Short impression Tata Xenon RX Pickup

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by KodokPushUp »

Pertama kali newbie bikin review, jadi maap kalo banyak kalimat yang kacau, dan ambil foto seadanya, maklum hp jaman jebot (bb generasi awal), sisanya pinjem om google.

Berawal dari kebutuhan newbie akan mobil barang, dan lihat spec tata, kayaknya cukup menjanjikan.
Mesin : 2956cc turbodiesel, 5 m/t, 73ps @3000 rpm, 223nm @1600-2200 rpm
Dimensi : panjang 5,36m, wheelbase 3,15m, panjang bak 2,64m

Dari spec mesin, tampaknya menjanjikan untuk kerja berat, minum solar busuk, dan perawatan minimal, plus ukuran bak raksasa.

First Impression
Image
Mobil tampak besar, panjang, dan tinggi, ciri mobil pekerja sangat kental.
Tata aria di sebelahnya yg sebenarnya berukuran bongsor, jadi tampak kecil.
Ground clearance tampak sangat tinggi, walaupun di brosur tertulis hanya 18 cm.
Keempat suspensi model daun.
Image
Bak model flat-deck dengan bukaan pintu di ke tiga sisinya, lebih fleksibel buat masukin barang. :big_exellent:

Interior
Buka pintu, kesulitan pertama adalah masuk ke kabin, karena tinggi pintu kira2 40 cm dari tanah.
Image
Interior spartan, benar2 pikap pekerja, tanpa fitur pemanja sedikitpun. Iseng, setelah ane cukup puas nyetir, gantian pengen nyobain jadi penumpang, dan tukeran posisi sama sales, dan ane sedikit foto2. :big_biglaugh:
Image
Unit test drive merupakan tipe standar, hanya ada power steering, tanpa ac dan audio

Image
Pengaturan spion melalui tuas dari dalam, buka kaca model engkol, setir dilengkapi tilt.

Driving Impression
Posisi mengemudi surprisingly cukup enak, dengan bantuan tilt setir dan kursi dengan setelan sliding dan reclining.
Blindspot minim, posisi mengemudi tinggi, pandangan kiri-kanan-depan luas, moncong dan sisi kiri mudah diprediksi.
Lewat gang2 kecil, cukup mudah untuk mengontrol mobil sepanjang 5,3m ini.

Nyalakan mesin, dan terdengar raungan ala mesin truck, tanpa peredaman, baik suara maupun getaran.
Kopling cukup ringan, feel kopling dan gas mudah didapat.
Setir cukup berat, tapi masih dalam batas toleransi menurut ane. Feedback setir ga ada, jarak bebas setir besar, curiga ini ball and nut.

Suspensi sesuai dugaan awal, sangat keras, bahkan untuk ukuran mobil beban.
Torsi awal kecil, hingga menyentuh 1600 rpm, baru turbo berhembus dan torsi khas diesel terasa.
Gigi 1 kasar dan napasnya pendek, cocok untuk muatan berat maupun medan tanjakan.
Sayangnya, gigi 2 terlalu halus, ketika saya coba start dari gigi 2, terasa sangat berat, sampai mesin hampir stall.

Rem agak dalam dan stopping power kurang menurut saya.
Secara keseluruhan, lebih mirip nyetir truck daripada mobil.

Kesimpulan
Tata xenon rx, mobil bisa dipertimbangkan untuk angkutan barang di pegunungan dan daerah pelosok. Ground clearance tinggi, mesin diesel jadul yg (mestinya) bebas perawatan, dan bak yang muat menampung 20 biji FRD jika ditidurkan dan ditumpuk (perhitungan: panjang bak 2,6m, anggap lebar frd jika dimiringkan 50 cm, maka muat 5 frd, dan ditumpuk 4 keatas), menjadi selling point. Masalah utama adalah brand tata yang seumur jagung di Indonesia, ketersediaan sparepart dan reliability yang belum ketahuan, walaupun mestinya cukup awet, karena teknologi yang digunakan jadul dan untuk pekerjaan heavy duty.

Dengan harga 152 jt (otr surabaya) plus diskon belasan jt, mestinya jadi pilihan yang cukup menarik.
Mau diskon lebih? Hubungi madcat :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by brekeledan »

Hah, lebih gede dari tata aria?itu mobil padahal sudah gede. Ini malah lebih gede...wew

Nice review om, jadi ada bayangan gimana mobilnya. 3000cc cuma menghasilkan 73ps. Bisa gitu ya. Torsi juga standar aja, 223nm.

