Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

HAZARD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 17, 2015 17:12

Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by HAZARD »

Permisi suhu/master/broh SM smua, maaf sebelumnya jika salah kmar posting

Lanjutan dr thread viewtopic.php?f=64&t=22274
saya ingin menanyakan tentang problem pd mobil Kijang Innova [V] AT 2005

Kebetulan saya dpt rejeki, om saya dipindahtugaskan ke Medan & dia melepas mobil Innova nya ke saya dgn cicilan tp tnpa bunga & jangka waktu seharga 80jt. Innova nya bs dibilang msh sedikit bagus tp cukup memprihatinkan jg. Usut punya usut Innova nya jarang bahkan tdk prnah diservis krna saking sibuknya dia kerja & salah satu faktor lainnya krna om saya ini tipikal org yg cm bs memakai barang tp tdk bs menjaga & merawatnya. Dan parahnya lg saya jg awam & buta sm skali dgn dunia otomotif.

Nah yg jd pertanyaan saya adalah :
1) Terdengar suara dr dalam kabin/mesin saya kurang tau, bunyinya seperti susah narik sekitar 5 detik. Terjadinya pun tdk menentu saat kapan tp yg paling sering saya alami waktu : sedang menginjak gas agak lebih dalam (setengah gas) atau saat perpindahan gigi otomatis matic (bukan pindah tuas persneling), sedang melewati jalan yg agak menanjak, bahkan saat menempuh jalan di tol melewati 120kpj aja tidak bisa karena bunyi itu & hmpir lebih dr 10 detik. Kira2 permasalahannya knp ya & bgmana solusinya ?
2) Stir seperti tdk stabil saat di tol, badan mobil itu sprti goyang ke kanan/kiri pdhal 60-80 kpj (tdk tau persis apa hnya pikiran saya aja) terus saya rasa tidak ada tarikannya (boyo) solusinya gmn ya master ?
3) Kebetulan body pintu penumpang bagian samping (1 pintu) bonyok/mendem tp tdk trlalu parah dan baret dalam sekali panjang sampai 2 pintu kena (bagian bawah pintu), bemper depan baret lumayan banyak, overal body 60% lah. Ada rekomendasi/kenalan bengkel ketokmagic/body repair sekitaran Jakarta Timur/Bekasi Barat, kebetulan saya deket daerah Kalimalang bs dibilang perbatasan 2 wilayah itu & kira2 estimasi biaya brp ya ? Saya sdh tanya bodyrepair pinggiran jalan utk yg pintu kena 800rb (benar tdk) tp saya agak kurang percaya sm itu org.
4) Tape Innova rusak utk yg pemutar CD nya tp untuk yg Kaset bs. Apa bs dibenarin ? Ada yg tau dimana ?
5) Apa harus servis besar kah mobil ini, karena psti mahal sekali apalagi klo ke BeRes jujur budget terbatas krna sudah DP mobil ini. Saya ingin step by step saja, klo boleh tau umumnya apa ya yg harus diservis (servis ringan) karena saya awam takut ditipu oleh org bengkel (bukan BeRes) dan estimasi biaya brp yg hrs disiapkan ? Ada yg punya rekanan/bengkel langganan lokasi daerah saya ?

Maaf jika pertanyaan saya terlalu banyak dan terlalu spesifik. Kiranya master/suhu disini mau berbagi dan membantu permasalahan saya.
Saya sadar kebutaan saya di bidang ini, klo memang ada dr user disini tdk ingin membantu menjawab tdk apa2 tp tolong NO BULLYING !

Terimakasih
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by ternakblog »

Kok kayake parah ya om kondisie:-s
Itu pertama kaki2 dibenerin coba om.disporing balancing,ato lebih amannya sekalian dicek aja kaki2nya
Itu gak pernah diservis,tapi ganti oli rutin kan om?kan gak lucu dari taon 2005 gak pernah ganti oli:-))
Lek masalah mesin aku gak ngerti om,sama tipikal pemakai aja aku:-D
Lek cd antara bisa ato gak bisa se om.kalo kena optike ya mending ganti HU sekalian
Coba cek bengkel2 pinggir jalan yg rekomen om,cek keseluruhan apa2 aja yg perlu dibenerin,btw lek di beres checkup doang bisa kok om.check up di beres,benerin di luar juga bisa,benerin yf prioritas2 dulu ae om sambil jalan
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4595
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Profith83 »

mobil Innova bensin atau diesel ?
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by FRD »

1. Kurang tau
2, coba di spooring & balancing dulu
3. Kurang tau krn ga tinggal di jakarta...
4. Mending diganti aja single din / 2 din..harganya cukup terjangkau kok. Ane kemarin ganti HU single din merk concept DV-713 di kijang cuma kena 700rb...suara lebih mantep.
5. Kalo ke beres jangan langsung minta service..suruh ngecek dulu aja, apa yg harus diperbaiki / diganti. Nanti dibikin list apa aja yg diganti trs sparepart yg diganti beli di toko2 sparepart yg ada di jakarta..biasanya harganya lebih murah daripada harga di beres.


Just my 2 cents :mrgreen:
:big_smoking:
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Prast84 »

coba bantu jawab ya om :

1.Cek oli maticnya terakhir ganti kapan?apa sudah berkurang sehingga jadi bunyi dan rada delay untuk tarikannya kalo memang parah sekalian OH matic deh biar jelas
2.Cek kaki2 depan belakang mungkin shock dah lemah berikut dengan komponen lainya
3.Kemahalan om kalo 800rb coba tawar dulu aja syukur2 bisa 400rb
4.Mendingan ganti HU sekalian yg aftermarket kalo gak ya cari copotan bekas inova yng bagus
5.Service aja dulu ganti oli,filter oli,filter udara,cek busi,carbon cleaner

maaf kalo ada yg salah
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Turboman »

HAZARD wrote:
Nah yg jd pertanyaan saya adalah :
1) Terdengar suara dr dalam kabin/mesin saya kurang tau, bunyinya seperti susah narik sekitar 5 detik. Terjadinya pun tdk menentu saat kapan tp yg paling sering saya alami waktu : sedang menginjak gas agak lebih dalam (setengah gas) atau saat perpindahan gigi otomatis matic (bukan pindah tuas persneling), sedang melewati jalan yg agak menanjak, bahkan saat menempuh jalan di tol melewati 120kpj aja tidak bisa karena bunyi itu & hmpir lebih dr 10 detik. Kira2 permasalahannya knp ya & bgmana solusinya ?
2) Stir seperti tdk stabil saat di tol, badan mobil itu sprti goyang ke kanan/kiri pdhal 60-80 kpj (tdk tau persis apa hnya pikiran saya aja) terus saya rasa tidak ada tarikannya (boyo) solusinya gmn ya master ?
3) Kebetulan body pintu penumpang bagian samping (1 pintu) bonyok/mendem tp tdk trlalu parah dan baret dalam sekali panjang sampai 2 pintu kena (bagian bawah pintu), bemper depan baret lumayan banyak, overal body 60% lah. Ada rekomendasi/kenalan bengkel ketokmagic/body repair sekitaran Jakarta Timur/Bekasi Barat, kebetulan saya deket daerah Kalimalang bs dibilang perbatasan 2 wilayah itu & kira2 estimasi biaya brp ya ? Saya sdh tanya bodyrepair pinggiran jalan utk yg pintu kena 800rb (benar tdk) tp saya agak kurang percaya sm itu org.
4) Tape Innova rusak utk yg pemutar CD nya tp untuk yg Kaset bs. Apa bs dibenarin ? Ada yg tau dimana ?
5) Apa harus servis besar kah mobil ini, karena psti mahal sekali apalagi klo ke BeRes jujur budget terbatas krna sudah DP mobil ini. Saya ingin step by step saja, klo boleh tau umumnya apa ya yg harus diservis (servis ringan) karena saya awam takut ditipu oleh org bengkel (bukan BeRes) dan estimasi biaya brp yg hrs disiapkan ? Ada yg punya rekanan/bengkel langganan lokasi daerah saya ?
1. Bagaimana perawatan mesin / Transmisi otomatis selama ini ? Ganti ATF tiap brp puluh ribu / brp tahun sekali ?

Coba cek bearing2 sekitar puli, spt bearing2 tensioner V belt, bearing alternator, kondisi kompressor AC

Cek juga exhaust & sambungan2

Cek kondisi busi / selang2 vakum sekitar intake

Cek juga kondisi bearing2 roda

Cek kondisi rem depan / bersihkan caliper utk pastikan nggak ada yg macet


2. Cek :
- Shockbreker
- Ball joint
- Tie rod end
- karet2 link stabilizer dan stabilizer

Bisa cek ke bengkel spooring yg qualified atau bisa cek ke Istana per ( A Kong) di Jl Pahlawan Revolusi - JakTim sebelah RS Yadika


3. bengkel banyak pilihan, tergantung budget, bbrp yg recommended :
- Chung service (utk kelas sekitar 700 - 800 rb / panel)
- Su Indah motor - Tebet (kelas 1,5 jt / panel, kalo borongan bisa lebih murah)
- Maju Jaya motor Sunter (kalo gak salah namanya)
- Perfect Auto Body (kelas 2 jt / panel)

Monggo Google utk detailnya


4. HU mah ganti aja, cari aja yg lelangan (HU original) atau ganti aja yg aftermarket


5. Ipah itu mobil yg sgt sgt simple, perawatan simple2 aja

Utk penyehatan mesin bisa lakukan :
- Carbon clean ruang bakar & purging injector
- Kuras tangki BBM
- Ganti filter bensin
- Ganti busi
- Bersihkan MAF sensor pake MAF sensor cleaner (DIY aja)
- Bersihkan PCV valve (DIY aja)

Ganti oli baik oli mesin / ATF / oli Gardan (oli mesin pake 5W30)

Juga kalo mau kedap kembali = karet2 pintu / frame body hadap pintu ganti semua....murah....karetnya per biji cuman 130 rebuan, per pintu ada 2


Selamat me-restorasi mobil anda
* Bukan ajakan Beli *
HAZARD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 17, 2015 17:12

