Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by Altaf »

Setelah saya posting review untuk mobil Toyota twincam GTI 1991, perkenankan newbie ini untuk mereview mobil yang hampir seangkatan dan termasuk musuh bebuyutannya jitiai di arena kebut2an liar tahun 90-an yaitu Honda Estilo 1992.

Kenapa ane doyan review mobil yang sudah bangkotan , ex Jepun pulak ??
• Ya kalo mampu beli mobil baru, Porsche Cayman atau Golf GTI mk7 masih jauh lebih superior dari Mobil Jepang Antik yang dimodif habis2an, but and again it is too easy for car enthusiast. “Fun to Drive” is not about money, but more on your passion. It is Kaizen spirit to improve things step by step, or bit by bit to meet your expectation. Mobil JDM tua kadang menjadi "nightmare" for ordinary user, karena prone to rust, dan dibutuhkan komitmen & kesabaran tinggi untuk mengembalikannya ke kondisi laik jalan, padahal buat enthusiast hal ini menjadi "Work of Art" dan very fun. :big_smoking:

• mungkin secara subjektif saya bisa bilang golden age nya mobil jepun ya dari 80-90 ini, harganya murah dan part aftermarketnya bejibun di pasaran dengan harga terjangkau. Ini belum termasuk kampakan ex Malaysia or Thailand. This is one part of why JDM classic is so affordable and make your head very creative.

Balik lagi ke test drive, sayangnya setelah mencari-cari sana sini gak dapat unit TD Honda Estilo yang relatif standar kayai jitiai 1991,
Namun dapatnya unit TD yang memang dipersiapkan ownernya untuk race, jadi review kali ini mohon maaf gak bisa merepresentasikan kondisi standarnya seperti apa?

Sekali lagi mohon maaf jiga ada kata2 yang salah..


1.EXTERIOR

Foto siang mobil ini adalah ketika masih proses restorasi ala kadarnya di balik gubuk bambu penuh derita di kota Kecil Tasikmalaya, terlihat dari kaca belakang belum nempel.
Ketika Test Drive sih Unit sudah lengkap partnya, hanya aja test drivenya malam hari jadi gak sempet foto-foto

Tampak muka mobil ini ..udah gak asing2 lagi buat penggemar Honda, modelnya hatchback 2 pintu yang depannya mirip banget ama….perkawinan antara muka lele dumbo dengan pantat setrikaan ... :mky_01:

Lampu depannya kayak orang lagi ngantuk. Bodinya bulat bohai , desainnya cantik walau bukan bikinan pininfarina.

Image

Image



Design wise, it is very unique, lahir pada zaman keemasan Honda, dimana lebih banyak engineer ketimbang akuntan di line produksinya.

Keempat roda masih menggunakan sistem Double Wishbone yang lebih mahal biaya produksinya ketimbang Mcpherson strut Honda zaman sekarang.

Mobil kelihatan agresif lagi dengan modifikasi carbon fiber asli seperti lip spoiler, Bonnet, Rear Spoiler, Pintu belakang , cukup rapi buat ukuran product aftermarket dari Malaysia. Ditambah dengan diet habis2an di berbagai sektor dan terondolnya interior, dry weight mobil hanya sekitar 900 kg saja atau setara Karimun Estilo…


Image


Image




2.INTERIOR

Berkebalikan dengan exteriornya, interiornya sangat mirip dengan ………angkot.. :big_cry:

Interiornya terondol abis, gak ada door trim, dan yang ekstrim….baunya mirip mobil balap beneran…alias kombinasi bau angkutan kota Senen – Kali Deres dan bau bensin pertamax :wkkk:


Forget about all amenities like cup holder, Stereo, SAT-NAV, carpet, sound deadening…its all gone

Kemewahan yang tersisa cuman 1 jok full bucket, seatbelt 4 titik, brace, aki, dan tabung pemadam kebakaran.

Image

Image



3.MESIN

Mesin aslinya sudah dilengserkan dan diganti dengan Mesin Honda B18C eks Integra DC2 type R

Tenaga mesin yang dihasilkan kurang lebih 210 ps/8000 rpm, dan Torsi 178 Nm/6400. Dan mesin ini sudah menganut VTEC dimana bukaan klep dan durasi timing akan semaking lebar di rpm sekitar 4500.

Secara detail gak terlalu tau secara pasti bagaimana cara kerja VTEC, tapi yang pasti ketika VTEC is on, the sound is more beautiful and it really sing like a racing car should be... :big_smoking:

Horsepower yang dihasilkan di atas kertas sama dengan Golf GTI, namun dengan bobot 900 kg maka dihasilkan bhp per ton sekitar 240 bhp / ton…..omg….bandingkan dengan Mazda miata MX-5 2014 yang hanya sekitar 140 bhp/ton


Image



4.DRIVING EXPERIENCE

OK let’s drive it,

Masuk mobil agak susah karena mesti ngelewatin brace, begitu duduk, tubuh terasa membenam di balik jok bucket yg terasa mencengkeram kedua pinggang saya. Jok terasa keras, namun memberikan kedamaian tersendiri di hati ini….posisi mengemudi cukup nyaman dan low serasa menyatu dengan jalan

Setir dari bahan suede lecek, terasa nyaman di tangan saya…

Berhubung mobil balap, ada dua tombol yang mesti saya pencet, ignition on, dan fuel pump on..

