Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Post by Turboman »

..........................

Peraturan ini sudah diterbitkan Kementerian Keuangan pada tanggal 9 Juli lalu, mengenai Peraturan Menteri Keuangan(PMK) no 132/PMK.010/2015 tentang perubahan ketiga atas PMK no 213/PMK.011/2011 tentang Penetapan Sistem Klasifikasi Barang dan Pembebanan Tarif Bea Masuk atas Barang Impor.

Dimana, aturan tersebut membebankan kenaikan bea masuk impor menjadi 50% untuk mobil dan kendaraan bermotor berpenumpang. Selanjutnya, kenaikan bea masuk impor komponen utuh hingga 25%.

Namun peraturan ini tidak berlaku bagi negara pengimpor yang menjalin kesepakatan Free Trade Agreement (FTA) dengan Indonesia. Misalnya AFTA (ASEAN Free Trade Area), Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) dan India.

- CUT -

http://dapurpacu.com/251856/bea-masuk-k ... untungkan/

Gile ini cara mainnya ckckckckckck........edun bingit dahhhh
:wkkk: :big_weee:
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Post by newrubble »

sdh tau kan siapa the most beneficiary ...

kalo di negara normal ...tax collection is transaction basis

ini barang blm laku terjual sdh tax collected ...mmg berat dagang di indo

pop more than 200 million tapi sukses jual sejuta lbh units sdh pd senang
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Post by htannis »

yang pasti sumpe bukan ane loh :big_bored:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Post by keong »

Maksud gov kita tuh gimana ya ? Apa niatnya biar pada bangun pabrik disini ato gimana ya, kalo bangun pabrik disini masih kena persenan gendeng itu ga ?

Makin bingung kayanya gov kita cari duit :frm_tumbleft:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Post by Turboman »

keong wrote:Maksud gov kita tuh gimana ya ? Apa niatnya biar pada bangun pabrik disini ato gimana ya, kalo bangun pabrik disini masih kena persenan gendeng itu ga ?

Makin bingung kayanya gov kita cari duit :frm_tumbleft:
Judul dan isinya yg di bold udah jelas banget um.....hehehe
* Bukan ajakan Beli *
kolorp1nk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Tue Nov 25, 2014 3:35

Re: Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Post by kolorp1nk »

Klo di lihat seksama lagi, sbnr nya kenaikan nya ga parah2 amat om, skr ini bea masuk nya 40%, naik jadi 50%. So, sebenernya kenaikannya 10%...cm media biasanya blow up ga kira2...
Aturan ini mah yg kena pasti merk2 Amrik n Jerman yah... (terutama merk2 Garansindo)...
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Post by Michaelktp »

Bagi brand yang mengandalkan produk impor CBU tentu saja paling terkena dampak dari kenaikan pajak impor ini. Dalam hal ini produsen non Jepang akan lebih terpengaruh dibanding brand Jepang yang jelas jelad jauh lebih dominan market share nya. Mungkin ini yang menyebabkan Fiat Chrysler batal investasi dan membuka perakitan mobil dii Indonesia.
Gl4cier
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri Jun 24, 2011 15:20

Re: Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Post by Gl4cier »

Kemaren baca di media jg ditulis buat bea masuk CKD yang dulu dari 10% naik jadi 50%, tat's 40% up, apa ini buat yang kaya ML400 amg n bmw ckd gt ya, kalo bener napain buka pabrik ckd di indo :mky_05:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Post by newrubble »

ada dua perkara yg di mau govt indo


fill the gap of national reserve due to local currency weakening (ini pernah sy omongin); and

urging foreign brand to fully manufacture in indo ...not just ckd


nah ini yg tdk masuk logic kalo sy major industrialist at multinational level (EU, japanese, US brands) ...pertama krn indo is packed 240mio plus but less than one percent purchase cars (kalo mau di itung satu org beli satu mobil) sehingga sy sering dengar jaman kecil sampai jaman sdh tua skrg ini ..."indo has been the biggest market potential" well "potential" is not a real promising market (yet)

kedua... ini yg tdk bisa di mengerti tapi tetap sj di jalankan meski regime has changed from one to another presidential elections ...they came up with (another) new rules / policy (mostly on taxes and / or excise) never heard before n not based on public opinion demand (tgl 19 nov 1863 @ soldiers' national cemetery, gettysburg, pennsylvania president sy pernah kasih speech yg ahirnya adalah ("that this nation under god shall have a new birth of freedom...) ...and that govt of the people, by the people and for the people shall not perish from the earth...") hrs nya kalo mmg benar taxu public benefit ya rancangan hrs di ketahui public dulu ...bukan came out of blue