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by HAZARD »

ternakblog wrote:Kok kayake parah ya om kondisie:-s
Itu pertama kaki2 dibenerin coba om.disporing balancing,ato lebih amannya sekalian dicek aja kaki2nya
Itu gak pernah diservis,tapi ganti oli rutin kan om?kan gak lucu dari taon 2005 gak pernah ganti oli:-))
Lek masalah mesin aku gak ngerti om,sama tipikal pemakai aja aku:-D
Lek cd antara bisa ato gak bisa se om.kalo kena optike ya mending ganti HU sekalian
Coba cek bengkel2 pinggir jalan yg rekomen om,cek keseluruhan apa2 aja yg perlu dibenerin,btw lek di beres checkup doang bisa kok om.check up di beres,benerin di luar juga bisa,benerin yf prioritas2 dulu ae om sambil jalan
makasi sarannya broh spooring & balancing terlebih dahulu ya..
Sekedar cek ke bengkel pinggir jalan atau bahkan ke BeRes tanpa penggantian ? Apakah bisa broh ? Kira2 ngeluarin biaya brp ?
Klo sekedar checkup di BeRes gratis atau ada bayarannya brp broh kira2 ?
Saya memang step by step benerinnya dan yg jd prioritas itu yg mana disitu saya bingungnya awam bgt.
Profith83 wrote:mobil Innova bensin atau diesel ?
yg bensin Pak, ada saran ?
FRD wrote:1. Kurang tau
2, coba di spooring & balancing dulu
3. Kurang tau krn ga tinggal di jakarta...
4. Mending diganti aja single din / 2 din..harganya cukup terjangkau kok. Ane kemarin ganti HU single din merk concept DV-713 di kijang cuma kena 700rb...suara lebih mantep.
5. Kalo ke beres jangan langsung minta service..suruh ngecek dulu aja, apa yg harus diperbaiki / diganti. Nanti dibikin list apa aja yg diganti trs sparepart yg diganti beli di toko2 sparepart yg ada di jakarta..biasanya harganya lebih murah daripada harga di beres.
:thanks: uda mau bantu jawab broh
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by dogar »

Saya coba bantu.
HAZARD wrote: Nah yg jd pertanyaan saya adalah :
1) Terdengar suara dr dalam kabin/mesin saya kurang tau, bunyinya seperti susah narik sekitar 5 detik. Terjadinya pun tdk menentu saat kapan tp yg paling sering saya alami waktu : sedang menginjak gas agak lebih dalam (setengah gas) atau saat perpindahan gigi otomatis matic (bukan pindah tuas persneling), sedang melewati jalan yg agak menanjak, bahkan saat menempuh jalan di tol melewati 120kpj aja tidak bisa karena bunyi itu & hmpir lebih dr 10 detik. Kira2 permasalahannya knp ya & bgmana solusinya ?
Kemungkinan problem di matic nya.
Untuk urusan problem di transmisi matic coba solusi paling murah dulu: kuras dan ganti oli matik.
HAZARD wrote: 2) Stir seperti tdk stabil saat di tol, badan mobil itu sprti goyang ke kanan/kiri pdhal 60-80 kpj (tdk tau persis apa hnya pikiran saya aja) terus saya rasa tidak ada tarikannya (boyo) solusinya gmn ya master ?
Stir goyang2 kemungkinan roda tidak balance.
Tapi saya pernah ngalamin ternyata ban nya benjol, jadi pastiin dulu ban nya ngga benjol.
Kalau ban ngga benjol, ke toko ban aja minta balancing semua 4 roda, murah koq cuman ditempelin logam pemberat di velg,
satu roda paling 10-15 ribu.
Kalau di jalan lurus lalu lepas tangan stir narik ke kiri/kanan berarti harus di spooring juga, ini juga ngga terlalu mahal, kalo ga salah 100 ribuan ongkos spooring.
Tapi kalau abis spooring/balancing masih goyang2 kemungkinan sasis udah kena. Ini mah repot benerinnya (dan sangat mahal).
Coba tanya om nya apakah pernah tabrakan/ditabrak?

Innova termasuk mobil yg tenaganya bagus (tapi boros), tarikan terasa berat itu banyak faktornya.
Lebih baik cek ke BeRes dulu apakah kompresi di silinder masih normal (tidak ada kebocoran), cek busi, koil, dsb.,
minta check list sesuai odometer aja.
Di BeRes biasanya sebelum ada penggantian parts akan dikonfirmasi dulu ke owner estimasi biayanya, kalau dirasa terlalu mahal ya batalin aja
proses service nya. Atau minta ganti parts tertentu aja yg paling critical.
HAZARD wrote: 5) Apa harus servis besar kah mobil ini, karena psti mahal sekali apalagi klo ke BeRes jujur budget terbatas krna sudah DP mobil ini. Saya ingin step by step saja, klo boleh tau umumnya apa ya yg harus diservis (servis ringan) karena saya awam takut ditipu oleh org bengkel (bukan BeRes) dan estimasi biaya brp yg hrs disiapkan ? Ada yg punya rekanan/bengkel langganan lokasi daerah saya ?
Saran saya, prioritaskan untuk perbaikan di sektor mesin+transmisi dan kaki2 dulu. Soal body/tape/interior belakangan aja.
Ada plus minusnya dibawa ke BeRes atau bengkel non BeRes.
Di BeRes SOP sudah jelas, parts pasti orisinal, peralatan untuk diagnosa maupun bongkar ini itu pasti lengkap (pengalaman dulu
pernah ganti kopling set di bengkel biasa mereka ngga punya peralatan lengkap, akhirnya masang plat kopling ngga center, bongkar lagi deh).
BeRes juga biasanya punya area buat test drive sebelum mobil diserahkan ke owner dan digaransi seminggu kalau ada apa2 bisa balik lagi benerin gratis. Tapi parts biasanya ngga bisa bawa sendiri, harga sesuai price list mereka aja.

