Jangan-jangan ini mirip dengan thread mazda Modena di thread mod.com yang controversial
"How come you compare The king of german cars vs lousy Honda ??"
Well, jawabannya jelas, the most expensive and legendary Porsche 911 currently bukan lawan yg seimbang buat Honda civic jadul, dan akan menang telak dengan mudah di semua aspek

Sayang sekali..dan mohon maaf
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
But what I'm trying to explain here, how we can simply utilize relatively cheap Jap Car, and some basic skill to replicate the ultimate driving experience, passion and the beauty of Porsche 911 2.7 RS lightweight
1. Sekilas Porsche 911 Carrera 2.7 RS lightweight
Waktu saya bekerja di Osaka, jepun sekitar tahun 2007 zaman bujangan, gak sengaja ada Porsche 911 air cooled lewat, yang pasti tipe jadul yang ada tulisan Carrera norak gede2 di sampingnya, tapi saya belum ngeh model apa? yang pasti suara mesin air cooled boxer 6 silindernya terdengar sangat luar biasa...It is real badass of sound...and aura road presence ..omg..bikin bergidik... Mesinnya mengeluarkan letupan2 kecil yg terdengar bagai sebuah orchestra from hell..

Sampai saat ini bunyi air cooled Porsche masih terngiang-ngiang di kuping saya.
Lalu browsinglah saya di internet, dan menemukan kenyataan ini lah salah satu Porsche 911 termahal yang ada di planet bumi yg harganya naik secara tajam dalam 10 tahun terakhir...it's the legendary 1973-74 Porsche 911 2.7 RS lightweight, dengan "lightweight" special trim yang cuman ada 200 unit di muka bumi ini. Harga ratanya saat ini mencapai Euro 1 M , atau setara 1,5 juta dolar, dengan duit segitu ente bisa dapet 5 unit Ferrari 458 italia keluaran baru ....wueedann

Porsche 911 adalah salah satu platform mobil sport paling sukses di muka bumi, dengan ratusan kemenangan under his belt. Tapi para automotive enthusiast di muka bumi bulat akan setuju, the best 911 in the world is in-fact Porsche Carrera 2.7 RS ini..

Awalnya dibuat pada tahun 1972 sebagai bahan homologasi untuk balap, dan kode RS berarti Rennsport dalam bahasa jerman yang artinya "racing sport". Mobil ini sengaja dibuat dengan konsep lightweight dimana semua peredam, amenities dicopot, bahkan lebih ekstrim lagi plat bodi yang digunakan lebih tipis, kaca lebih tipis, dan mulai diterapkannya komposit fiberglass pada bagian boot lid.
Mesin diperbesar dan di tuning sehingga menghasilkan tenaga sangat besar pada zamannya yaitu 210 ps. Akselerasi yg ditempuh 0-100 km /jam sebanyak 5.6 detik. Ok semua performa ini tampak biasa di zaman modern ini, akan tetapi dalam kenyataan di lapangan dan di trek2 balap, Porsche tua ini terbukti masih sanggup meladeni supercar era 2000 an dengan mudah.

2.KOMPARASI PORSCHE 911 vs Honda Estilo
A. ESKTERIOR, Porsche vs Honda
Tampang 911 Carrera RS sangatlah klasik dan indah ditambah dengan duck tail yang begitu mempesona...it really really beautiful and shiny
when you see them in person , dipadukan dengan sedikit krom sekitar kaca, lampu, dan sen...wow...sparkling. Hanya sayangnya kurang fotogenik...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Semua penggemar Porsche di dunia mengakui, it's one of most beautiful, sleek and simple Porsche, yang mana ditiru habis2an dan dijadikan basis restorasi Singer Vehicle Design (tuner ternama di dunia Porsche)




Honda estilo di satu sisi memang kurang cantik di banding Porsche ,namun desain sleek dan simplenya mewakili apa yg ada di spirit unmistakably Porsche design, it also beautiful in every angle. Pemakaian komposit aftermarket dan trondolnya bodi menjadikan mobil ini sama-sama memiliki bobot sekitar 900 kg juga..



Porsche 1, Honda 0
B. Interior, Porsche vs Honda
Keduanya memiliki interior yang Spartan untuk penghematan bobot.
namun dalam hal ini Porsche menang telak karena masih terdapat banyak kemewahan seperti menggunakan trim berbahan kulit kualitas tinggi.
Porsche

Honda

Porsche 2, Honda 0
C. PERFORMA
Secara performa Porsche menang walaupun sama2 210 ps dengan bobot yg sama dengan Honda Estilo B18C, karena memilki torsi yang jauh lebih badak
Akselerasi dan handlingnya true supercar....walapun Porsche memiliki kelemahan karena posisi mesin belakang yang memiliki efek pendulum yang akan membuatnya snap oversteer untuk driver amatir. Di tangan Walter Rohl Porsche ini menjadi senjata tangguh untuk meraih lap tercepat di nurburgring.
Untuk pembalap amatir, Honda estilo dengan double wishbone empat roda lebih compliant dan easy to drive, dan memilki suara gergaji layaknya mobil balap beneran, thanks to VTEC. hopefully, that will replicate driving experience of higher class Porsche.
Berikut ini table komparasi spek antara Porsche 911 2.7 RS dengan Honda Estilo B18C

Posisi Porsche 3, Honda 0
3. VERDICT
Off course, secara kertas Honda Estilo bukanlah lawan seimbang dibanding 911
Porsche will win in every aspect.
Namun kelangkaan dan harganya yg gak masuk akal (15 M di UK, dan sekitar 30 M di Indonesia) menjadikannya hanya "Impian" buat sebagian besar pencinta otomatif.
Honda Estilo in other way round, is "Bandung Creativity" way to similar spirit with Carrera RS, for relatively poor Indonesian people, to feel the passion and ultimate driving experience similarly with one of the best car in the world. The pure and raw emotion of driving sport without TCS, ABS, ESP, and other electronic gimmick
Yupes, Porsche 911 2.7 RS is dubbed by discovery channel. among the best of the best sport car in the world regardless price due
1. One of the best handling supercar
2. purity and raw feeling
2. The last real sportcar, No electronic aids, nothing, just you, machine, and your driving skill