Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by Altaf »

Perkenalkan saya newbie yang sama sekali belon pernah review mobil, jadinya harap maklum yah..ini pertama kali ane ngereview.
Semua cacian dari para user SM ane terima dengan ikhlas dan lapang dada..

Mobil yang ane review bukan mobil baru, melainkan mobil yg udah berusia kurang lebih 24 tahun ..(sweet seventeen mah dah lewat :mky_03: )
ini mah dah hamper ulang tahun perak...

Mobil Corolla ini berkode sasis AE92 GT dan diproduksi tahun 1991. "Limited edition" karena saat itu dilengkapi dengan mesin 4AGE-16 redtop yang cukup legendaris di zamannya. Tahun 1991, ngingetin ane pada zaman2 pelem "catatan si boy", "Warkop", kebut2 drag Asia Afrika, nongkrong di Melawai. Saat itu ane masih SMP dan demen banget ngedengerin heavy metal macem metallica, iron maiden, aerosmith dsb...dsb. Pada zaman itu musuh bebuyutannya = Nissan Sentra Coupe, Mazda Astina, Civic EF, Civic EG (Genio/Estilo), dan mitsui DanGan DOHC.

Image
===============================================
1. Exterior

Eksteriornya gak banyak yang bisa dikomentari karena sama persis dengan corolla versi biasa yang SE, dan SE-limited. Ciri ekterior khas tahun 90an menjadi tampak sederhana dan sleek dibanding dengan toyota modern, e.g. AVANZAH PELOZ...yang punya banyak sekali lip, shaping, maupun peranti2 aerodinamika yang ....gak ada gunanya... :mky_03:

Tampak mukanya biasa banget, humble, sangat Toyota Corolla...yang memang kurang sporty dan identik dengan mobil dokter atau akuntan zaman dahulu ....no sporty personality whatsoever :wkkk:

But one thing amazing about this thing, this car is "true" lightweight for its given medium sedan size, dengan dry weight hanya 1070 kg saja atau kurang lebih sama dengan jazz lama manual.....

model low slung kotak, dan sedikit membulat, yang membedakan dengan versi biasa hanya emblem dan stiker yang bertuliskan GT twincam 16.

Unit TD yang ane pake sudah dirubah pada bagian mukanya dengan menggunakan corner, grille, headlamp versi JDM corolla wagon.

Image

Image

Image

Bagian belakangnya boleh dibilang cukup feminine, kagak ada macho2nya...., dengan pola stop lamp, dan corner lamp...ala mobil pada zamannya...aksen krom dikit2..

Image

Image

Image

2. Interior
untuk bagian interiornya ane terus terang suka dengan nuansa grey dan bener2 retro...layout interiornya reminds me the 70's Japanese car
visibiltas ke depannya baik, tanpa ada blind spot, posisi duduk agak tinggi dan kap mesin depan benar kelihatan, gak seperti mobil2 depan yang mesti mengandalkan "feeling" karena sebagian kap mesin bagian depan yang bener turun ke bawah.

Indikator long gauge khusus corolla GTI sudah dilangkapi dengan tachometer dan indicator tambahan seperti Voltage, dan Oil Pressure Indicator

Setir dari mobil corolla Levin, mirip dengan orinya, dibalut dengan genuine leather dan cukup besar ukurannya...enak digenggam..

Image

Jok mobil original semi-bucket dengan beludrunya udah kelihatan lusuh (mobil 24 tahun coi...), dan tapi sangat nyaman rasanya, dengan pinggiran yang akan mendengkap erat bagian punggung dan dilengkapi dengan setelan untuk mengepaskannya dengan tubuh anda...very worthed untuk perjalanan jauh.. dibandingkan dengan recaro full bucket ..super keras... :big_childish:

Image


3. Mesin

Twincam GTI menggunakan mesin 4AGE yg legendaris, loh kenapa dibilang legendaris ?? karena mesin inilah yang dipercaya oleh Takumi, jagoannya di manga atau anime Initial D untuk menghela jagoannya Toyota Sprinter GT Apex AE86 (Hachiroku).

Image

Hachiroku dan 4AGE merupakan kombinasi mesin yang reliable dan sangat mudah partnya untuk dituning, bahkan digunakan untuk mesin balap formula 1600. Mesin ini merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dengan Yamaha...dimana headnya adalah hasil desain para insinyur Yamaha

Untuk unit TD yang saya gunakan mesin 4AGE redtop, dinamakan redtop karena tulisan merah diatasnya merupakan varian 16 klep dengan hp tertinggi 140 ps/ 7200 rpm pada kondisi standard...dan torsi 149 Nm / 4800 rpm. Ini merupakan versi 16 klep yang reliable, sebelum digantikan dengan versi 20 klep yang boleh dibilang too sophisticated buat para engine tuner, dan kurang disukai oleh para pembalap jalan..karena torsi yg lelet

dari statistical di atas maka dapat disimpulkan 4AGE merupakan high revving engine yang mempunyai tenaga yang muncul di atas 4000 rpm, atau dengan kata lain harus digas poll supaya nendang...namun walau bagaimanapun ini old school engine tanpa Variable valve atau timing...

Unit TD yang saya uji sudah dilengkapi dengan cold air intake, port n polishing, custom exhaust sehingga tenaganya naik sekitar 15 hp dari versi standard sekitar 160 ps/ 7200 rpm, kompresi sudah naek dari sekita 10.3:1 menjadi 11:1 berkat pemapasan head silinder sebanyak 0.8 mm.

Peranti strut bar dan anti roll bar yang agak stiff sudah merupakan kelengkapan standar mobil ini.

Image

Image

4. Driving Impression


Nuansa interiornya lecek dan agak kusem, jauh berbeda dengan interior mobil modern yg buatannya halus dan rapi...but I like it...it feel "RAW and PROPER" like a proper sport car. It reminds me F430 Scuderia dengan alcantara leceknya

Efek leceknya bener2 mirip ....eng...mobil balap :mky_04:

ini bagian yang paling ane tunggu. Kunci starter diputar...terdengar bunyi dynamo starter khas Toyota yang bunyinya terdengar... kayak kijang..
start sekali...5 detik, mesin gak nyala dan suara starter kayak asma...saya ulangi start lagi dan dalam 2 detik ..terdengar deruman mesin yang dengan idle yang tertatih-tatih...brp...brp....butuh yang waktu yang cukup lama untuk cold start sampai mesin terasa memiliki stasioner yang konsisten di angka 900 rpm..... It just feel like starting a Harley Davidson....I don't know why, mungkin karena kompresi yang cukup tinggi.

Saat mesin sudah warm saya coba rev...omg....mesin dengan cepat merespon injakan gas...jarum rpm bergerak ke atas dengan mudahnya.
flywheel 4AGE memang terkenal ringan hanya sekitar 6 kg saja...respon mesin kurang lebih sama dengan M16A Suzuki swift sport ....namun dengan intensitas jarum rpm naik lebih cepat.

saya coba injak kopling, ops kopling ringan sekali, dan perpindahan gigi manual 5 percepatan cepat dan smooth like knife through butter, the tranny just perfect ....walapun dengan throw cukup panjang buat selera para pembalap....dibarengi respon mesin yang cukup lembut pada rpm < 3000.

sentak gas sedikit saja, cukup mudah untuk menyalip angkot2 nakal ..., terasa sekali bobot mobil sangat ringan (it feel very lightweight dengan dry weight 1050 kg setelah diet sana sini, pelek, CAI, exhaust, karpet ,etc)......respon setir lincah, Power steering masih menggunakan HPS. Bobot setir pas dan feedback setir cukup memuaskan, feedback cukup terasa. Setir cukup berat bila dibandingkan dengan EPS Swift Sport, akan tetapi masih lebih ringan dibanding dengan BMW E30, but the amazing thing is ..the setirnya sangat natural dan responsive, mirip old school corolla E70 (aka corolla DX)

Menikung cepat, dan terasa mobil agak sedikit understeer khas mobil penggerak roda depan, chassis agak flex sana sini, walaupun sudah dilengkapi strut bar). Tapi overall chassis terasa cukup rigid untuk ukuran mobil tua. Body roll cukup minim walaupun suspense tergolong lembut.

Another amazing thing that impress me is how comfortable and plush the old school suspension compare to modern B segment car...
Suspensi lembut tidak membuatnya limbung di jalan toll atau membuat respon setirnya lambat....it just feel naturally good...

Kekurangan mobil ini hanya pada saat kondisi stop n go, alias macet.....lack of low end toque membuatnya sedikit jerky dan endut2an pada saat macet..mirip banget dengan avanza generasi awal. Butuh kaki yang bener lembut untuk mengoperasikan mobil ini pada saat "MACETT", tapi untungnya tertolong oleh hembusan A/C yang setara dinginnya dengan mobil2 modern...thanks to Toyota & ND

NOW LET'S DRIVE IT A BIT HARDER
Sekarang saatnya mode madcat......
tahan rpm disekitar 5000, masukan gigi 1, dan ciiiiiit.......... ban ukuran 185/60 R 15 terasa mendecit spin...
akselerasinya tergolong cepat....but what amaze me is the sound after 4000 rpm...akselesari 0-100 km diselesaikan di hitungan 8 detik..

