memakai Oli diesel di motor
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2310
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
memakai Oli diesel di motor
http://motor.otomotifnet.com/read/2015/ ... lebihannya
Pro Kontra Oli Diesel Untuk Motor, Ini Kelebihannya
Jakarta - Penggunaan oli diesel pada sepeda motor memiliki keunggulan sesuai perbedaan mendasar oli diesel dan oli khusus sepeda motor. Perbedaan keduanya ada pada nilai TBN pada oli diesel yang lebih besar .
TBN merupakan kemampuan basa di dalam pelumas untuk menetralisir asam yang disebabkan oleh oksidasi. Oksidasi dalam pelumas terjadi akibat kontaminasi BBM di ruang bakar, yang biasanya akan masuk ke bak oli lewat ring piston dan akibat dari temperatur mesin yang tinggi, biasanya karena lingkungan seperti macet atau beban berat,
Angka TBN oli diesel yang tinggi, yang berupa aditif terutama detergent & dispersant, dibutuhkan di mesin diesel untuk untuk membersihkan jelaga (soot) dan juga menetralisir asam hasil pembakaran. Asam tersebut dihasilkan dari pembakaran solar yang mengandung sulfur tinggi, seperti solar biasa yang mencapai 3.500 ppm.
Efeknya pada mesin diesel asam yang dihasilkan tinggi, makanya butuh TBN tinggi. “Padahal asam itu salah satu yang merusak kualitas oli, dengan TBN tinggi maka jadi lebih tahan lama,” ujar Dr. Ing. Tri Yuswidjajanto, Lab Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB).
Ternyata ada juga oli yang memang bisa untuk mesin bensin maupun diesel, seperti Castrol Magnatec Profesional dengan standar SN/CF
Atas dasar itulah, pecinta oli diesel menggunakan jenis ini. “Dengan TBN tinggi, kerusakan oli akibat asam bisa lebih lama. Di mesin diesel yang asamnya tinggi saja kuat, apalagi di mesin bensin yang asamnya sedikit karena tak mengandung sulfur, makanya periode penggantian oli diesel bisa lebih lama, saya biasanya tiap 6.000 km,” ujar Arya Bisma, salah satu penggemar oli diesel.
Dengan penggantian lebih lama, maka penghematan bisa dilakukan. Seperti yang diilustrasikan Arya pada Suzuki Inazuma andalannya yang tiap bulan menempuh jarak 3.500-4.000 km. Dengan kapasitas oli 2,5 liter, jika rata rata sebulan 3.000 km berarti Arya harus ganti oli tiap 2 bulan (6.000 km). Dengan menggunakan HDEO (Heavy Duty Engine Oil) seharga Rp 75.000/liter, maka:
1 tahun = 12 bulan = 6x ganti oli
1 x ganti oli = 2,5 liter = Rp 75.000 x 2,5 = Rp 187.500, berarti dalam setahun keluar biaya Rp 1.125.000 untuk penggunaan hingga 36.000 km.
Sedang jika menggunakan oli rekomendasi dealer yang ganti tiap 2.500 km, dengan harga misal Rp 50.000/liter maka:
36.000 km / 2.500 = 14x ganti oli.
14 x 2,5 liter oli = 35 liter oli x Rp 50.000/liter = Rp 1.750.000.
Hasilnya ada selisih Rp 625.000. Menurutnya biaya yang dihemat itu bisa untuk meng-cover ongkos servis rutin sebanyak 6x dalam setahun. Hal lain yang ingin dicapai dari komunitas penggemar oli diesel menurut Arya adalah go green. “Dengan penggantian oli lebih lama, yang ingin dicapai ikut mengurangi konsumsi sumber energi tak terbarukan dan mengurangi limbah B3,” ujarnya.
Punya kadar TBN tinggi, periode penggantian bisa lebih lama.Harga oli diesel ada yang lebih murah, tapi ada juga yang lebih mahal dari oli motor
Satu lagi sifat oli diesel menurut Rudy, sapaan Rudy Hartono, oli ini dirancang memiliki antioksidan yang tinggi, untuk mencegah oksidasi yang disebabkan oleh panas mesin, karena mesin diesel memiliki tenaga lebih besar dan panas yang dihasilkan di ruang bakar lebih besar dari bensin.