...ketiga, kalo mau foreign brands fully manufacture in indo ya yg namanya tax collection (spt sy bilang diatas) hrs transaction based (artinya jual beli itu subject to tax bgt juga receiving income, maintaining ownership, rendering service) ...bukan seperti sekarang ...presence based (org mau jualan, barang blm laku udah hrs bayar tax / excise) tambahanlagi ...tax amount in indo sering sebesar hrg FOB satu mobil n ssdh itu taxpayers tdk dpt return benefit ...well on that fact foreign brands accept no financial loss if 240million plus indo population having no access to purchase new cars (u may say that repeatedly ...sy dengar sendiri itu bbrp x di berbagai indo investment seminar on automobiles)

...ke empat / trahir, selama ini govt tdk pernah terliat lakukan efficiency ...smua bureaucratic levels work on human-intensive presence (padat karya kata diktator suharto) ...satu kerjaan di keroyok banyak orang yg semua nya di gaji dr taxpayers monies ...hasilnya ...mahal, slow-moving, veru time consuming

blind folded , short-minded, ultra nationalistic, never go abroad (other than being tourist) bilang ...perubahan tdk bisa dlm satu malam (ini sdh brp malam dihabiskan sejak th 1967 atau th 1998 ya)

nah siapa yg di untungkan ? ....yg jelas bukan public indo krn public indo sejak belanda pergi ...blm pernah untung ...kapan pernah untung? apa ada yg pernah merasa ...govt indo presence bikin dia untung?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Post by Turboman »

Garansindo Gugat Pemerintah atas PMK 132 Ke Meja Hijau?

JAKARTA (DP) – Pemberlakuan tiba-tiba Peraturan Menteri Keuangan (PMK) atas kenaikan tarif Bea Masuk (BM) kendaraan impor hingga 50%, membuat Garansindo Inter Global yang membawahi merek Alfa Romeo, Chrysler, Dodge, Fiat, Jeep, Zero Motorcycle, Peugeot dan Italjet, menanggapinya secara serius.

Bukan tanpa alasan, Garansindo selaku Agen Pemegang Merek (APM) asal Amerika dan Eropa yang terkena imbas secara langsung, sama sekali tidak mendapat sosialisasi lebih dulu oleh Pemerintah.

“Sejak awal kami tidak pernah diajak berdiskusi, apalagi berharap dianggap sebagai mitra pemerintah yang notabene-nya memiliki kontribusi besar terhadap roda perekonomian di sektor otomotif,” tegas Muhammad Al Abdullah, CEO GIG, Jakarta (27/7).

Menanggapi hal tersebut, Garansindo yang terdaftar dalam keanggotaan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) akan mengambil langkah selanjutnya dengan melakukan protes keras terhadap PMK Nomor 132/PMK.010/2015.

- CUT -

http://dapurpacu.com/252260/garansindo- ... eja-hijau/
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Post by newrubble »

sy pernah bilang ke memet

jij buka head office di timor leste sj n minta govt sono bikin fta dg indo sehingga masuk indo cuma kena 5% atau kalo mau simple ...buka sj company under same name di brunei / myanmar (kan myanmar sdh asean member jadi tdk perlu govt lobby) dr sana biarkan sebulan n masukkan ke indo sehingga certificate of origin adalah myanmar ...motorimage dulu sdh bagus main nya ...japan to spore n stayed a while before enter into indo ...tapi dia kena di awd yg blm ada tax definition under indo taxation law

tapi apa dia ingat / tdk ...percaya / tdk ...sy tdk tau
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Post by Turboman »

wah lihai yah si Mtr Img bisa main ala "trans shipment - forwarder"......jadi barang2 nya berstatus COG - Singapore

Tapi let's see lah.....feeling ane pihak UE gak akan tinggal diam......pasti mereka akan tanya ke Pem RI kenapa mrk kenak diskriminasi

Yg saya khawatirkan bila mobil asal UE kena diskriminasi, nanti export produk2 Indonesia ke UE kena hajar pajak tinggi.......

IMO
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Bea Masuk Kendaraan Impor Naik 50%, Siapa Diuntungkan?

Post by newrubble »

kluarga tan itu bekas client tempat sy dulu kerja n mrk banyak tanya ke sy sblm ada di indo market

saat awal (wkt subby indo masih under general motors network) sampai 2008 mrk masih nurut ...masukkan units front wheel n bgt sampai showroom baru di pasang awd assy ...krn ssdh kena import excise itu awd kit masih jatuhnya lbh murah drpd dia bawa masuk mobil awd

tapi mrk merasa (mungkin) kurang besar profit margin ...pdhl sy sdh itung dg scheme yg sy buat ...mrk sdh dpt thick margin