Pasar Cam Corder selama belasan - puluhan tahun dikuasai pabrikan Jepang spt Sony / Panasonic / JVC / Canon dll
Lalu zaman era memory card gede2, muncul Sanyo yg kamera segede shaver
Tapi tiba2 lately muncul kamera serba guna - heavy duty - flexible mount utk merekam aktivitas outdoor di segala alam yang tidak dimulai oleh para pembuat CamCorder tradisional selama ini, walau kamera Heavy Duty tsb konon menggunakan CMOS buatan SONY juga
Lucunya sang pionir pembuatan kamera tsb bukanlah juga mantan eksekutif persh pembuat CamCorder tradisional
Lalu didukung eksekutif (yg mungkin juga sbg salah 1 investor awal) yg mantan eksekutif Microsoft
Sesudah kamera tsb booming, barulah persh2 besar pembuat CamCoder tradisional membuat produk serupa.....tapi.....ya telaaaattt
Ini contoh teknik pemasaran para rodusen CamCorder tradisional :

Selalu berbicara spec ... spec...dan spec
Paling hanya video singkat tentang moment2 kehidupan bersama CamCorder.......tidak ada upaya terobosan utk menghasilkan produk2 yg akan membawa user kepada sebuah "pengalaman baru" dalam merekam moment2 dalam kehidupan.
Ini contoh promosi si Go Pro
Video that speaks thousands words.........
YG di bawah ini pasti akan sangat berguna bagi team Test Driver SM-ers :



Saya jadi teringat tulisan di bawah ini :
http://strategimanajemen.net/2012/09/03 ... dan-sanyo/
http://strategimanajemen.net/2015/02/23 ... ksualitas/
Di era sourcing produksi barang sangat mudah spt skg ini, orang2 yg punya ide2 hebat + dukungan investor tidak perlu punya pabrik, produksi barang bisa di outsource lewat agent produk industri (biar si agent yg tentukan produksi dimana / QC hingga shipment).
IMHO :
Persh spt Sony / Panasonic / sanyo dll butuh sosok spt Nick woodman utk memimpin divisi kamera mereka
Bagaimana menurut rekan2 mengenai fenomena ini ?