Non BeRes kalau reputasinya bagus dan peralatan lengkap sih ngga masalah, ongkos biasanya lebih murah daripada BeRes.
HAZARD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 17, 2015 17:12

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by HAZARD »

Prast84 wrote:coba bantu jawab ya om :
1.Cek oli maticnya terakhir ganti kapan?apa sudah berkurang sehingga jadi bunyi dan rada delay untuk tarikannya kalo memang parah sekalian OH matic deh biar jelas
2.Cek kaki2 depan belakang mungkin shock dah lemah berikut dengan komponen lainya
3.Kemahalan om kalo 800rb coba tawar dulu aja syukur2 bisa 400rb
4.Mendingan ganti HU sekalian yg aftermarket kalo gak ya cari copotan bekas inova yng bagus
5.Service aja dulu ganti oli,filter oli,filter udara,cek busi,carbon cleaner
maaf kalo ada yg salah
OH matic apa tu om ? mahal tidak om ?
Oia seandainya jeleknya, kaki2 depan belakang shock uda hrs mesti diganti, merk apa dann dikisaran harga brp om wajarnya ? krna saya takutnya ditipu.
btw makasi sarannya om uda mau bantu kasi masukan
Turboman wrote:1. Bagaimana perawatan mesin / Transmisi otomatis selama ini ? Ganti ATF tiap brp puluh ribu / brp tahun sekali ?
Coba cek bearing2 sekitar puli, spt bearing2 tensioner V belt, bearing alternator, kondisi kompressor AC
Cek juga exhaust & sambungan2
Cek kondisi busi / selang2 vakum sekitar intake
Cek juga kondisi bearing2 roda
Cek kondisi rem depan / bersihkan caliper utk pastikan nggak ada yg macet

2. Cek :
- Shockbreker
- Ball joint
- Tie rod end
- karet2 link stabilizer dan stabilizer
Bisa cek ke bengkel spooring yg qualified atau bisa cek ke Istana per ( A Kong) di Jl Pahlawan Revolusi - JakTim sebelah RS Yadika

3. bengkel banyak pilihan, tergantung budget, bbrp yg recommended :
- Chung service (utk kelas sekitar 700 - 800 rb / panel)
- Su Indah motor - Tebet (kelas 1,5 jt / panel, kalo borongan bisa lebih murah)
- Maju Jaya motor Sunter (kalo gak salah namanya)
- Perfect Auto Body (kelas 2 jt / panel)

Monggo Google utk detailnya

4. HU mah ganti aja, cari aja yg lelangan (HU original) atau ganti aja yg aftermarket

5. Ipah itu mobil yg sgt sgt simple, perawatan simple2 aja

Utk penyehatan mesin bisa lakukan :
- Carbon clean ruang bakar & purging injector
- Kuras tangki BBM
- Ganti filter bensin
- Ganti busi
- Bersihkan MAF sensor pake MAF sensor cleaner (DIY aja)
- Bersihkan PCV valve (DIY aja)

Ganti oli baik oli mesin / ATF / oli Gardan (oli mesin pake 5W30)
Juga kalo mau kedap kembali = karet2 pintu / frame body hadap pintu ganti semua....murah....karetnya per biji cuman 130 rebuan, per pintu ada 2

Selamat me-restorasi mobil anda
Saya baru tanyakan ke om saya, Innova tsb tdk ada perawatan mesin yg signifikan sehabis tutup buku servis record. Sehabis itu dia hnya melakukan penggantian oli mesin saja tdk ada lainnya. Dan terakhir penggantian oli mesin itu sekitar awal tahun 2014. Klo oli matic dia lupa kpn trakhir penggantian.
Untuk masalah pengecekan seperti yg dijelaskan akan saya lakukan, makasi bgt masukannya Pak.
Istana per ( A Kong) di Jl Pahlawan Revolusi - JakTim sebelah RS Yadika. Wah dekat ni, akan saya coba kesana.
Untuk bengkel mesin seperti pengecekan yg om jelaskan ada yg recomen tdk didaerah Timur ?

3. Kelas wah semua ya bodyrepairnya mahal sekali per panel. Budget mungkin 300-400rb / panel
4. Untuk HU saya ingin mempertahankan aslinya om. Kira2 klo yg persis seperti Ipah ini dikisaran harga brp ya om aftermarket nya ? (klo tau)
5. Bahasa nya tinggi sekali om, saya buta otomotif dan baru ingin belajar saat ini.
Kedap dlm arti suara bising dr luar tdk masuk mobil bukan om ? Karet2 yg item di tiap pintu yg bentuknya bulat2 kenyel ?

Overall saya akan coba jalankan masukan dr om keseluruhan.
Bener2 makasi byk bgt om sdh jelaskan secara rinci detail, baru om aja ni yg paling spesifik ngejelasinnya.
Maaf klo ada salah dlm penjelasan, masih awam harap maklum
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Turboman »

Wah kalo oli mesin aja ganti bisa lebih dari 12 bulan, jangan2 ini ATF nya dari baru belum pernah diganti ?

kalau begitu buruan deh diganti semua oli2-nya, jangan tunggu lama lagi........

