Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by amfibi »

Pagi SMers...
Numpang bagi2 pengalaman ane dgn T30 selama di Medan & Kabanjahe :mky_01:
Semoga agak meramaikan SM yg belakangan ini rada sepi... :ungg:

Image

=======================

Beberapa hari ini ane lagi di Medan & Kabanjahe, wara wiri pake T30 punya nenek...
Pake T30 total sampe seputar 150km, campuran antara dalkot Medan - dalkot Kabanjahe - Luar kota antara Medan-Kabanjahe dengan jalur kelok2 naik bukit & pas malem jalanan no lampu serta berkabut. Jd cukuplah ane rasa buat review T30 ini :mky_02:

BTW kondisi unitnya super sehat, dgn odo 80rb KM & masih enak semua tanpa bunyi aneh2 :big_smile]
=======================

Nissan X-Trail yang ane pakai ini adalah generasi pertama yg berkode body T30, menggunakan platform Nissan FF-S yg sama dgn Almera. Di Indonesia, mobil ini diluncurkan tahun 2003 dgn dua pilihan type yaitu St dan XT.
Sebelomnya di 2002, nissan memasukkan versi built-up nya dgn mesin 2.0 AT, dgn beda grille dan AC digital :big_grin:

Image

Tampang X-trail T30 ini mengotak gagah, jauh dari kesan SUV modis buat ngemall ala T32 :mky_03:

Image

Bener2 minim garis lengkung2, serba mengotak... Ane pribadi suka bgt tampangnya, gagah ! :mky_02:

Image

Masuk ke bagian samping, tarikan garisnya tetep lurus2 dgn model sisi2 mengotak...
Ane paling suka bagian sampingnya, sampe sekarang masih keliatan modern pdhl T30 ini pertamakali muncul th. 2000 :big_grin:
Spion tambahan di samping kap mesinnya sangat membantu buat ngeliat ke samping bawah mobil, krn agak susah mprediksi bagian samping bawahnya dr balik kemudi...

Velg yg digunakan 16 inch, dibalut ban 215/65, berdesain palang 5 dengan bentuk simple, clean tp kalo mau lebih garang nampaknya harus direplace nih velg...

Image

Image

Masuk ke bagian belakang, bagian ini bener2 boxy, ga ada lekuk2 dinamis sama sekali.
Lampu belakang di pillar nya keren, jadi ganteng :mky_02:

Overall, desain T30 cocok buat orang yg suka model gagah nan macho, & ga mau keliatan metrosexual (biarpun sebenernya ini SUV metrosexual alias buat onroad) :big_grin:

==========================

Image

Masuk ke interior, disambut dengan warna abu-abu dan desain yang... Lagi-lagi berasa, spartan :big_slap:
Dashboard juga ga istimewa modelnya, cuma memang ane rasa fungsional bgt peletakan2 nya, dan bahan yg digunakan jg hard plastic yg kokoh :mky_02:

Image

Doortrim jg full hard plastic, dgn tempat buat naroh kertas/majalah di bagian bawah...

Image

Image

Image

Stir kulit nya nyaman bgt digenggam, dan diameternya pas. Di belakang stir, ada tempat laci penyimpanan yg berguna banget buat nyimpen2 barang :mky_02:
Visibilitasnya jg baik, dgn kaca gede2, spion yg ukurannya pas, dan moncong depan yg jelas keliat, dibantu lg spion tambahan di samping kap mesin...

Image

Jok depan aslinya berbahan fabric, namun di unit ini sdh dijahit MBTech... (bagian headrest yg seharusnya bolong di tengah, ini dibablas aja jaitnya jd bolongnya ketutup kulit, ngasal bgt pengerjaannya :mky_05: )
Ukurannya pas buat ane, empuk banget, dan nggak bikin baik pengemudi or penumpang sakit pinggang biarpun didudukin berjam-jam keluar kota :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Posisi duduk ala SUV, tinggi & ruang kaki & kepala lumayan luas buat ane yg 185cm/77kg :big_grin:

Image

Jok belakang juga sama nyamannya ama yg depan, cuma ruang kakinya agak sempit dibanding suv2 sekelasnya, biarpun yaaa ga sempit2 amat lah, ane tinggi 185 msh nyaman duduk di belakang dgn kaki masih bisa gerak (biarpun tentu ga bisa rebah)...