Efeknya ketahanan oli diesel lebih baik, atau terhadap shear. “Shear merupakan kondisi dimana viskositas oli menurun untuk sementara akibat 2 hal, yaitu suhu yang tinggi dan tekanan yang kuat. Makanya untuk jangka panjang mesin tetap halus,” lanjut Arya. (otomotifnet.com)
---------------------------
http://motor.otomotifnet.com/read/2015/ ... annya-Juga
Pro Kontra Oli Diesel Untuk Motor, Ternyata Ada Kekurangannya Juga!
Pada kopling basah, dikhawatirkan mengakibatkan selip terutama yang mengandung teflon tinggi
Jakarta - Kendati punya beberapa keunggulan, penggunaan oli diesel pada motor juga ada kekurangan. Pertama mengakibatkan boros dan emisi tinggi. Mengapa begitu?
“Karakter mesin motor adalah putaran tinggi, jika pakai pelumas diesel yang karakternya untuk putaran rendah, start-up terasa berat dan tidak bertenaga, apalagi jika digunakan di motor non-matic akan berpotensi selip kopling,” papar Rudy Hartono Husada, Vice President PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil.
Hal tersebut tentu berhubungan dengan viskositas oli diesel yang cenderung kental. Di pasaran rata-rata 15W-40, kendati ada juga yang 10W-30 seperti Top 1 HD Plus.
“Efeknya hambatan mesin lebih berat sehingga konsumsi bensin boros dan emisi gas buang juga tinggi, namun kalau sama keencerannya tentu tidak,” imbuh Yus, sapaan Dr. Ing. Tri Yuswidjajanto, Lab Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB).
Yus pun sepakat dengan Rudi tentang kemungkinan terjadi selip kopling, karena salah satu aditif oli diesel ditujukan untuk antifriction, padahal oli motor terutama yang berkopling basah butuh friksi sehingga kopling enggak selip. “Namun itu hanya awal-awal saja, karena lama-lama aditif itu akan rusak,” lanjut Yus.
Pada uji dyno ternyata beratnya akselerasi mudah ditemukan, seperti diutarakan Sena Ponda, tokoh freestyle yang sedang rajin road show dyno bersama Honda. “Jika pakai oli diesel, grafiknya seperti gergaji karena putaran mesin berat, sehingga ngegasnya pun harus diurut,” terangnya.
Kekurangan berikutnya dikhawatirkan akan timbul gel dan menimbulkan keausan dalam jangka panjang. “Kandungan TBN di diesel 10-12, chemicalnya umumnya Ca (calsium) atau Mg (magnesium), biasanya Ca di diesel 3.500–4.000 ppm, sedangkan pelumas motor 1.500–2.000 ppm.
Apabila pelumas diesel tersebut digunakan di motor terus-menerus (lebih dari 1.000 Km), maka kelebihan logam Ca/Mg akan mengendap akibat oksidasi menjadi CaSO4/MgSO4, endapan ini akan bersirkulasi dengan pelumas dan akan menempel di filter oli atau masuk ke celah-celah komponen, dan lambat laun akan membentuk gel.
Jika itu dibiarkan maka akan terbentuk boundary lubricant dan mengakibatkan keausan,” papar Rudy yang berkantor di Pulogadung, Jaktim ini. • (otomotifnet.com)
Pro Kontra Oli Diesel Untuk Motor, Ini Kelebihannya
Jakarta - Penggunaan oli diesel pada sepeda motor memiliki keunggulan sesuai perbedaan mendasar oli diesel dan oli khusus sepeda motor. Perbedaan keduanya ada pada nilai TBN pada oli diesel yang lebih besar .
TBN merupakan kemampuan basa di dalam pelumas untuk menetralisir asam yang disebabkan oleh oksidasi. Oksidasi dalam pelumas terjadi akibat kontaminasi BBM di ruang bakar, yang biasanya akan masuk ke bak oli lewat ring piston dan akibat dari temperatur mesin yang tinggi, biasanya karena lingkungan seperti macet atau beban berat,
Angka TBN oli diesel yang tinggi, yang berupa aditif terutama detergent & dispersant, dibutuhkan di mesin diesel untuk untuk membersihkan jelaga (soot) dan juga menetralisir asam hasil pembakaran. Asam tersebut dihasilkan dari pembakaran solar yang mengandung sulfur tinggi, seperti solar biasa yang mencapai 3.500 ppm.
