minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19
minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
salam...para penghuni SM, smoga dalam keadaan sehat dan bahagia..
akhr thn ini, perkenalkan newbie ikut aktif di forum...slma ini jd pembaca setia..smpe lupa pwd.
mhn urun pendapat dr para master disini...ttg permasalahan klaim asuransi mobil adik sy...maaf cerita agk pnjang sbgai latar blkg kejadian...
kpd mods, izin mmbwt trit bru, tdx mw gbung di trit asuransi, cma ad beberapa hal yg mngkn brkmbang jd topik yg lain..
juli'14, adik sy dn klwrgx, istri dn 2 anak, saat brkndara pk 318 e30 tertabrak truk box di perempatn lampu merah (rem truk blong), tdk brseat belt krn jarak dkt ktx (kbiasaan krg bgs)...safety hnya andalkn sips dn g ad prangkat pasif yg lain..mklm mbl lama..
saking kencangnya benturan, mobil brputar 360 drjt (perkiraan), tertabrak bagian body sblh kiri...dan naas, ad bbrp biker yg nunggu traffic light, trsenggol mbl shngga msk got....mdh2n mereka sehat juga sekarang.
kondisi adik dn klwrga, memar dan sdkt pusing (sj), bnyak yg komen, cba pk mbl yg lain...bla3...hebatx org indonesia, slalu brsyukur dn cari untung...
jd inget nike ardilla pke genio, ad sips jg...skrg mnyandang gelar almarhumah...(ini mgkn bs jd bhn diskusi ttg safety mobil..)
sjak kejadian itu, adik tmbah tak bisa ke lain merk...pdhl sy sdh sarankan pug 306 n5, u anggaran yg sama..jepangan jg baxak...sprti mbl almh artis yg dsebutkn diatas...atw anc...
back 2 d main topic..
adik sdh mngasuransikan TLO mbl itu..dn brdasarkn estimasi bengkel, biaya reparasi lbh dari 70% hrga mobil, bs dibayangkn kerusakan di bodi dn rangka sprti apa, tp mesin g masalah,..
jd sdh msk klausul u klaim...shngga tdk ush bergantung kpd gnti rugi pemilik truk yg hanya mampu salam tempel sj..
masalahnya adalah...trnyata slma ini, polisnya blm ada...bru phm stlh kejadian, pdhl byr premi lncar..
dari awal byr, adik percaya sj, setiap nanya polis, djwb dlm proses..
2 hr kmrn, adik datang lg k kantor asuransinya, skdar minta no polis, biar urus sndiri, coz adik kerja di bank, sering berurusan dgn leasing maupun prshn asuransi...dijwb o cs dn kpala kantor, nomornya blm ada, dgn alasan belum didaftarkn/trlewat..
setelah meledak dn mnimbulkn kerusuhan di kantor mereka, yg disaksikan bnyak klien jg, adik menyampaikn, ditunggu smpai awal jan'15, klw g ok, akan di lanjut di ranah hukum...
saat ini, ide yg ada, akn lapor k ylki atw bdn pengawas keuangan...atw arbritase keuangan lainnya..
minta pendapat dri para master...bgm bgsx u push agar polis ad, dn klaim sgra cair...kwitansi dll..lngkap..
maaf prshn penyedia asuransinya tidak sy sebutkan disini, mdh2n ad itikad baik dr mereka...
maaf jg klw ada istilah yang tidak pas...terima kasih telah membaca tulisan..yang kepanjangan dan tidak rapi ini...he3..
akhr thn ini, perkenalkan newbie ikut aktif di forum...slma ini jd pembaca setia..smpe lupa pwd.
mhn urun pendapat dr para master disini...ttg permasalahan klaim asuransi mobil adik sy...maaf cerita agk pnjang sbgai latar blkg kejadian...
kpd mods, izin mmbwt trit bru, tdx mw gbung di trit asuransi, cma ad beberapa hal yg mngkn brkmbang jd topik yg lain..
juli'14, adik sy dn klwrgx, istri dn 2 anak, saat brkndara pk 318 e30 tertabrak truk box di perempatn lampu merah (rem truk blong), tdk brseat belt krn jarak dkt ktx (kbiasaan krg bgs)...safety hnya andalkn sips dn g ad prangkat pasif yg lain..mklm mbl lama..
saking kencangnya benturan, mobil brputar 360 drjt (perkiraan), tertabrak bagian body sblh kiri...dan naas, ad bbrp biker yg nunggu traffic light, trsenggol mbl shngga msk got....mdh2n mereka sehat juga sekarang.
kondisi adik dn klwrga, memar dan sdkt pusing (sj), bnyak yg komen, cba pk mbl yg lain...bla3...hebatx org indonesia, slalu brsyukur dn cari untung...
jd inget nike ardilla pke genio, ad sips jg...skrg mnyandang gelar almarhumah...(ini mgkn bs jd bhn diskusi ttg safety mobil..)