Image

Bagasi standar aja kapasitasnya, ga gitu lega dibandingin RAV4 2000 ane dulu or CR-V RD...
Di test dgn koper super gede 1, koper standar 1, kotak bika ambon isi 10pc 1, 3 kotak risol gogo yg 1 kotak isinya ratusan pc, masih muat biarpun kaca cuma keliatan 1/2 :mky_02: :mky_01:

Tempat2 penyimpanan ada cup holder 2 biji di dash, cooler 2 biji di tengah dash yg muat botol aqua 600mL, laci di belakang stir, dsb.

Nah, kelemahan dr sisi interior nya menurut subyektif ane :

Image

Bzzzzz bikin susah pengemudi aja, ketengah banget posisi nya, yg nyetir jadi susah mau mantau instrumen, malah yg bisa liat jelas penumpang belakang jadinya :big_slap:

Di sisi interior, mobil ini sesuai lah sama model luarnya, simple fungsional ga macem2...

============================

Image

Under the hood,

Image

Image

Menggunakan QR25DE 2.5L (2488cc) berkompresi 9,5:1 dengan 180hp @6000rpm & torsi 245nm @4000rpm, dipadukan transmisi 4AT & berat 1440kg, secara spek nampaknya bakal ajib punya tenaganya si T30 :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Rem depan belakang sudah discbrake 4 roda dengan ABS EBD dan BA...

Image

Image

Menganut penggerak 2WD, suspensi depan & belakang mobil ini sudah independent. Konstruksi kaki2 full independent ini tentunya bakal nyumbang kenyamanan bgt :mky_02:

============================

So, lets start the engine n, drive... :mky_02:

Image

Saat idle, mesin halus bgt & tenang tanpa suara, sangat baik buat 4 cylinder.

Lepas rem tangan, pindahkan tuas tranny ke D, n injek gas...
Respons gas & rem nya seperti seharusnya mobil kelas ini, halus ga nyentak2, ga bikin kekocok2 kabin deh :big_exellent:

Mulai manuver2, stirnya terasa ringan bgt buat SUV, meliuk2 tinggal puter dgn jari, parkir juga ga usah repot tinggal puter santai2 aja :mky_03:
Feedbacknya sendiri minim, masih berasa 'kopong', tapi maklum lah T30 kan orientasinya lebih ke kenyamanan...

Yang asik banget, tenaga dr mesin QR25DE nya nonjok sekaleeeeEEEEEEE :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Kapanpun injek gas, tenaga selalu tersedia kapanpun, overtake truk2 dijalan gampang aja pake nih mobil, di putaran bawah or atas jg mancay beneer :big_exellent:
Mau dibawa halus enak, mau tarik2an juga enak :big_love:
Tapi kalo buat dalem kota aja mah yg 2.0 kayanya lebih dari cukup... Yg 2.5 ini bensinnya kenceng banget juga :big_childish:

Sayang suara mesinnya pas dipake narik2 mah biasa aja, nothing special... :ungg:

Feel bawanya berasa besar, tapi masih oke lah lincahnya.
Kelemahannya limbung bgt nih mobil kalo buat jalan kelok2 luar kota by kondisi std, bodinya ngebuang bgt (yah suspensi empuk di SUV tinggi sih)
:big_childish:

Dari POV sebagai driver, mobil ini cocok buat yg mau mobil yg gampang bawanya, ga bikin pegel, bisa enak dibawa santai, dibawa tarik2an juga sanggup... Cruising nikmat pake T30 ini :mky_02:
Tapi kalo buat penggemar SUV yg sporty & enak disetir kenceng2 di jalan, nampaknya harus melirik yg lain kyk CRV/Forester...