Efeknya pada mesin diesel asam yang dihasilkan tinggi, makanya butuh TBN tinggi. “Padahal asam itu salah satu yang merusak kualitas oli, dengan TBN tinggi maka jadi lebih tahan lama,” ujar Dr. Ing. Tri Yuswidjajanto, Lab Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB).
Ternyata ada juga oli yang memang bisa untuk mesin bensin maupun diesel, seperti Castrol Magnatec Profesional dengan standar SN/CF
Atas dasar itulah, pecinta oli diesel menggunakan jenis ini. “Dengan TBN tinggi, kerusakan oli akibat asam bisa lebih lama. Di mesin diesel yang asamnya tinggi saja kuat, apalagi di mesin bensin yang asamnya sedikit karena tak mengandung sulfur, makanya periode penggantian oli diesel bisa lebih lama, saya biasanya tiap 6.000 km,” ujar Arya Bisma, salah satu penggemar oli diesel.
Dengan penggantian lebih lama, maka penghematan bisa dilakukan. Seperti yang diilustrasikan Arya pada Suzuki Inazuma andalannya yang tiap bulan menempuh jarak 3.500-4.000 km. Dengan kapasitas oli 2,5 liter, jika rata rata sebulan 3.000 km berarti Arya harus ganti oli tiap 2 bulan (6.000 km). Dengan menggunakan HDEO (Heavy Duty Engine Oil) seharga Rp 75.000/liter, maka:
1 tahun = 12 bulan = 6x ganti oli
1 x ganti oli = 2,5 liter = Rp 75.000 x 2,5 = Rp 187.500, berarti dalam setahun keluar biaya Rp 1.125.000 untuk penggunaan hingga 36.000 km.
Sedang jika menggunakan oli rekomendasi dealer yang ganti tiap 2.500 km, dengan harga misal Rp 50.000/liter maka:
36.000 km / 2.500 = 14x ganti oli.
14 x 2,5 liter oli = 35 liter oli x Rp 50.000/liter = Rp 1.750.000.
Hasilnya ada selisih Rp 625.000. Menurutnya biaya yang dihemat itu bisa untuk meng-cover ongkos servis rutin sebanyak 6x dalam setahun. Hal lain yang ingin dicapai dari komunitas penggemar oli diesel menurut Arya adalah go green. “Dengan penggantian oli lebih lama, yang ingin dicapai ikut mengurangi konsumsi sumber energi tak terbarukan dan mengurangi limbah B3,” ujarnya.
Punya kadar TBN tinggi, periode penggantian bisa lebih lama.Harga oli diesel ada yang lebih murah, tapi ada juga yang lebih mahal dari oli motor
Satu lagi sifat oli diesel menurut Rudy, sapaan Rudy Hartono, oli ini dirancang memiliki antioksidan yang tinggi, untuk mencegah oksidasi yang disebabkan oleh panas mesin, karena mesin diesel memiliki tenaga lebih besar dan panas yang dihasilkan di ruang bakar lebih besar dari bensin.
Efeknya ketahanan oli diesel lebih baik, atau terhadap shear. “Shear merupakan kondisi dimana viskositas oli menurun untuk sementara akibat 2 hal, yaitu suhu yang tinggi dan tekanan yang kuat. Makanya untuk jangka panjang mesin tetap halus,” lanjut Arya. (otomotifnet.com)
---------------------------
http://motor.otomotifnet.com/read/2015/ ... annya-Juga
Pro Kontra Oli Diesel Untuk Motor, Ternyata Ada Kekurangannya Juga!
Pada kopling basah, dikhawatirkan mengakibatkan selip terutama yang mengandung teflon tinggi
Jakarta - Kendati punya beberapa keunggulan, penggunaan oli diesel pada motor juga ada kekurangan. Pertama mengakibatkan boros dan emisi tinggi. Mengapa begitu?
“Karakter mesin motor adalah putaran tinggi, jika pakai pelumas diesel yang karakternya untuk putaran rendah, start-up terasa berat dan tidak bertenaga, apalagi jika digunakan di motor non-matic akan berpotensi selip kopling,” papar Rudy Hartono Husada, Vice President PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil.
