama orang-orang :e-think:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by sintoni »

gaspol wrote:
sintoni wrote:Nice review om.

Yang 2014 ini cuma beda di output power aja ya?

Selain itu ada perbedaan lain?

Captiva ini bagus sih, sayang interiornya membosankan sama sederhana banget. Belom jok kulit jg kan?
Beda stoplamp, bemper depan dan belakang beda juga. Interior udh dual climate control. Yang AWD beda speedometer, keyless entry, jok kulit, cruise control, 8 speaker, 6 airbags, fender sewarna body, ada esp, tc, hdc, cruise control, blower ac controller via steering switch.

Untuk VIN 2015 info terbaru yang fwd juga sudah dilengkapi esp, tc, hdc, speedometer sama dgn awd, head unit bisa buat nelpon dikontrol via steer. harga naik 10jt jadi 390jt. :big_smile]
Kalo HU nya om? Masih kayak model lama yang FWD?

Yang belom ada tivi sama touchscreen nya?
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

gaspol wrote:Nice review om alvin :big_smile]

Salam kenal, saya juga user captiva vcdi 2013, sebelumnya miara captiva awd 2009 pakai sampai 2014 awal.
Pengalaman yang ane rasain sejak miara captiva 2009 ternyata ngga seperti yang orang orang bilang tentang reliability nya..ditangan ane itu mobil sehat bener, setiap hari jalan dan beberapa kali join turing dengan club nya yang pada hobi ke pelosok2 daerah untuk nyari jalanan jelek, dicekokin racechip pro, solar pake bio sampai 60rb km dan sampai dijual 110rb km pakai dex + aditip crc 1tank. :mky_02:
Problem yang pernah muncul hanya puli alternator sama fanbelt pernah putus dijalan tapi untungnya mesin dkk aman. Sisanya hanya ganti fast moving parts saja. Shock depan ganti ditahun ke 4, shock belakang masih bagus belum ada rembes.

Sekarang pakai yang 2013 overall puas banget..problem hanya recall ganti fuelpump yg berdenging (gak enak didenger sama kuping), sama oli ada rembes dikit dari karter. Sisanya aman :mky_02: untuk power standard nya udh sangat mencukupi menurut saya..handling bagus walau tidak selincah cx5 (curb weight si badak ini nyaris 2 ton). Untuk bawa keluarga juga enak banget..lega & nyaman. Diisi penuh, pantat ngga amblas karena ada self leveling :big_love: speaker bawaan udah bagus :big_smile]
Salam Kenal juga om gaspol. Wow, setia sampe ganti mobil masih captiva ya hehe..
Saya juga puas banget dengan captiva ini, mungkin bakal mempertimbangkan ganti lagi habis warranty selesai (akhir tahun ini) atau dipake ampe 5 tahun sekalian... Siapa tau ada captiva generasi baru lagi hehe
ChZ wrote:
alvin23 wrote:
Terkadang mobil yang baru masuk Indo emang gitu... Kalo dulu sokbreker yang gampang jebol itu Grand Livina keluaran awal.. haha, entah ya mungkin jalan indonesia emang masih jelek banyak poldur...

Setau saya yang FL dengan muka baru emang udah jauh reliable dibanding versi punya om chz... keluhan yang banyak sekarang biasanya sih rattle dashboard depan aja...

Buat Biaya Servis, Wow Honda semurah itu ya? Itu serius udah termasuk oli? Maklum udah 3 tahun lebih gapegang Toyota.
Biaya servis kenapa diatas saya bilang wajar, karena sebelum pake GL, captiva ini barengan makenya sama Mazda 2... dan Mazda lumayan mahal kalo menurut saya servisnya, kalo keluarga muda masih punya bayi mobilnya mazda 2 saya ngebayangin aja ngeliat tagihan servisnya kayak gimana :big_biglaugh: rebutan uangnya sama susu bayi
Naaa itu ada yang bilang FL lebih reliabel, ada yang bilang PFL malah lebih reliabel girboksnya karena yang PFL pakai Aisin, yang FL pakai punya Chevy Hydramatic 6-Speed. Tapi report pemilik FL sih memang lebih minim masalah

Serius oom... servis berkala kalau cuma ganti oli, tune-up + setel klep, dan service rem baru deh sejuta lebih dikiiit.... Ganti oli aja cuma 400ribu. Genuine oil filter Honda kan cuma 40rebu, filter udara 200rebu, oli pakai Blue 5-30 juga 99ribu/liter sudah PPn, ongkos tune-up paling 200ribuan, ongkos service rem sekitar 150ribuan kalau pakai kuras minyak rem tambah bayar 3 botol minyak rem @24rebu...