sjak kejadian itu, adik tmbah tak bisa ke lain merk...pdhl sy sdh sarankan pug 306 n5, u anggaran yg sama..jepangan jg baxak...sprti mbl almh artis yg dsebutkn diatas...atw anc...
back 2 d main topic..
adik sdh mngasuransikan TLO mbl itu..dn brdasarkn estimasi bengkel, biaya reparasi lbh dari 70% hrga mobil, bs dibayangkn kerusakan di bodi dn rangka sprti apa, tp mesin g masalah,..
jd sdh msk klausul u klaim...shngga tdk ush bergantung kpd gnti rugi pemilik truk yg hanya mampu salam tempel sj..
masalahnya adalah...trnyata slma ini, polisnya blm ada...bru phm stlh kejadian, pdhl byr premi lncar..
dari awal byr, adik percaya sj, setiap nanya polis, djwb dlm proses..
2 hr kmrn, adik datang lg k kantor asuransinya, skdar minta no polis, biar urus sndiri, coz adik kerja di bank, sering berurusan dgn leasing maupun prshn asuransi...dijwb o cs dn kpala kantor, nomornya blm ada, dgn alasan belum didaftarkn/trlewat..
setelah meledak dn mnimbulkn kerusuhan di kantor mereka, yg disaksikan bnyak klien jg, adik menyampaikn, ditunggu smpai awal jan'15, klw g ok, akan di lanjut di ranah hukum...
saat ini, ide yg ada, akn lapor k ylki atw bdn pengawas keuangan...atw arbritase keuangan lainnya..
minta pendapat dri para master...bgm bgsx u push agar polis ad, dn klaim sgra cair...kwitansi dll..lngkap..
maaf prshn penyedia asuransinya tidak sy sebutkan disini, mdh2n ad itikad baik dr mereka...
maaf jg klw ada istilah yang tidak pas...terima kasih telah membaca tulisan..yang kepanjangan dan tidak rapi ini...he3..
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
Cari member yang namanya nescafe, beliau harusnya khatam masalah seperti ini..
Semenjak ada OJK, penawaran asuransi dilakukan oleh agen yang memegang lisensi lebih dari 1 perusahaan asuransi, jadi secara hukum harusnya perusahaan asuransi tidak menawarkan/menjual langsung premi asuransi, apalagi personal line up. sehingga penjelasan produk dan MOU dilakukan antara klien dan agen, nah kasus seperti ini biasanya agen yang nakal, karena cari kuota, seringkali agen gak paham produk, dan klien "tertipu" penawaran tersebut (salah paham). nah kalau itu yang terjadi kesalahan malah bisa dijatuhkan ke klien di pengadilan, asuransi dianggap tidak bersalah, jadi hati2 saja..
Kecuali memang betul2 pihak asuransi langsung yang menawarkan, bukan agen, dan tidak menjelaskan polis secara langsung, sangat bisa di tuntut.
Anyway, mr Nescafe.lebih ahli seharusnya...
Cmiiw
Semenjak ada OJK, penawaran asuransi dilakukan oleh agen yang memegang lisensi lebih dari 1 perusahaan asuransi, jadi secara hukum harusnya perusahaan asuransi tidak menawarkan/menjual langsung premi asuransi, apalagi personal line up. sehingga penjelasan produk dan MOU dilakukan antara klien dan agen, nah kasus seperti ini biasanya agen yang nakal, karena cari kuota, seringkali agen gak paham produk, dan klien "tertipu" penawaran tersebut (salah paham). nah kalau itu yang terjadi kesalahan malah bisa dijatuhkan ke klien di pengadilan, asuransi dianggap tidak bersalah, jadi hati2 saja..
Kecuali memang betul2 pihak asuransi langsung yang menawarkan, bukan agen, dan tidak menjelaskan polis secara langsung, sangat bisa di tuntut.
Anyway, mr Nescafe.lebih ahli seharusnya...
Cmiiw
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
ok..mod..tq sarannya...sy pm, atw mdh2n om nescafe ol...
oh ya...adik sy tdk dftr scra personal lngsung, tp via leasing/dealer... jd include dgn pmbelian mbl...
sbtlnya..ini bs merembet k bnyak pihak...emang teledor jg sh adik sy...stlh kejadian bru urus (lagi).
oh ya...adik sy tdk dftr scra personal lngsung, tp via leasing/dealer... jd include dgn pmbelian mbl...
sbtlnya..ini bs merembet k bnyak pihak...emang teledor jg sh adik sy...stlh kejadian bru urus (lagi).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
Pertama ... saya pikir 'kelalaian' disini adalah 'negligence' terhadap persyaratan / kondisi dari polis, ternyata 'kelalaian' perusahaan dalam menerbitkan polis ... bukan begitu om eridek ?
Pertanyaan saya ... estimasi dari bengkel (yg menyatakan biaya reparasi lebih dari 70%) itu dikeluarkan setelah SPK/WO dari asuransi atau tidak ya ? Karena kalo sudah SPK, berarti persh. asuransi telah mengakui bahwa klaimnya eligible / memenuhi syarat dan tidak ada alasan untuk tidak memproses lebih lanjut dengan alasan nomor polisnya belum ada.