Utk ATF perhatikan = harus comply ke JWS 3309 / T-IV......kalau yg ekonomis bisa pakai :
- Elf T4
- Eneos Multi
- Kendall Versa Trans

Bengkel mesin recommended di JakTim saya kurang paham, kalau di Jaksel / jakBar / jakPus saya bisa kasih unjuk, juga di JakUt

Utk body repair kalau mau bagus minimal yg kelas 600 - 700 rb / panel mas, kalau pakai yg murah malah nanti jatuh2-nya bisa lebih mahal......anda gak puas, trus bawa ke bengkel lain jadi kerja dobel....pelat body keseringan diketok2 juga nanti tambah gak bener
* Bukan ajakan Beli *
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Prast84 »

HAZARD wrote:
Prast84 wrote:coba bantu jawab ya om :
1.Cek oli maticnya terakhir ganti kapan?apa sudah berkurang sehingga jadi bunyi dan rada delay untuk tarikannya kalo memang parah sekalian OH matic deh biar jelas
2.Cek kaki2 depan belakang mungkin shock dah lemah berikut dengan komponen lainya
3.Kemahalan om kalo 800rb coba tawar dulu aja syukur2 bisa 400rb
4.Mendingan ganti HU sekalian yg aftermarket kalo gak ya cari copotan bekas inova yng bagus
5.Service aja dulu ganti oli,filter oli,filter udara,cek busi,carbon cleaner
maaf kalo ada yg salah
OH matic apa tu om ? mahal tidak om ?
Oia seandainya jeleknya, kaki2 depan belakang shock uda hrs mesti diganti, merk apa dann dikisaran harga brp om wajarnya ? krna saya takutnya ditipu.
btw makasi sarannya om uda mau bantu kasi masukan
kalo OH ( over haul / turun transmisi ) Matic tergantung apa yg diganti kalo perawatannya gak teliti mungkin bisa ke packing seal matic paling parah ya kampas kopling habis ini yg mahal kalo OH packing sealnya yg ORI dengan jasa kurleb 5jutaan

kalo kaki2 banyak om yg kalo ada dana lebih bari ori kalo yg subtitusi ada merk 555 jepang,TRW,RBI kalo shock bisa kayaba,tokico om
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26941
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by DOHC »

Turboman wrote:
HAZARD wrote:



- Carbon clean ruang bakar & purging injector
- Kuras tangki BBM
- Ganti filter bensin
- Ganti busi
- Bersihkan MAF sensor pake MAF sensor cleaner (DIY aja)
- Bersihkan PCV valve (DIY aja)
bahkan utk point2 diatas aj bsa di DIY smua.... emg dasar mobil rakyat jelata... bukan montir aj bsa ngerjain nya :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Turboman »

@TS :

Coba sekarang tarik dipstick ATF Matic-nya dulu, lap pake tissu, trus colok lagi, abis itu tetesin oli ATF nya di pantat gelas yg warna netral bening, trus liat di bawah lampu neon, warna ATF nya apa, kalau masih cukup bening & warna masih kemerahan ya aman.....
* Bukan ajakan Beli *
HAZARD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 17, 2015 17:12

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by HAZARD »

dogar wrote:Saya coba bantu.
Kemungkinan problem di matic nya.
Untuk urusan problem di transmisi matic coba solusi paling murah dulu: kuras dan ganti oli matik.

Stir goyang2 kemungkinan roda tidak balance.
Tapi saya pernah ngalamin ternyata ban nya benjol, jadi pastiin dulu ban nya ngga benjol.
Kalau ban ngga benjol, ke toko ban aja minta balancing semua 4 roda, murah koq cuman ditempelin logam pemberat di velg,
satu roda paling 10-15 ribu.
Kalau di jalan lurus lalu lepas tangan stir narik ke kiri/kanan berarti harus di spooring juga, ini juga ngga terlalu mahal, kalo ga salah 100 ribuan ongkos spooring.
Tapi kalau abis spooring/balancing masih goyang2 kemungkinan sasis udah kena. Ini mah repot benerinnya (dan sangat mahal).
Coba tanya om nya apakah pernah tabrakan/ditabrak?

Innova termasuk mobil yg tenaganya bagus (tapi boros), tarikan terasa berat itu banyak faktornya.
Lebih baik cek ke BeRes dulu apakah kompresi di silinder masih normal (tidak ada kebocoran), cek busi, koil, dsb.,
minta check list sesuai odometer aja.
Di BeRes biasanya sebelum ada penggantian parts akan dikonfirmasi dulu ke owner estimasi biayanya, kalau dirasa terlalu mahal ya batalin aja
proses service nya. Atau minta ganti parts tertentu aja yg paling critical.

Saran saya, prioritaskan untuk perbaikan di sektor mesin+transmisi dan kaki2 dulu. Soal body/tape/interior belakangan aja.
Ada plus minusnya dibawa ke BeRes atau bengkel non BeRes.
Di BeRes SOP sudah jelas, parts pasti orisinal, peralatan untuk diagnosa maupun bongkar ini itu pasti lengkap (pengalaman dulu
pernah ganti kopling set di bengkel biasa mereka ngga punya peralatan lengkap, akhirnya masang plat kopling ngga center, bongkar lagi deh).
BeRes juga biasanya punya area buat test drive sebelum mobil diserahkan ke owner dan digaransi seminggu kalau ada apa2 bisa balik lagi benerin gratis. Tapi parts biasanya ngga bisa bawa sendiri, harga sesuai price list mereka aja.

Non BeRes kalau reputasinya bagus dan peralatan lengkap sih ngga masalah, ongkos biasanya lebih murah daripada BeRes.
Klo masalah ban saya rasa tidak benjol. Informasi dr om saya, Ke 2 ban depan baru diganti sekitar September/Oktober 2014, baru sehabis itu 2 ban belakang diganti Februari 2015. Nah saat penggantian 2 ban belakang, langsung dipindah ke bagian depan (yg baru jd kedepan) dan yg awalnya di depan pindah ke belakang. Tabrak/Ditabrak pun tidak pernah sama sekali.