Tapi Captiva VCDi kalau ganti oli mahal sih wajar, mobil diesel olinya 6-7liter bo'... bensin paling mentok 4-5 liter kalau sama-sama 4 silindernya. Saya ngga tau kalo Mazda, gak pernah piara sih.

Pengalaman sih Honda sebenernya gak mahal-mahal amat... Suzuki beberapa partnya masih lebih mahal malah. Mitsubishi kalau yang baru-baru juga gak mahal-mahal amat... Jadi bingung mananya Honda yang dibilang mahal sama orang-orang :e-think:
Itu sih beneran murah om servisnya.. Apalagi oli 99rb/liter termasuk PPN... Sekarang Fastron Full synthetic aja udah 1xxrb/ liter :big_slap:
Kalau dulu Honda dibilang mahal sebenarnya capital cost diawalnya sih om, jadi di tiap kelas mobil produk dia ada "premium" sampe 10-30 juta dengan fitur yg gabeda jauh... makanya ane sampe sekarang blm pernah punya Honda :big_biglaugh:

Tapi saya bisa bilang sekarang Honda yang baru2 (Mobilio dan HR-V) udah reasonably priced :big_exellent: , mungkin nanti HR-V bisa lah jadi Honda pertama hahaha. Sekarang yang sangat overpriced itu Toyota (Yaris) dan Duo Korea (sepertinya gara2 dolar)
Rocky R ADS CVT 2021
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by KodokPushUp »

alvin23 wrote:
KodokPushUp wrote:Ane malah kebalikan..
Dari awalnya ngebet pengen captiva (terbiasa crv re, ngebayanginnya handling mirip2 crv (fwd monocoque, media2 juga bilang handling captiva bagus) + torsi buas diesel)
Disuruh nyokap crv, tapi ga suka crv rm
Akhirnya ke chevy

Mulai test drive, langsung ane lewatin jalan jelek..
Terasa suspensi keras banget. Ane pikir, pertanda bakal bagus nih handlingnya.

Begitu jalan mulai sepi, langsung ane tes tendangan torsi dahsyat nya
Mode D.. Injak gas penuh, ga ada tendangan jin
Coba tiptronik.. Tahan di 1500 rpm, trus injak gas penuh, masi males2an
Masih di mode tiptronik.. Tahan di 2000 rpm, lalu gas penuh, lah kok sama aja
Ditambah bonus handlingnya mirip kapal, steering dull, rem ngagetin, kursi ga supportif+belum kulit, interior hard plastik

Kalo dari baca2 beberapa review di SM, kayaknya kondisi unit TD ane yg ga beres.
Dari awalnya ngebet banget, jadi turn off setelah TD.
emm itu serius yang diesel om?
handling emang ga sporti2 amat...
tapi mesin dan torsinya harusnya bener2 asik kok om.... justru yg bikin captiva bertahan kalo menurut saya tinggal mesin dieselnya yang 2000 cc tp tenaganya gede...
Yup captiva diesel, unit 2011 yg dijadiin unit td (test drive tahun 2013)
Ini tendangan ga ada sama sekali, sampe saya heran sendiri.
Lah sama suv bensin 2000cc matic konvensional aja masa lebih nendang yg bensin :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
GunturSon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: Sat Aug 23, 2014 18:24

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by GunturSon »

Konon yang fl turbo nya made by gm,
Ada yg pake 2thn jebol ya?
Atau kali emang dapat unit apes ya?
Konon Repair nya 30jtan haha

Pingin 7 seater diesel selain innova, tp kok ringkih katanya si captiva.

untuk yang pernah tau tentang problem ini mohon info ya.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

GunturSon wrote:Konon yang fl turbo nya made by gm,
Ada yg pake 2thn jebol ya?
Atau kali emang dapat unit apes ya?
Konon Repair nya 30jtan haha

Pingin 7 seater diesel selain innova, tp kok ringkih katanya si captiva.

untuk yang pernah tau tentang problem ini mohon info ya.
saya pernah denger kayaknya di forum sini juga itu yang ganti turbo, coba cari di thread captiva om...
tapi kasus apes aja kalo gasalah...