Jadi bungkus mobil apa?grandmax pickup?lagi idola sepertinya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by ChZ »

Bwahahah review perdana dari bro ronald... nice review bro :frm_tumbleft:

Sayangnya FRD gak ada, padahal dia cukup diperlukan buat review mobil-mobil begini, buat tau berapa banyak FRD yang bisa diangkut di baknya :ngacir:

Kalau soal reliabilitas kayaknya bisa diandalkan ya ini TATA, secara di India cukup tersohor :frm_salut:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by b8099ok »

73ps? Torsi jg gak gede" amat yak,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by KodokPushUp »

@brekeledan
Gedenya super om, paling terasa pas mundur, susah banget ngira2 sampe mana bak nya :frm_bang_head:
Masih mikir2 dulu om, blom tau mau bungkus apa, toh ga urgent

@chz
Nah iya, mestinya soal reliabilitas lumayan, salesnya bilang penjualan mobil barang yang mendominasi, dan di gudang belakang ane lihat, stok nya pickup semua
Setelah nyobain datsun go kemaren, ane jadi cobain pretensioner seat belt nya, dan bekerja :big_biglaugh:
Plus plat body juga terasa lumayan tebal.

@b8099ok
Haha iya om, hp dan torsi cukup kecil, mirip2 sama mesin 4ja1 nya panther
Padahal berat kosong 1910 kg
Yang ane bingung, kenapa ga dibikin diesel n/a aja sekalian, biar torsi low end gahar.
Di tata xenon ini, mesin baru terasa torsinya pada 1600 rpm, dan engine mulai males2an diatas 2200 rpm.
Persis banget di brosur, tertulis torsi maks 223 Nm @1600-2200 rpm
Yg ga ditulis, diatas dan dibawah rpm itu, torsi kosong :frm_bang_head:
Waktu iseng maksain start pake gigi 2, ane sampe mesti mainin gas dan kopling biar ga turun dari 1600 rpm
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by FRD »

:big_chicken: Kenapa bawa2 ane :big_slap:
:big_smoking:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by billyd1773dz »

wowh... tata xenon ini masih pke full rigid axle depan dan belakang........... a la truk dan suv tulen <80an + perdaun juga... wkwkwk :D stir uda pasti ball n nut di jenis axle ini.

klw yg 4x4 masuk bearti salah satu truk/suv full rigid axle terakhir selain lc78,defender gklass dan JK
bentar.... yg 4x4 malah dobel wisbone independent :big_bored: .........
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by VanzMatic »

Err... angka rpm mentok di 4.000. Torsi maks di 1600 - 2200?
Idealnya kaya begini nih torsi dikail lebih rendah lagi. Mulai 1300-an rpm lah harusnya.
Kalau rentang rpm nya cekak gitu mah,.,. nampaknya bakal kagok nyetirnya... Apalagi kalau memang rasio gigi 2 terpaut jauh...

IMHO..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by Turboman »

Rem break in minimal 300 Km

Sokbreker break in 2000 Km, di atas itu mulai lebih main

Tinggal gimana ketersediaan fast moving parts (filters / brake pads) hingga komponen suspensi spt sokbreker / Link stabilizer serta ball joints atas & bawah serta bearing roda

Kalau mau lawan kedigdayaan merek2 Jepun, parts2 mesti mudah didapat dulu.....kalo reparasi sih mobil sederhana gini gampang di handle bengkel pinggir jalan
* Bukan ajakan Beli *
philosophie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by philosophie »

KodokPushUp wrote:@brekeledan

Yang ane bingung, kenapa ga dibikin diesel n/a aja sekalian, biar torsi low end gahar.
Di tata xenon ini, mesin baru terasa torsinya pada 1600 rpm, dan engine mulai males2an diatas 2200 rpm.
Persis banget di brosur, tertulis torsi maks 223 Nm @1600-2200 rpm
Yg ga ditulis, diatas dan dibawah rpm itu, torsi kosong :frm_bang_head:
Waktu iseng maksain start pake gigi 2, ane sampe mesti mainin gas dan kopling biar ga turun dari 1600 rpm
klo dibikin disel n/a ga bisa dijual di indo dong om..
setau ane wajib ada turbo biar masuk standard euro 2
makanya di taon 07 panther innova disel smua ada turbo (yang cman sarat spertinay si)

CMIIW :mky_02:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by FRD »

Innova diesel mulai keluar thn 2004 kan dah ada turbonya om :big_slap:
:big_smoking:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by Turboman »

Benar Turbo utk memenuhi regulasi emisi Euro 2 and up dan supaya efisiensi Thermal lebih baik, juga kalau angkut beban berat EGT gak kelewat tinggi

Kalo mesin Diesel N/A saat angkut beban berat EGT bisa tinggi banget & opasitas jadi tinggi
* Bukan ajakan Beli *
philosophie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by philosophie »

FRD wrote:Innova diesel mulai keluar thn 2004 kan dah ada turbonya om :big_slap:
oiya lupa om :big_childish: :big_childish:

yg pling ketara panther si..

begitu 2007 smua variant dikasi turbo.. awalnya cman matic, terus ke tipe LS baru deh

tapi seinget2 saya innova baru masuk di euro 2 itu di 2007 ya.. yang versi 2004 - 2007 awal tuh boros banget dan katanya belum euro 2

CMIIW :big_peace:
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by Xous »

philosophie wrote:
FRD wrote:Innova diesel mulai keluar thn 2004 kan dah ada turbonya om :big_slap:
oiya lupa om :big_childish: :big_childish:

yg pling ketara panther si..

begitu 2007 smua variant dikasi turbo.. awalnya cman matic, terus ke tipe LS baru deh

tapi seinget2 saya innova baru masuk di euro 2 itu di 2007 ya.. yang versi 2004 - 2007 awal tuh boros banget dan katanya belum euro 2

CMIIW :big_peace:

@om philo, eh anu om, klo yg om maksud itu varian bensin, dpt injektor dgn hole lbh byk, close loop dkk, tp jd lemot dah tuh inova. sdgkan nyo frd blg tuh yg disel. Klo disel dr awal gelundung 04 ud turbo kok. trus pas euro 2, dpt improvement berupa penggunaan CC d Downpipe nya, itu yg plgkentara, detailnya om turboman plg tahu. *eks user 1tr n user d4d. IMHO
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by FRD »

Yupp..ipah bensin yg gen pertama (2004-2007 awal) masih open loop..tenaganya enak dan kalo digas ada suara "ngooooonggg" :mky_02: Yg ipah 2007 keatas sampe sekarang udah closed loop, tenaganya jdi kurang enak dan suara "ngoooonggg" jadi berkurang :ungg:


Cmiiiw :mky_01:
:big_smoking:
philosophie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by philosophie »

Xous wrote:

@om philo, eh anu om, klo yg om maksud itu varian bensin, dpt injektor dgn hole lbh byk, close loop dkk, tp jd lemot dah tuh inova. sdgkan nyo frd blg tuh yg disel. Klo disel dr awal gelundung 04 ud turbo kok. trus pas euro 2, dpt improvement berupa penggunaan CC d Downpipe nya, itu yg plgkentara, detailnya om turboman plg tahu. *eks user 1tr n user d4d. IMHO
oh ia. betul..
sblom ada CC nya walau turbo belum masuk euro 2 yak?
wkwkkwkwkwkwk

oh jadi ga cman saya aja yg ngerasa innova (bensin) skrng lebih boyo dari model 2005 :big_cry: :big_cry:

tapi mank krasa si untuk penggunaan bbmnya (yang bensin yak) :big_exellent:
yang disel kurang tau sih.. taunya pake aja klo yang disel :big_okay: :big_okay:
dan juga pake yang uda 2007 ke atas klo disel, yang model 2005 belum perna saya :mky_03: :mky_03:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by FRD »

Yg euro 2, dipake dalkot Tulungagung ane pernah dapet 1:8-9 tergantung kaki juga sih..kebetulan waktu itu nyetirnya lagi kalem..ga kayak biasanya.

Pas dipake di Jakarta, kena macet cuma dapet
1:5.5 :big_slap:
:big_smoking:
philosophie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by philosophie »

FRD wrote:Yg euro 2, dipake dalkot Tulungagung ane pernah dapet 1:8-9 tergantung kaki juga sih..kebetulan waktu itu nyetirnya lagi kalem..ga kayak biasanya.

Pas dipake di Jakarta, kena macet cuma dapet
1:5.5 :big_slap:
dlu saya pake yang 2005 tuh dari Tuban Surabaya (dipake dalam kota juga tapi ga banyak),
waktu taun 2006 an gitu cman dapet 1:6 :big_dunno: :big_dunno:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Short impression Tata Xenon RX Pickup

Post by madcat015 »

Nice ripiu bro kodokpushup... :mky_02:

Akhirnya ente TD juga pickup TATA... Mmg tantangan prinsipal nya adalah urusan after sales dan leleyabiliti...

On paper spec looks good ya, tp turbo baru kick in di 1600rpm... Hhmmm... Nyaris separuh rev mesin...

Master lumpur perlu kasi pencerahan ke nubie macam ane nih...

Anyway, urusan diskon... Ane ga ikut2... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat: