masalah toyota rush

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kadal_lan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Mar 03, 2013 14:33
Location: kudus - semarang

masalah toyota rush

Post by kadal_lan »

Siang om, mau tanya setelahbsekuan lama cuma baca2 forum.nya aja,
Saya pemakai rush 2013 MT, kok boros ya om saya rasakan, padahal 1500cc,
Apakah ada pengaruh berat mobil dan lebar ban ya om ?
Tpi kok beda ama veloz saya jauh bgt dalkot maupun lukot.nya,
Apakah ada cara biar bisa agak irit om ?
Maaf nubie banyak tanya, makasih om,
Klo salah kamar / udah ada yg bahas bisa di locj ato di benerin om admin, makasih om,
sendguruh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: Mon May 12, 2008 2:07

Re: masalah toyota rush

Post by sendguruh »

borosnya itu 1 banding brapa mobilnya? Rush mmg berat dan nahan angin...

punya ane rush matic, 1:8-9 dalkot, dengan kondisi kaki kanan 1/2 sekolah, pake pertamax...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: masalah toyota rush

Post by Turboman »

kadal_lan wrote:Siang om, mau tanya setelahbsekuan lama cuma baca2 forum.nya aja,
Saya pemakai rush 2013 MT, kok boros ya om saya rasakan, padahal 1500cc,
Apakah ada pengaruh berat mobil dan lebar ban ya om ?
Tpi kok beda ama veloz saya jauh bgt dalkot maupun lukot.nya,
Apakah ada cara biar bisa agak irit om ?
Maaf nubie banyak tanya, makasih om,
Klo salah kamar / udah ada yg bahas bisa di locj ato di benerin om admin, makasih om,
gaya nyetir udah pulse n glide ?

BBM pakai apa ? kalo premios kasih additip apa

Oli pakai SAE brp ?

Air filter sering dibersihkan gak ? terakhir ganti kapan ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: masalah toyota rush

Post by htannis »

kadal_lan wrote:Siang om, mau tanya setelahbsekuan lama cuma baca2 forum.nya aja,
Saya pemakai rush 2013 MT, kok boros ya om saya rasakan, padahal 1500cc,
Apakah ada pengaruh berat mobil dan lebar ban ya om ?
Tpi kok beda ama veloz saya jauh bgt dalkot maupun lukot.nya,
Apakah ada cara biar bisa agak irit om ?
Maaf nubie banyak tanya, makasih om,
Klo salah kamar / udah ada yg bahas bisa di locj ato di benerin om admin, makasih om,
patokan boros gak boros nya apa, emang fc nya brp kalau diitung full to full, trafic yg dilalui kaya apa
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
kadal_lan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Mar 03, 2013 14:33
Location: kudus - semarang

Re: masalah toyota rush

Post by kadal_lan »

sendguruh wrote:borosnya itu 1 banding brapa mobilnya? Rush mmg berat dan nahan angin...

punya ane rush matic, 1:8-9 dalkot, dengan kondisi kaki kanan 1/2 sekolah, pake pertamax...
Kombinasi kudus-semarang + 1 minggu buat kuliah ama muter2 semarang dapet.nya 1:9 om, klo pas lgi sopan bgt cuma mentok 1:10,
Metode full to full tiap minggu isi bensin, pake pertamax aja klo pas ada sisa voucher bokap, anggep aja gak pernah pertamax,
kadal_lan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Mar 03, 2013 14:33
Location: kudus - semarang

Re: masalah toyota rush

Post by kadal_lan »

Turboman wrote:
kadal_lan wrote:Siang om, mau tanya setelahbsekuan lama cuma baca2 forum.nya aja,
Saya pemakai rush 2013 MT, kok boros ya om saya rasakan, padahal 1500cc,
Apakah ada pengaruh berat mobil dan lebar ban ya om ?
Tpi kok beda ama veloz saya jauh bgt dalkot maupun lukot.nya,
Apakah ada cara biar bisa agak irit om ?
Maaf nubie banyak tanya, makasih om,
Klo salah kamar / udah ada yg bahas bisa di locj ato di benerin om admin, makasih om,
gaya nyetir udah pulse n glide ?

BBM pakai apa ? kalo premios kasih additip apa

Oli pakai SAE brp ?