Hal tersebut tentu berhubungan dengan viskositas oli diesel yang cenderung kental. Di pasaran rata-rata 15W-40, kendati ada juga yang 10W-30 seperti Top 1 HD Plus.
“Efeknya hambatan mesin lebih berat sehingga konsumsi bensin boros dan emisi gas buang juga tinggi, namun kalau sama keencerannya tentu tidak,” imbuh Yus, sapaan Dr. Ing. Tri Yuswidjajanto, Lab Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB).
Yus pun sepakat dengan Rudi tentang kemungkinan terjadi selip kopling, karena salah satu aditif oli diesel ditujukan untuk antifriction, padahal oli motor terutama yang berkopling basah butuh friksi sehingga kopling enggak selip. “Namun itu hanya awal-awal saja, karena lama-lama aditif itu akan rusak,” lanjut Yus.
Pada uji dyno ternyata beratnya akselerasi mudah ditemukan, seperti diutarakan Sena Ponda, tokoh freestyle yang sedang rajin road show dyno bersama Honda. “Jika pakai oli diesel, grafiknya seperti gergaji karena putaran mesin berat, sehingga ngegasnya pun harus diurut,” terangnya.
Kekurangan berikutnya dikhawatirkan akan timbul gel dan menimbulkan keausan dalam jangka panjang. “Kandungan TBN di diesel 10-12, chemicalnya umumnya Ca (calsium) atau Mg (magnesium), biasanya Ca di diesel 3.500–4.000 ppm, sedangkan pelumas motor 1.500–2.000 ppm.
Apabila pelumas diesel tersebut digunakan di motor terus-menerus (lebih dari 1.000 Km), maka kelebihan logam Ca/Mg akan mengendap akibat oksidasi menjadi CaSO4/MgSO4, endapan ini akan bersirkulasi dengan pelumas dan akan menempel di filter oli atau masuk ke celah-celah komponen, dan lambat laun akan membentuk gel.
Jika itu dibiarkan maka akan terbentuk boundary lubricant dan mengakibatkan keausan,” papar Rudy yang berkantor di Pulogadung, Jaktim ini. • (otomotifnet.com)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: memakai Oli diesel di motor
wah baru denger nih kalo oli diesel bisa dipake buat motor
sebenarnya oli motor matic sama motor bebek biasa itu bedanya apa ya om ?
sebenarnya oli motor matic sama motor bebek biasa itu bedanya apa ya om ?
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: memakai Oli diesel di motor
Motor bebek = kopling basah - JASO MAkeong wrote:wah baru denger nih kalo oli diesel bisa dipake buat motor
sebenarnya oli motor matic sama motor bebek biasa itu bedanya apa ya om ?
Google aja ttg JASO MA dan JASO MB....ada banyak penjelasannya di berbagai web
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3462
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: memakai Oli diesel di motor
Motor bebek pake kopling basah, alias kopling terendam oli mesin. Bila pake oli mobil bisa dipastikan koplingnya akan mudah slip karena lolinya terlalu licin.
Motor matic gak pake kopling, oli mesin murni untuk melunasi mesin aja. Jadi harusnya bisa pake oli mobil.
Motor matic gak pake kopling, oli mesin murni untuk melunasi mesin aja. Jadi harusnya bisa pake oli mobil.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander exceed AT
Re: memakai Oli diesel di motor
Blom pernah coba oli diesel pada motor. Saat ini masih pake Enduro Racing & Enduro Matic.
