Review Cherokee XJ 94

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

simpus
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jul 21, 2015 10:44

Review Cherokee XJ 94

Post by simpus »

Salam kenal om2 smua di sini ijinkan newbie mereview kuda besi yang sdh temani ane slama ini dengan odometer 210K, Mobil buatan Chrysler Jeep Cherokee XJ 94 dengan steer palang tiga (non airbag), gardan depan dana 30 dan belakang chrysler 8.xx, desain body kotak kaku, transmisi AW4, transfercase NP242, dan mesin AMC 4.0L inline.

Steer palang tiga yang non airbag ini sungguh lebar speelengnya buat yang blum terbiasa sungguh sulit untuk nyelap nyelip diperkotaan perlu putaran steer yang lebih biar bisa ngerasain belok-keloknya nih mobil tapi untuk jalanan berbatu dengan kekurangannya ini menjadi kelebihan tangan menjadi tidak mudah pegal feeling jalan bebatuannya benar2 teredam (ane bandingin sama Rush punya adik yang punya respon steer yang tanggap bgitu dijalanan berbatu tangan cepat kesemutan dan pegal). Steer CRQ ini bila belok full ke kiri akan baik2 saja tapi ketika belok full ke kanan akan bunyi pletok katanya sih penyakit bawaan CRQ XJ yang perlu reinforcement. Belokan U turn musti ngambil jalur sebelah dulu baru bisa langsung, kadang jalur kiri ada kendaraan yah terpaksa langsung belok kanan dan dijamin bakalan mentok. Buat speed tinggi nih steer anteng aja (udah ada pake steering damper sih) :mky_01:
Image
Image

Gardan depan dana 30 masih lengkap dengan kopelnya sehingga penggerak 4WD masih berfungsi, seal oli gardan depan kiri bocor jadi udah ane ganti (merk crown 250k) sayangnya cuma sebelah kirinya yang kanan ngga ikut keganti stock toko yang jual kehabisan (nasib tinggal dipelosok). Kampas2 rem ganti baru depan (850K) dan blakang (750K), model gardan yang full solid axle membuat kita pede saja hajar lubang dan laju dijalanan yang aspalnya hancur berkeriting bikin mobil2 yang IFS jadi iri. Sistem pengereman yang masih menggunakan booster kecil membuat mobil ini di rem sekarang besok baru berhenti :mky_03: imbasnya slalu liat sikon dahulu jauh di depan sebelum gas bnar2 dibejek lari diatas 100km/h.

Desain body yang kotak kaku menjadikannya klasik dan tidak pasaran, mudah dicari diparkiran, warna asli nih mobil hijau dan sudah ditimpa dengan coklat metalik. Interior mobil dashboar yang wood panel kisaran speedometer(sensor baru), RPMmeter(baru 1.5jt), oilgauge, voltmeter, temp.meter, fuelmeter dan odometer/tripmeter, woodnya membuat sentuhan jadi mewah, eletrik seat yang masih original dan berfungsi dengan baik untuk dua buah kursi di depan, power window yang sudah ane ganti tiga buah (3x@750K) dan masih original yang sebuah. Body mobil bagian bawah termasuk oke diumurnya yang sudah 21tahun karna sudah dipakein antikarat dan rawatan yang lumayan apik dari pengguna sebelumnya, walopun begitu ada beberapa spot yang rawan karat mulai kliatan persisnya body mobil yang dilewati atau berdekatan / berada diatas jalur knalpot, panas yang berlebihan membuat cat dan anti karatnya lebih cepat kalah.

Row seat bagian sopir dan samping penumpang luas bagian kaki, lebar buat kesamping kirikanan dan sempit untuk ruang bagian kepala, second row perlu majuin first row sehingga kaki bisa menjadi lapang, duduk tiga orang dewasa di second row masih bisa ditolerir karna nih mobil lebar walopun bagian kepala cukup sempit. Bagasi sudah terisi dengan ban cadangan cukup jika hanya untuk muat barang / pakaian mudik berlima, Air condition CRQ xj hanya single blower kurang / sangat kurang dingin pada second row terlebih jika sianghari, tapi bisa buat orang menggigil dimalam hari / terlalu dingin walopun settingan ngga dirubah2, kaca depan suka berembun/kondensat saking dinginnya sehingga cukup mengganggu perjalanan malamterlebih melewati daerah pegunungan hal ini ane alami, jika AC dimatikan maka panas mesin akan dengan cepatnya merambat ke ruang kabin sehingga terjadi juga kondensat tapi berlawanan arah bagian dalamnya lagi yg berembun. :big_bored:

Transmisi matic AW4 di odo yang 210K masih menunjukkan taringnya kampas kopling blum pernah ganti, gigi pertama bejek gas dalam kap mobil kliatan mantul2 keatas kayak mo lompat napas pendek pindah ke gigi 2 kasar (badan langsung kerasa ketarik terasa benar kerenggangan yang besar perbandingan gear ratio 1 dan 2) pindah ke gigi 3 halus tidak terasa napas lebih panjang naik lagi ke gigi 4, 190HP di gigi 4nya bnar2 terasa tenaga tersalurkan dengan mantab dari mesin ke transmisi trus ke roda, bejek dikit udah lari aja kayak transmisi manual, beda ketika gigi 2 atau 3 perlu sedikit effort gasnya dalam2 / ada jeda ketika mesin teriak dengan laju mobil. Turunan curam handle transmisi dipindain ke 1-2 buat engine break tapi entah kenapa hanya main di gigi 1 saja ngga pernah ngalamin pindah ke gigi 2, jadinya turunan yang bisa speed 20KM/h jadinya cuman di 10KM/H (gear 1) pindahin ke handle gigi 3 malah kecepetan engine breaknya ngga terasa banyakan pake rem kaki. :big_think: apa emang gitu karakteristiknya ??

Transfercase 242 masih berfungsi baik, pindahin ke 4H fulltime (di jalan raya high speed hujan deras pun tetap pede)keempat ban mencengkeram aspal dengan baik, jarum bensinpun ngocor sejadi jadinya, sedangkan 4H dan 4L part time buat offroad(ditandai dengan steer akan terasa berat) lampu2 penunjuk bagian paling kanan woodpanel dashboard pun akan nyala sesuai posisi transfercasenya.

Image
Cherokee XJ dengan mesin legendaris di dunia speed offroad AMC 4.0L 6silinder jenis OHV salahsatu mobil mesin bensin yang cukup jarang dijumpai karna mempunyai RPM rendah / macam mesin diesel dimana redline yang dihasilkan berada di 5000an dibandingkan mobil2 bensin yang mainstream RPM redlinenya kisaran 7000an, sehingga mesin OHV ini torsi maksimal yang dihasilkan cukup di RPM 3000 :big_exellent: , di odo 210K ada beberapa part yang diremajakan
1. Packing valve ganti baru, panas mesin yang luar biasa membuatnya kalah sehingga oli mulai meler.
2. Sensor Oli ganti baru, oli mulai netes dari tempat tersebut
3. Pompa fuel ganti baru merk Warn
4. V-belt ganti baru sayang bukan original jadinya skarang bunyi walopun bakalan hilang jika udah panas
5. Waterpump ganti baru, air menetes setelah dicek udah kemakan / keropos jadi ada bocor macam jarum.
6. Hose radiator atas dan bawah ganti baru sudah mulai getas
7. Tiga buah relay ori ganti baru karna suka mati sendiri jika sudah panas
8. Sensor crankshaft ganti baru, sukar di start pada saat panas.
9. Engine mounting kiri kanan baru, sudah pecah dan retak
10. Selebihnya mesin enam silindernya sangat halus, mesin-mesin empat silinder yang terbarupun ngga bisa ngalahin halusnya :mky_03: , seperti bunyi hukum mekanik dari mesin 4tak makin banyak silindernya maka makin halus dan berbanding terbalik dengan yang 2tak. Jika nih mobil jalan dikecepatan 20-40KM/H maka dalam kabin ngga akan kedengaran sama skali bunyi mesinnya, pengalaman ane yang bikin kagok yaitu saat nih mobil tiba2 mati (relaynya bloom ane ganti) lagi asyik2nya rolling di speed 30KM/H jadi smua penumpang ngga ada yang tau tuh mobil mati :big_slap: , kecuali ane aja yang ngerasain tiba2 steer jadi terasa berat skali ketika tengok RPM udah di nol, meraka baru sadar ketika mobil ane tepikan.

Dengan mesin 4.0L injeksi pemakaian dalam kota lancar campur macet kisaran 1-3 dan 1-5, sedangkan buat luar kota dengan kondisi jalan campur naik turun gunung dan mobil 3orang dewasa+3anak balita serta bagasi full loaded barang2 hasil kebun, beras, pisang, dan pakaian kisaran 1-6 dan 1-7

Image
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Thu Feb 17, 2011 14:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One

Re: Review Cherokee XJ 94

Post by MAB »

Wow, ada yang juga yang review si XJ setelah sekian lama.
Up dulu, sesama pemakai.

Have fun om @simpus ama XJnya.
Pengalaman saya, si XJ ini kayak cewek, biasanya nyenengin tapi kadang rewel.
simpus
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jul 21, 2015 10:44

Re: Review Cherokee XJ 94

Post by simpus »

Thanks om, bagi info aja sih sapatau ada yg lg nyari2 info. Crita dan sharing2 juga om mslh XJnya, shockbreaker pk merk apaan om gimana bantingannya? XJ ane pake bilstein klo masuk jln brlubang yg cukup dalam penumpang blakang suka trlambat jatuhnya macam ngambang sesaat. Blum punya pembanding jd msh pk yg itu sj.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Cherokee XJ 94

Post by amfibi »

Wah mantab om xj nya :mky_02:

Ane penggemar xj bgt, dulu kecil ayah beternak XJ ampe 3 biji (2.5L manual lowest trim '00 brandnew, 4.0 matic '95, 4.0 manual lupa tahun brp), paling nempel sih di otak yg 2.5 & 4.0 matic ... Wuah bau jok kulit nya masih nempel ampe skrg di otak, pekat banget...
Ampe skrg kalo liat XJ di jalan selalu berasa kyk mobil mewah & gagah bukan main :mky_02:
Semoga suatu saat bisa meminang XJ, kalo skrg sih ga kuat bayarin bensinnya yg dulu aja pertamax 1:4-5 apalagi skrg wkwk ...

Btw xj nya suka overheat om (berhubung tahunnya yg under 96) ? Dulu penyakit xj sih gitu lagi santai2 jalan tau2 overheat, menepi dulu deh ...
simpus
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jul 21, 2015 10:44

Re: Review Cherokee XJ 94

Post by simpus »

amfibi wrote:Wah mantab om xj nya :mky_02:

Ane penggemar xj bgt, dulu kecil ayah beternak XJ ampe 3 biji (2.5L manual lowest trim '00 brandnew, 4.0 matic '95, 4.0 manual lupa tahun brp), paling nempel sih di otak yg 2.5 & 4.0 matic ... Wuah bau jok kulit nya masih nempel ampe skrg di otak, pekat banget...
Ampe skrg kalo liat XJ di jalan selalu berasa kyk mobil mewah & gagah bukan main :mky_02:
Semoga suatu saat bisa meminang XJ, kalo skrg sih ga kuat bayarin bensinnya yg dulu aja pertamax 1:4-5 apalagi skrg wkwk ...

Btw xj nya suka overheat om (berhubung tahunnya yg under 96) ? Dulu penyakit xj sih gitu lagi santai2 jalan tau2 overheat, menepi dulu deh ...
Wah ampe 3biji om, sayang yah dijual?mobil penuh memory donk om, moga kbeli lg br smua kenangan brgulir kembali om, waktu pompa airnya masih bocor suka overheat itupun krn level air yg kurang, bgitu ganti pump yg baru, radiator diservice /bersihin dit4 radiator, hose koneksi atas dan bawah juga diganti baru, pake macet2n panas siang hari jarum anteng aja di tengah2 ato kurang dikit dari 100, pdhl extra fan msh yg 6bilah model lama dan radiator asli yg msh 2plier
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Review Cherokee XJ 94

Post by keong »

mobil idaman yang belum kesampean dipinang :big_cry:

Pajak tahunannya kena berapa om sekarang ? masih tembus 4jtan kah utk kepemilikan no 1 ?
simpus
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jul 21, 2015 10:44

Re: Review Cherokee XJ 94

Post by simpus »

Pajak setahun di daerah ane, 900ribu lebih dikit, ngga nyampe sejuta, sampe2 petugas samsatnya bingung 4000cc 4WD lg. sbg pembanding Avanza taon 2010 keatas kena 2jt lebih.
simpus
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jul 21, 2015 10:44

Re: Review Cherokee XJ 94

Post by simpus »

Pajak setahun di daerah ane, 900ribu lebih dikit, ngga nyampe sejuta, sampe2 petugas samsatnya bingung 4000cc 4WD lg. sbg pembanding Avanza taon 2010 keatas kena 2jt lebih.
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Thu Feb 17, 2011 14:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One

Re: Review Cherokee XJ 94

Post by MAB »

punya saya 1jt aja om

sol
keong wrote:mobil idaman yang belum kesampean dipinang :big_cry:

Pajak tahunannya kena berapa om sekarang ? masih tembus 4jtan kah utk kepemilikan no 1 ?
puteraadrian
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Wed May 21, 2008 18:03

Re: Review Cherokee XJ 94

Post by puteraadrian »

Nice review om... memang cherokee modelnya ga pernah ketinggalan jaman & belum ada yg bisa nyamain gagahnya, tiap lewat pasti dilirik..
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: Review Cherokee XJ 94

Post by firawan6275 »

Up terus Gan....Ane nyimak dulu, soalnya jarang yang mau review SUV tua apalagi yang bikin jebol dompet...he3x
puteraadrian
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Wed May 21, 2008 18:03

Re: Review Cherokee XJ 94

Post by puteraadrian »

firawan6275 wrote:Up terus Gan....Ane nyimak dulu, soalnya jarang yang mau review SUV tua apalagi yang bikin jebol dompet...he3x
Idem sambil nunggu review nya XJ om firawan ah.. hahaha
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: Review Cherokee XJ 94

Post by firawan6275 »

Terakhir Cherokee saya udah bisa 1:9 luar kota mudik Juli lalu dengan barng full roof rack...Baru pasang retrofit Bi-Xenon projector..Mudah2an desember bisa pasang Trans cooler tambahan sama Matic temperature Gaugenya