============================

Sekarang dari sisi kenyamanan...

Suspensinya enak & empuk, tapi ya masih berasa khas SUV keras 'jduak jduak' nya, jd ga bisa dibandingin ama empuk sedan kyk camry/teana...
Sempat nyoba CRV RE 2010 kemaren, dibanding RE FL sih RE lebih firm, tapi jatohnya mah RE jadi lebih nyaman kl ga ada jalan jelek, lebih 'napak' gitu (imho) :big_slap:

Kualitas audio biasa aja, rada mendem tp masih layak denger sih ga sampe cempreng nggak enak gt, tp harus upgrade speaker kalo mau enak...

Kekedapan kabin baik, mesin ga masuk ke dalem suaranya, suara2 dari luar minim yg masuk, dibanding RE 2010 jg kedapan T30...
Road noise minim, sepanjang jalan senyap2 aja kabinnya :big_grin:
Peredaman atap pun bagus, pas ujan ga klontang klonteng kaya... Honda :mky_03:

Selama perjalanan baik nyetir/numpang, ga ada merasakan pegel sama sekali, jd mobil ini layak masuk ke dalem list mobil 'anti sakit pinggang' versi ane... :mky_03: :mky_03: :ngacir:

=============================

Bicara FC, waduh mobil ini giat bener minum bensin :big_cry:
Dalkotan 1:6, lukot nanjak2 1:8-9 , bensinnya isi pertamax-premium 50:50 ... Dan jarum bensin kebelet bgt pengen cepet2 turun :ungg:

T30 berusia 10 taun yg ane bawa ini sih kondisinya :
-Mekanikal sehat walafiat,
-No bunyi di kaki2nya
-Mesin ga ngelitik2
-Transmisi halus
-Bodi mulus...

Cuma 1 minus yg ane keseeeeeel banget dengernya... Yaitu,
Rattling bagasi yg udah kaya konser David Foster suaranya :big_dunno: :big_dunno: :big_dunno:
Waduh ribut banget ini rattlenya, cuma di bagasi doang tp sekalinya kena lobang2, ampe bikin kuping keberisikan sendiri... :e-snooty: :shrug:

Kalo mau cari T30 seken, yg harus diwaspadai :
-Cek kaki2 nya, ini T30 penyakitnya kaki2 udh pada glodakan
-Pastikan mesin halus & senyap
-Biasanya kompressor AC udah pada lemah
-Sisanya cek2 ala mobil bekas seperti biasa aja... :mky_01:

Sebaiknya juga cari yg type XT aja, jangan St... Harga nya sama tp di Xt dapet jok kulit, lampu super terang di atapnya (kalo sering lukot malem2 bakal seneng bgt dgn adanya nih lampu), dsb...

==============================

++++ :frm_tumbright:
-Model body macho
-Nyaman banget banget
-Kabin cukup kedap
-Tenaga berlimpah ruah

---- :shrug:
-Boros
-Boros
-Boros
-Desain kabin kurang cantik
-Rattling bagasi mengganggu bgt
-Reliabilitas agak kurang

Sekian review ane, mohon maap kalo ada salah kata, terimakasih buat yg sudah baca :mky_02: :mky_02: :mky_02:
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by adty »

Niceee review om fibi :mky_02:

Saya sebagai user T31 aja masih kepengen punya T30 ini, proporsi bentuknya lebih pas dibanding T31 yang kedodoran. Jika ada duit lebih buat beli mobil, saya akan tuker dengan: T31 FL Xtremer dan T30 XT terus didandanin biar makin macho deh :mky_03:

Ternyata rattling di bagasi penyakit bawaan dari T30 ya, soalnya T31 pun mengidap masalah yang sama. Berasa denger orkestra.