Honestly, it feel much more faster than Ford Fiesta Ecooboost, Swift Sport yang pernah saya tunggangi....walaupun masih kalah liar dibandingakan dengan golf GTi.....which is very very very good for a 50 Million car....

mungkin bukan sound aslinya karena bukan exhaust ori, but suara mesin bener2.."RASPY, BURBLE, RASPY".....very addictive, [cencored], and it reminds me with old school twincam FIAT 124 Special zaman tahun 70 an.. atau FORD ESCORT BDA 16 klep.

5. Driving Impression

It Just simple and honest driving machine, and really low cost

NO ABS, no ESP, no BA, no Airbag, and no [cencored]...it is just what a proper car for man who like driving

(+)
- Suara mesin raspy, burble....khas old school
- Old school steering response & handling
- True lightweight feeling
- Akselerasi cepat dan Sweet Revving 4AGE-16,
- Suku cadang didukung ATPM
- Old JDM Soul
- Old Anime/Manga Soul
- Takumi Soul
- A/C dingin khas Toyota
- Harga second MURAH
- Part MURAAHH
- IRIT, Bensin 1:10 dalam kota, 1:14 luar kota

(-)
- It's 24 year old car, banyak banget barang yang udah busuk beredar di pasaran yang bikin ilfil
- Tampangnya jadul
- Bukan selera semua orang
- Jerky pada saat macet
- part mesin dah mulai langka
User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by Altaf »

Sorry berhubung baru pertama kali posting , posting awal gak kebuka gambarnya..jadi saya attach imagenya dari link yang mudah dibuka


1. Overview
Image

2. Exterior

tampak depan

Image

Image

Image

tampak belakang

Image

Image

Image


3. Interior

Dashboard

Image

Seating
Image

4. Mesin

Initial D image
Image

Mesin 4AGE 16 unit Test Drive

Image

Image
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 812
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by r12qiSonH4ji »

Review yg bagus om,
ane suka review kyk gini, review mobil yg biasa2 aja buat jaman sekarang, tp menjadi primadona di jaman dulu :mky_02: :mky_02: :mky_02:
kayaknya ini mobil enak klo jalanannya datar/menurun ya om. klo misalkan jalanan menanjak gmn om ? :big_think:

klo akselerasinya 0-100 km/j bisa ditembus dlm waktu 8 detikan sama kyk akselerasi Tsi ane tuh om, :big_peace:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by amfibi »

Nah ini dia baru review mantab, bosen abis ama bahasan mobil2 baru terus di SM belakangan ini :mky_08:

Twincam GTI nya ganteng bangeeet, jempol :mky_02:
Mesin 4A-GE legendaris gitu, terang aja suaranya bener2 renyah enak sedaaap :D

Interiornya GTi tuh eye-candy banget, dengan jok semi-bucket & indikator2 extra nya, bikin males pas pindah ke 1.6/1.3 ... :big_biglaugh:
jaman ane kecil dulu 2002-2003 sempet bersarang nih di garasi rumah, warna merah, inget banget dipake bokap ampe terbang seperti di iklan brosur ... :mky_03:

sekarang dirumah malah turun jd adanya generasi sebelomnya, corolla GL yg yah... memang pantas buat jd gagal di jamannya, nothing special :big_slap:
malah di generasi twincam ini baru naik lg citarasa & pamor corolla :big_grin:

BTW joknya tinggal disalon aja langsung bersih lagi kok om, contoh di corolla GL ane :big_grin:

Image

Image
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by POS VETT »

Mobil ini memang ada strut tower brace standar dari pabriknya, tapi tidak ada "anti roll bar". Maksudnya "anti-sway bar" atau "stabilizer bar"?

Cold idle speed yang sulit biasanya masalah cold-start injector. Mesin ini punya 5 injektor; yang nomer 5 dipakai waktu mesin dingin untuk memperkaya campuran air-fuel. Kalau sensor air temperature rusak atau injektornya rusak, cold start jadi sulit. Kalau dilihat dari kondisi yang sudah dimodif sebanyak ini, ada kemungkinan camshaft-nya sudah pakai yang overlap-nya lebih besar. Padahal yang standar sudah yang paling besar tapi tanpa idle speed yang tidak rata.

Kalau ada yang minat, bokap gw punya satu mau dilego.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by FRD »

nice review om.. lampunya masih kotak dgn bingkai seperti di kijang super ya.. akselerasinya lumayan cepet ui untuk mobil taun segitu :off_good_job:

dipertahanin terus om mobilnya :big_grin:
:big_smoking:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by DOHC »

Ahh twinkem jitiai...... 4ag-e dgn tampang sleeper... my fave....


Btw mana nehh mods enjigay.... scara doi plg kesengsem ama nehh mobil

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by sintoni »

Emang jaman 90an awal banyk mobil2 kenceng nih seperti mobil ini, ada lg eterna/gallant, honda estillo dll.