Banyak sekali sensasi bunyi2an dalam kabin walaupun mesin belum nyala . Nguiing…krotok krotok krotok..bunyi fuel pump terasa nyaring…

begitu nyala, terdengar suara mesin Honda VTEC yang relatif familiar, bunyinya kayak preman pasar yang lantang dan belagu, merasuk ke kabin dengan baik karena….gak ada peredam sama sekali….bonus suara di tambah bunyi ignitor MSD yang mirip jangkrik... :big_sorry:

Kopling diinjak, terasa berat….kopling Ogura khas balap memang membutuhkan sedikit otot kaki yang kuat, untung saja perpindahan gigi short and slick. Tongkat persenelengnya menggunakan short-shifter yang didesain untuk cepat berpindah gigi, namun kadang2 membingungkan karena pada saat2 awal saya sempat salah gigi.

Setir power assisted dengan HPS, camber negative depan membuatnya responsive layaknya mobil balap, namun radius putarnya menjadi terbatas ..

Pada kondisi stop n go lalu lintas dalam kota, torsi B18C nya relatif cukup nyaman, hanya saja kopling yang berat membuat kaki cepet pegal.

Begitu masuk jalan rusak dan polisi tidur….terasa sekali coil over HKS yang dipakai terasa menyiksa buat Ginjal, suspensinya very stiff, belum lagi semua bunyi2an dari jalan dan juga bau uap bensinnya..dan setirnya bener2 memberikan feedback yang luar biasa. Kalau ibarat nonton bioskop , ini mah nontan 3D versi imax, ada kerikil keinjek aja kerasa bangeett…. :big_grin:


Begitu masuk jalan sepi, ready for rock n roll

Masuk gigi 1, tahan rpm di 4500 ke atas, dan bagian depan mobil pun dengan sadisnya seakan ingin memisahkan diri. Tubuh terhempas di jok, dengan iler dan keringet dingin bercucuran…

Akselerasinya galak…..dan tentunya agak lebih kencang dari Golf Gti …dibarengi raungan mesin VTEC yang terdengar merdu di rpm tinggi, it is one of most beautiful sound of 4 Cylinder engine, suaranya lebih mirip mesin motor Honda 4 silinder, ketimbang mobil.

Sekarang masuk jalan berkelok2 , terasa sekali mobil sangat penurut dan seakan2 ingin show off kepada drivernya bahwa ia adalah salah satu FWD tercepat di Nurbugring versi Garut (alias Jalan Nagreg) :big_biglaugh:





5.VERDICT

Ok terus terang saya enjoy sensasi VTEC, feedback yang luar biasa…dan performa galak

But what amaze me, ternyata karakter mesin type R mobil ini cukup ramah dan santun ketika diajak pelan dalam kota. How civilized the engine compared to full blown racing engine….it’s really really amazing

Kalau saja suspensinya bukan type Racing, dan dipasangkan peredam dan A/C maka bukan tidak mungkin mobil ini dijadikan kendaraan operasional harian
:big_love:


(+)

-Timeless Classic
-Sensasi mengemudi luar biasa
-Mesin VTEC Honda yang bunyinya kayak gergaji mesin..
-Type R ..Type R..Type R bukan slogan koson
-Karakter mesin cukup ramah jika enggak dibejek
-Suara Mesin yang indah dan merdu…the best..



(-)
It’s race car, terlalu capek, loud, dan boros mengemudikannya buat operasional harian
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by keong »

Desainer honda untuk model ini keren menurut saya, modelnya sampai sekarang masih terlihat manis, timeless, anak muda jg banyak yg ingin pakai (kecuali dilarang sama org tuanya gr2 image mobil dh berumur ntar kebanyakan jajan) :mky_07:

Harga secondnya juga setara xenia 2012, tapi tetep buat jdm enthusiasts mobil ini tetap juara :big_okay:
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by adty »

Nice review om :big_exellent:

Saya beberapa tahun lalu sempet ngincer ini mobil tp susahhhhhhhh banget cari yg masih ori, sekalinya ada yg mulussss dan mendekati ori harganya ga kira kiraaa :big_slap:

Btw setuju nih golden agenya JDM, dan disaat Honda masih 'bener' :big_exellent:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by sintoni »

Wkwkw. Susah banget sih nyari estillo skrg dengan kondisi yang masih bagus.

Ngawur banget estillo dikasi b18, dikasi b16 aja sudah super kenceng padahal. Wkwkwkwkw.
asimo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Jun 30, 2014 3:47

Re: Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by asimo »

Vtec yo! :e-dance:

"old hondas never die they just get faster" :big_smoking:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by walid_007 »

nice review bro

saya suka dengan org yg bisa membangun mobil, menumpahkan semangat dan ekspektasi di mobil ialah keasyikan yg tek ternilai
engine roaring!
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by ChZ »

wuikk keren review nya oom... cool car oso :big_love:

Estilo hmm dulu ane lahir di dalem Estilo, dan sempet ngerasain Estilo temen yang standar sekitar 2 taun silam. Papa saya kl cerita itu slah satu mobil favoritnya, kalo bilang jaman sekarang udah gak ada mobil kaya gitu lagi.