Soal tenaga mesin, saya belom pernah coba T30 2.5 sih, cuma pake C24 2.0 dengan bodi gambot gitu aja udah enak dan nonjok bener, gimana T30 ini ya. Sayang kalo C24 kehalangan bodi gambotnya bikin limbung ngeri.

Overall saya masih mengidolakan T30 sampai sekarang, little tough cruiser :cupss:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by ZombiEE »

Gak ada acara flat out nya mod fibi?
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1401
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by smgandi »

Kalau bannya diganti 215/70/16 bisa berkurang nggak ya limbungnya? Ada yang sudah coba?
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by amfibi »

adty wrote:Niceee review om fibi :mky_02:

Saya sebagai user T31 aja masih kepengen punya T30 ini, proporsi bentuknya lebih pas dibanding T31 yang kedodoran. Jika ada duit lebih buat beli mobil, saya akan tuker dengan: T31 FL Xtremer dan T30 XT terus didandanin biar makin macho deh :mky_03:

Ternyata rattling di bagasi penyakit bawaan dari T30 ya, soalnya T31 pun mengidap masalah yang sama. Berasa denger orkestra.

Soal tenaga mesin, saya belom pernah coba T30 2.5 sih, cuma pake C24 2.0 dengan bodi gambot gitu aja udah enak dan nonjok bener, gimana T30 ini ya. Sayang kalo C24 kehalangan bodi gambotnya bikin limbung ngeri.

Overall saya masih mengidolakan T30 sampai sekarang, little tough cruiser :cupss:
Makasih ooom adty :mky_02:
baik T30 or T31 kalo menurut ane cakep sih, T31 panjang bgt gitu jd keren kayak station wagon :mky_01:

Rattling bagasinya gak banget deh, udah masuk taraf mengganggu. Lagi disetirin, enak2 tidur, tau2 kebangun gara2 suara rattle yg ribut bgt :big_bored:

Kalo T31 tenaganya ga nonjok gara2 CVT ya? CVT kalem sih karakternya, kalo 4AT di T30 ini bener2 bisa meledak2 akselerasinya :mky_02: :ungg:
ZombiEE wrote:Gak ada acara flat out nya mod fibi?
Waduuu gak ada bos jembi, ngeri x ah SUV gini, ane cuma pedal to the floor aja :big_childish:
smgandi wrote:Kalau bannya diganti 215/70/16 bisa berkurang nggak ya limbungnya? Ada yang sudah coba?
Kalo 215/70 mah berarti makin tebel = makin limbung atuh om, kan aslinya 65 :mky_01:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by sandal »

Wew
Ada ripiu T30 nih...
Mantep :big_grin:

Jadi keinget T30 versi nismo 2.0 MT rare item jadi kepingin :mky_01:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by imingwahyudi »

Review dan fotosut yang cakep :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

*sedia alat kulam b****g di bima :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:



XTRAIL ini emang tenaganya gila, top gear indo pada jamannya anugerahi mobil ini sebagai mobil dengan tenaga paling besar <250 juta (please cmiiw, lupa lupa inget :mky_01: )

cuma sayang kaki kakinya horror :big_chicken: :big_slap:
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by adty »

amfibi wrote:
Makasih ooom adty :mky_02:
baik T30 or T31 kalo menurut ane cakep sih, T31 panjang bgt gitu jd keren kayak station wagon :mky_01:

Rattling bagasinya gak banget deh, udah masuk taraf mengganggu. Lagi disetirin, enak2 tidur, tau2 kebangun gara2 suara rattle yg ribut bgt :big_bored:

Kalo T31 tenaganya ga nonjok gara2 CVT ya? CVT kalem sih karakternya, kalo 4AT di T30 ini bener2 bisa meledak2 akselerasinya :mky_02: :ungg:
Iya om kehalangan sama CVTnya, padahal sih kenceng ya kenceng juga. Sisi positifnya ya nyetir sampe 160 juga ga berasa lagi ngebut, jadi ibu negara ga ngomel2 :mky_03:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by sintoni »

Mantep om.

