Review All New Yaris TRD Sportivo

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Review All New Yaris TRD Sportivo

Post by egibaio »

Halo Seraya Motor! Saya adalah pembaca setia sejak 2 bulan lalu yang langsung jatuh cinta dengan review-review yang ada disini. Mobil yang akan saya review sekarang adalah All New Yaris lele TRD sportivo yang sempet saya consider buat menggantikan Mazda 2 M/T 2011 saya yang steering racknya mulai minta jajan lagi.

Sebelumnya saya minta maaf ga ada fotonya karena test drivenya malem :(

WHAT IS THIS THING?
Image
All new Yaris lele TRD sportivu tivu atau sportivo adalah toyota yaris terbaru yang berbagi wajah, interior, dan platform dengan vios terbaru. Khusus untuk tipe TRD ini, anda diberi taburan bodykit yang to be honest saya ngga suka. I prefer yaris tipe G lah for the cleaner look. Yaris yang saya coba ini bertransmisi manual 5 speed. Saya memang request yang tipe manual sama salesnya karena transmisi automatic 4 speednya bikin saya kehilangan selera mengingat harga mobilnya yang tembus 260 juta rupiah which is expensive.

Setelah sang sales nongol di halaman rumah beserta mobilnya, langsung saya rebut smartkeynya dan tarik gagang pintunya yang ga mau ngebuka. Oh, ternyata tombol kecil itu harus saya tekan dulu baru bisa masuk, ga kayak GK5 yang tinggal tarik aja gagangnya. But it’s okay, saya terlalu nitpicking disini. Saya membenamkan diri di jok khusus TRD sportivonya yang surprisingly comfortable meski coraknya merahnya saya kurang sreg. Support untuk tubuh cukup baik dan pas ketinggiannya. Sayangnya stirnya belum ada setting telescopic mengingat posisinya yang menurut saya terlalu deket sama dasbor instead of the driver. But it’s okay, mazda 2 tua saya juga belum ada settingan telescopic.

DRIVING THE THING
Image
Apa yang saya pikirkan saat menghidupkan mesin 1NZ-FE nya? Ya, saya ragu mesin ini bisa menyamai kebrutalan tempelan bodykit mobil ini karena mesini ini tua dan ga pernah ada power bump sama sekali, ditambah lagi final gear ratio yang mengecil, body mobil melar, dan 4 orang yang ada di mobil saat itu.

Tarikan awalnya tidak seganas yaris lama yang sebenernya ga ganas juga cuma mending sedikit dibanding torsi awal MZR 1.5 di mazda 2 lama. Mobil ini tidak kencang, berkali-kali I find myself thrashing the engine to its redline and working the gearshifter yang sejujurnya saya lumayan suka feelnya. But no, I didnt feel a thing. Di lurusan mobil ini tidak impresif, gear rationya terlalu jauh lebih cocok dibawa santai. Saya lebih suka ratio GK5 yang agak rapat meski di tol agak annoying raungannya.

Di lurusan mobil ini tidak berkesan, mungkin tikungan lebih baik? Ban nya cukup lebar, 195/50 R16 lumayan promising. Segera saya hampiri tikungan dengan kencang, gear 2 nya yang panjang membuat pindah ke gear 3 bukanlah sesuatu yang perlu. Kicking the brakes in dan saya rasa rem mobil ini bagus. Initial bitenya convincing dan it’s miles better than GK’s, sedikit lebih baik dari mazda 2 lama dan mirip mirip sama mazda 2 skyactiv. Saya arahkan stirnya yang terlalu gemuk ke arah tikungan, bobotnya pas namun feelnya kurang natural. Stirnya tidak se lively stir mazda namun not bad. Bodyrollnya minim meski ada sedikit understeer. Ia terasa stabil karena wheelbasenya yang lumayan melar. Namun gear ratio dan mesin tua itu membuat keluar dari tikungan adalah hal yang menyita waktu. Tetap saja urusan handling mazda 2 dan ford fiesta tetap jagonya. Ada satu hal yang mengganggu, posisi pedalnya kurang enak buat rev matching while braking. Saya bisa dengan mudah melakukan rev matching di Jazz GD sampai GK dan even better di mazda 2. Tapi di sini saya agak canggung, pedal rem dan gasnya agak kejauhan. Tapi mungkin dengan sedikit pembiasaan ini bukan hal yang mengganggu lagi.

Di jalan tidak mulus dan speedbumps boleh lah mobil ini berbangga, bantingannya enak dan sasis tetap tercompose. Lebih enak dibanding mazda 2 lama saya yang ultra harsh. Tidak ada hop-ing disini which is good. Tapi, saya menemukan hal aneh pas u-turn. Oh.my.god the turning circle, saya kira saya sedang mengendarai CRV or something.

LIVING WITH THE THING

Urusan toys, mobil ini memiliki HU android ber touchscreen kurang responsif dengan fitur lumayan. Wi-Fi, BT, GPS sudah tersedia dan ada juga yang namanya toyota move. Anda bisa mencatat pemakaian bensin dan jadwal maintenance anda meski sayangnya inputnya manual. Agak bikin males apalagi touchscreennya kurang responsif. Ada juga air gesture which sounds cool but absolute [cencored] to use. Suara musik keluar melalui 4 speaker+2 tweeter yang agak pas pasan namun cukup lah.

Space? This car has plenty, duduk di belakang rasanya lega. Lantainya juga rata which is a big plus point in my book. Tapi saya tidak bisa jatuh cinta dengan interiornya yang penuh fake stitching itu, ditambah lagi tombol di stirnya ga pake lampu yang bikin saya salah pijit selama test drive di malam hari.

Overall mobil ini agak kemahalan meskipun diskonnya besar sih. Mesinnya tua, interiornya lackluster dan bodykitnya agak uhm. Namun remnya bagus, handling not bad, dan spacenya besar. Tapi saya ga jadi nuker mazda saya ke mobil ini


Sekian review newbie. Terimakasih
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Review All New Yaris TRD Sportivo

Post by Kaleng »

Nice review om. Punya gaya sendiri reviewnya dibandingkan dengan sy yg gak bisa review sama sekali.
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Review All New Yaris TRD Sportivo

Post by KodokPushUp »

Nice review om.

Berasa baca novel, ada alur ceritanya.. :off_good_job:
Secara garis besar, mirip si sama pendapat ane waktu test drive.
Mobil tua yg dikasih baju kebesaran dan full make up, yg malah bikin beberapa point plus hilang.
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
difaantono
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Tue Mar 12, 2013 6:13

Re: Review All New Yaris TRD Sportivo

Post by difaantono »

Nice review om Egibaio..lanjutkan. Bener om Kaleng..Kayaknya skrg jarang ad yg pny wkt senggang unt review mobil..padahal kt seneng banget bwt mbacanya ya om..hehehe..
poik99
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
Location: Jakarta

Re: Review All New Yaris TRD Sportivo

Post by poik99 »

Nice review om, hal yg paling gw suka pas heel and toe, very manual like, cuman org yg hobi bawa mbl doank yg ngerti heel and toe hhehe

Ga jadi yaris ini next pertimbangannya apalagi om?
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review All New Yaris TRD Sportivo

Post by egibaio »

Kaleng wrote:Nice review om. Punya gaya sendiri reviewnya dibandingkan dengan sy yg gak bisa review sama sekali.
KodokPushUp wrote:Nice review om.

Berasa baca novel, ada alur ceritanya.. :off_good_job:
Secara garis besar, mirip si sama pendapat ane waktu test drive.
Mobil tua yg dikasih baju kebesaran dan full make up, yg malah bikin beberapa point plus hilang.
difaantono wrote:Nice review om Egibaio..lanjutkan. Bener om Kaleng..Kayaknya skrg jarang ad yg pny wkt senggang unt review mobil..padahal kt seneng banget bwt mbacanya ya om..hehehe..

Wah makasih om Kaleng, om KodokPushUp, dan om difaantono, betul menurut saya malah yaris yang lama sebagai whole package sih masih lebih baik.
poik99 wrote:Nice review om, hal yg paling gw suka pas heel and toe, very manual like, cuman org yg hobi bawa mbl doank yg ngerti heel and toe hhehe

Ga jadi yaris ini next pertimbangannya apalagi om?
Nah bener om, hal yang paling bikin kangen dari manual adalah bikin downshift sehalus mungkin dan secepat mungkin sambil masuk ke tikungan. Saya sekarang malah pertimbangannya sekarang GE8 AT 2013 soalnya udah ada GK5 MT dirumah. Atau mungkin berburu civic FD yang MT ataupun AT. Mazda 2 skyactiv kemaren sempet nyoba tuh, gearbox maticnya bagus handling bagus tapi sayang agak sempit.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review All New Yaris TRD Sportivo

Post by sandal »

Nice review om :frm_tumbleft:
Jadi pingin TD mobil ini nih, apalagi manual :ngacir:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review All New Yaris TRD Sportivo

Post by imingwahyudi »

egibaio wrote:
poik99 wrote:Nice review om, hal yg paling gw suka pas heel and toe, very manual like, cuman org yg hobi bawa mbl doank yg ngerti heel and toe hhehe

Ga jadi yaris ini next pertimbangannya apalagi om?
Nah bener om, hal yang paling bikin kangen dari manual adalah bikin downshift sehalus mungkin dan secepat mungkin sambil masuk ke tikungan. Saya sekarang malah pertimbangannya sekarang GE8 AT 2013 soalnya udah ada GK5 MT dirumah. Atau mungkin berburu civic FD yang MT ataupun AT. Mazda 2 skyactiv kemaren sempet nyoba tuh, gearbox maticnya bagus handling bagus tapi sayang agak sempit.


review keren oom :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:


yang di bold setuju sekali...esensi dari setirin transmisi manual adalah downshift dan rev matching yang halus :big_love: :mky_03:


FD2 AT boleh tuh oom :mky_03: ...enak GK5 nya tinggal kasikan short shift kit :ungg:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review All New Yaris TRD Sportivo

Post by sintoni »

Ikut nambahin

Kelemahannya:
- turning radius naujubile
- lampu ga terang sama sekali
- tenaga jg agak pas-pasan