Dulu waktu pake Soluna, 2 th terakhir ane pake Meditran SX 15W40 (saat itu blom ada Fastron Diesel). Udah tanya langsung ke Pertamina, bisa dipakai karena sudah memenuhi sertifikasi ACEA utk mesin bensin. Enak & maknyus larinya...harga bersahabat
Dulu waktu pake Soluna, 2 th terakhir ane pake Meditran SX 15W40 (saat itu blom ada Fastron Diesel). Udah tanya langsung ke Pertamina, bisa dipakai karena sudah memenuhi sertifikasi ACEA utk mesin bensin. Enak & maknyus larinya...harga bersahabat
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Sat Jun 13, 2015 10:40
Re: memakai Oli diesel di motor
Kalo menurut saya kebalik tuh, yang bener MX dikasih oli diesel, Scoopy yang dikasih fastrongrandis_GT wrote:ane taunya dari kuskus ternyata oli diesel cocok untuk motor matic , di rumah , scoopy punya adek ane pakein fastron diesel , sedangkan jupi mx ane untuk kuliah dan kendaraan sehari" ane pakein fastron techno 10-40 API SN , tarikan sih enak dan kopling gak pernah slip
*bukan sales oli fastron
Saya sih udah lama pakai oli diesel di motor kopling basah, so far belum ada efek sampingnya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Sun Apr 20, 2008 18:38
- Location: surabaya
Re: memakai Oli diesel di motor
jadi ingat masa muda )
GL max 1985 - 1996 : selalu gunakan oli diesel pertamina B40 dgn interval penggantian tiap 5.000 km;
Hasilnya :
# selama 11 thn pemakaian, piston & liner tetap standard ( tdk oversize )
# 2 x penggantian cam shaft
# 1 x penggantian kick starter spring.
memang di 500 km pertama, tarikan motor terasa berat. setelah itu terasa normal. mungkin krn viscositas oli sdh menurun;
semoga bermanfaat
GL max 1985 - 1996 : selalu gunakan oli diesel pertamina B40 dgn interval penggantian tiap 5.000 km;
Hasilnya :
# selama 11 thn pemakaian, piston & liner tetap standard ( tdk oversize )
# 2 x penggantian cam shaft
# 1 x penggantian kick starter spring.
memang di 500 km pertama, tarikan motor terasa berat. setelah itu terasa normal. mungkin krn viscositas oli sdh menurun;
semoga bermanfaat
Utamakan tidur nyenyak drpd makan enak;
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sun Jul 26, 2015 18:55
Re: memakai Oli diesel di motor
saya baru mau memulai pake oli diesel di motor bebek saya om, setelah baca dan denger pengalaman dari temen, ternyata banyak keuntungannya asalkan pemilihan oli tepat. kalo untuk kopling basah biasanya menghindari oli mobil bensin, tapi menggunakan oli HDEO atau oli diesel karena kebanyakan oli mobil bensin bikin kopling selip om.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1611
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: memakai Oli diesel di motor
Saya msh blm paham..
Kan range rpm diesel sempit sekali, dan motor luas sekali. Lagipula mostly motor disini kan wet clutch sdgkn mobil dry clucth. Itu kampas ga selip ya?
Kalo untuk motor matic cvt mgkn msh agak masuk akal krn oli murni cuma buat mesin. Oli cvt beda lg pakenya.
Entah lah, republik ini emang suka unik sendiri. Padahal engineer udh riset dan develop sesuai kebutuhan masing2.
Kalau saya lagi mau coba oli motor dr jepang merk FK dgn harga yg memang cukup lumayan mahal per litrenya.
Kan range rpm diesel sempit sekali, dan motor luas sekali. Lagipula mostly motor disini kan wet clutch sdgkn mobil dry clucth. Itu kampas ga selip ya?
Kalo untuk motor matic cvt mgkn msh agak masuk akal krn oli murni cuma buat mesin. Oli cvt beda lg pakenya.
Entah lah, republik ini emang suka unik sendiri. Padahal engineer udh riset dan develop sesuai kebutuhan masing2.
Kalau saya lagi mau coba oli motor dr jepang merk FK dgn harga yg memang cukup lumayan mahal per litrenya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: memakai Oli diesel di motor
Saya pakai di bebek revo cepek cc saya, sudah berapa ribu km nih lupak, ngga selip kopling. Malah terasa lebih 'peret' / nggigit untuk nariknya. Oia saya campurkan juga additif berbasis minjak oeroet khusus oli mesin..
Honestly, saya pakai oli motor bebek biasa mulai dari Federal XX, Enduro racing, atau shel ax5, malah selip saat sering saya betot betot gas. Selipnya saat upshift gir persneling, dan semua oli husus motor bebek tsb, juga saya kasi aditip oli mesin berbasis herbal tsb.. Di oli diesel yg skrg masi saya pakai (SX), jarang selip. Style saya sangat doyan putaran rpm tertinggi.
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
Honestly, saya pakai oli motor bebek biasa mulai dari Federal XX, Enduro racing, atau shel ax5, malah selip saat sering saya betot betot gas. Selipnya saat upshift gir persneling, dan semua oli husus motor bebek tsb, juga saya kasi aditip oli mesin berbasis herbal tsb.. Di oli diesel yg skrg masi saya pakai (SX), jarang selip. Style saya sangat doyan putaran rpm tertinggi.