Btw makasi byk bgt uda mau bantu kasi masukan dan saran om :thanks:
Saran nya akan saya lakukan utk perbaikan disektor mesin transmisi dan kaki dlu baru ke yg lainnya.
Turboman wrote:Wah kalo oli mesin aja ganti bisa lebih dari 12 bulan, jangan2 ini ATF nya dari baru belum pernah diganti ?
kalau begitu buruan deh diganti semua oli2-nya, jangan tunggu lama lagi........
Utk ATF perhatikan = harus comply ke JWS 3309 / T-IV......kalau yg ekonomis bisa pakai :
- Elf T4
- Eneos Multi
- Kendall Versa Trans

Bengkel mesin recommended di JakTim saya kurang paham, kalau di Jaksel / jakBar / jakPus saya bisa kasih unjuk, juga di JakUt

Utk body repair kalau mau bagus minimal yg kelas 600 - 700 rb / panel mas, kalau pakai yg murah malah nanti jatuh2-nya bisa lebih mahal......anda gak puas, trus bawa ke bengkel lain jadi kerja dobel....pelat body keseringan diketok2 juga nanti tambah gak bener
Nah itu dia yg saya takutin om oli matic nya blm keganti2.
Semua oli2nya itu apa saja ya om selain mesin dan matic ?
Klo oli mesin recomen yg ekonomis apa ? Kata om saya dia biasa pake yg Pertamina.

Boleh minta tolong coba om di list bengkel mesin sekitaran Jakarta kecuali JakBar krna saya jauh klo ke daerah Barat.
Sukur2 bs bnerin sekalian semua ga cm mesin doang.
Ato ane rujuk ke si om aja ni si Ipah, kyanya om pengalaman dan serba tau sekali ni :frm_tumbright:

Masalah bodyrepair mungkin next aja om sesudah mesin2.
Ane dpt info jg dr temen jg sekitaran WTC MangDu murah2 disitu.
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 540
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Greenhunter »

Mengingat kondisi mobil dan riwayat perawatan yang ala kadarnya, juga mengingat keuangan yang mepet, saran saya :

1. Ganti oli mesin dan oli gardan, perkiraan biaya 300.000 - 400.000
2. Flushing / kuras oli matic pakai mesin ATF changer, bukan sekedar kuras oli matic dari lubang baut. kira kira abisnya 8 liter x 70.000 = 560.000, belum termasuk jasa, sktr 100.000, ada juga yg kasih gratis jasa kalau oli beli di bengkel tsb.
3. Mesin ngadat itu bisa jadi waktunya tune up,, tapi karena uang mepet jadi gak usah tune up dulu, cukup semprot filter udara dengan kompresor di tambal ban dan ganti busi. Perkiraan biaya busi 4 biji x 30.000 = 120.000
4. Untuk kaki kaki coba bawa aja ke bengkel spooring, nanti mereka yang akan kasih saran lebih detail apa aja yang perlu diganti., dan gak harus ganti langsung.
Kalau di surabaya biasanya sebelum di spooring akan di cek oleh tukangnya, balljoint, tie rod, dll, kalau masih bagus akan dilanjut spooring, kalau ada yg jelek biasanya mereka gak mau spooring, hrus ganti sparepart dulu. Biaya pengecekan ini gratis.

5. Head unit dan penyok biarin aja dulu, tunggu duit longgar baru betulin. Beli bekas juga bisa di OLX biasanya ada yg jual head unit copotan asli dari innova.
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by lawyerone »

Suaranya yang meraung raung gitu bukan om? Kalo iya, ane dulu pernah habis keluar dari beres ada suara meraung raung gitu, dan tarikannya ga keluar. usut punya usut ternyata knalpotnya ada masalah (gatau apanya), tapi karna itu juga masalah gara gara si beres mereka kerjain balik tanpa ane bayar.

Tapi considering itu mobil udah lama ga servis, mungkin memang banyak part yang perlu diganti sih. Coba aja dulu om masukin ke beres, liat menurut SA apa aja yang harus diganti. nanti agan ganti yang kira kira seperlunya aja, terutama stel ulang ECU?. Kalo nggak ya cabut cari bengkel lain dengan list barang yang perlu diganti di tangan.



Ohh iya om turboman
- Chung service (utk kelas sekitar 700 - 800 rb / panel)
- Su Indah motor - Tebet (kelas 1,5 jt / panel, kalo borongan bisa lebih murah)
- Maju Jaya motor Sunter (kalo gak salah namanya)
- Perfect Auto Body (kelas 2 jt / panel)

itu beda harga karna apa ya? beda panel kah? kualitas beda?

terus di chung itu panelnya diganti atau cuman di repair doang sih? kebetulan rumah ane deket (banget) sama si chung service, dan itu bengkel ga pernah sepi. Cuman karna deket biasa claim asuransi juga kesana sih biar gampang controlnya dan ngambilnya haha
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by ginting »

Oom Turboma , saya mau numpang,
1. Apakah oli matic ada kadaluwarsanya ? Selain based on milleage
2. Minta list bengkel mesin dan kaki2 dong, utk BSD atau jaksel
Terima kasih sebelumnya
GunturSon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: Sat Aug 23, 2014 18:24

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by GunturSon »

Bantu jawab ya om,

Untuk tenaga delay/ngeden mungkin ya,
coba cek dr yang murah, mungkin filter udara nya ga prnah ganti jadi ngap2an jg bisa,
Pengalaman pernah dulu ambil kuda bekas, pas lari 100km, pas di gas lagi jadi ngeden. Kaya mesin bengek kurangan udara.