Atau om eridek meminta bengkel independen utk melakukan estimasi kerusakan tanpa sebelumnya melalui persetujuan persh. asuransi.
Untuk kendaraan yang diperoleh melalui leasing / bank, biasanya sudah otomatis ter-cover karena mereka mempunyai perjanjian kerjasama dengan persh. asuransi. Dan dalam beberapa kasus memang mungkin saja terlewat untuk didaftarkan (terutama yg masih menggunakan cara primitif / manual). Untuk ini, mungkin bisa berkoordinasi dulu dengan persh. leasing-nya.
Pertanyaan saya ... estimasi dari bengkel (yg menyatakan biaya reparasi lebih dari 70%) itu dikeluarkan setelah SPK/WO dari asuransi atau tidak ya ? Karena kalo sudah SPK, berarti persh. asuransi telah mengakui bahwa klaimnya eligible / memenuhi syarat dan tidak ada alasan untuk tidak memproses lebih lanjut dengan alasan nomor polisnya belum ada.
Atau om eridek meminta bengkel independen utk melakukan estimasi kerusakan tanpa sebelumnya melalui persetujuan persh. asuransi.
Untuk kendaraan yang diperoleh melalui leasing / bank, biasanya sudah otomatis ter-cover karena mereka mempunyai perjanjian kerjasama dengan persh. asuransi. Dan dalam beberapa kasus memang mungkin saja terlewat untuk didaftarkan (terutama yg masih menggunakan cara primitif / manual). Untuk ini, mungkin bisa berkoordinasi dulu dengan persh. leasing-nya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
Wah, ini mengingatkan saya untuk juga waspada. Saya cek juga ah polis asuransinya
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
ya..betul om a7..lalai dalam menerbitkan polis...sehingga menyulitkan saat klaim..
u. estimasi kerusakan, sepertinya adik saya menanyakan terlebih dahulu ke bengkel independen, bukan rekanan persh. asuransi, nanti saya tanyakan lagi, maklum tinggal di beda kota jadi komunikasi via telepon, inipun setelah dia curhat, langsung saya post disini.
ada baiknya, memang kontak leasing terlebih dahulu...malahan, seharusnya mereka ikut bantu..terima kasih.
u. estimasi kerusakan, sepertinya adik saya menanyakan terlebih dahulu ke bengkel independen, bukan rekanan persh. asuransi, nanti saya tanyakan lagi, maklum tinggal di beda kota jadi komunikasi via telepon, inipun setelah dia curhat, langsung saya post disini.
ada baiknya, memang kontak leasing terlebih dahulu...malahan, seharusnya mereka ikut bantu..terima kasih.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
Nah ini jelas masalah, bayar premi lancar tapi polisnya belum/ga ada, PARAH..eridek wrote:
masalahnya adalah...trnyata slma ini, polisnya blm ada...bru phm stlh kejadian, pdhl byr premi lncar..
dari awal byr, adik percaya sj, setiap nanya polis, djwb dlm proses...
Nah mau tnya ama org asuransi, klo ga salah di SM ini ada orang asuransi,, 2 org ko ga salah, coba tolong dibantu. Kalo TLO itu hanya untuk penggantian hilang saja atau gimana ya..? bedanya dg All Risk gmna..?eridek wrote: adik sdh mngasuransikan TLO mbl itu..dn brdasarkn estimasi bengkel, biaya reparasi lbh dari 70% hrga mobil, bs dibayangkn kerusakan di bodi dn rangka sprti apa, tp mesin g masalah,..
jd sdh msk klausul u klaim...shngga tdk ush bergantung kpd gnti rugi pemilik truk yg hanya mampu salam tempel sj..
Ane pribadi blm pernah asuransikan mobil.. ditawarin udah, ya kekurangannya gitu, bgtu mobil ada ketabrak,, keluar kocek sendiri seluruhnya. Emang klo ngomong asuransi banyak "Hidden Chapter", banyak pasal2 yg tidak diterangkan atau sengaja tidak diberitahukan kepada konsumen..
Etme Bulma Dünyası
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1165
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
Bayar premi nya udh brp lama? Yg agak aneh ya om, maaf ya, katanya adik om biasa berurusan dgn asuransi, tapi kok ya polis blm keluar bs nggak tau ya.. Sedangkan polis itu kan ibarat tanda terima kontraknya. Kita bayar premi, tp nggak terima polis, kok bisa jalan trs bayar preminya.eridek wrote:salam...para penghuni SM, smoga dalam keadaan sehat dan bahagia..
akhr thn ini, perkenalkan newbie ikut aktif di forum...slma ini jd pembaca setia..smpe lupa pwd.
mhn urun pendapat dr para master disini...ttg permasalahan klaim asuransi mobil adik sy...maaf cerita agk pnjang sbgai latar blkg kejadian...
kpd mods, izin mmbwt trit bru, tdx mw gbung di trit asuransi, cma ad beberapa hal yg mngkn brkmbang jd topik yg lain..
juli'14, adik sy dn klwrgx, istri dn 2 anak, saat brkndara pk 318 e30 tertabrak truk box di perempatn lampu merah (rem truk blong), tdk brseat belt krn jarak dkt ktx (kbiasaan krg bgs)...safety hnya andalkn sips dn g ad prangkat pasif yg lain..mklm mbl lama..
saking kencangnya benturan, mobil brputar 360 drjt (perkiraan), tertabrak bagian body sblh kiri...dan naas, ad bbrp biker yg nunggu traffic light, trsenggol mbl shngga msk got....mdh2n mereka sehat juga sekarang.
kondisi adik dn klwrga, memar dan sdkt pusing (sj), bnyak yg komen, cba pk mbl yg lain...bla3...hebatx org indonesia, slalu brsyukur dn cari untung...
jd inget nike ardilla pke genio, ad sips jg...skrg mnyandang gelar almarhumah...(ini mgkn bs jd bhn diskusi ttg safety mobil..)
sjak kejadian itu, adik tmbah tak bisa ke lain merk...pdhl sy sdh sarankan pug 306 n5, u anggaran yg sama..jepangan jg baxak...sprti mbl almh artis yg dsebutkn diatas...atw anc...
back 2 d main topic..
adik sdh mngasuransikan TLO mbl itu..dn brdasarkn estimasi bengkel, biaya reparasi lbh dari 70% hrga mobil, bs dibayangkn kerusakan di bodi dn rangka sprti apa, tp mesin g masalah,..
jd sdh msk klausul u klaim...shngga tdk ush bergantung kpd gnti rugi pemilik truk yg hanya mampu salam tempel sj..
masalahnya adalah...trnyata slma ini, polisnya blm ada...bru phm stlh kejadian, pdhl byr premi lncar..
dari awal byr, adik percaya sj, setiap nanya polis, djwb dlm proses..
2 hr kmrn, adik datang lg k kantor asuransinya, skdar minta no polis, biar urus sndiri, coz adik kerja di bank, sering berurusan dgn leasing maupun prshn asuransi...dijwb o cs dn kpala kantor, nomornya blm ada, dgn alasan belum didaftarkn/trlewat..
setelah meledak dn mnimbulkn kerusuhan di kantor mereka, yg disaksikan bnyak klien jg, adik menyampaikn, ditunggu smpai awal jan'15, klw g ok, akan di lanjut di ranah hukum...
saat ini, ide yg ada, akn lapor k ylki atw bdn pengawas keuangan...atw arbritase keuangan lainnya..
minta pendapat dri para master...bgm bgsx u push agar polis ad, dn klaim sgra cair...kwitansi dll..lngkap..
maaf prshn penyedia asuransinya tidak sy sebutkan disini, mdh2n ad itikad baik dr mereka...
maaf jg klw ada istilah yang tidak pas...terima kasih telah membaca tulisan..yang kepanjangan dan tidak rapi ini...he3..
Enw, saya ikut memantau aja deh. Bingung jg bs ada case gini ya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1165
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
Saya jwb ya om.. Saya sih utk asuransi mobil prinadi, raksa pake nya. Utk truk, saya pake allianz. Selama ini bnr2 nggak ada masalah, baik utk claim sndiri atau third party pnya claim. Ya cuma emang bayar biaya resiko sndiri aja sih.grandscenic wrote:Nah ini jelas masalah, bayar premi lancar tapi polisnya belum/ga ada, PARAH..eridek wrote:
masalahnya adalah...trnyata slma ini, polisnya blm ada...bru phm stlh kejadian, pdhl byr premi lncar..
dari awal byr, adik percaya sj, setiap nanya polis, djwb dlm proses...
Nah mau tnya ama org asuransi, klo ga salah di SM ini ada orang asuransi,, 2 org ko ga salah, coba tolong dibantu. Kalo TLO itu hanya untuk penggantian hilang saja atau gimana ya..? bedanya dg All Risk gmna..?eridek wrote: adik sdh mngasuransikan TLO mbl itu..dn brdasarkn estimasi bengkel, biaya reparasi lbh dari 70% hrga mobil, bs dibayangkn kerusakan di bodi dn rangka sprti apa, tp mesin g masalah,..
jd sdh msk klausul u klaim...shngga tdk ush bergantung kpd gnti rugi pemilik truk yg hanya mampu salam tempel sj..
Ane pribadi blm pernah asuransikan mobil.. ditawarin udah, ya kekurangannya gitu, bgtu mobil ada ketabrak,, keluar kocek sendiri seluruhnya. Emang klo ngomong asuransi banyak "Hidden Chapter", banyak pasal2 yg tidak diterangkan atau sengaja tidak diberitahukan kepada konsumen..
Pengalaman pake dua asuransi ini sangat baik, nggak pernah ada masalah. Cuma utk yg third party, emang harus disertai laporan polisi.
Tlo saya tdk pernah pakai, selalu utk mobil pribadi ya all risk, utk truk saya pakai third party loss punya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan leasing
duhh...maaf rekan2 sm...setelah kontak adik lagi, ternyata saya salah menerjemahkan informasinya...
saya ralat ya...
pertama, sperti yang disampaikan om helm, asuransi didaftarkn oleh perusahaan leasing, bukan daftar personal, perusahaan asuransi dan leasing dalam 1 grup...
adik saya beli mobil secara kredit, jadi premi asuransi termasuk dalam dp/cicilan awal, sedangkan yang masih dibayar tiap bulan, tentu saja cicilan mobil saja, di bulan k1 dan k2, sudah ditanyakan kpd leasing tentang polis asuransi yang telah dibayar lunas, mereka menjawab, masih proses, nanti dikirim ke rumah....dari sini saja, sudah terbaca pihak mana yang lalai.
setelah kecelakaan terjadi, adik saya kontak langsung dengan pihak asuransi, yang kata leasing, didaftarkan disana, ternyata belum tercantum....jadi saat ini, komplainnya kepada pihak leasing bukan asuransi...
mohon maaf kepada rekan2 sm yang aktivis asuransi, tidak ada maksud yang tidak baik, bahkan menurut adik saya, perusahaan asuransi tersebut sangat terbuka dan akan membantu, jika diperlukan..
kepada mods, silahkan di edit saja judul tritnya, supaya tidak ada pihak yang dirugikan..
oh ya, menjawab pertanyaan om grandscenic, adik daftar tlo karena ini mobil thn 1991, jadi terlalu mahal preminya untuk all risk..
sayang truk yang nabrak, tidak daftar third party...
semoga post ini sekaligus bisa menjawab keanehan yang dirasakan om iamwewe...
terima kasih atas perhatiannya.
saya ralat ya...
pertama, sperti yang disampaikan om helm, asuransi didaftarkn oleh perusahaan leasing, bukan daftar personal, perusahaan asuransi dan leasing dalam 1 grup...
adik saya beli mobil secara kredit, jadi premi asuransi termasuk dalam dp/cicilan awal, sedangkan yang masih dibayar tiap bulan, tentu saja cicilan mobil saja, di bulan k1 dan k2, sudah ditanyakan kpd leasing tentang polis asuransi yang telah dibayar lunas, mereka menjawab, masih proses, nanti dikirim ke rumah....dari sini saja, sudah terbaca pihak mana yang lalai.
setelah kecelakaan terjadi, adik saya kontak langsung dengan pihak asuransi, yang kata leasing, didaftarkan disana, ternyata belum tercantum....jadi saat ini, komplainnya kepada pihak leasing bukan asuransi...
mohon maaf kepada rekan2 sm yang aktivis asuransi, tidak ada maksud yang tidak baik, bahkan menurut adik saya, perusahaan asuransi tersebut sangat terbuka dan akan membantu, jika diperlukan..
kepada mods, silahkan di edit saja judul tritnya, supaya tidak ada pihak yang dirugikan..
oh ya, menjawab pertanyaan om grandscenic, adik daftar tlo karena ini mobil thn 1991, jadi terlalu mahal preminya untuk all risk..
sayang truk yang nabrak, tidak daftar third party...
semoga post ini sekaligus bisa menjawab keanehan yang dirasakan om iamwewe...
terima kasih atas perhatiannya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
to Oom eridek, saya ikut rembukan ya..
Saya adalah Claim Manager di salah satu perusahaan asuransi kerugian (Jepang). Selama 19 thn bergelut di dunia asuransi, kalau masalahnya cuma polis belum jadi klien belum pegang polis, ya cepet2 aja input, trus kasih cap 'URGENT" supaya boss basa approve cepat. Yg penting uang preminya memang sudah diterima company / bukan ditilep oknum.
No problem, Oom...saya tak ada tersinggung...itu bagian dari pendewasaan industry asuransi yg belum mature di Indonesia.
Back to topic.
Polis TLO itu menjadi 2 yaitu :
- Actual Total Loss (hilang beneran)
- Constructive Total Loss (biaya perbaikan >= 75%)
Ini saya copas bunyi pasal 25 PSKBI :
2. Kerugian total adalah berdasarkan harga sebenarnya.
2.1. Kerugian Total terjadi jika :
2.1.1. kerusakan dan atau kerugian karena suatu
peristiwa yang dijamin oleh Polis dimana biaya
perbaikan, penggantian atau pemulihan ke
keadaan semula sesaat sebelum terjadinya
kerugian dan atau kerusakan sama dengan atau
lebih tinggi dari 75% (tujuh puluh lima persen) dari
harga sebenarnya; atau
2.1.2. hilang karena pencurian sebagaimana dimaksud
pada Pasal 1 ayat (1) butir 1.3. dan tidak
diketemukan dalam waktu 60 (enam puluh) hari
==========
Saya seorang Sarjana Hukum juga.. Jadi saya selalu kasih masukan ke boss bagaimana merit of any dispute case kalau harus ke ranah hokum.
Baik itu dari sisi kontrak (polis), hokum perdata, hokum dagang, UU perlindungan konsumen, dst.
Kalau butuh konsultasi lengkap, drafting surat "ancaman" ; asal menyangkut soal hukum asuransi, monggo japri ke ([email protected]).
Konsultasi by email gratis,, tapi saya mungkin akan butuh baca copy dokumen.
coz any case is unique. One assessor can not bring common perspective, but looking into particular policy wording.
Sepanjang memang story_nya kayak yang bro bilang, kasus ini mah tidak sulit koq.
Don't worry, you will get indemnified as long as you complied the terms and conditions.
Pro Deo Et Patria <For God & Mankind)
Saya adalah Claim Manager di salah satu perusahaan asuransi kerugian (Jepang). Selama 19 thn bergelut di dunia asuransi, kalau masalahnya cuma polis belum jadi klien belum pegang polis, ya cepet2 aja input, trus kasih cap 'URGENT" supaya boss basa approve cepat. Yg penting uang preminya memang sudah diterima company / bukan ditilep oknum.
No problem, Oom...saya tak ada tersinggung...itu bagian dari pendewasaan industry asuransi yg belum mature di Indonesia.
Back to topic.
Polis TLO itu menjadi 2 yaitu :
- Actual Total Loss (hilang beneran)
- Constructive Total Loss (biaya perbaikan >= 75%)
Ini saya copas bunyi pasal 25 PSKBI :
2. Kerugian total adalah berdasarkan harga sebenarnya.
2.1. Kerugian Total terjadi jika :
2.1.1. kerusakan dan atau kerugian karena suatu
peristiwa yang dijamin oleh Polis dimana biaya
perbaikan, penggantian atau pemulihan ke
keadaan semula sesaat sebelum terjadinya
kerugian dan atau kerusakan sama dengan atau
lebih tinggi dari 75% (tujuh puluh lima persen) dari
harga sebenarnya; atau
2.1.2. hilang karena pencurian sebagaimana dimaksud
pada Pasal 1 ayat (1) butir 1.3. dan tidak
diketemukan dalam waktu 60 (enam puluh) hari
==========
Saya seorang Sarjana Hukum juga.. Jadi saya selalu kasih masukan ke boss bagaimana merit of any dispute case kalau harus ke ranah hokum.
Baik itu dari sisi kontrak (polis), hokum perdata, hokum dagang, UU perlindungan konsumen, dst.
Kalau butuh konsultasi lengkap, drafting surat "ancaman" ; asal menyangkut soal hukum asuransi, monggo japri ke ([email protected]).
Konsultasi by email gratis,, tapi saya mungkin akan butuh baca copy dokumen.
coz any case is unique. One assessor can not bring common perspective, but looking into particular policy wording.
Sepanjang memang story_nya kayak yang bro bilang, kasus ini mah tidak sulit koq.
Don't worry, you will get indemnified as long as you complied the terms and conditions.
Pro Deo Et Patria <For God & Mankind)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
Channel itu ada banyak, misalnya :AD74YA wrote:Cari member yang namanya nescafe, beliau harusnya khatam masalah seperti ini..
Semenjak ada OJK, penawaran asuransi dilakukan oleh agen yang memegang lisensi lebih dari 1 perusahaan asuransi, jadi secara hukum harusnya perusahaan asuransi tidak menawarkan/menjual langsung premi asuransi, apalagi personal line up. sehingga penjelasan produk dan MOU dilakukan antara klien dan agen, nah kasus seperti ini biasanya agen yang nakal, karena cari kuota, seringkali agen gak paham produk, dan klien "tertipu" penawaran tersebut (salah paham). nah kalau itu yang terjadi kesalahan malah bisa dijatuhkan ke klien di pengadilan, asuransi dianggap tidak bersalah, jadi hati2 saja..
Kecuali memang betul2 pihak asuransi langsung yang menawarkan, bukan agen, dan tidak menjelaskan polis secara langsung, sangat bisa di tuntut.
Anyway, mr Nescafe.lebih ahli seharusnya...
Cmiiw
- Insurance broker (on behalf insured)
- Agent (on behalf insurer)
- Bank assurance
- Direct MKT officer
Tapi anyway, sesuai UU (lupa nomornya), kesalahan pegawai/staff/agent sehingga merugikan nasabah, itu juga taanggung-jawab perusahaan jasa keuangan, lho..
Makanya didiklah MKT supaya jangan ngecap, jangan over promised.
satu lagi. Sekarang sudah tidak ada istilah "All Risks" untuk asuransi kendaraan bermotor. Japi yg ada "Comprehensive".
Untuk jenis pertanggungan lain masih banyak seperti : PAR (Property All Risks), CAR (Contractor's All Risks), dll
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
wah..mantabh sekali om ginting...penjelasannya sangat membantu..
saya akn kontak adik saya u diskusi terlebih dahulu...sekaligus minta softcopy dokumen..
terima kasih atas kesempatannya...saya akan japri asap ke om ginting..setelah semua data lengkap.
saya akn kontak adik saya u diskusi terlebih dahulu...sekaligus minta softcopy dokumen..
terima kasih atas kesempatannya...saya akan japri asap ke om ginting..setelah semua data lengkap.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
ha ha ha ha tidak apa-apa oom heridek...
Itulah salah satu yg buat saya betah di SM. Para member dari berbagai latar belakang bias saling berbagi, berdasarkan kapasitas masing2..
Mulai dari urusan diskon mobil, TD mobil baru, offroad, modif mesin (D4D), dll..semua ada..
Itulah salah satu yg buat saya betah di SM. Para member dari berbagai latar belakang bias saling berbagi, berdasarkan kapasitas masing2..
Mulai dari urusan diskon mobil, TD mobil baru, offroad, modif mesin (D4D), dll..semua ada..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
sy sdh tggu comment yg lain lain n skrg sdh cukup byk n bgs bgs smua
polis atau policy mmg aturan main dlm terjadinya occurrence tapi isi nya std antara satu dg yg lain
yg perlu diperhatikan disini (in absence of policy) apakah ada
1. korespondensi resmi tertulis tentunya antara fihak insurance dg ybs (tentu nya sblm kejadian ) ...
2. apakah juga ada tandaterima atas pembayaran premium...
3. apakah selama ini bayar premium ke dedicated account dari insurance itu atau ke personal account dari insurance officer (kalo yg terahir yg terjadi, silakan kira kira kmn ending nya)
adukan ke ylki atau arbitery bodies lain bole sj...itu masalah hak...cuma mnrt sy n dari pengalaman sy...mrk smua ini spt bayi macan blm punya gigi...krn hukum di negara hukum itu bisa di pinjam n bisa di sewa...bisa juga di pakai u alat terror
polis atau policy mmg aturan main dlm terjadinya occurrence tapi isi nya std antara satu dg yg lain
yg perlu diperhatikan disini (in absence of policy) apakah ada
1. korespondensi resmi tertulis tentunya antara fihak insurance dg ybs (tentu nya sblm kejadian ) ...
2. apakah juga ada tandaterima atas pembayaran premium...
3. apakah selama ini bayar premium ke dedicated account dari insurance itu atau ke personal account dari insurance officer (kalo yg terahir yg terjadi, silakan kira kira kmn ending nya)
adukan ke ylki atau arbitery bodies lain bole sj...itu masalah hak...cuma mnrt sy n dari pengalaman sy...mrk smua ini spt bayi macan blm punya gigi...krn hukum di negara hukum itu bisa di pinjam n bisa di sewa...bisa juga di pakai u alat terror
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan leasing
Jadi masalahnya dengan pihak leasing, bukan asuransi. Problemnya, kalau ada kejadian / klaim SEBELUM polis diterbitkan, jelas tidak mungkin dicover, cmiiw.eridek wrote:duhh...maaf rekan2 sm...setelah kontak adik lagi, ternyata saya salah menerjemahkan informasinya...
saya ralat ya...
pertama, sperti yang disampaikan om helm, asuransi didaftarkn oleh perusahaan leasing, bukan daftar personal, perusahaan asuransi dan leasing dalam 1 grup...
adik saya beli mobil secara kredit, jadi premi asuransi termasuk dalam dp/cicilan awal, sedangkan yang masih dibayar tiap bulan, tentu saja cicilan mobil saja, di bulan k1 dan k2, sudah ditanyakan kpd leasing tentang polis asuransi yang telah dibayar lunas, mereka menjawab, masih proses, nanti dikirim ke rumah....dari sini saja, sudah terbaca pihak mana yang lalai.
setelah kecelakaan terjadi, adik saya kontak langsung dengan pihak asuransi, yang kata leasing, didaftarkan disana, ternyata belum tercantum....jadi saat ini, komplainnya kepada pihak leasing bukan asuransi...
mohon maaf kepada rekan2 sm yang aktivis asuransi, tidak ada maksud yang tidak baik, bahkan menurut adik saya, perusahaan asuransi tersebut sangat terbuka dan akan membantu, jika diperlukan..
kepada mods, silahkan di edit saja judul tritnya, supaya tidak ada pihak yang dirugikan..
oh ya, menjawab pertanyaan om grandscenic, adik daftar tlo karena ini mobil thn 1991, jadi terlalu mahal preminya untuk all risk..
sayang truk yang nabrak, tidak daftar third party...
semoga post ini sekaligus bisa menjawab keanehan yang dirasakan om iamwewe...
terima kasih atas perhatiannya.
Agak aneh kalau satu persh asuransi mau menerbitkan polis SETELAH terjadi kejadian. Lalu tanggalnya bagaimana? Apakah akan di backdate polis terbit sebelum kejadian? Itu tmsk insurance fraud lho...
Semoga saja ada penyelesaian yg baik buat adiknya TS
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
betul om gandalf...kecuali perusahaan asuransinya milik sendiri....he3...
ya, yang dikejar perusahaan leasing, karena mereka satu grup....barangkali saja, ada deal sehingga polis bisa diterbitkan meskipun setelah kejadian, karena pada dasarnya premi sudah masuk via leasing...
masalah fraud...kan yang paham cuma segrup sm sj kan....
ya, yang dikejar perusahaan leasing, karena mereka satu grup....barangkali saja, ada deal sehingga polis bisa diterbitkan meskipun setelah kejadian, karena pada dasarnya premi sudah masuk via leasing...
masalah fraud...kan yang paham cuma segrup sm sj kan....

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
Untuk kasus begini, perlu dirunut satu per satu.
Check List Terkait Contract :
- Apakah adik TS sudah bayar premi asuransi dalam pembayaran yang dilakukan ke leasing ? Y/N
- Kalau Y, maka next : apakah pihak leasing sudah sampaikan Application Form / SPPA Surat Permintaan Penutupan Asuransi ? Y/N
- Kalau Yes, maka kelalaian ada di perusahaan asuransi.
Kalau No, berarti kelalaian di pihak leasing.
Kalau leasing yang lalai, ada 2 opsi yang mungkin diambil si leasing :
- Leasing nalangin klaim yang terjadi
- Leasing minta ex-gratia ke perusahaan asuransi (dengan alas an hubugan baik selama ini)....
tapi eitherway, konsumen harusnya tidak dirugikan.
Untuk way forward kasus ini, saya share beberapa check-list yah..
=====
Check List Of Liability Aspect
- Apakah perilnya dan apakah perilnya termsuk yang dijamin ?
Jawab : Tabrakan, ya, dijamin.
- Apakah ada Warranty / Exclusion Polis yang dilanggar (mis. Tidak punya SIM, nyetir sambil mabuk, masuk jalan verbodden, dll)
- Khusus polis TLO, apakah tingkat kerusakan (extent of damage) sudah mencapai 75% dari harga sebenarnya mobil itu ?
Yes or No ?
====
Administrative Check List
1. Sudahkan semua dokumen pendukung yang diminta dipenuhi adik TS ?
========
Lastly, syarat sahnya suatu perjanjian menurut psl. 1320 BW adalah :
1. sepakat mereka yang mengikatkan dirinya;
2. kecakapan untuk membuat suatu perikatan;
3. suatu hal tertentu;
4. suatu sebab yang halal.
Jadi polis asuransi bukan SYARAT sahnya perjanjian asuransi, tapi ALAT BUKTI tentang adanya perjanjian asuransi.
Kalau polis belum ada, alat bukti itu bias Open Cover, Covernote, Application Form yang sudah dikonfirmasi asuransi, dll
Sorry, jadi kepanjangan..
Check List Terkait Contract :
- Apakah adik TS sudah bayar premi asuransi dalam pembayaran yang dilakukan ke leasing ? Y/N
- Kalau Y, maka next : apakah pihak leasing sudah sampaikan Application Form / SPPA Surat Permintaan Penutupan Asuransi ? Y/N
- Kalau Yes, maka kelalaian ada di perusahaan asuransi.
Kalau No, berarti kelalaian di pihak leasing.
Kalau leasing yang lalai, ada 2 opsi yang mungkin diambil si leasing :
- Leasing nalangin klaim yang terjadi
- Leasing minta ex-gratia ke perusahaan asuransi (dengan alas an hubugan baik selama ini)....
tapi eitherway, konsumen harusnya tidak dirugikan.
Untuk way forward kasus ini, saya share beberapa check-list yah..
=====
Check List Of Liability Aspect
- Apakah perilnya dan apakah perilnya termsuk yang dijamin ?
Jawab : Tabrakan, ya, dijamin.
- Apakah ada Warranty / Exclusion Polis yang dilanggar (mis. Tidak punya SIM, nyetir sambil mabuk, masuk jalan verbodden, dll)
- Khusus polis TLO, apakah tingkat kerusakan (extent of damage) sudah mencapai 75% dari harga sebenarnya mobil itu ?
Yes or No ?
====
Administrative Check List
1. Sudahkan semua dokumen pendukung yang diminta dipenuhi adik TS ?
========
Lastly, syarat sahnya suatu perjanjian menurut psl. 1320 BW adalah :
1. sepakat mereka yang mengikatkan dirinya;
2. kecakapan untuk membuat suatu perikatan;
3. suatu hal tertentu;
4. suatu sebab yang halal.
Jadi polis asuransi bukan SYARAT sahnya perjanjian asuransi, tapi ALAT BUKTI tentang adanya perjanjian asuransi.
Kalau polis belum ada, alat bukti itu bias Open Cover, Covernote, Application Form yang sudah dikonfirmasi asuransi, dll
Sorry, jadi kepanjangan..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19
Re: minta pendapat tentang 'kelalaian' perusahaan asuransi
ok..om ginting...sy forward data ceklist tsb ke adik sy....
terima kasih banyak pencerahannya....
nanti sy report progressnya...
terima kasih banyak pencerahannya....
nanti sy report progressnya...