Jaga Kelancaran Arus dari Aki ke Dinamo Starter

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Jaga Kelancaran Arus dari Aki ke Dinamo Starter

Post by handling »

Sebagai pengendara tentu kita akan merasa terganggu bila setiap kali hendak menghidupkan mobil, mesin selalu sulit di-starter. Awal yang tak menyenangkan. Apalagi bila mesin baru bisa di-starter jika mobil didorong terlebih dulu.

Seperti yang dialami seorang customer. Mobilnya sulit di-starter. Perlu didorong sedikit setelah memutar kunci kontak ke posisi ?START?. Anehnya, kesulitan itu hanya terjadi pada saat mesin panas. Bila mesin dalam kondisi dingin, jauh lebih mudah. Padahal, aki dan motor starter baik-baik saja. Baru diservis malah.

Setelah diperiksa, ternyata sumber masalah ada pada sambungan kabel-kabel dari aki ke dinamo starter. Kabel-kabel ini tidak bisa secara maksimal menyalurkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Akibatnya, dinamo tidak mau berputar.

Pada umumnya, penyebab yang memicu dinamo tidak mau berputar adalah:
1. Hubungan persambungan pada ujung-ujung kabel yang kurang bagus (kendor, dan atau kotor).
2. Nilai hambatan kabel tersebut tinggi karena panas berlebih.
3. Korsleting, yang pada akhirnya dapat menimbulkan panas pada kabel-kabel tersebut. Dan, mengakibatkan arus dari aki tidak mengalir ke dinamo starter.

Karena itu, selain merawat kondisi aki dan motor starter, komponen lain yang perlu diperhatikan dalam kaitan merawat sistem starter adalah: kondisi kabel-kabel. Pertama, ikatan kabel-kabel baik ke aki maupun ke dinamo starter harus kuat. Kedua, lindungi kabel-kabel tersebut dari kemungkinan bersentuhan dengan blok mesin maupun komponen-komponen panas.

Jadi, memeriksa kondisi air aki agar jangan sampai kurang atau berlebihan, memeriksa dinamo starter secara periodik masih belum cukup. Perlu diperhatikan juga perihal bagaimana kondisi kabel-kabel dalam menghantarkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Masalah pada kabel-kabel ini memang jarang terjadi pada mobil-mobil yang relatif masih muda.

Sebab, semakin tua usia mobil, kabel-kabel biasanya mulai bermasalah. Misalnya, isolasi kabel mulai mengeras, serabut-serabutnya putus, dan berkerak. Pada kasus sistem starter, kondisi inilah yang menghambat kabel dalam mengalirkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Karena arus listrik terhambat, armature dan pinion gear (bagian di dinamo starter yang berguna untuk menghasilkan putaran) tidak dapat berputar.
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah thanks ata info nya pak handling,mungkin tanda tanda juga tuh harus dijual kekekke jk jk jk

iya kasihan kabel nya kalo udah tua kena panas terus
User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Post by whitewolf »

Wah... kalo memeriksa kabel2 gitu apa gak susah ya? Sampai masuk2 ke dalem gitu.. :P .
Oya.. armature itu apa ya?
Btw, kok di form S&R.. apa gak salah tempat nih? :)
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

whitewolf wrote: Btw, kok di form S&R.. apa gak salah tempat nih? :)
Iya nih.....
"Who bothers to cook TV dinners? I suck them frozen." ~ Woody Allen
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2492
Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD

Post by WiraSoenaryo »

Saya pindah ke forum umum dari forum S&R :)
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Post by whitewolf »

Kagak ada yang jawab ya? "Armature" itu apa ya?
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

armature itu bagian dari koil...CMIIW
Image
User avatar
valve
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50

Post by valve »

hahahaha.. jadi inget, mobil VW ku pernah mogok g bisa distarter,, dan males nyari orang bwat ngedorong.. Aku nyetarter ambil baca komik,,
Cengg eng eng eng...
Cengg eng eng eng...
Cengg eng eng eng... (dilakukan ampe berulang-ulang lbh dari 20X)

Pas sadar dari sibuk membaca komik,, ternyata di dalam mobilku dah dipenuhi dengan asap (and i mean lots of'em)!! Kaget akuu,, pas diliat emang karet di kabelnya ampe kebakar!!

Wuih pas manggil mekanik, ternyata masalahnya bensin habis-bis!!
Huahuauha,, Parah...
Tapi emang bener seeh, biasanya mobil tua, sistem perkabelannya ada yang terkelupas, ato kotor karena debu, sehingga menjadi penghalang..
Musti dibersihkan pake sikat gigi aku seeh..
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..