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 804
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: memakai Oli diesel di motor
ada yg pernah coba pakai di motor naked 150cc yg pakai kopling manual? selama ini gonta ganti oli motor yang paling maknyus menurut saya sih motul 5100, tapi harganya juga maknyus sekali meskipun interval 2x oli standard masih enak sih.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Mar 04, 2014 2:27
Re: memakai Oli diesel di motor
Trit lama muncul kembali, saya pake fastron diesel untuk vixion aman malah lebih halus
Sent from my E5333 using Seraya Motor mobile app
Sent from my E5333 using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12
Re: memakai Oli diesel di motor
nyoba oli sesat ... pake CAT DEO 15w40 buat Grand 96
hehehehe .... baru jalan satu bulan ini.
hehehehe .... baru jalan satu bulan ini.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: memakai Oli diesel di motor
ada Oli mobil diisikan ke mesin motor
ada oli motor diisikan ke tangki mobil diesel
ada oli motor diisikan ke tangki mobil diesel
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: memakai Oli diesel di motor
Shogun saya dari beli selalu pakai Castrol Power 1.. Awet aja 11 tahun
Kalau Crystal pakai pertamina mediteran untukk oli samping kalau oli gear pakai apa ya lupa kalau gak salah pertamina juga cuma jenisnya lupa warna abu2..
Yang jelas oli itu sudah di racik sama engineer yang pas.. Masih dicari repot nya
Kalau Crystal pakai pertamina mediteran untukk oli samping kalau oli gear pakai apa ya lupa kalau gak salah pertamina juga cuma jenisnya lupa warna abu2..
Yang jelas oli itu sudah di racik sama engineer yang pas.. Masih dicari repot nya
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Mar 15, 2017 3:41
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: matic
Re: memakai Oli diesel di motor
Dirumah ada bebek & matic ane pakein oli diesel tbn >10, sae10w-30.
Yg jelas sih belom rusak
Yg jelas sih belom rusak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: memakai Oli diesel di motor
Ikut nimbrung ah, motor Yamaha Nouvo 2003 dari awal sampai skrg selalu pakai Matic motor oil dan gear motor merk Yamalube selalu beli di beres nya, motor nya sampai skrg awet mesin dan matic nya selama pakai 15 tahun ini dan ongoing akan terus dipakai motor nya. Kebiasaan di motor ini kebawa jg di mobil matic selalu pakai oli mesin terbaik yg disediakan pabrik an nya yg buat mobilnya aja. [emoji3]
HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: memakai Oli diesel di motor
Castrol power 1 masih ada ya om ? , Terakhir pake pas tahun 2014 , Itupun karena iklannya "lebih dari oli pelumas berteknologi"NYoman wrote: ↑Fri Apr 20, 2018 7:39 Shogun saya dari beli selalu pakai Castrol Power 1.. Awet aja 11 tahun
Kalau Crystal pakai pertamina mediteran untukk oli samping kalau oli gear pakai apa ya lupa kalau gak salah pertamina juga cuma jenisnya lupa warna abu2..
Yang jelas oli itu sudah di racik sama engineer yang pas.. Masih dicari repot nya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: memakai Oli diesel di motor
Power 1 masih ada sih.. Dulu pernah pakai juga motul 5100 mahal amat 2x lipat harganya..
Btw baru ingat, saya pernah masukin TGMO Diesel ke Crystal karena waktu itu malas keluar rumah cuma buat beli oli samping dan akhirnya sisa oli dari beres saya masukin ke Crystal.. Not bad sih, malah ngacir betul motornya cuma asep aja tebel bgt..
Btw baru ingat, saya pernah masukin TGMO Diesel ke Crystal karena waktu itu malas keluar rumah cuma buat beli oli samping dan akhirnya sisa oli dari beres saya masukin ke Crystal.. Not bad sih, malah ngacir betul motornya cuma asep aja tebel bgt..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Mon Jul 02, 2018 1:37
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: honda
Re: memakai Oli diesel di motor
Pernah pakek meditran sx di honda cb 100 tapi akhirnya kembali ke ultratec