Buat sy Civic EG ini adalah living legend. Sekarang balap balap pun masih pada suka pakai Honda lawas dan B engine masih jadi favorit. Sayangnya yang masuk Indo asalnya bukan Civic SiR yang pake B16A DOHC VTEC tapi pakai D16A SOHC.

Di masa itu outputnya B16A1 165hp, untuk jaman '90an mesin 1.600cc bisa keluarin 165hp? Well sebagai perbandingan Swift Sport modern saja 1600cc 136hp. Tapi ya B16 dicapai di rev sangat tinggi, dan itu memang DNA Honda sejak dulu : f*ck emission, f*ck efficiency. High rev iz all we need :big_smoking:

Apalagi ini sudah pakai B18C nya DC2R.... lebih sadis lagi pasti :frm_tumbleft:

Estilo ini pasarannya gelap sekali, range nya 90 - 120juta tergantung kondisi. Full ori dan kerawat semua diatas 100 sudah pasti. Genio nya sendiri cuma tinggal separonya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
radinalakbar7
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Thu Nov 21, 2013 12:23

Re: Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by radinalakbar7 »

Mobil impian ane saat kuliah dulu, sekarang juga gitu kalo ada Civic EG ini lewat sampe patah leher nengoknya haha, 2 pintu real sportcar & ini asli vtec kick in yoooo makin dalam nge gas makin makyuss, pernah nyoba nyetir sekali ketagihan langsung, btw nice review om altaf.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by htannis »

yes b18c my favorit engine :big_love:
tapi harus pake open air filter jadi pas v tec nyala langsung suarnya merdu bener, rev up to 8500 kondisi std di integra type r tahun 98 :cupss:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by KodokPushUp »

Mantab om altaf review nya

B18C :big_chicken:

Tahun lalu sempet denger ada orang jual estillo full original, km baru 5000, service dan ganti oli rutin, semua struk pembayarannya ada
Minta nya 180 jt :big_slap:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by sintoni »

ChZ wrote:wuikk keren review nya oom... cool car oso :big_love:

Estilo hmm dulu ane lahir di dalem Estilo, dan sempet ngerasain Estilo temen yang standar sekitar 2 taun silam. Papa saya kl cerita itu slah satu mobil favoritnya, kalo bilang jaman sekarang udah gak ada mobil kaya gitu lagi.

Buat sy Civic EG ini adalah living legend. Sekarang balap balap pun masih pada suka pakai Honda lawas dan B engine masih jadi favorit. Sayangnya yang masuk Indo asalnya bukan Civic SiR yang pake B16A DOHC VTEC tapi pakai D16A SOHC.

Di masa itu outputnya B16A1 165hp, untuk jaman '90an mesin 1.600cc bisa keluarin 165hp? Well sebagai perbandingan Swift Sport modern saja 1600cc 136hp. Tapi ya B16 dicapai di rev sangat tinggi, dan itu memang DNA Honda sejak dulu : f*ck emission, f*ck efficiency. High rev iz all we need :big_smoking:

Apalagi ini sudah pakai B18C nya DC2R.... lebih sadis lagi pasti :frm_tumbleft:

Estilo ini pasarannya gelap sekali, range nya 90 - 120juta tergantung kondisi. Full ori dan kerawat semua diatas 100 sudah pasti. Genio nya sendiri cuma tinggal separonya...
Bener chris, yang masuk indo yang d16 120 hp.

Tapi kalo dipikir lumayan jg lah, kayak mesin fiesta s kemaren itu 1600cc jg 120hp. Kayak 1500 cc jg masi 110hp an kecuali si njes.

Tapi blok enjin D series ini terbuat dari besi cor, seperti mesin lawas honda, jadi potensi nya besar, apalg masih banyak sparepart afternarketnya.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by sandal »

Begh
Superb review and car also :mky_02:
Pingin meminang mobil ini jadinya :ngacir:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by alexdonovan »

KodokPushUp wrote:Mantab om altaf review nya

B18C :big_chicken:

Tahun lalu sempet denger ada orang jual estillo full original, km baru 5000, service dan ganti oli rutin, semua struk pembayarannya ada
Minta nya 180 jt :big_slap:
Yahhh... Udah punya anak satu baru ada info begini :e-doh:

Kalo masih single, bakal ngutang kanan kiri demi Estillo :e-think:

*cuma sempat ngerasain kakaknya (Nouva)
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Review 1992 Honda Civic Estilo (Race Car)

Post by andrijet »

KodokPushUp wrote:Mantab om altaf review nya

B18C :big_chicken:

Tahun lalu sempet denger ada orang jual estillo full original, km baru 5000, service dan ganti oli rutin, semua struk pembayarannya ada
Minta nya 180 jt :big_slap:
180jt aku seh iyes.
Seriously.
:big_cry: