Masalah pada Kijang Innova

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Joe_Black
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Thu Mar 24, 2005 9:19

Masalah pada Kijang Innova

Post by Joe_Black »

> > Berikut ini ada sharing dari seorang kawan kita
> pemakai mobil berbandrol
> > TOYOTA KIJANG Innova
> > Jhonny (kawan kita) baru saja membeli mobil gres
> TOYOTA KIJANG Innova thn 2005
> pada
> > akhir februari, type V> >
> > Sehari setelah sampai dirumah, dengan riangnya sang
> istri
> > menyambut kedatangan mobil baru tersebut, alhasil
> mobil tersebut dicoba
> > bersama sang anak.
> > Namun Anehnya mobil tersebut tidak seperti yang
> diharapkan oleh sang
> istri,
> > mobil tersebut mengalami gangguan mesin yang
> sangat fatal, yaitu mobil
> > tersebut tidak dapat dilakukan pindah gigi dari 1
> menuju ke gigi 2, maka
> > yang terjadi mobil tsb loncat ke gigi 3.
> >
> > Besokannya sang istri bersama jhonny pergi ke
> salah satu bengkel auto 2000
> > yang terdekat (bengkel resmi), dengan berasumsi
> mobil tersebut masih dalam
> > masa garansi. Tetapi pada waktu kawan kita
> complain ke mekaniknya, dengan
> > mengatakan bahwa mobil tsb tidak bisa pindah ke
> gigi 2 dan langsung ke
> gigi
> > 3 , maka sang mekanik (cecep, kepala montir) hanya
> bengong dan tidak
> > merespon
> > sambil mengerjakan mobil lainnya , kesal dan geram
> menjadi satu seketika
> itu
> > juga saat montir tersebut terus tidak acuh.
> >
> > Merasa di cueikin akhirnya kawan kita membentak
> montir tersebut dan minta
> > penjelasan mengapa di bengkel sebesar ini (auto
> 2000) konsumen diacuhkan
> > complainya, maka dengan muka sedikit bersabar
> > serta tanpa dosa sang montir mengatakan itu sudah
> resiko bapak memilih
> > kijang, kontan saja jhonny
> > makin naik darah,

"khan bapak sudah tahu
> ..lanjut sang montir, di tv serta di koran
> > juga sudah dijelaskan kalau kijang MEMANG TIADA
> DUA-NYA ...... (jadi dari
> > gigi ke 1 dan langsung gigi ke 3, 4 dan 5)
> >
> > he....he...he..serius amat bacanya.
> > ketawanya jangan keras2

Disadur dari milis lain - edited seperlunya.. untuk intermezzo aja.. :lol: :lol: :lol:
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

ketipu dah gue....ha.h.a.ha..h.a..a.h.a.
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

huahuhauhauh gua baca atas nya aja udah tau,ngak bisa pindah dari gigi 1 ke 2 langsung loncat ke 3,kijang memang tiada duanya hahahahhaha
AntonYW
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sun May 25, 2003 2:03

Post by AntonYW »

Walah2 gw baca serius eh ternyata cuman guyonan huehehehehe... Good job! Buat ngelepas ketegangan hehehe...
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Mumpung threadnya sudah di buka, bung Mpoezz, why don't U continue and post here, update kita abt masalah Innova anda yang ban / steering itu. Sudah selesai belum ? What went wrong ? Supaya kita semua bisa belajar, ambil experience abt car issues.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ok deh pak szli saya mulai aja innova saya g matci konsumsi bensi nya 1:7 dan 1:8 sekitar itu lah hehehehe

kalo masalah stering itu sama toyota sih udah diselesaikan biar pun masih terasa di setir katanya auto 2000 normal,kebetulan saya ntar mau coba test drive mobil nya mereka apa kah normal.

kalo transmisi a/t nya innova lumayan untuk mobil harga segitu.cuman untuk kick down nya ngak seresfonsif bmw bahkan jeep ceroke yang 94.
mungkin ini supaya yang punya innova ngak sering kick down ntar mobil nya boros hahahahah

oh iya mobil saya juga kalo lewat jalan2 kasar ada bunyi2 dikit di dashboard dan pintu sebelah kanan
tapi secara keseluruhan lumayan lah innova ini
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Wah ! Jangan bedain ama BMW lah ! Those are ex-nazis man ! (no offense to BMW, just kidding !)

Yah, jangan denggar omongan orang bengkel gitu saja. Jewer kupingnya dan tarik ke unit Innova yang stock di dealer. Test drive sama sama. Baru semua puas sudah beres belum.

This is Indonesia, takutnya bukan hanya doctor / rumah sakit, dealer / bengkel bisa saja MAL-PRAKTEK loh ! Don't be a victim !
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

mpoezz wrote:uman untuk kick down nya ngak seresfonsif bmw bahkan jeep ceroke yang 94.
bung mpoezz, maksud gak responsifnya karena ada jeda waktu perpindahan gigi atau setelah pindah gigi tarikannya kurang yahud?
maksud bung mpoezz yang mana? atau memang 22nya..ha.h.ah.a.ha..a...
Image
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Saya sudah coba mobil saudara saya punya BMW X5 3.0 (or is it 3.3 ?) Meskipun powerful, tapi juga ada sedikit lag antara injak gas ama mobilnya maju depan.

Artinya Bung Mpoezz pasti mirip ini. Injak gas, ada sedikit delay sebelum berasa mobilnya maju. Dan tentu banding BMW, that Innova engine tarikannya pasti juga ngak sedasyat.

Dan bung Mpoezz pasti lagi sedikit berdoa, mudah mudahan tidak ada Fortuner murah yang harganya dekat ama Innova. Bisa iri nanti, seperti jika besok Mr. Conan lewat saya dengan c25 gresnya dan pamer mesinnya, buka tutup pintu sliding yang lebih besar itu, dan duduk di baris 2 dan maksa bangkunya slide sideways dengan goyang pinggulnya Inul style.

Jika di imagine ala cartoon scene di atas, lucu juga yah ? Mr. Conan dancing in his c25 row 2.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

tarikan nya waktu mau kick down kurang enak gitu,jadi pedal gas harus diinjek sampe mentok baru gas nya naik dan kick down dia.

malah kalo jalan biasa lebih enak pake 3 rpm nya naik 500,kalo di bmw S nya sama sama naik 500 rpm.kalo di 3 injakan nya lebih responsif.

kalo bmw kan pedal gas di injek emang ada delay tapi langsung turun gigi langsung nge brum hehehhee rpm nya langsung tinggi.

kayak nya pengaruh transmisi nya dan innova mobil keluarga jadi ngak perlu terlalu sering kick down kasian nanti penumpang nya hehehhee
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah kalo fortuner dijual hampir sama innova,kasihan crv ama xtrail dong tambah susah mereka kekekke
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

fortuner seharga innova???... wah kasihan dong bung hdrw dan bung mpoezz serta innova owner's lainnya bisa tergondok-gondok mereka.... :mrgreen:
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

One reason yaitu, people here kan crazy about 3 rows and 7-8 seater like me !

Seperti iklan zebra dulu "Yo haiyo, naik Neo zebra ! Jalan jalan bersama keluarga. Kaka adek, kakek nenek, semua naik Neo Zebra !"

Talk a bit about the Zarrot, lihat di Otoblitz 2 days ago. Pertama lihat di majalah, yuks ! So freak ! eh tapi lihat dia jalan di O blitz, eh makin OK ! Very masculine.

Maybe that car is the future DNA for the new X-Trail later.

Seru ya fight antara mobil. A laku. B keluarin model baru yang nyusahin A. Terus nanti A keluarin lagi versi baru yang lebih heboh !

We win kalau gini terus !
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

mpoezz wrote:tarikan nya waktu mau kick down kurang enak gitu,jadi pedal gas harus diinjek sampe mentok baru gas nya naik dan kick down dia.
apa yang dikatakan autobild memang terjadi bahwa inova memang mals diajak kickdown, malah kadang tidak berhasil :wink:
munkin ada yang pintar akalin ECUnya atau dipasangin sensor di kaki kayak BMW ....ha.h.a.h.a.ha.h.a.
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

hehehehe mungkin transmisi nya kali

kan dia a/t nya sama altis pake ECT economic control transmision (kalo ngak salah)

jadi biar irit dia malas diajak kick down hehehehe ntar kalo di kick down tambah boros,dia (ect) takut disalahin
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

ECT=Electronic control transmission
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ups salah hehehehe
iya pake super ect
pengontrolan kinerja transmisi dengan tehknologi incline power dapat memperhalus perpindahan transmisi,menambah efisiensi bahan bakar dan mengoptimalkan kenyamanan berkendara
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

tarikan nya waktu mau kick down kurang enak gitu,jadi pedal gas harus diinjek sampe mentok baru gas nya naik dan kick down dia.
Ya namanya matic, pasti ada sedikit telat. Apalagi itu kan mobil keluarga pasti di set agar tidak terlalu responsif. Jadi ngejar ke kenyamanan. Coba deh mpoezz naek maticnya SLK 200 baru (1800cc Kompressor) , responsif banget bahkan nyaris mirip dgn transmisi manualnya.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kekekekeke iya dong pak digi,innova ama slk aja bedanya berapa hehehehe ,slk aja sekitar 800 an kekekeke.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

pak mpoezz, kalo 0-100km/h berapa detik ya utk A/T. thx
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

waduh saya belum coba nih tarikan 0-100 nya
ntar saya coba deh.

kalo yang saya tau menurut toyota nya

untuk bensin a/t nya 13 detik koma berapa gitu

kalo manual nya 14 detik koma berapa gitu.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

wah...kalo 13 detik itu tergolong cepat utk ukuran mobil kijang.
paling tarikan pertengahan agak lelet kali.

pak mpoezz isi premium atau pertamax? Jadi gak beli mobil dieselnya....
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

iya lumayan kok cepet juga dibandingin yang dulu.

isi premium aja pak,kata toyota pake premium aja bisa males isi pertamax ngak kuat.premium aja boros nya lumayan

kalo beli diesel nya lagi mikir2 nih mau beli innova diesel ato lgx bekas aja hehehe
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

yup...sayang sih buang duit gak penting utk utk pertamax.

Tanya lagi nih Pak mpoezz, inova pake timing belt gak ya. apa masih timing chain?
thx.
Image
bprayoga
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Nov 04, 2004 8:53

Innova timing chain

Post by bprayoga »

handling wrote:yup...sayang sih buang duit gak penting utk utk pertamax.

Tanya lagi nih Pak mpoezz, inova pake timing belt gak ya. apa masih timing chain?
thx.
Saya kebetulan pernah liat di astra2000 cilandak, sdh dibuka mesinnya bermasalah krn ada oli dr box persneling netes (A/T), dan saya liat pake timing chain, mungkin itu ya sebabnya suara mesin innova agak kasar (walopun agak lebih halus dibandingkan kakaknya)

bismo