Numpang bagi2 pengalaman ane dgn T30 selama di Medan & Kabanjahe

Semoga agak meramaikan SM yg belakangan ini rada sepi...


=======================
Beberapa hari ini ane lagi di Medan & Kabanjahe, wara wiri pake T30 punya nenek...
Pake T30 total sampe seputar 150km, campuran antara dalkot Medan - dalkot Kabanjahe - Luar kota antara Medan-Kabanjahe dengan jalur kelok2 naik bukit & pas malem jalanan no lampu serta berkabut. Jd cukuplah ane rasa buat review T30 ini

BTW kondisi unitnya super sehat, dgn odo 80rb KM & masih enak semua tanpa bunyi aneh2
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
=======================
Nissan X-Trail yang ane pakai ini adalah generasi pertama yg berkode body T30, menggunakan platform Nissan FF-S yg sama dgn Almera. Di Indonesia, mobil ini diluncurkan tahun 2003 dgn dua pilihan type yaitu St dan XT.
Sebelomnya di 2002, nissan memasukkan versi built-up nya dgn mesin 2.0 AT, dgn beda grille dan AC digital


Tampang X-trail T30 ini mengotak gagah, jauh dari kesan SUV modis buat ngemall ala T32


Bener2 minim garis lengkung2, serba mengotak... Ane pribadi suka bgt tampangnya, gagah !


Masuk ke bagian samping, tarikan garisnya tetep lurus2 dgn model sisi2 mengotak...
Ane paling suka bagian sampingnya, sampe sekarang masih keliatan modern pdhl T30 ini pertamakali muncul th. 2000

Spion tambahan di samping kap mesinnya sangat membantu buat ngeliat ke samping bawah mobil, krn agak susah mprediksi bagian samping bawahnya dr balik kemudi...
Velg yg digunakan 16 inch, dibalut ban 215/65, berdesain palang 5 dengan bentuk simple, clean tp kalo mau lebih garang nampaknya harus direplace nih velg...


Masuk ke bagian belakang, bagian ini bener2 boxy, ga ada lekuk2 dinamis sama sekali.
Lampu belakang di pillar nya keren, jadi ganteng

Overall, desain T30 cocok buat orang yg suka model gagah nan macho, & ga mau keliatan metrosexual (biarpun sebenernya ini SUV metrosexual alias buat onroad)

==========================

Masuk ke interior, disambut dengan warna abu-abu dan desain yang... Lagi-lagi berasa, spartan

Dashboard juga ga istimewa modelnya, cuma memang ane rasa fungsional bgt peletakan2 nya, dan bahan yg digunakan jg hard plastic yg kokoh


Doortrim jg full hard plastic, dgn tempat buat naroh kertas/majalah di bagian bawah...



Stir kulit nya nyaman bgt digenggam, dan diameternya pas. Di belakang stir, ada tempat laci penyimpanan yg berguna banget buat nyimpen2 barang

Visibilitasnya jg baik, dgn kaca gede2, spion yg ukurannya pas, dan moncong depan yg jelas keliat, dibantu lg spion tambahan di samping kap mesin...

Jok depan aslinya berbahan fabric, namun di unit ini sdh dijahit MBTech... (bagian headrest yg seharusnya bolong di tengah, ini dibablas aja jaitnya jd bolongnya ketutup kulit, ngasal bgt pengerjaannya

Ukurannya pas buat ane, empuk banget, dan nggak bikin baik pengemudi or penumpang sakit pinggang biarpun didudukin berjam-jam keluar kota



Posisi duduk ala SUV, tinggi & ruang kaki & kepala lumayan luas buat ane yg 185cm/77kg


Jok belakang juga sama nyamannya ama yg depan, cuma ruang kakinya agak sempit dibanding suv2 sekelasnya, biarpun yaaa ga sempit2 amat lah, ane tinggi 185 msh nyaman duduk di belakang dgn kaki masih bisa gerak (biarpun tentu ga bisa rebah)...

Bagasi standar aja kapasitasnya, ga gitu lega dibandingin RAV4 2000 ane dulu or CR-V RD...
Di test dgn koper super gede 1, koper standar 1, kotak bika ambon isi 10pc 1, 3 kotak risol gogo yg 1 kotak isinya ratusan pc, masih muat biarpun kaca cuma keliatan 1/2


Tempat2 penyimpanan ada cup holder 2 biji di dash, cooler 2 biji di tengah dash yg muat botol aqua 600mL, laci di belakang stir, dsb.
Nah, kelemahan dr sisi interior nya menurut subyektif ane :

Bzzzzz bikin susah pengemudi aja, ketengah banget posisi nya, yg nyetir jadi susah mau mantau instrumen, malah yg bisa liat jelas penumpang belakang jadinya

Di sisi interior, mobil ini sesuai lah sama model luarnya, simple fungsional ga macem2...
============================

Under the hood,


Menggunakan QR25DE 2.5L (2488cc) berkompresi 9,5:1 dengan 180hp @6000rpm & torsi 245nm @4000rpm, dipadukan transmisi 4AT & berat 1440kg, secara spek nampaknya bakal ajib punya tenaganya si T30



Rem depan belakang sudah discbrake 4 roda dengan ABS EBD dan BA...


Menganut penggerak 2WD, suspensi depan & belakang mobil ini sudah independent. Konstruksi kaki2 full independent ini tentunya bakal nyumbang kenyamanan bgt

============================
So, lets start the engine n, drive...


Saat idle, mesin halus bgt & tenang tanpa suara, sangat baik buat 4 cylinder.
Lepas rem tangan, pindahkan tuas tranny ke D, n injek gas...
Respons gas & rem nya seperti seharusnya mobil kelas ini, halus ga nyentak2, ga bikin kekocok2 kabin deh

Mulai manuver2, stirnya terasa ringan bgt buat SUV, meliuk2 tinggal puter dgn jari, parkir juga ga usah repot tinggal puter santai2 aja

Feedbacknya sendiri minim, masih berasa 'kopong', tapi maklum lah T30 kan orientasinya lebih ke kenyamanan...
Yang asik banget, tenaga dr mesin QR25DE nya nonjok sekaleeeeEEEEEEE




Kapanpun injek gas, tenaga selalu tersedia kapanpun, overtake truk2 dijalan gampang aja pake nih mobil, di putaran bawah or atas jg mancay beneer

Mau dibawa halus enak, mau tarik2an juga enak

Tapi kalo buat dalem kota aja mah yg 2.0 kayanya lebih dari cukup... Yg 2.5 ini bensinnya kenceng banget juga

Sayang suara mesinnya pas dipake narik2 mah biasa aja, nothing special...

Feel bawanya berasa besar, tapi masih oke lah lincahnya.
Kelemahannya limbung bgt nih mobil kalo buat jalan kelok2 luar kota by kondisi std, bodinya ngebuang bgt (yah suspensi empuk di SUV tinggi sih)

Dari POV sebagai driver, mobil ini cocok buat yg mau mobil yg gampang bawanya, ga bikin pegel, bisa enak dibawa santai, dibawa tarik2an juga sanggup... Cruising nikmat pake T30 ini

Tapi kalo buat penggemar SUV yg sporty & enak disetir kenceng2 di jalan, nampaknya harus melirik yg lain kyk CRV/Forester...
============================
Sekarang dari sisi kenyamanan...
Suspensinya enak & empuk, tapi ya masih berasa khas SUV keras 'jduak jduak' nya, jd ga bisa dibandingin ama empuk sedan kyk camry/teana...
Sempat nyoba CRV RE 2010 kemaren, dibanding RE FL sih RE lebih firm, tapi jatohnya mah RE jadi lebih nyaman kl ga ada jalan jelek, lebih 'napak' gitu (imho)

Kualitas audio biasa aja, rada mendem tp masih layak denger sih ga sampe cempreng nggak enak gt, tp harus upgrade speaker kalo mau enak...
Kekedapan kabin baik, mesin ga masuk ke dalem suaranya, suara2 dari luar minim yg masuk, dibanding RE 2010 jg kedapan T30...
Road noise minim, sepanjang jalan senyap2 aja kabinnya

Peredaman atap pun bagus, pas ujan ga klontang klonteng kaya... Honda

Selama perjalanan baik nyetir/numpang, ga ada merasakan pegel sama sekali, jd mobil ini layak masuk ke dalem list mobil 'anti sakit pinggang' versi ane...



=============================
Bicara FC, waduh mobil ini giat bener minum bensin

Dalkotan 1:6, lukot nanjak2 1:8-9 , bensinnya isi pertamax-premium 50:50 ... Dan jarum bensin kebelet bgt pengen cepet2 turun

T30 berusia 10 taun yg ane bawa ini sih kondisinya :
-Mekanikal sehat walafiat,
-No bunyi di kaki2nya
-Mesin ga ngelitik2
-Transmisi halus
-Bodi mulus...
Cuma 1 minus yg ane keseeeeeel banget dengernya... Yaitu,
Rattling bagasi yg udah kaya konser David Foster suaranya



Waduh ribut banget ini rattlenya, cuma di bagasi doang tp sekalinya kena lobang2, ampe bikin kuping keberisikan sendiri...


Kalo mau cari T30 seken, yg harus diwaspadai :
-Cek kaki2 nya, ini T30 penyakitnya kaki2 udh pada glodakan
-Pastikan mesin halus & senyap
-Biasanya kompressor AC udah pada lemah
-Sisanya cek2 ala mobil bekas seperti biasa aja...

Sebaiknya juga cari yg type XT aja, jangan St... Harga nya sama tp di Xt dapet jok kulit, lampu super terang di atapnya (kalo sering lukot malem2 bakal seneng bgt dgn adanya nih lampu), dsb...
==============================
++++

-Model body macho
-Nyaman banget banget
-Kabin cukup kedap
-Tenaga berlimpah ruah
----

-Boros
-Boros
-Boros
-Desain kabin kurang cantik
-Rattling bagasi mengganggu bgt
-Reliabilitas agak kurang
Sekian review ane, mohon maap kalo ada salah kata, terimakasih buat yg sudah baca