EDIT : ini nemu di kaskus http://archive.kaskus.co.id/thread/968681/8190 , tapi unitnya yang belum FL inimah, yang model lama (lampu bulet)

Kalo terkait mesin, asal dijaga bahan bakarnya gamasalah om. Kalo full dex yaudah servis berkala aja, sama purging tiap 20000 atau lebih...

kalo pake biosolar sangat disarankan sih pake racun2 itu om, biar filter solarnya gacepet jebol... biasalah gara2 commonrail
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by ChZ »

alvin23 wrote:
Itu sih beneran murah om servisnya.. Apalagi oli 99rb/liter termasuk PPN... Sekarang Fastron Full synthetic aja udah 1xxrb/ liter :big_slap:
Kalau dulu Honda dibilang mahal sebenarnya capital cost diawalnya sih om, jadi di tiap kelas mobil produk dia ada "premium" sampe 10-30 juta dengan fitur yg gabeda jauh... makanya ane sampe sekarang blm pernah punya Honda :big_biglaugh:

Tapi saya bisa bilang sekarang Honda yang baru2 (Mobilio dan HR-V) udah reasonably priced :big_exellent: , mungkin nanti HR-V bisa lah jadi Honda pertama hahaha. Sekarang yang sangat overpriced itu Toyota (Yaris) dan Duo Korea (sepertinya gara2 dolar)
Hahaha kalo produknya memang kemahalan... :ngacir: tapi masalahnya banyak mitos beredar rawat mobil Honda mahal....

Makanya saya bingung, lah saya rawat Honda ama Suzuki aja partnya murah Honda... Kalo slow moving perasaan semua mobil mahal, wkwkwkwk. Fast movingnya Honda sih murmer, oli Honda grade API-SN dan Idemitsu punya.
KodokPushUp wrote: Yup captiva diesel, unit 2011 yg dijadiin unit td (test drive tahun 2013)
Ini tendangan ga ada sama sekali, sampe saya heran sendiri.
Lah sama suv bensin 2000cc matic konvensional aja masa lebih nendang yg bensin :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Hahahahaha beneran deh itu jangan-jangan unit TDnya minum solar busuk

Gw dulu pernah iseng TD yang baru thn 2010, bandingin ama punya gw 2008 yang isi solar busuk mulu. Yang baru berhasil bikin wheelspin di lampu merah, punya gw mah boro-boro... udah keracunan solar 2thn dan jarang purging.
alvin23 wrote:
saya pernah denger kayaknya di forum sini juga itu yang ganti turbo, coba cari di thread captiva om...
tapi kasus apes aja kalo gasalah...

EDIT : ini nemu di kaskus http://archive.kaskus.co.id/thread/968681/8190 , tapi unitnya yang belum FL inimah, yang model lama (lampu bulet)

Kalo terkait mesin, asal dijaga bahan bakarnya gamasalah om. Kalo full dex yaudah servis berkala aja, sama purging tiap 20000 atau lebih...

kalo pake biosolar sangat disarankan sih pake racun2 itu om, biar filter solarnya gacepet jebol... biasalah gara2 commonrail
Yup betul, yang pre-FL punya temen saya taun 2009 juga dah kena di turbonya :frm_bang_head:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by evolution21 »

Saya dulu punya yg fl
Pernah ngalamin mogok, kemungkonan besar kena solar kotor
Sampe bongkar injector, filter, akhirnya saluran bensin di semprotin semua baru bs nyala
Sebenernya cukup puas sama ni mobil dipakenya lumayan enak cuman karena banyak dapet info2 negatif jd dijual aja