Mobil weekend

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Bayfresh
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Jul 18, 2015 23:00

Mobil weekend

Post by Bayfresh »

Selamat pagi para momod dan SMers,
Salam kenal sebelumnya :big_deal:
Setelah cukup lama jadi SR, akhirnya memberanikan diri untuk posting.
Saat ini saya punya mobil 1 jenis lmpv cm dipake pas weekend saja, sehari2 naik motor. Dari dulu punya mimpi atau angan2 bisa beli suv 7 seater karena terkesan gagah dan GC tinggi mengingat akses masuk tempat tinggal saya sering menggenang sekitar 20-25 cm kalo musim hujan....dengan asumsi budget 140jt - 160jt, kira2 menurut SMers manakah pilihan terbaik dari pilihan berikut:
1. Fortuner 2.7, kalau tahun 2005 dpt gak ya?
2. Everest TDCI at, tahun 2007/2008?

Kriteria yg saya inginkan:
1. Perawatan mudah baik mekanikal ataupun elektrikal alias gak harus sering2 check up ke bengkel/rewel, sbagai perbandingan saat ini piara mobil sejuta umat dari daihatsu,
2. Sparepart gampang nyarinya, bisa servis di luar beres klo memungkinkan,
3. Nyaman untuk disopiri sendiri, karena weekend ingin dipake jalan2 ke luar kota
4. Budget yg disiapkan untuk pemeliharaan seperti servis rutin, ganti oli, dll sekitar 3 jt-an setahun, oya budget untuk pajak kendaraan dianggarkan sekitar 3,5 jt

Dengan perkiraan budget yg ada, apakah logis pilihan dan keinginan saya untuk ganti mobil ke suv pilihan di atas?
Terimakasih sebelumnya, semoga SM semakin maju dan jaya :big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil weekend

Post by ChZ »

Fortuner 2.7 yakin om? Konon bensinnya buoros sekali... Tapi ntah ya, saya bukan user gak mau komentar, cuma berdasarkan "myth" yang ada.

Kenapa gak minat Fortuner D-4D aja oom? Atau ngincer Fortuner 2.7 4WD?

Dengan segala pertimbangan di atas kayaknya lebih condong ke Fortuner sih... masalah spare parts gampang ini jelas Fortuner lebih gampang kemana - mana dibanding Eprest
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil weekend

Post by amfibi »

Fortuner kalo mau weekend boleh banget yg 2.7, pernah coba naik, wah jauh lebih tenang & senyap dari yg diesel, berasa mewah... (dasar mesin prado :upss: )
Toh dengan budget yg ada ga dapet diesel mah ...
Cuma FC nya aja yg dalkotan 1:6 ... tapi kalo tujuannya buat weekend asik bgt deh :mky_02:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil weekend

Post by DOHC »

+1 utk fortuner...

ga boyo amat koq dan ga malu2in.... rawat gampang scara sekonstruksi ama enjin ipah

Sent from my Mi 4i using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Mobil weekend

Post by nugroho bagor »

DOHC wrote:+1 utk fortuner...

ga boyo amat koq dan ga malu2in.... rawat gampang scara sekonstruksi ama enjin ipah

Sent from my Mi 4i using Tapatalk
Sudah muter2 kenapa gak ipah D4D aja ground clearence tinggi juga kok :big_slap:
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Mobil weekend

Post by keong »

ChZ wrote:Fortuner 2.7 yakin om? Konon bensinnya buoros sekali... Tapi ntah ya, saya bukan user gak mau komentar, cuma berdasarkan "myth" yang ada.

Kenapa gak minat Fortuner D-4D aja oom? Atau ngincer Fortuner 2.7 4WD?

Dengan segala pertimbangan di atas kayaknya lebih condong ke Fortuner sih... masalah spare parts gampang ini jelas Fortuner lebih gampang kemana - mana dibanding Eprest
kayanya kalo budget segitu mentok di budgetnya sih yang gak sampe mod klo ambil fortie d4d...

Menurut saya kalo pilihannya seperti yg disebutkan TS mending ambil Everest TDCI, kalo bisa yg matic karena koplingnya berat, pasaran TDCI sekarang 150 sudah dapat, budget sisanya bisa buat dandan, kalo menurut saya model everest lebih lakik sih walaupun masih truk banget krn masih pake per daun blkgnya, sparepart juga masih bisa subtitusi dengan mobil lain misal air filter sama persis dengan punyanya innova, kalo filter solar katanya masih sama kaya punyanya kisul diesel cmiiw

Hmmm atau tidak kenapa tidak masukin suzuki XL7 2500cc ke dalam list, V6 lhooo mantap banget, ambil yg matic terus di modif lagi dibuat 4x4, udah deh siap untuk diajak keliling ke pelosok, kalo bisa ambil mobil ini yg service recordnya jelas, V6 kalo dipasrahin sama bengkel2 asal riskan juga
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil weekend

Post by amfibi »

keong wrote:
ChZ wrote:Fortuner 2.7 yakin om? Konon bensinnya buoros sekali... Tapi ntah ya, saya bukan user gak mau komentar, cuma berdasarkan "myth" yang ada.

Kenapa gak minat Fortuner D-4D aja oom? Atau ngincer Fortuner 2.7 4WD?

Dengan segala pertimbangan di atas kayaknya lebih condong ke Fortuner sih... masalah spare parts gampang ini jelas Fortuner lebih gampang kemana - mana dibanding Eprest
kayanya kalo budget segitu mentok di budgetnya sih yang gak sampe mod klo ambil fortie d4d...

Menurut saya kalo pilihannya seperti yg disebutkan TS mending ambil Everest TDCI, kalo bisa yg matic karena koplingnya berat, pasaran TDCI sekarang 150 sudah dapat, budget sisanya bisa buat dandan, kalo menurut saya model everest lebih lakik sih walaupun masih truk banget krn masih pake per daun blkgnya, sparepart juga masih bisa subtitusi dengan mobil lain misal air filter sama persis dengan punyanya innova, kalo filter solar katanya masih sama kaya punyanya kisul diesel cmiiw

Hmmm atau tidak kenapa tidak masukin suzuki XL7 2500cc ke dalam list, V6 lhooo mantap banget, ambil yg matic terus di modif lagi dibuat 4x4, udah deh siap untuk diajak keliling ke pelosok, kalo bisa ambil mobil ini yg service recordnya jelas, V6 kalo dipasrahin sama bengkel2 asal riskan juga
Naaah XL7 V6 boleh banget nih ganteng :mky_02: , budget bakal sisa banyak bisa buat modif2 & restore back to 'like new', mobilnya ga rewel, sama2 1:6 jg kyk fortuner bensin, tp yah namanya V6 ... Jelas lebih manteb :mky_02: :mky_02:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Mobil weekend

Post by hariy »

nugroho bagor wrote:
DOHC wrote:+1 utk fortuner...

ga boyo amat koq dan ga malu2in.... rawat gampang scara sekonstruksi ama enjin ipah

Sent from my Mi 4i using Tapatalk
Sudah muter2 kenapa gak ipah D4D aja ground clearence tinggi juga kok :big_slap:
+1 buat inofa D4D...
Om kapten, saya tadi jam 8 pg ke Temanggung loh..lha nmrnya saya telpun ngga nyambung , ini bablas jogja..
Bayfresh
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Jul 18, 2015 23:00

Re: Mobil weekend

Post by Bayfresh »

Terimakasih buat momod dan SMers yang sdh memberi masukan, maaf gak tau cara multiquote :big_slap:
Untuk sementara ipah D4D blm masuk list karena pinginnya SUV, dari merk yg ada cuma 2 opsi itu yg masuk selera, mengingat budget cm segitu :ungg:
Kalo cukup suih pinginnya fortuner D4D at :off_no:
Maklum kalo mikir mudah perawatan cuma toyota yg ada dipikiran saya :ungg: ,
Sementara yg rekomended fortuner 2.7 ya? Everest masih ragu maintenance nya dan logo fordnya...
:big_deal:
Bayfresh
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Jul 18, 2015 23:00

Re: Mobil weekend

Post by Bayfresh »

Untuk innova gc nya brp ya om? Klo velg oem R15, dikasih ban 225/70/15 bisa nambah gc kah?
Saya ngidam fortuner karena dulu nebeng mobil temen fortuner 2.7 tahun 2008, terasa senyap dan mewah, waktu itu fc di mid klo ane liat sih 1:7...
Kira2 ada racun2 untuk bikin fc nya jd 1:8 atau 1:9 gak?
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil weekend

Post by amfibi »

Bayfresh wrote:Untuk innova gc nya brp ya om? Klo velg oem R15, dikasih ban 225/70/15 bisa nambah gc kah?
Saya ngidam fortuner karena dulu nebeng mobil temen fortuner 2.7 tahun 2008, terasa senyap dan mewah, waktu itu fc di mid klo ane liat sih 1:7...
Kira2 ada racun2 untuk bikin fc nya jd 1:8 atau 1:9 gak?
Kayaknya sih nggak ada, maklum cc 2700 & teknologinya jg ga advance2 bgt, mobilnya jg bannya gede & jangkung ... 1:7 udh bagus :mky_01:

Daripada terrano blazer yg 1:6 jg udh alhamdulillah tp boyonya ampuun :big_smile]
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Wed Apr 22, 2015 1:54

Re: Mobil weekend

Post by Kaptenslow »

Iya om, ane sih suggest fortie.
Ane ada fortie punya babeh ane 2.7 taon 2006 masih betah dipake sampe skrg... Awet dan nyaman... Di jalan gak terasa diintimidasi... Tp FC nya emang kudu siap2. Se-eco-nya ane coba pake dengan kondisi manusiawi (ac tetep nyala) paling mentok 1:6an, sukur2 kalo bisa 1:7. Dulu pernah ane pake, 1:5an.
Tp itu mobil gak salah buat jalan luar kota... Enak pakenya.
Ane aja titip pesen ama babeh ane, kalo mau ganti mobil, itu fortie jangan dijual, mending dikandangin buat ane pake kalo mau tempur pas kerja ke luar kota. Itu mobil udah 270K kilonya... Ampe skrg gak rewel.
Kalo ada masalah, servisnya gampang, ke beres bisa, montir panggilan juga bisa.
Plus komunitasnya udah lumayan gede, info sparepart atau bengkel referensi juga gampang carinya.

Semoga sarannya bisa bermanfaat om...
:mky_08:
Bayfresh
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Jul 18, 2015 23:00

Re: Mobil weekend

Post by Bayfresh »

Kaptenslow wrote:Iya om, ane sih suggest fortie.
Ane ada fortie punya babeh ane 2.7 taon 2006 masih betah dipake sampe skrg... Awet dan nyaman... Di jalan gak terasa diintimidasi... Tp FC nya emang kudu siap2. Se-eco-nya ane coba pake dengan kondisi manusiawi (ac tetep nyala) paling mentok 1:6an, sukur2 kalo bisa 1:7. Dulu pernah ane pake, 1:5an.
Tp itu mobil gak salah buat jalan luar kota... Enak pakenya.
Ane aja titip pesen ama babeh ane, kalo mau ganti mobil, itu fortie jangan dijual, mending dikandangin buat ane pake kalo mau tempur pas kerja ke luar kota. Itu mobil udah 270K kilonya... Ampe skrg gak rewel.
Kalo ada masalah, servisnya gampang, ke beres bisa, montir panggilan juga bisa.
Plus komunitasnya udah lumayan gede, info sparepart atau bengkel referensi juga gampang carinya.

Semoga sarannya bisa bermanfaat om...
Terimakasih atas sarannya om Kaptenslow, sangat bermanfaat buat saya :big_exellent:
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Mobil weekend

Post by Xous »

Kapten slow, nanya dunk, problem plg rewel plihara segitu lama si fortie apa y. Ayah sy mungkin taun depan mau cr bensin '10, maklum d kalimantan solar susah.
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Wed Apr 22, 2015 1:54

Re: Mobil weekend

Post by Kaptenslow »

Xous wrote:Kapten slow, nanya dunk, problem plg rewel plihara segitu lama si fortie apa y. Ayah sy mungkin taun depan mau cr bensin '10, maklum d kalimantan solar susah.
Hmm... Kayaknya aman yah om.. Sejauh ini make belon pernah servis yg dashyat.
Paling rutin servis ke beres.
Kelistrikan aman, aki gak rewel.
Ac dingin
Setir ok
Bangku juga nyaman2 ajah
Kaki2 ok asal jangan afgan nyetirnya, tau kapan harus pelan, kapan boleh hajar..
Kampas rem dll jg rutin ganti, gak ada yg dadakan harus ganti.
Paling bannya yg agak mahal, soalnya radial (kalo gak salah namanya) yg kayak offroad gt... tp tipisnya juga lama...


Tapi saya kasi catatan yah om... Selama ini bensin selalu saya isi super/pertamax... Kecuali kl kepepet di daerah baru isi premios. Tp secukupnya, balik kota, lunasin utang pake super/pertamax lg..
Dan kalau biasa bawa sedan/mobil nyaman, begitu naik fortie ini ane berasa getarannya di setir lumayan terasa, kalo lg idle. Tp kl dah jalan sih ok2 ajah.
Feel setirnya sedang saja, gak berat sekali dan juga gak seenteng yg eps.

Minus lainnya yah paling FC-nya ajah om... Naik mobil ini kudu pinter2 balance antara eco driving sama madmax driving... Jadi FC-nya gak parah nanti ujung2nya. :mky_01:
Soalnya ini mobil kalo dijejek gasnya, lumayan sableng, agak nge-lag sebentar abis itu langsung naik torsinya. Kalo ikutin hawa napsu, ane yakin.... Seminggu bisa 2kali mampir ke spbu. :big_childish: :big_childish:

IMHO: :mky_01:
Kayaknya mobil ini lumayan layak dipelihara, soalnya fortie yg sebelum 2015 yg mau rilis di iims/giass ini masih belum terlalu hi-tech... Jadi kalo ada apa2, ibaratnya bengkel kampung pun masih bisa bantu idupin. Sampe kota baru di-icu ke beres kalo perlu. :mky_08:
:mky_08:
Bayfresh
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Jul 18, 2015 23:00

Re: Mobil weekend

Post by Bayfresh »

Kaptenslow wrote:
Xous wrote:Kapten slow, nanya dunk, problem plg rewel plihara segitu lama si fortie apa y. Ayah sy mungkin taun depan mau cr bensin '10, maklum d kalimantan solar susah.
Hmm... Kayaknya aman yah om.. Sejauh ini make belon pernah servis yg dashyat.
Paling rutin servis ke beres.
Kelistrikan aman, aki gak rewel.
Ac dingin
Setir ok
Bangku juga nyaman2 ajah
Kaki2 ok asal jangan afgan nyetirnya, tau kapan harus pelan, kapan boleh hajar..
Kampas rem dll jg rutin ganti, gak ada yg dadakan harus ganti.
Paling bannya yg agak mahal, soalnya radial (kalo gak salah namanya) yg kayak offroad gt... tp tipisnya juga lama...


Tapi saya kasi catatan yah om... Selama ini bensin selalu saya isi super/pertamax... Kecuali kl kepepet di daerah baru isi premios. Tp secukupnya, balik kota, lunasin utang pake super/pertamax lg..
Dan kalau biasa bawa sedan/mobil nyaman, begitu naik fortie ini ane berasa getarannya di setir lumayan terasa, kalo lg idle. Tp kl dah jalan sih ok2 ajah.
Feel setirnya sedang saja, gak berat sekali dan juga gak seenteng yg eps.

Minus lainnya yah paling FC-nya ajah om... Naik mobil ini kudu pinter2 balance antara eco driving sama madmax driving... Jadi FC-nya gak parah nanti ujung2nya. :mky_01:
Soalnya ini mobil kalo dijejek gasnya, lumayan sableng, agak nge-lag sebentar abis itu langsung naik torsinya. Kalo ikutin hawa napsu, ane yakin.... Seminggu bisa 2kali mampir ke spbu. :big_childish: :big_childish:

IMHO: :mky_01:
Kayaknya mobil ini lumayan layak dipelihara, soalnya fortie yg sebelum 2015 yg mau rilis di iims/giass ini masih belum terlalu hi-tech... Jadi kalo ada apa2, ibaratnya bengkel kampung pun masih bisa bantu idupin. Sampe kota baru di-icu ke beres kalo perlu. :mky_08:
Wah badak juga nih fortuner 2.7 :mky_02:
Cost ownership setahunnya rata2 habis berapa om buat service dan ganti oli?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Mobil weekend

Post by nugroho bagor »

hariy wrote:
nugroho bagor wrote:
DOHC wrote:+1 utk fortuner...

ga boyo amat koq dan ga malu2in.... rawat gampang scara sekonstruksi ama enjin ipah

Sent from my Mi 4i using Tapatalk
Sudah muter2 kenapa gak ipah D4D aja ground clearence tinggi juga kok :big_slap:
+1 buat inofa D4D...
Om kapten, saya tadi jam 8 pg ke Temanggung loh..lha nmrnya saya telpun ngga nyambung , ini bablas jogja..
Weh masak saya standby nomerya om .gak ada miss call or any stranger number tuh :2gunfire:
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Wed Apr 22, 2015 1:54

Re: Mobil weekend

Post by Kaptenslow »

Bener om... Mungkin harusnya diiklaninnya barengan sama badak kali yaah.... :mky_01: supaya pendefinisiannya kena... Hehehe..
Aduh, maaf om... Saya gak pernah ngalkulasiin total biaya setahunnya...
Oli ganti per 5000km biasanya pakai shell helix plus (kalo ga salah inget) sekitar 300-400rb plus ganti filter oli
Servis ke beres cuma di km rutin ajah... Per 10rb.
Trus kalo,ganti kampas rem, panggil montir panggilan. (Langganan)
Untuk masalah bodi kalo ada tabrak/lecet/rusak, klaim asuransi.
Kurang lebih gitu om tiap tahunnya...
:mky_08:
Bayfresh
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Jul 18, 2015 23:00

Re: Mobil weekend

Post by Bayfresh »

Kaptenslow wrote:Bener om... Mungkin harusnya diiklaninnya barengan sama badak kali yaah.... :mky_01: supaya pendefinisiannya kena... Hehehe..
Aduh, maaf om... Saya gak pernah ngalkulasiin total biaya setahunnya...
Oli ganti per 5000km biasanya pakai shell helix plus (kalo ga salah inget) sekitar 300-400rb plus ganti filter oli
Servis ke beres cuma di km rutin ajah... Per 10rb.
Trus kalo,ganti kampas rem, panggil montir panggilan. (Langganan)
Untuk masalah bodi kalo ada tabrak/lecet/rusak, klaim asuransi.
Kurang lebih gitu om tiap tahunnya...
Terimakasih informasinya om Kaptenslow, sangat membantu sekali untuk dpt gambaran perawatan fortuner 2.7 :big_deal:
Untuk pajak tahunannya sekitar berapa om pertahunnya?
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Wed Apr 22, 2015 1:54

Re: Mobil weekend

Post by Kaptenslow »

Bayfresh wrote:
Kaptenslow wrote:Bener om... Mungkin harusnya diiklaninnya barengan sama badak kali yaah.... :mky_01: supaya pendefinisiannya kena... Hehehe..
Aduh, maaf om... Saya gak pernah ngalkulasiin total biaya setahunnya...
Oli ganti per 5000km biasanya pakai shell helix plus (kalo ga salah inget) sekitar 300-400rb plus ganti filter oli
Servis ke beres cuma di km rutin ajah... Per 10rb.
Trus kalo,ganti kampas rem, panggil montir panggilan. (Langganan)
Untuk masalah bodi kalo ada tabrak/lecet/rusak, klaim asuransi.
Kurang lebih gitu om tiap tahunnya...
Terimakasih informasinya om Kaptenslow, sangat membantu sekali untuk dpt gambaran perawatan fortuner 2.7 :big_deal:
Untuk pajak tahunannya sekitar berapa om pertahunnya?
Sori om baru sempat balas..... :mky_01: Pajaknya 5jutaan om. :big_think:
:mky_08:
User avatar
v63000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57

Re: Mobil weekend

Post by v63000 »

Bayfresh wrote: Kriteria yg saya inginkan:
1. Perawatan mudah baik mekanikal ataupun elektrikal alias gak harus sering2 check up ke bengkel/rewel, sbagai perbandingan saat ini piara mobil sejuta umat dari daihatsu,
2. Sparepart gampang nyarinya, bisa servis di luar beres klo memungkinkan,
3. Nyaman untuk disopiri sendiri, karena weekend ingin dipake jalan2 ke luar kota
4. Budget yg disiapkan untuk pemeliharaan seperti servis rutin, ganti oli, dll sekitar 3 jt-an setahun, oya budget untuk pajak kendaraan dianggarkan sekitar 3,5 jt
1. Fortuner sepertinya lebih gampang rawatnya dibanding everest
2. Fortuner lagi
3. Fortuner lagi
4. Pajak yang out om kalu gak salah pajak fortuner masih 5jt ke atas apalagi fortuner yang 4x4 lebih mahal kalau tidak salah
kalau ga alergi merk korea hyundai santa fe gen 2 sepertinya bisa jadi alternatif lain om :mky_02: mesin dieselnya pasti lebih irit dan fitur lebih komplit dibanding everest atau fortuner :big_peace: