Halo suhu2 SM
Nubie mau nanya lagi nih. Ane udah servis kaki2 Alphard yg tipe MZ MNH10 tahun 2007. Yg suspensinya bisa di.setting comfort n sport. Emang lebih empuk n nyaman drpada sebelum Servis yg keras minta ampun.
Tapi kalo lewat lubang ato jalan ga rata tetep terasa glodakan. Ane sempat nyoba Alphard temen, tipe.ASG dan ga ada settingan suspensi. Kok terasa lebih senyap n nyaman ya.
Pertanyaan ane :
1. Kira2 kalo ganti kaki2 kira2.berapa ya, kalo baca2 yg tipe adjustable shock absorber
2. Untuk yg depan dan belakang apakah pakai shock yg sama?
3. Biar lebig nyaman n ga glodakan apakah cukup cuma ganti shock saja?
Makasih suhu2 atas sarannya... hehe...
Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Sat Dec 27, 2014 3:48
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ
Kalau berasa keras ada beberapa hal yang harus diperiksa kondisinya:
1. Shock Absorber, fungsinya tinggal berapa persen. Shock depan dan belakang berbeda, harga ori yg adjustable yang depan sepasang di kisaran 12 juta, yang belakang lebih murah.
2. Ban, lihat produksi tahun berapa, walaupun kembang masih tebal tetapi elastisitas karet ban sudah berkurang dalam meredam benturan dengan permukaan jalan. Belum lagi resiko ban meledak bila dipakai perjalanan jauh.
3. Karet support/dudukan shock absorber, walaupun karet masih utuh tapi elastisitas sudah berkurang
1. Shock Absorber, fungsinya tinggal berapa persen. Shock depan dan belakang berbeda, harga ori yg adjustable yang depan sepasang di kisaran 12 juta, yang belakang lebih murah.
2. Ban, lihat produksi tahun berapa, walaupun kembang masih tebal tetapi elastisitas karet ban sudah berkurang dalam meredam benturan dengan permukaan jalan. Belum lagi resiko ban meledak bila dipakai perjalanan jauh.
3. Karet support/dudukan shock absorber, walaupun karet masih utuh tapi elastisitas sudah berkurang
Last edited by esh on Tue May 12, 2015 9:56, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ
Bener banget nihesh wrote:Kalau berasa keras ada beberapa hal yang harus diperiksa kondisinya:
1. Shock Absorber, fungsinya tinggal berapa persen
2. Ban, lihat produksi tahun berapa, walaupun kembang masih tebal tetapi elastisitas karet ban sudah berkurang dalam meredam benturan dengan permukaan jalan. Belum lagi resiko ban meledak bila dipakai perjalanan jauh.
3. Karet support/dudukan shock absorber, walaupun karet masih utuh tapi elastisitas sudah berkurang



Terutama poin 3, biasanya ga disadarin, coba dicheck dulu karet dudukannya, biasanya udh rada getas

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ
pertanyaan dari bulan april..... jangan-jangan mobilnya udah kejual.
kalo glodakan dari depan umumnya tie rod atau long tie rod. jangan buru-buru nyalahin ban.......
kalo glodakan dari depan umumnya tie rod atau long tie rod. jangan buru-buru nyalahin ban.......
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ
Kalau hanya untuk tahu tie rod dan long tie rod cukup dibawa ke tempat spooring juga langsung ketahuan.marmut wrote:pertanyaan dari bulan april..... jangan-jangan mobilnya udah kejual.
kalo glodakan dari depan umumnya tie rod atau long tie rod. jangan buru-buru nyalahin ban.......
Ada satu part lagi yang diperiksa untuk bunyi keika terkena jalan keriting, yaitu joint steer.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ
Tie rod dan toe rod end mah ngecek nya gampang... dongkrak aj ban depan trus coba d gerak2 in ban ke kiri kanan.. ad freeplay ga... trus coba tarik2 batang tie rod nya... oblak ga..
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ
Kalau di tempat spooring bisa sekalian cek karet dudukan stabilizer dan rack steering
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ
ngapain ke bengkel? sambil jalan juga ketauan kalo tie rod/long tie rod masih sehat apa enggak. kan punya telinga toh?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ
Tp ad beberapa mobil sperti panther misalnya om.... itu susah jg nentuin terot masi bagus apa kaga... wong normalnya aj setir super enteng gt... plus suara dan geteran nya ud dahsyat
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja....

