


Kali ini mau nyumbang review sebuah SUV dari Suzuki, yang sayangnya udah discontinue ... Yuk lanjut

Semoga membantu meramaikan SM
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

=====
Grand Vitara ... Mobil ini termasuk generasi ke-tiga, penerus dari VES (Vitara Escudo Sidekick) & Escudo yg sebelomnya ramai beredar di Indonesia ...
Yang ane demen, hingga generasi terakhir ini, masih mempertahankan penggerak roda belakang yg tentunya DNA suv asli banget


Di Indonesia, mobil ini ditawarkan dalam pilihan mesin 2.0 dgn trim JX MT dan JLX MT/AT saat pertama diluncurkan, & baru belakangan dikasih mesin 2.4. Selama masa hidupnya ada kalo ga salah 2x facelift, yg unit ini facelift pertama, sedangkan facelift kedua jadi CBU jepang & mesin 2.4 aja ...
Unit yang ane test ini type JLX manual, versi facelift (dengan tambahan climate control air con, interior warnanya jd full black, dsb yg ane kurang ngerti juga)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
=====

Kesan pertama, GAGAH !


Bener2 boxy, simple but tough, ga berlekuk2 dramatis, mencerminkan buat SUV perang banget deh.
Kalo sukanya model2 modis ala CRV gen3 gen4 or dsb, mungkin ga akan suka sama exterior nih mobil ... Tapi kalo suka SUV yg clean & gagah, pasti demen ama GV


Bodinya kompak, dengan proporsi yg proportional di segala sisi, ga ada sisi yg aneh lah, jatohnya sih plain tp malah long lasting...
Bannya tebel dgn ukuran velg ga gitu besar, menarik buat libas jalan jelek sepertinya


Masuk bagian belakang, masih kental banget aura SUV perang nya dgn pintu bukaan samping & 'konde' yg menghiasi bagasi, mungkin beberapa orang ga demen ada konde kondean gini, tp ane pribadi sih suka banget banget.

Ga banyak yg bisa dikomentarin soal desain, paling "agak agak" mirip sama range rover evoque aja siluet sampingnya, simple tp gagah lah pokoknya

====

Masuk ke interior, dihiasi warna hitam dengan aksen silver di tengah, menurut ane lebih baik daripada pre-FL yg warna terang...
Desainnya juga ga ada yg fancy, semua simple spartan kokoh & fungsional...
Yang pertama ane notice pas nyentuh dash, bahannya agak murahan, full hard plastic namun kurang solid, biarpun masih mending daripada pre-fl yg pas diliat aja langsung ketauan murahan nya ...

Paling yang lumayan nambah sisi mewahnya ada di doortrim yg bagian atasnya bahannya sudah soft touch, sedangkan sisanya plastic yg lagi2 biasa aja...

Oiya setir nya lumayan juga sudah kulit & ada tombol2, dipegangnya juga enak serta ukurannya pas
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

Desain instrumen cluster simple, tapi manis juga dgn backlight putih & tampilan MID nya juga rapih dgn layar dot matrix yg mudah dipandang ...
MID nya ada pilihan AVG FC, realtime FC, & Range ...

Bagian tengah diisi dgn head unit integrated & AC digital climate, yang cukup mudah dioperasikan. Keren sih udah integrated gini HU nya jadinya rapih, tapi pribadi kurang suka sama warna layar nya yg merah gitu, rasanya kurang adem & mewah hehe ...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
AC nya sendiri cepet dinginnya, ampuh lah buat menghadapi panasnya Jakarta yg siang2 ini 38c ...
Audio, nah ini sayangnya menyedihkan



Joknya udah pake kulit asli, tapi kualitasnya biasa banget, yah seengganya mending drpd fabric or sintetic doang

Kontur jok lumayan nyaman buat didudukin berlama2, buat ane yg 184cm/75kg ga kerasa kekecilan, pas deh ...

Bingkai chrome di sekitar manual shifternya agak kurang gimanaa gitu. Di samping kiri kanan nya ada 12v & lighter ...
Tuasnya sendiri nyaman dioperasikan & digenggam...

Di bagian atas ada 2 lampu kabin & tempat kacamata ...

System start nya udah keyless, jadi tinggal kantongin remote nya aja, trus geser knob starternya kyk mobil start pake kunci biasa, hanya saja tanpa kunci ... Nice


Ukuran spionnya gede, nyaman buat dipake mantau belakang ... & ada spion juga di moncong sebelah kiri, bantu bgt juga buat mantau bagian bawah

Visibilitas ke depan samping & belakang oke, ke depan bisa liat moncong dgn jelas, ke belakang juga bisa dipantau spion tengah dgn jelas...

Bagasi ukurannya biasa aja, tapi buat ngangkut barang2 harian or koper2 masih masih muat lah
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

Ruang belakang, juga biasa aja dibandingkan SUV lain, walau masih lebih lega dikit dari Xtrail T30 sih ... Jok belakang nyaman diduduki, bisa disetel lumayan rebah juga, ada armrest namun kecil ukurannya jd cuma muat buat 1 tangan ...
Ruang kaki belakang masih ada sisa lumayan pas didudukin ane yg tinggi 184, posisi jok depan normal ...
Overall, kabinnya cukup nyaman buat dihuni, biarpun lack of lux element, tapi fungsional abis, ga ada hal yg bikin susah di dalem ...