Saya sendiri user T30 2005 dari baru sampai skrg masih ada mobilnya. Udah 85rb km.

Emang tenaga sama mesin mobil ini ga ada masalah. Tenaga masih lancar jaya jg.

Kelemahan cuman rattling bagasi sih, sama suspensi depan gladak gluduk. Setir jg hampir ga ada feedback, ane rasa karena bushing stabilizernya yg rusak. Mau ganti sayang soalnya harga part batumakam ini super mahal.

Cat sudah mbulak sih, sudah mati kalo ane bilang, dipoles aja ga berubah sama sekali.

Kalo konsumsi BBM sih 7km/l pake full premios.

Mau dijual sayang soalnya harganya bener2 jatuh, kalo ane bilang 95-100 jt aja sudah mantap.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: RE: Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by amfibi »

sintoni wrote:Mantep om.

Saya sendiri user T30 2005 dari baru sampai skrg masih ada mobilnya. Udah 85rb km.

Emang tenaga sama mesin mobil ini ga ada masalah. Tenaga masih lancar jaya jg.

Kelemahan cuman rattling bagasi sih, sama suspensi depan gladak gluduk. Setir jg hampir ga ada feedback, ane rasa karena bushing stabilizernya yg rusak. Mau ganti sayang soalnya harga part batumakam ini super mahal.

Cat sudah mbulak sih, sudah mati kalo ane bilang, dipoles aja ga berubah sama sekali.

Kalo konsumsi BBM sih 7km/l pake full premios.

Mau dijual sayang soalnya harganya bener2 jatuh, kalo ane bilang 95-100 jt aja sudah mantap.
Wah makasih udh bagi" pengalaman om :mky_02:

Mobilnya pernah rusak apa aja om?
Harganya sih sebenernya ga gitu jeblok kalo kata ane, soalnya suv2 sekelas taun 2005 jg udh ada segituan :mky_01:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: RE: Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by amfibi »

sandal wrote:Wew
Ada ripiu T30 nih...
Mantep :big_grin:

Jadi keinget T30 versi nismo 2.0 MT rare item jadi kepingin :mky_01:
Makasih bro :D

Iya tuh, coba kalo 2.5 MT, pasti manteb kuadrat 3 :mky_02:
imingwahyudi wrote:Review dan fotosut yang cakep :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

*sedia alat kulam b****g di bima :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:



XTRAIL ini emang tenaganya gila, top gear indo pada jamannya anugerahi mobil ini sebagai mobil dengan tenaga paling besar <250 juta (please cmiiw, lupa lupa inget :mky_01: )

cuma sayang kaki kakinya horror :big_chicken: :big_slap:
Thankies mingkies :mky_03:

Iya kaki2nya kalo udh odo 6digit, rawan bunyi sana sini :ungg:
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by lawyerone »

Wahhh ane baru tau interior T30 kayak begitu. Tacho Speedo dll ada di tengah dashboard ya??? Unik banget yaaaa

Ane kira modelnya biasa aja loh padahal (ane cuman pernah masuk Xtrail yang baru soalnya, bawa punya kakak ane), jadi ane kira yang lama mestinya ga beda jauh sama yang baru. Apakah yang T31 juga begini?


Great review btw om
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by adty »

lawyerone wrote:Wahhh ane baru tau interior T30 kayak begitu. Tacho Speedo dll ada di tengah dashboard ya??? Unik banget yaaaa

Ane kira modelnya biasa aja loh padahal (ane cuman pernah masuk Xtrail yang baru soalnya, bawa punya kakak ane), jadi ane kira yang lama mestinya ga beda jauh sama yang baru. Apakah yang T31 juga begini?


Great review btw om
T31 udah kembali ke belakang setir om speedonya
Penikmat roti tawar beroda
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by lawyerone »

adty wrote:
lawyerone wrote:Wahhh ane baru tau interior T30 kayak begitu. Tacho Speedo dll ada di tengah dashboard ya??? Unik banget yaaaa

Ane kira modelnya biasa aja loh padahal (ane cuman pernah masuk Xtrail yang baru soalnya, bawa punya kakak ane), jadi ane kira yang lama mestinya ga beda jauh sama yang baru. Apakah yang T31 juga begini?


Great review btw om
T31 udah kembali ke belakang setir om speedonya

Ohhh jadi yang unik cuman si T30 ini doang ya????

Cakep ya jadinya, ada feel yang rasanya "gimana" gitu.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: RE: Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by sintoni »

amfibi wrote:
sintoni wrote:Mantep om.

Saya sendiri user T30 2005 dari baru sampai skrg masih ada mobilnya. Udah 85rb km.

Emang tenaga sama mesin mobil ini ga ada masalah. Tenaga masih lancar jaya jg.

Kelemahan cuman rattling bagasi sih, sama suspensi depan gladak gluduk. Setir jg hampir ga ada feedback, ane rasa karena bushing stabilizernya yg rusak. Mau ganti sayang soalnya harga part batumakam ini super mahal.

Cat sudah mbulak sih, sudah mati kalo ane bilang, dipoles aja ga berubah sama sekali.

Kalo konsumsi BBM sih 7km/l pake full premios.

Mau dijual sayang soalnya harganya bener2 jatuh, kalo ane bilang 95-100 jt aja sudah mantap.
Wah makasih udh bagi" pengalaman om :mky_02:

Mobilnya pernah rusak apa aja om?
Harganya sih sebenernya ga gitu jeblok kalo kata ane, soalnya suv2 sekelas taun 2005 jg udh ada segituan :mky_01:
Hmm. Rasanya sih cuma kaki2 aja yg masalah sih pak. Udah males lg dicek, dibiarin aja. Perna dibawa ke bengkel resmi, ngmg keluhan geruduk2 sana sini, orangnya rasanya sudah ngeh, suru ganti depan belakang full set kaki2 sekitar belasan juta.

Ini skrg bearing depan jg udah harus ganti rasanya, soalnya tiap x jalan keluar bunyii ngiiing gt. Hahaha.

Kalo engine sih ga masalah.

Agak ancur loh om, secara kayak CRV 2005 masi diatas 110an belom kayak Fortuner yg emang ladder frame sih masih bertahan.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: RE: Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by amfibi »

sintoni wrote:
amfibi wrote:
sintoni wrote:Mantep om.

Saya sendiri user T30 2005 dari baru sampai skrg masih ada mobilnya. Udah 85rb km.

Emang tenaga sama mesin mobil ini ga ada masalah. Tenaga masih lancar jaya jg.

Kelemahan cuman rattling bagasi sih, sama suspensi depan gladak gluduk. Setir jg hampir ga ada feedback, ane rasa karena bushing stabilizernya yg rusak. Mau ganti sayang soalnya harga part batumakam ini super mahal.

Cat sudah mbulak sih, sudah mati kalo ane bilang, dipoles aja ga berubah sama sekali.

Kalo konsumsi BBM sih 7km/l pake full premios.

Mau dijual sayang soalnya harganya bener2 jatuh, kalo ane bilang 95-100 jt aja sudah mantap.
Wah makasih udh bagi" pengalaman om :mky_02:

Mobilnya pernah rusak apa aja om?
Harganya sih sebenernya ga gitu jeblok kalo kata ane, soalnya suv2 sekelas taun 2005 jg udh ada segituan :mky_01:
Hmm. Rasanya sih cuma kaki2 aja yg masalah sih pak. Udah males lg dicek, dibiarin aja. Perna dibawa ke bengkel resmi, ngmg keluhan geruduk2 sana sini, orangnya rasanya sudah ngeh, suru ganti depan belakang full set kaki2 sekitar belasan juta.

Ini skrg bearing depan jg udah harus ganti rasanya, soalnya tiap x jalan keluar bunyii ngiiing gt. Hahaha.

Kalo engine sih ga masalah.

Agak ancur loh om, secara kayak CRV 2005 masi diatas 110an belom kayak Fortuner yg emang ladder frame sih masih bertahan.
Waduh, parts kaki2 nissan emang rada mahal ya, trus konstruksi kaki2nya ane perhatiin cukup complex... :big_childish:
Kalo bearing mah ga sampe sejuta kelar :big_grin:

CRV bukannya barunya dulu juga rada diatas x-trail om? :mky_01:
lawyerone wrote:Wahhh ane baru tau interior T30 kayak begitu. Tacho Speedo dll ada di tengah dashboard ya??? Unik banget yaaaa

Ane kira modelnya biasa aja loh padahal (ane cuman pernah masuk Xtrail yang baru soalnya, bawa punya kakak ane), jadi ane kira yang lama mestinya ga beda jauh sama yang baru. Apakah yang T31 juga begini?


Great review btw om
Thx om lawyerone :mky_02:

T31 kyk kata om adty, balik ke belakang stir hehe... Opini pribadi ane sih agak aneh speedo tengah di T30 ini, gede bgt ukurannya trus terlalu ke center fokusnya, jd malah penumpang yg bisa mantau instrumen dgn jelas :big_childish:
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: RE: Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by lawyerone »

amfibi wrote: Thx om lawyerone :mky_02:

T31 kyk kata om adty, balik ke belakang stir hehe... Opini pribadi ane sih agak aneh speedo tengah di T30 ini, gede bgt ukurannya trus terlalu ke center fokusnya, jd malah penumpang yg bisa mantau instrumen dgn jelas :big_childish:

Haha, iya sih buat drivernya pasti aneh. Cuman kalo sekilas liat tuh unik banget yakan, ga ada mobil lain yang posisinya seperti itu? Haha

Terus secara looks ane juga lebih prefer si T30 ini ketimbang T31. Bahkan kalo menurut ane soal bentuk T30 ga kalah sama T32. Cuman iya sih, soal interior udah jauh banget sama T32 hehe. Tapi nice car om!
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by sintoni »

Wihh, ga tau om kalo harga crv dulu diatas xtrail atau ga. Tapi seinget ane pas dulu ambil mobil ini taun 2005, sekitar 265 juta kalo ga salah.

Letak clusternya xtrail unik sih emang, mirip pios ama yaris gen1 letaknya di tengah. Tapi kalo udah nyetir ga kerasa ganggu kol, biasa aja malahan. :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by ChZ »

sintoni wrote:Wihh, ga tau om kalo harga crv dulu diatas xtrail atau ga. Tapi seinget ane pas dulu ambil mobil ini taun 2005, sekitar 265 juta kalo ga salah.

Letak clusternya xtrail unik sih emang, mirip pios ama yaris gen1 letaknya di tengah. Tapi kalo udah nyetir ga kerasa ganggu kol, biasa aja malahan. :ngacir:
X-Trail dan CR-V taon segitu harganya beda tipis thok. Malah cenderung murah CR-V.

Wong CR-V gen.3 2.4 pertama keluar itu 298juta X-Trail T30 2.5 XT malah 300 lebih dikit. Pernah baca di AutoBrosur taon 2007.

Taon 2009 malah disalip CR-V harganya T31.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by madcat015 »

Ahhhhh... nais ripiu dok...

T30 jaman dulu mah ganteng nya maksimal ke mana2... Pun fitur dan spek ajib... CRV RD6? lewat... hingga Honda memutuskan utk pasang mesin 2.4 liter dan pasang kursi triplek di bagasi yang menjijikkan itu...

Dan keluarin varian Premiere Edishoooon... :big_biglaugh:

Salah satu SUV Nissan yang ane hormati dan apresiasi, T30... good car... rubbish FC... all those power must drink something called gasoline... lot of them... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: RE: Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by amfibi »

lawyerone wrote:
amfibi wrote: Thx om lawyerone :mky_02:

T31 kyk kata om adty, balik ke belakang stir hehe... Opini pribadi ane sih agak aneh speedo tengah di T30 ini, gede bgt ukurannya trus terlalu ke center fokusnya, jd malah penumpang yg bisa mantau instrumen dgn jelas :big_childish:

Haha, iya sih buat drivernya pasti aneh. Cuman kalo sekilas liat tuh unik banget yakan, ga ada mobil lain yang posisinya seperti itu? Haha

Terus secara looks ane juga lebih prefer si T30 ini ketimbang T31. Bahkan kalo menurut ane soal bentuk T30 ga kalah sama T32. Cuman iya sih, soal interior udah jauh banget sama T32 hehe. Tapi nice car om!
Hehehe kalo bentuk sih ane demen T30 T31 22nya, T32 ntah kenapa ga gitu napsu liatnya, jadi kayak CRV ditempel logo nissan... :ungg:
Nah interiornya itu tuh, sejak T31 jd mewah bahan2nya, di T32 jg jd stylish. T30 desainnya biasa bgt dalemnya, bahan jg plastic semua :mky_01:
madcat015 wrote:Ahhhhh... nais ripiu dok...

T30 jaman dulu mah ganteng nya maksimal ke mana2... Pun fitur dan spek ajib... CRV RD6? lewat... hingga Honda memutuskan utk pasang mesin 2.4 liter dan pasang kursi triplek di bagasi yang menjijikkan itu...

Dan keluarin varian Premiere Edishoooon... :big_biglaugh:

Salah satu SUV Nissan yang ane hormati dan apresiasi, T30... good car... rubbish FC... all those power must drink something called gasoline... lot of them... :ngacir:
Makasih om kucing :cupss:

Betuul, ampe penjualan CRV pas selama 2004 langsung jeblok, cuma 6700 vs xtrail yg 7100 unit... :mky_03:

Selama bensinnya belom ampe E sih bakal lupa ini mobil boros bgt, yg ada malah keenakan sendiri ama tenaganya yg guaraaang bgt :big_biglaugh:
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by lawyerone »

@om amfibi

Ahahaha, iya T30 agak polos yaaa kayak dashboard mobil tua. Cuman tetep aja terkesan unik dan classic.

Soal model ane ga gitu demen T31 lohh, menurut ane nanggung gitu. Mau classic, nggak. Mau model mobil futuristik juga nggak. berasa mobil klask ditambah pernak pernik, jadinya ane ga gitu demen.

Setuju banget sama interior T32. Ane pertama masuk itu mobil (belom bawa, masih disupirin) aja udah jatuh cinta banget. Yaaa walaupun bukan dashboard yang pake softpad bertebaran di semua sudut, cuman yah udah oke lahh yaaa. Habis itu mainannya itu loh, birdview dll. Terkesan wahh.


Cuman tetep, soal model exterior T30 dong yaaa haha
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1401
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by smgandi »

T30 pernah mengalami FL dashboard yang di Indo baru terjadi des 2006 untuk mengimbangi si ar pi RE. Padahal aslinya nih FL sudah ada sejak 2003.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by sintoni »

Ahh, masa sih tenaga T30 garang? :twisted:

Ane pake biasa2 aja. :weekk:






:ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review T30 Nissan X-TRAIL St A/T 2005

Post by ChZ »

sintoni wrote:Ahh, masa sih tenaga T30 garang? :twisted:

Ane pake biasa2 aja. :weekk:






:ngacir: :ngacir:
Lebih garang yasir lele ya?

Bisa ngasapin 458 Italia ngisi bensin

:ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7