Prioritas oli2 dan cairan kuras semua, tune up, kaki kaki, baru printilannya.

Body mending ke bengkel yang udah profesional aja um, cet di pinggiran jalan bs jadi metalic campur debu haha, udah gitu kusam, kasar, belang, pokoknya parah dueh.
Habis cet, masukin salon detailing, full body jadi mulus and wet look again.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4595
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Profith83 »

Coba bantu jawab dari resiko yang paling besar dan paling mahal betulinnya.
1. Mesin - olie mesin
2. Transmisi - olie matic
3. Gardan - olie gardan
4. Kaki kaki - tie road, ball joint, shock, bearing dsb nya

Asal tidak ada kerusakan, ada baiknya semua olie ganti kecuali memang masih baru diganti sama si empunya dulu.
Kalau ada kerusakan yah diperbaiki dulu baru ganto olie, percua juga ganti olie habis gitu dibuang lagi.

Atau bisa juga ganti olie dulu untuk check, dan tune up. Kalau masih gak enak yah baru dicari satu persatu.

Kalau kecepatan 60-80 getar artinya harus sporing dan balancing. Bengkel spooring yang bagus, mereka gak mau spooring kalau ada kerusakan yang cukup parah.

Ada baiknya tanya Om nya dulu servis di Beres atau di pinggiran, kalau Beres kan tercatat di komputer jadi bisa dilihat riwayatna, apa yang perlu diganti
Kalau di pinggiran dan tidak ingat apa saja yang diganti dan kira kira ganti olie trakhir 6 bulan yang lalu atau lebih
yah ada baiknya semua cairan/olie diganti
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Turboman »

ginting wrote:Oom Turboma , saya mau numpang,
1. Apakah oli matic ada kadaluwarsanya ? Selain based on milleage
2. Minta list bengkel mesin dan kaki2 dong, utk BSD atau jaksel
Terima kasih sebelumnya
ATF ganti :
- 2 tahun Max utk ATF mineral

- 3 tahun Max utk ATF Full Synth

Bengkel qualified di JakSel ada Garden Speed, kalo urusan mesin si Lestari Motor - Veteran Bintaro juga boleh

Kalo spooring / cek kaki2 / ganti parts kaki2 bisa ke Start Tyre.......di BSD ada...google aja

Utk utk reparasi ringan di DUM - Sentra Onderdil BSD juga bisa
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Turboman »

lawyerone wrote: Ohh iya om turboman
- Chung service (utk kelas sekitar 700 - 800 rb / panel)
- Su Indah motor - Tebet (kelas 1,5 jt / panel, kalo borongan bisa lebih murah)
- Maju Jaya motor Sunter (kalo gak salah namanya)
- Perfect Auto Body (kelas 2 jt / panel)

itu beda harga karna apa ya? beda panel kah? kualitas beda?

terus di chung itu panelnya diganti atau cuman di repair doang sih? kebetulan rumah ane deket (banget) sama si chung service, dan itu bengkel ga pernah sepi. Cuman karna deket biasa claim asuransi juga kesana sih biar gampang controlnya dan ngambilnya haha
Ongkos body repair

Btw kalau utk menilai kualitas kerjaan bengkel body repair, visit aja bengkelnya......liat mobil2 yg udah selesai dikerjakan dengan cermat / seteliti mungkin, kalau utk utk kerapihan bisa diliat list2 body / list karet / plastik di pintu dan jendela.....terpasang rapi / nggak

kalau utk warna perhatikan mobil2 yg warna terang......liat seluruh mobil, betul2 sama persis atau terlihat beda nggak

Btw mobil yg hasil dari body repair yg abal2 mah keliatan, apalagi semakin lama maka akan semakin terlihat bedanya......warna cat nggak sama atau jadi agak dull

Btw utk bengkel mahal, PAB itu masih belum seberapa......coba deh sekali2 cek harga di Triwa
:big_grin:
* Bukan ajakan Beli *
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by lawyerone »

Turboman wrote:
lawyerone wrote: Ohh iya om turboman
- Chung service (utk kelas sekitar 700 - 800 rb / panel)
- Su Indah motor - Tebet (kelas 1,5 jt / panel, kalo borongan bisa lebih murah)
- Maju Jaya motor Sunter (kalo gak salah namanya)
- Perfect Auto Body (kelas 2 jt / panel)

itu beda harga karna apa ya? beda panel kah? kualitas beda?

terus di chung itu panelnya diganti atau cuman di repair doang sih? kebetulan rumah ane deket (banget) sama si chung service, dan itu bengkel ga pernah sepi. Cuman karna deket biasa claim asuransi juga kesana sih biar gampang controlnya dan ngambilnya haha
Ongkos body repair

Btw kalau utk menilai kualitas kerjaan bengkel body repair, visit aja bengkelnya......liat mobil2 yg udah selesai dikerjakan dengan cermat / seteliti mungkin, kalau utk utk kerapihan bisa diliat list2 body / list karet / plastik di pintu dan jendela.....terpasang rapi / nggak

kalau utk warna perhatikan mobil2 yg warna terang......liat seluruh mobil, betul2 sama persis atau terlihat beda nggak

Btw mobil yg hasil dari body repair yg abal2 mah keliatan, apalagi semakin lama maka akan semakin terlihat bedanya......warna cat nggak sama atau jadi agak dull

