Izinkan saya melalui thread pertama ini menceritakan pengalaman terkait penggantian kunci.
Adapun mobil saya adalah GNKI, G A/T, 2011. Odo 26K. Ini sih termasuk mobil garage queen secara saya kerja naek motor ke stasiun KRL, terus dilanjut dengan KRL....(masak pakai delman hi hi hi hi)..
Latar Belakang
Pada bulan Nov 2014, sebagaimana saya ceritakan di QM Seraya Motor, rumah saya kemalingan. Salah satu yang hilang adalah kunci serap/serep/cadangan yang terdiri dari 1 kunci pakai remot, 1 kunci polos dan plat kecil (peneng).
Lalu saya baru sadar di bulan Desember 2014, setelah ada masalah kunci rumah ketelisut. Baru ngeh,...bahwa kunci serep mobil berada dalam safety box yang ikut digondol maling.
Risiko
Saya membayangkan kalau rumah ditinggal ke kantor, dan istri pergi ke pasar, maka tinggal maling potong gembok rumah, maka mobil pun raib karena dengan gampang bin effortless dia bias masuk ke mobil dan starter.
Kalau sampai hilang mobil ini, maka akan ribet urusan lapor ini itu dan blokir surat2, lalu kena OR (deductible/risiko sendiri 10% of claim).
Maka tekad pun bulat, harus ganti kunci dan disable itu kunci lama (serep) yang hilang.
Pencarian
Pertama saya coba menghubungi BeRes Toyota langganan saya, di tempat mana dulu dibeli. Sengaja saya cuti sama pimpinan karena ingin membereskan masalah ini. Saya sudah membayangkan, kalau sampai sampai urusan ini berlarut2 maka hati tak tenang.
Jam 8 lewat sedikit saya sudah duduk dan antri. Ternyata bengkel penuh. Foreman yang menangani urusan remote beginian sedang pegang mobil lain.
Pukul 11 lewat, SA dan saya ke belakang, bicara dengan Foreman. Mereka sarankan bahwa sebaiknya Immobilizernya direset dan register ulang.
Maka maling nanti tak bias hidupkan mobil, tapi masih bias memakai kunci yang hilang untu buka pintu.
Lalu saya disarankan untuk beli remot di Gaplek, dekat Pamulang dan Pondok Cabe.
Tapi sayangnya, alatnya tidak ada di tempat

Alternatif lain adalah mengganti 1 set utuh, terdiri atas :
Cylinder set (P/N : 69005-OK810) : Rp. 1,400,000,-
Transmitter key (P/N : 89072-OK344) : Rp. 2,450,000,-
Receiver Door Central (PN) : 89741-OK012 : Rp. 4,600,000,-
Total Rp. 8,450,000,-
Langsung saya teringat thread disini, dimana di Bali, harga 1 set untuk Fortuner Rp. 15 juta.
Lalu saya browsing dan telepon http://www.ahlikunci.net
Trus, disampaikan bahwa untuk Innova itu tidak pakai immobilizer.
Tapi saya telepon bengkel lain (BeRes Toyota juga), lokasi Pondok Cabe, SA bilang untuk type G ada immobilizer. Pusinglah awak.
Pensaran, saya telepon Auto20** Bintaro. Lalu sang SA bilang bahwa mobil saya belum memakai immobilizer, tapi kalau bukan kunci aslinya tidak bias nyala...karena ada chipnya.
Akhirnya saya telpon lagi Ahlikunci.net, dan mendapat estimasi harga :
- Bongkar dan Cek Rp. 600,000,-
- Kunci Duplikat Rp. 1,000,000,- (biasa) :kalau pakai immobilzer tambah Rp. 500,000,-
Lokasinya di RawaLumbu, Bekasi.
Action Plan
Akhirnya setelah rembukan dengan istri, kita merasa Rp. 8 jutaan sudah melewati ambang batas psikologis untuk sebuah kunci.
Akhirnya diputuskan untuk Non BeRes.
Dalam perjalan ke toll Pondok Aren, kami coba telpon lagi ke http://www.Ahlikunci.net tapi ybs ternyata otw ke tempat klien, jadi hari ini tidak available. ah, belum rezeki dia rupanya.
Akhirnya saya coba telepon ke http://www.komandankey.com dan langsung tersambung.
Lokasinya di Jl. Mangga Besar I no 23, dimana saya familiar sekali, karena pernah ke daerah situ cari bakutteh.
Singkat kata, jam 3.30 sore tiba di lokasi.
Langsung bicara dan coba nego, tapi harga tidak turun lagi dari Rp. 2,200,000,- dimana saya akan mendapat :
1 pc Master Key (baru), dimana jeroan master key asli diambil, lalu dirubah frequensinya. Trus, dikasih anak kunci baru. Anak kunci yang lama (master) jadi tidak bias dipakai lagi.
1 pc kunci serep berikut remote cadangan
1 pc kunci biasa (tanpa remote).
Lalu untuk mengobati penasaran saya tanya lagi apakah kunci saya ada immobilizer atau tidak. Jawabnya : TIDAK.
Akhirnya sama-sama kita buka remote kunci master yang saya bawa. ternyata tidak ada chip immobilizernya. Trus, kunci saya dicelupkan ke kayak scanner gitu, ternyata tidak ada immobilizer.
Trus, ybs bilang bahwa kunci Fortuner ada immobilizernya. Kebetulan ada contoh disana, langsung dibuka dan ditunjukkan immobilizernya. Trus, dicelupkan ke alat yang sama dan keluar data spesifikasinya.
Ooooo....jadi omongan SA ternyata tidak 100% benar

-----------
Methode Perbaikan :
Mekanikal
Rumah kunci yg di pintu dan di starter dicabut. Lalu pin (bahsa Medan : lidah) kunci diganti, akibatnya alur kunci berubah dan anak kunci existing tak bias dipakai l agi.
Electrical
Data lama dihapus, lalu diset ulang frequencinya.
Waktu saya coba kunci master saya ternyata sudah "disabled".
Lalu kunci existing saya diambil dalemannya dan disetting ulang.
Sekitar 2 jam, urusan kelar dan saya kembali ke rumah.
Kunci yang didapat persis sama dengan aslinya.
Performa
- No problem with check engine lamp
- Automatic locking pada kecepatan lk. 20 km / h masih berfungsi normal
Sekian sharing dari saya, monggo kalau ada komentar, reaksi dll
Terima kasih.