Skrg malah pabrikan berlomba kasi chrome paling banyak, TV paling banyak, bodikit paling lebai.

4age sih emang mesin legendaris, banyak variannya seperti silvertop blacktop, sama yg competition use only.

Udah modifan ya ini? Kalo std sih agak susah tembus 8 detik 0-100, apalg pasti tenaga sudah dimakan usia sih.
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by nyotnyet »

FRD wrote:nice review om.. lampunya masih kotak dgn bingkai seperti di kijang super ya.. akselerasinya lumayan cepet ui untuk mobil taun segitu :off_good_job:

dipertahanin terus om mobilnya :big_grin:

Ketauan ga baca tuntas nih...headlamp diganti itu pake corolla wagon..hahaha.. :big_weee:

Cakep om btw mobilnya...yg GTi pula...pernah liat 1 di semarang, rapi bgt barangnya..bikin ngiler...

Temen punya yg masih karburator..waktu sma prnh saya bawa drag race sama crv tp saya lupa 2.0 atau 2.4...sama2 std tarikan awalnya masih bisa ngimbangin loh... :mky_01:

Soul Red zoom zoom
User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by Altaf »

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Postby r12qiSonH4ji » Yesterday, 14:18

Review yg bagus om,
ane suka review kyk gini, review mobil yg biasa2 aja buat jaman sekarang, tp menjadi primadona di jaman dulu :mky_02: :mky_02: :mky_02:
kayaknya ini mobil enak klo jalanannya datar/menurun ya om. klo misalkan jalanan menanjak gmn om ? :big_think:

klo akselerasinya 0-100 km/j bisa ditembus dlm waktu 8 detikan sama kyk akselerasi Tsi ane tuh om,
Kurang lebih performanya sama dengan TSI, cuman VW Golf TSI terasa lebih rigid dan stiff untuk berjalan kencang..mobil baru om :big_love:

Kalo untuk tanjakan, ane test di jalanan nagreg Garut oke-oke aja.....mesin cukup buas untuk nanjak dan nyalipin yaris nakal..

Ini Twincam GTI sudah tidak dalam kondisi standard pabrikan, alias sudah dimodif mesinnya (hi-comp, exhaust, CAI, cam, dsb), diet sana sini dan dalam kondisi yang saat lebih ringan 150 kg disbanding Golf TSi.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by DOHC »

Anyway soal ts yg singgung soal mobil dokter.... in fact, d puskesmas duren sawit ad dokter umum yg ud bapak2 nyetir twinkem jitiai jg lohh.... apik dan mulus benerr

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by Altaf »



by POSS VETT
Mobil ini memang ada strut tower brace standar dari pabriknya, tapi tidak ada "anti roll bar". Maksudnya "anti-sway bar" atau "stabilizer bar"?

Cold idle speed yang sulit biasanya masalah cold-start injector. Mesin ini punya 5 injektor; yang nomer 5 dipakai waktu mesin dingin untuk memperkaya campuran air-fuel. Kalau sensor air temperature rusak atau injektornya rusak, cold start jadi sulit. Kalau dilihat dari kondisi yang sudah dimodif sebanyak ini, ada kemungkinan camshaft-nya sudah pakai yang overlap-nya lebih besar. Padahal yang standar sudah yang paling besar tapi tanpa idle speed yang tidak rata.

Kalau ada yang minat, bokap gw punya satu mau dilego.

Maksudnya anti-sway bar om..sorry salah nulis,, emang punya GTI anti sway bar nya lebih tebel dan gede ketimbang versi normal AE92.


Untuk yang injector ke-5, saya sudah Tanya ke-ownernya memang ada, dan fungsinya hanya untuk cold start saja, dan masih berfungsi.
yang rusak menurut owner adalah sensor temperature..yang mana pada saat cold start, ECU menilai mesin sudah panas...sehinggga campuran air-fuel menjadi terlalu lean pada saat cold-start
User avatar
bapakesyamil
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Fri Apr 12, 2013 2:08

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by bapakesyamil »

I Love.. love.. love.. this car! :big_love: :big_smoking: :big_deal:
Spoonful
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 14, 2014 9:06

Re: Review 1991 Toyota Corolla Twincam GTI --> Old School Legend

Post by Spoonful »

Toyota's attempt to make its blandmobile mildly interesting. Sayangnya, karena kebanyakan pembeli Toyota go--ehm, maksud saya konservatif, jadi versi "hot" macem GT ini diilangin.
Jarang liat review Corolla GT/Levin post-AE86 (paling banyak AE86 sama AE82 FX16), jadi nggak tau gimana reaksi kebanyakan reviewer, tapi dari review yang saya baca, sepertinya sudah cukup 'fun'