====
Sesi test drive dimulai ...
Nyalain mesin cukup puter knob aja, ga usah pake kunci2an (tapi belom start-stop button). Nyalanya cepet, suara start ga cempreng ala honda, & mesin cukup tenang tp suaranya agak berat ... Getaran masih oke ga kerasa2 banget

Koplingnya empuk, jarak mainnya juga pas, buat ngopling ga ribet deh. Parkir cukup pake kopling-rem-kopling-rem aja, ga perlu tambah gas selama jalannya datar.
Shifter lumayan alot tapi nyaman aja sih dipakenya mah, jarak antar giginya jg ga gitu berjauhan ala innova/panther, jd pindah2 gigi ga repot

Masuk gigi 1, mobil melaju dengan mulus, torsi terasa lumayan di bawah... pas dilepas gas ga ada acara sedut2 ala manual CC kecil ... Manteb deh smooth.
Dipake dalkotan, ga terasa jerky or apapun, enak deh manual mobil ini, dapet jempol dr ane

Pas di kickdown, yah karna ini varian 2.0 dgn mesin J20A (140hp @6000rpm) dan RWD lagi, ga kerasa apa2, tenaga sih keluar tapi dalam kategori cukup aja, ga ada ampe narik badan ...
Mobil cuma ane test di dalem kota aja di sekitaran tangsel, & tenaga yg dihasilkan cukup buat dalkotan mah, ga berlebih ga kurang juga. Cukup pake gigi 2-3 udh nyaman melaju

Suara mesinnya enak juga, ga berasa cempreng, cukup berat lah lumayan buat didenger pas rpm rada tinggi mah

Gasnya lembut, ga meledak2, begitu juga remnya yg dalem tp pakem, ane suka bgt nih karakter begini, mewah & nyaman

Stir... Nah ini dia bagian yang ane penasaran banget dari dulu, liat2 di SM katanya sih seberat ngangkat barbel. Mumpung lagi pegang GV di depan mata, sekalian test ah apa bener, dan rupanya...
...Ga ada berat2nya



Aduh ini mah 2x lebih ringan dari RAV4 '00 ane dulu & Lancer CK4, kira2 seringan camry 3.0V 2003 ane. Diputar pas parkir pake tangan sebiji aja masih kuat, & pas jalan cukup ringan nyaman deh pas beratnya buat dalkotan.
Jadinya bingung kok bisa dibilang begini seberat barbel

Feedbacknya sendiri cukup, masih jauh lebih berfeedback RAV4 ane dulu sih, tapi ini sudah cukup lah, toh SUV ini ngapain juga harus stering yg super alive ...
Sayangnya ada 1 poin yg buat ane down bgt, yaitu bantingannya yang ....
Gerobak bgt


Meskipun bantingan super duper keras ini bikin jd lincah, ga berasa kapal ombang ambing kyk X-trail T30 ...
FC mobil ini buat dalkot ane dapet 1:9 (by MID) dengan bensin premium, unit berkondisi sehat & odo tembus 80.000an KM ...
Denger2 sih di matic jauh lebih boros lagi dari 1:9

====
Kesimpulannya, SUV suzuki ini oke banget deh kalo buat disetir sendiri mah, udah gagah bentuknya, dalemnya fungsional, terkenal ga rewel, cukup lincah, buat kotaan enak lah dan harusnya buat lukot dgn karakternya yg halus namun manteb gt juga enak ...


Cuma pesen ane, jangan beli ini kalo sering bawa penumpang misal istri hamil ato anak kecil, or orangtua. Dijamin ngeluh semua bakalan sama bantingannya yg haduh

Soalnya libas jalan jelek as driver aja pantat udah lumayan sakit ...

Kalo mau komparasi, ane cuma ada pengalaman sama Xtrail 2.5 2005, mungkin bisa dijadikan gambaran VS grand vitara ini :
-Xtrail lebih limbung & males gerak dari GV
-Xtrail jelas lebih boros dr GV 2.0 manual (dalkot premium 1:6 vs 1:9)
-Naikan jauh lebih nyaman xtrail kemana2, di xtrail ga ada cerita kebanting2, tp kenyamanan duduk di dalem sih sama aja...
-Audio std walaupun xtrail biasa aja tp jauh lebih baik daripada GV
-AC lebih dingin GV banget
-Visibilitas sama2 baik, tapi GV lebih gampang buat liat ke depan
-Stir berat & feelnya mirip2
-Rem & gas sama2 halus
-Reliability pastinya GV ninggalin xtrail kemana2...

====
Sekian review dari ane, semoga membantu barangkali ada yg butuh referensi tentang GV, thx sudah baca & maaf kalo ada kesalahan2 kata & informasi.... barangkali ada yg mau nambahin juga pengalamannya sama GV baik dr test drive/as owner
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