Air filter sering dibersihkan gak ? terakhir ganti kapan ?
Pulse and glide maksutnya gmana om turbo ?
Trus gak pernah pake additip, gak boleh ama bengkel langganan,
Oli pake tgmo trus om, masalahnya masih gratis jasa, trus udah 2x abis servis dealer tak bawa ke bengkel langganan, buat bersihin trhotle, pas tak liat emang servisa dealer gak di bersihin katup.nya, cuma di semprot IC aja,
Filter di bersihin saat cuci mobil om turbo, jadi skalian tak suruh bersihin pas nyuci,
kadal_lan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Mar 03, 2013 14:33
Location: kudus - semarang

Re: masalah toyota rush

Post by kadal_lan »

htannis wrote:
kadal_lan wrote:Siang om, mau tanya setelahbsekuan lama cuma baca2 forum.nya aja,
Saya pemakai rush 2013 MT, kok boros ya om saya rasakan, padahal 1500cc,
Apakah ada pengaruh berat mobil dan lebar ban ya om ?
Tpi kok beda ama veloz saya jauh bgt dalkot maupun lukot.nya,
Apakah ada cara biar bisa agak irit om ?
Maaf nubie banyak tanya, makasih om,
Klo salah kamar / udah ada yg bahas bisa di locj ato di benerin om admin, makasih om,
patokan boros gak boros nya apa, emang fc nya brp kalau diitung full to full, trafic yg dilalui kaya apa
Cuma ngerasa aja sih om, klo pake veloz bisa 200an seminggu dg rute sama kebiasaan jga sama, sementara pake rush bisa sampe 300rbu padahal kegiatan sama, udah tak coba berkali2 tuker2ran mobil,
Nb : harga bensin terbaru om, 8500,
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: masalah toyota rush

Post by Turboman »

kadal_lan wrote:
Pulse and glide maksutnya gmana om turbo ?
Trus gak pernah pake additip, gak boleh ama bengkel langganan,
Oli pake tgmo trus om, masalahnya masih gratis jasa, trus udah 2x abis servis dealer tak bawa ke bengkel langganan, buat bersihin trhotle, pas tak liat emang servisa dealer gak di bersihin katup.nya, cuma di semprot IC aja,
Filter di bersihin saat cuci mobil om turbo, jadi skalian tak suruh bersihin pas nyuci,
Pulse n Glide :
- Tekan gas seperlunya / sebentar2 aja
- Banyak2 meluncur
- Tekan rem seperlunya saja dibarengi dgn antisipasi lalu lintas

Juga jangan nunggu smabil mesin idup

Utk BBM berarti selama ini pakai RON 92 / 95 ya ?

Kalau Premium itu WAJIB pakai additip detergent krn premium gak ada zat detergent-nya

BBM modern itu idealnya harus mengandung additip detergent yg cukup

see :


Utk oli :
Gunakan SAE 5W30 (paling kental)

Or gunakan 5W30 yg meet ACEA a1 / B1 / A5 / B5 spt Cast Magn Professional atau gunakan 0W30

Jangan gunakan oli buntut 40 krn akan bikin berat mesin

Oli gardan gunakan 80W90 / 75W90 GL-5

Lakukan carbon clean / purging injector setiap kelipatan 40.000 Km

Filter udara tiup angin kompresor sebulan sekali & ganti jika angin sudah susah melewati filter (rasakan aja pakai tangan saat semprot angin)

Kalao servisnya di BeRes, pastikan rem belakang nggak mengunci, ini juga bakal bikin berat mesin en boros

tekanan ban pastikan nggak pernah kurang
* Bukan ajakan Beli *
kadal_lan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Mar 03, 2013 14:33
Location: kudus - semarang

Re: masalah toyota rush

Post by kadal_lan »

Turboman wrote:
kadal_lan wrote:
Pulse and glide maksutnya gmana om turbo ?
Trus gak pernah pake additip, gak boleh ama bengkel langganan,
Oli pake tgmo trus om, masalahnya masih gratis jasa, trus udah 2x abis servis dealer tak bawa ke bengkel langganan, buat bersihin trhotle, pas tak liat emang servisa dealer gak di bersihin katup.nya, cuma di semprot IC aja,
Filter di bersihin saat cuci mobil om turbo, jadi skalian tak suruh bersihin pas nyuci,
Pulse n Glide :
- Tekan gas seperlunya / sebentar2 aja
- Banyak2 meluncur
- Tekan rem seperlunya saja dibarengi dgn antisipasi lalu lintas

Juga jangan nunggu smabil mesin idup

Utk BBM berarti selama ini pakai RON 92 / 95 ya ?

Kalau Premium itu WAJIB pakai additip detergent krn premium gak ada zat detergent-nya

BBM modern itu idealnya harus mengandung additip detergent yg cukup

see :


Utk oli :
Gunakan SAE 5W30 (paling kental)

Or gunakan 5W30 yg meet ACEA a1 / B1 / A5 / B5 spt Cast Magn Professional atau gunakan 0W30

Jangan gunakan oli buntut 40 krn akan bikin berat mesin

Oli gardan gunakan 80W90 / 75W90 GL-5

Lakukan carbon clean / purging injector setiap kelipatan 40.000 Km

Filter udara tiup angin kompresor sebulan sekali & ganti jika angin sudah susah melewati filter (rasakan aja pakai tangan saat semprot angin)

Kalao servisnya di BeRes, pastikan rem belakang nggak mengunci, ini juga bakal bikin berat mesin en boros

tekanan ban pastikan nggak pernah kurang
Thx om turbo sarannya, klo boleh tau additip yg bagus apa om ? Trus pemakaiannya gmana om ? Makasih sarannya om, ntar saya coba,
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: masalah toyota rush

Post by amfibi »

kadal_lan wrote:
sendguruh wrote:borosnya itu 1 banding brapa mobilnya? Rush mmg berat dan nahan angin...

punya ane rush matic, 1:8-9 dalkot, dengan kondisi kaki kanan 1/2 sekolah, pake pertamax...
Kombinasi kudus-semarang + 1 minggu buat kuliah ama muter2 semarang dapet.nya 1:9 om, klo pas lgi sopan bgt cuma mentok 1:10,
Metode full to full tiap minggu isi bensin, pake pertamax aja klo pas ada sisa voucher bokap, anggep aja gak pernah pertamax,
Lah ini mah irit atuh oom, rush emang FCnya lebih boros dr veloz yg 1:9-10 dalkotan... Krn bodi lebih berat n lebih ngeden jalannya :mky_03:
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: masalah toyota rush

Post by gobale »

Saya punya rush irit tuh...dalkot rata2x 1:10, lukot sekitar 1:13, kuncinya, selalu jaga ruang bakar bersih sehingga tenaganya tetap optimal, saya selalu cocktail premios dan pert plus sama rajin carbon clean. Olie cukup standard aja lah...tgmo...
puteraadrian
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Wed May 21, 2008 18:03

Re: masalah toyota rush

Post by puteraadrian »

Kayanya wajar segitu ya om, ya ga bisa di bandingin ama veloz yg pasti lebih ringan. sudah pasti perlu torsi lebih tinggi buat ngelindingin roda.. coba pake 92 dan liat lagi konsumsinya.. mungkin bisa membantu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: masalah toyota rush

Post by Turboman »

kadal_lan wrote:
Thx om turbo sarannya, klo boleh tau additip yg bagus apa om ? Trus pemakaiannya gmana om ? Makasih sarannya om, ntar saya coba,
Additip yg mengandung PEA...........ada trit diskusinya di SM

Di antara spt Redline Comp Fuel S cleaner atau yamaha yamalube

Dosis maintenance aja....tuang dikit2........kalo RL CFSC ya 1 botol bisa utk 8 - 10X treat....tuang dikit2
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: masalah toyota rush

Post by NYoman »

Dalkot untuk rushter sangat wajar konsumsi 1:9-10 an dengan mode pulse and glide dan lukot dengan aggresive overtaking sekitar 1:12an selama saya 4 tahun pakai ya dengan bbm R92.. Ingat rushter punya bobot lebih berat serta ban dengan tapak lebar dan tentunya berat keseluruhan velg dan ban lbh berat dari veloz itu yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar nya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: masalah toyota rush

Post by VanzMatic »

Betul om Nyoman. Kadang kita lupa dengan realitas kendaraan yg kita tumpangi.

Ibarat yang satu pakai sepeda dengan chassis full besi dan pelek besi dan ban lebar, sedangkan yang satu pakai chassis aluminium dan pelek alumi plus ban tapak tipis.

Lebih berat di kayuhan yang mana? Hehehe...

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
kadal_lan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Mar 03, 2013 14:33
Location: kudus - semarang

Re: masalah toyota rush

Post by kadal_lan »

Thx om2 saran dan pencerahannya, maren abis beli redline sesuai saran om turbo, efek lumayan pengaruh, udah bisa dapet 10-11an buat dalkot, untuk lukot blom di coba, makasih om2 SM,