Exterior
Unit type E. Pelek gede 17" bikin tongkrongannya rapih, seriously sebelahan sama CRV pun ga malu2in, atau bahkan CX5 pun masih oke. Modern SUV Metrox banget d, atap low slung, moncong panjang, pantat gepak ya kota banget dan metrox pol. Lampu depan masih halogen tanpa DRL, belakang sudah LED brake lamp, suprisingly lampu plat nomor sudah LED putih, Dan di sela2 pintu banyak banget karetnya hmmm sound proofing maksimal kayanya nih. Model spion agak aneh, terutama Sign Lamp-nya cuma segaris dan dianbil dari Jazz dan CRV facelift. Overall cakep kok, saya si naksir warna Hitam atau Grey. warna lain agak ga cocok dengan plastik2 hitam body cladding. Putih? big no-no for me.
Interior.
Liat kunci modelnya biasa banget, dan itu tombol cuma ada 2: lock unlock hmmm tombol buat panic atau car search or trunk opener kok ga ada? dan warnanya putih jelek kontras banget dengan bodynya item semua. ya saya aja kali yang bawel :p eniwei, masuk tinggal tarik gagang atau emang udah diunlock sales? entahlah.
buka pintu, duduk, hmmm berasa di kuburan karena item semua....


Sales pamer ini itu bla2, start injek rem dulu karena wireless key + start stop engine button, suara mesin agak berasa tapi Okelah, masukin gigi hmmm bentuk center cluster emang keren si tapi rada bikin sempit di sektor paha, dan ga bisa indehoy sama nonik

cobain masuk gigi mundur ga ada rear camera dan sensor parkir


Tombol Parking brake dan auto hold agak kecil dan posisi aneh, me no likey this things, entah kenapa gw masih rada ga sreg namanya electric parking brake bukan masalah apa2 tapi kearah maintenance aja, ga bisa setel2 semau gw dan ga sadar aja itu rem belakang abis kampasnya karena ga berasa kan tarikan rem tangan masih tinggi. Well enaknya ada auto hold ya pas nanjak atau males2an aja mindahin gigi. masukin D, berhenti lampu merah, udah itu parking brake engaged ga usah injek apa2 lagi dan ngapa2in, mau jalan gas dikit


setel spion kiri kanan, dan spion tengah yang agak kecil, puter2 stir hmm rada berat ya selintas terasa bukan EPS mungkin pengaruh ban pelek gede. keluar parkiran, masuk pantura, coba toel2 dikit dulu, hmm torsi cukup buat dalkot, CVT halus banget, rubber band effect ga terlalu berasa. terus ngobrol2 dengan sales sambil liatin ohhh itu speedometer meriah ya ada lingkeran ijo pertanda saya nyetirnya halus lohhh


nyetir sekian menit baru berasa claustrophonic, ke kepala kok deket ya nyeletuk ke sales, dibilang oh bisa dipendekin pak, oke pendekin d, hmmm sampe mentok tetep berasa nempel tuh plafon hmm efek low slung ni padahal saya ga tinggi2 amat cuma 174 cm. liat kiri kanan ohh pantes berasa makin sempit selain hitam semua juga faktor jendela yang agak tinggi potongannya jadi kesannya sempit. liat kiri kanan ternyata posisi duduk ga beda tinggi sekali dari hatchback or small mpv lainnya.
Handling and comfort
cari jalan rusak di pantura, nemu, hmm ban gede bikin lumayan stabil ga gampang "ketarik" permukaan jalan, bantingan suprisingly ga keras2 amat, masih logislah, antara empuk dan keras pas.


Handling? bejek gas sana sini, belok tajem body roll agak berasa banyak tapi ya bisa jadi sugesti, lagian TD jarak deket doagn secara kota kecil. tapi respon steer lumayan sigap walau ya EPS bikin mati rasa, kaya naik kapal aja

Braking? mantap. no further comment, malah lebih enak buat ngerem daripada ngeliuk2

Engine n transmission.
Mesin 1500 cc dan CVT. buat harian si cukup tuh CVT ga berasa lah CVT-nya, baru terasa pas bejek2 mau nyalip kesannya males banget karena rubber band effect, ternyata setelah nissan, ahond pun masih gagal buat kurangin ini, coba paddle shift sama aja, mesin ngeraung2 transmisi yang nahan tarikannya


Overall.
Juke siap2 aja penjualan ga sampe 1000 unit nationwide atau sudah? Rush? kelaut aja cuma pecinta toyota atau memang butuh SUV jadi2an dengan penggerak belakang. Menarik soal pricing HRV ini, berapa banyak yang masih mau beli Jazz? harganya nempel banget dan ground clearance setinggi ini bikin assuring di jalanan.

Kalau saya pribadi mungkin milih type S daripada E, bodo amat soal paddle shift + keyless entry + cruise control + rear center armrest daripada pusing sama nuansa kuburan item semua dan panel AC digital semua, mendingan berwarna dikit dengan putih, kalau takut kotor lapis ulang aja


Tapi kalau pertimbangkan harga jual lagi baikan ambil type E karena seperti biasanya Honda varian termahal paling tinggi resale value walau ga banyak dan lebih cepet lakunya katanya.
