Steer palang tiga yang non airbag ini sungguh lebar speelengnya buat yang blum terbiasa sungguh sulit untuk nyelap nyelip diperkotaan perlu putaran steer yang lebih biar bisa ngerasain belok-keloknya nih mobil tapi untuk jalanan berbatu dengan kekurangannya ini menjadi kelebihan tangan menjadi tidak mudah pegal feeling jalan bebatuannya benar2 teredam (ane bandingin sama Rush punya adik yang punya respon steer yang tanggap bgitu dijalanan berbatu tangan cepat kesemutan dan pegal). Steer CRQ ini bila belok full ke kiri akan baik2 saja tapi ketika belok full ke kanan akan bunyi pletok katanya sih penyakit bawaan CRQ XJ yang perlu reinforcement. Belokan U turn musti ngambil jalur sebelah dulu baru bisa langsung, kadang jalur kiri ada kendaraan yah terpaksa langsung belok kanan dan dijamin bakalan mentok. Buat speed tinggi nih steer anteng aja (udah ada pake steering damper sih)



Gardan depan dana 30 masih lengkap dengan kopelnya sehingga penggerak 4WD masih berfungsi, seal oli gardan depan kiri bocor jadi udah ane ganti (merk crown 250k) sayangnya cuma sebelah kirinya yang kanan ngga ikut keganti stock toko yang jual kehabisan (nasib tinggal dipelosok). Kampas2 rem ganti baru depan (850K) dan blakang (750K), model gardan yang full solid axle membuat kita pede saja hajar lubang dan laju dijalanan yang aspalnya hancur berkeriting bikin mobil2 yang IFS jadi iri. Sistem pengereman yang masih menggunakan booster kecil membuat mobil ini di rem sekarang besok baru berhenti

Desain body yang kotak kaku menjadikannya klasik dan tidak pasaran, mudah dicari diparkiran, warna asli nih mobil hijau dan sudah ditimpa dengan coklat metalik. Interior mobil dashboar yang wood panel kisaran speedometer(sensor baru), RPMmeter(baru 1.5jt), oilgauge, voltmeter, temp.meter, fuelmeter dan odometer/tripmeter, woodnya membuat sentuhan jadi mewah, eletrik seat yang masih original dan berfungsi dengan baik untuk dua buah kursi di depan, power window yang sudah ane ganti tiga buah (3x@750K) dan masih original yang sebuah. Body mobil bagian bawah termasuk oke diumurnya yang sudah 21tahun karna sudah dipakein antikarat dan rawatan yang lumayan apik dari pengguna sebelumnya, walopun begitu ada beberapa spot yang rawan karat mulai kliatan persisnya body mobil yang dilewati atau berdekatan / berada diatas jalur knalpot, panas yang berlebihan membuat cat dan anti karatnya lebih cepat kalah.
Row seat bagian sopir dan samping penumpang luas bagian kaki, lebar buat kesamping kirikanan dan sempit untuk ruang bagian kepala, second row perlu majuin first row sehingga kaki bisa menjadi lapang, duduk tiga orang dewasa di second row masih bisa ditolerir karna nih mobil lebar walopun bagian kepala cukup sempit. Bagasi sudah terisi dengan ban cadangan cukup jika hanya untuk muat barang / pakaian mudik berlima, Air condition CRQ xj hanya single blower kurang / sangat kurang dingin pada second row terlebih jika sianghari, tapi bisa buat orang menggigil dimalam hari / terlalu dingin walopun settingan ngga dirubah2, kaca depan suka berembun/kondensat saking dinginnya sehingga cukup mengganggu perjalanan malamterlebih melewati daerah pegunungan hal ini ane alami, jika AC dimatikan maka panas mesin akan dengan cepatnya merambat ke ruang kabin sehingga terjadi juga kondensat tapi berlawanan arah bagian dalamnya lagi yg berembun.

Transmisi matic AW4 di odo yang 210K masih menunjukkan taringnya kampas kopling blum pernah ganti, gigi pertama bejek gas dalam kap mobil kliatan mantul2 keatas kayak mo lompat napas pendek pindah ke gigi 2 kasar (badan langsung kerasa ketarik terasa benar kerenggangan yang besar perbandingan gear ratio 1 dan 2) pindah ke gigi 3 halus tidak terasa napas lebih panjang naik lagi ke gigi 4, 190HP di gigi 4nya bnar2 terasa tenaga tersalurkan dengan mantab dari mesin ke transmisi trus ke roda, bejek dikit udah lari aja kayak transmisi manual, beda ketika gigi 2 atau 3 perlu sedikit effort gasnya dalam2 / ada jeda ketika mesin teriak dengan laju mobil. Turunan curam handle transmisi dipindain ke 1-2 buat engine break tapi entah kenapa hanya main di gigi 1 saja ngga pernah ngalamin pindah ke gigi 2, jadinya turunan yang bisa speed 20KM/h jadinya cuman di 10KM/H (gear 1) pindahin ke handle gigi 3 malah kecepetan engine breaknya ngga terasa banyakan pake rem kaki.

Transfercase 242 masih berfungsi baik, pindahin ke 4H fulltime (di jalan raya high speed hujan deras pun tetap pede)keempat ban mencengkeram aspal dengan baik, jarum bensinpun ngocor sejadi jadinya, sedangkan 4H dan 4L part time buat offroad(ditandai dengan steer akan terasa berat) lampu2 penunjuk bagian paling kanan woodpanel dashboard pun akan nyala sesuai posisi transfercasenya.

Cherokee XJ dengan mesin legendaris di dunia speed offroad AMC 4.0L 6silinder jenis OHV salahsatu mobil mesin bensin yang cukup jarang dijumpai karna mempunyai RPM rendah / macam mesin diesel dimana redline yang dihasilkan berada di 5000an dibandingkan mobil2 bensin yang mainstream RPM redlinenya kisaran 7000an, sehingga mesin OHV ini torsi maksimal yang dihasilkan cukup di RPM 3000

1. Packing valve ganti baru, panas mesin yang luar biasa membuatnya kalah sehingga oli mulai meler.
2. Sensor Oli ganti baru, oli mulai netes dari tempat tersebut
3. Pompa fuel ganti baru merk Warn
4. V-belt ganti baru sayang bukan original jadinya skarang bunyi walopun bakalan hilang jika udah panas
5. Waterpump ganti baru, air menetes setelah dicek udah kemakan / keropos jadi ada bocor macam jarum.
6. Hose radiator atas dan bawah ganti baru sudah mulai getas
7. Tiga buah relay ori ganti baru karna suka mati sendiri jika sudah panas
8. Sensor crankshaft ganti baru, sukar di start pada saat panas.
9. Engine mounting kiri kanan baru, sudah pecah dan retak
10. Selebihnya mesin enam silindernya sangat halus, mesin-mesin empat silinder yang terbarupun ngga bisa ngalahin halusnya


Dengan mesin 4.0L injeksi pemakaian dalam kota lancar campur macet kisaran 1-3 dan 1-5, sedangkan buat luar kota dengan kondisi jalan campur naik turun gunung dan mobil 3orang dewasa+3anak balita serta bagasi full loaded barang2 hasil kebun, beras, pisang, dan pakaian kisaran 1-6 dan 1-7