Btw utk bengkel mahal, PAB itu masih belum seberapa......coba deh sekali2 cek harga di Triwa
:big_grin:
Ane biasa body repair (claim asuransi) di Chung sih ga keliatan beda warna sih. Kalau warna body mobil mudar itu keliatannya merata, dan sepertinya karna mobil ane tiap hari dijemur matahari. Cuman ntah mengapa, karna mungkin claim via asuransi jadinya kerjanya lama. Tapi karna deket rumah jalan kaki bisa di push terus cepetin sih sampe di iya iya-in haha.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by ginting »

Turboman wrote:
ginting wrote:Oom Turboma , saya mau numpang,
1. Apakah oli matic ada kadaluwarsanya ? Selain based on milleage
2. Minta list bengkel mesin dan kaki2 dong, utk BSD atau jaksel
Terima kasih sebelumnya
ATF ganti :
- 2 tahun Max utk ATF mineral

- 3 tahun Max utk ATF Full Synth

Bengkel qualified di JakSel ada Garden Speed, kalo urusan mesin si Lestari Motor - Veteran Bintaro juga boleh

Kalo spooring / cek kaki2 / ganti parts kaki2 bisa ke Start Tyre.......di BSD ada...google aja

Utk utk reparasi ringan di DUM - Sentra Onderdil BSD juga bisa

makasih banyak oom turboman. Nanti saya akan catet.
HAZARD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 17, 2015 17:12

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by HAZARD »

1) Just info :
Jumat kemarin coba masukin Ipah ke BeRes alhasil mengecewakan sekali pegawai disana.
Saya bukan ke Auto2000 tp tetap jaringan Astra Toyota dibilangan Duren Sawit PT. Tunas Ridean Tbk (Tunas Toyota)
Saya dtg jam 15.00 bertemu dgn CS dan mengatakan permasalahan saya klo ada suara berbunyi (spti pertanyaan saya diatas no.1) dan ingin melakukan General Checkup. Tp ybs menolaknya tdk bs melakukan general checkup hnya bs melalukan pengecekan terhadap suara yg berbunyi itu saja. Klo ingin melakukan general checkup itu sdh trmasuk service berkala dan biayanya 750rb tp klo ingin melalukan pengecekan suara yg berbunyi bs dan biayanya 200rb/jam. Krna sdg krisis tgl tua akhirnya saya putuskan utk melakukan pengecekan saja.
Lama menunggu sekitar 1 jam lebih dgn was-was akan ada biaya tambahan dan saya ada janji jam 17.00 akhirnya jam 16.25 saya dipanggil langsung ke tempat service bkn ke lobby. SA beserta pegawainya dan CS tsb disitu mengatakan klo tidak ditemukan permasalahannya dan mereka mala mengatakan berhubung sudah mau tutup jd nti kita sama2 cari permasalahannya dan klo ada waktu kita tes drive sama2 diluar.
F*CK beginikah cara kerja BeRes ? Akhirnya dgn kesal saya ke kasir membayar dan untungnya meskipun sdh 1 jam lewat pengecekan biaya tetap 200rb.

Saya baru 1x ini ke BeRes dan dpt pelajaran yg berati bgt. Apa memang benar tdk bs melakukan General Checkup ? dan seperti ini kelakuan manusia2 di BeRes ? Sh*t uang 200rb terbuang cuma2 tdk ada hasil dan menunggu lama.

2) Minggu sore saya ke bengkel oli dan spooring di daerah Pondok Kelapa krna kebetulan lewat dan tidak sepi2 bgt jd saya jamin itu bengkel tdk jelek.
Saya minta di cek oli mesin dan oli matiknya, alhasil oli mesin memang sdh mau hbs dan oli matic msh bs pakai kata pegawainya, jd saya melakukan ganti oli mesin saja.
Saya pakai oli Shell HX7 10/40 apakah bagus/tdk ya ? Terus oli 1gl + 1 lt 380rb benar/tdk ya ?
Saya takut dibohongi dan takut kejadian seperti di BeRes tdk dpt hasil apa2

3) Setelah lanjut ganti oli saya minta di spooring dan balancing tp ternyata tdk bs karena long tie rod 2 2 nya depan dan balljoint 2 2 nya depan harus diganti terlebih dahulu.
Apa mungkin karena faktor ini makanya stir sprti tdk stabil ya (spti pertanyaan saya diatas no.2) ?
Ada rekomendasi bengkel untuk ganti kaki-kaki tidak ya sekitar Jak Timur ? dan berapa kira2 harga longtierod dan balljoint ya ?
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 540
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Greenhunter »

1. Kalau ke beres toyota selalu auto 2000 aja, lainnya gak jelas
2. Kok 1 galon + 1 liter ? Jadi 5 liter dong, gak kebanyakan tuh ?
Untuk harga kayaknya wajar aja. Shell helix lagi ngadain promo beli 3 liter gratis 1 liter.
3. Betul., long tie rod dan balljoint oblak membuat setir gak bisa diem.
Sebaiknya segera diganti sebelum jebol., juga karena pengaruh ke ban, kan sayang kalau ban masih tebel tapi botak sebelah.
L300 kantor pernah sampai jebol, itu roda amblas masuk ke kolong, jadinya mobil langsung miring gak bisa jalan, gak tau kalo innova bisa kayak gitu atau tidak, ada juga mobil lain yang udah jeobolpun bisa tetep jalan, cuma bunyi glodakan aja plus setir gak bisa lurus.