Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Salvanost »

Serius tuh tempo???
Ga dilengkapin peta cuaca?
Ngomong2 peta cuaca itu apa ya?
Radar cuaca? Atau update cuaca sebelum keberangkatan?
Image
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by octafiantos »

ayaharyo wrote:ane bukannya korban media. namanya juga alam kan bisa aja penyebab terjadinya jecelakaan. du darat aja kena petir bisa modar. jgn terlalu bangga ma reknologi.


Sent from my iPhone using Tapatalk
Kayaknya ngga ada post yg mengagulkan teknologi Om. Cuman concern dari mana kesimpulan jatuh karena nabrak cb. Belum ketahuan jatuhnya kenapa. Speed sensor kah, all engine flameout kah, masih terbuka semua kemungkinan.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

Salvanost wrote:Serius tuh tempo???
Ga dilengkapin peta cuaca?
Ngomong2 peta cuaca itu apa ya?
Radar cuaca? Atau update cuaca sebelum keberangkatan?
Image
ngacooo totaaallll..nggak mungkin nggak ada..dumbass media..udah jadi standar pabrikan kalo weather radar, integrated with Navigation Display...ini kalo dibaca Airbus bakalan meradang nih mereka..

peta cuaca tersedia pas lagi briefing itu om, itu dikasi lihat cuaca di flight path, kalo yang pernah ane liat sih kayak ada gambar awan, angin dll..peta cuaca juga dibawa ke kokpit kok, ane pernah luat di kokpit 747 Garuda pas balik dari Amsterdam, waktu itu dikasih liat ama crew nya kalo di atas India berdasarkan peta itu cuacanya lumayan jelek..dan bener..begitu di atas India langsung "ajrut-ajrutan" pesawatnya hahaha
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

ayaharyo wrote:ane bukannya korban media. namanya juga alam kan bisa aja penyebab terjadinya jecelakaan. du darat aja kena petir bisa modar. jgn terlalu bangga ma reknologi.


Sent from my iPhone using Tapatalk
Tools dalam hal ini radar2 / sensor2 serta bantuan arahan dari ATC sangat membantu pilot dalam menciptakan suatu penerbangan yang aman dan nyaman

Tapi selamatnya sebuah penerbangan sampai ke tujuan atau terjadi celaka sangat banyak faktor yg berperan.......dan menurut statistik umumnya terjadi akibat "human error"

Video di bawah ini menunjukkan bagaimana sebetulnya sebuah kecelakaan dapat dihindari tetapi akhirnya terjadi karena faktor2 yg dibuat oleh manusia itu sendiri
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

haristk7 wrote: ngacooo totaaallll..nggak mungkin nggak ada..dumbass media..udah jadi standar pabrikan kalo weather radar, integrated with Navigation Display...ini kalo dibaca Airbus bakalan meradang nih mereka..

- CUT -
Kayaknya ini akibat "budaya" media di sini yang selama belasan tahun selalu menyiarkan berita bernuansa Infotaintment atau "bergaya Infotainment"

Akhirnya terefleksi dgn munculnya berita2 / tulisan2 "lebay" berkaitan reportase kecelakaan pesawat

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Salvanost »

apa benar sampai dengan saat ini, penumpang yg ditemukan semuanya ga memakai pelampung?
udah ada info tentang body pesawat?
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by adityabp »

octafiantos wrote:
ibar78 wrote:
lha buktinya walau terdeteksi radar di depan ada bahaya toh tidak dibolehkan naik ke atas.... :big_smile] ...alesanya di atas ada pesawat juga....jadi gimana dong....jadinya kaya qz ini dong nyungsep ke bawah gara2 ngehajar cumulusnimbus...
Kata siapa om nabrak cb?
Rekaman percakapan baik dr airnav maupun black box blm ada semua/at least blm dirilis. Dari mana kesimpulannya kalo kecelakaan karena nabrak cb.

Terkait perubaham flight level, dua hal yg berbeda. Naik, turun, merubah heading terkait dengan traffic separation. Dan kemarin bukan ngga boleh naik, tapi percakapan terakhir adalah minta naik belum diijinkan keburu ilang dari radar, tolong koreksi jika saya salah. Dan jangan dibayangin kalo minta naik berarti harus saat itu juga, kaya orang nyetir di depannya ada lobang.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Sori, apakah data blackbox bisa membuktikan kalo pesawat tidak menabrak awan Cb?
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by adityabp »

octafiantos wrote:
ayaharyo wrote:ane bukannya korban media. namanya juga alam kan bisa aja penyebab terjadinya jecelakaan. du darat aja kena petir bisa modar. jgn terlalu bangga ma reknologi.


Sent from my iPhone using Tapatalk
Kayaknya ngga ada post yg mengagulkan teknologi Om. Cuman concern dari mana kesimpulan jatuh karena nabrak cb. Belum ketahuan jatuhnya kenapa. Speed sensor kah, all engine flameout kah, masih terbuka semua kemungkinan.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Apakah kalo pesawat menabrak Cb, semua sensor dan mesin tetap berfungsi normal?
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by vipere »

octafiantos wrote:
ayaharyo wrote:ane bukannya korban media. namanya juga alam kan bisa aja penyebab terjadinya jecelakaan. du darat aja kena petir bisa modar. jgn terlalu bangga ma reknologi.


Sent from my iPhone using Tapatalk
Kayaknya ngga ada post yg mengagulkan teknologi Om. Cuman concern dari mana kesimpulan jatuh karena nabrak cb. Belum ketahuan jatuhnya kenapa. Speed sensor kah, all engine flameout kah, masih terbuka semua kemungkinan.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
ya mungkin kesimpulan itu didapat karena pilot sempat minta ijin naik ke ketinggian 38.000, jadi pada nyimpulin di depannya ada awan cb.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11040
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by marmut »

Salvanost wrote:Serius tuh tempo???
Ga dilengkapin peta cuaca?
Ngomong2 peta cuaca itu apa ya?
Radar cuaca? Atau update cuaca sebelum keberangkatan?
Image
kalo di metromini saya percaya ngga ada instrumen apapun di dalam benda berjalan itu. lha ini pesawat komersil yang udah beroperasi lumayan lama......
biasa lah, media bikin headline kaya gitu biar orang tertarik trus beli. isi di dalemnya juga belum tentu sama dengan headline, kalopun ada cuma sedikit dibahasnya.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by vipere »

hasil knkt itu diumumin ke publik gak ya ? kayak adam air dulu apa hasil dari knkt ?

kalo gak diumumin ke publik, percuma nunggu hasil knkt..mending kita duga duga sendiri aja.heheh.
siputkencang
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Dec 07, 2013 6:31

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by siputkencang »

vipere wrote:hasil knkt itu diumumin ke publik gak ya ? kayak adam air dulu apa hasil dari knkt ?

kalo gak diumumin ke publik, percuma nunggu hasil knkt..mending kita duga duga sendiri aja.heheh.
Ada kok, googling aja bahkan dijadikan salah 1 case di aircrash investihation natgeo
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7387
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by newrubble »

Ideal nya budget airlines itu retail off comfort essentials

baggage subject to pay, meals on demand, basic leg room, no in-flight entertainment

factual...mrk juga spec down safety essentials spt yg sy bilang diatas...untung nya (pake istilah umum) masih byk yg bilang bhw...tdk benar bgt

yg tdk benar itu operator n regulator nya...tapi smua bisa self justify...yg punya plg byk power n authority pasti nya akan anggap diri nya plg benar meski public liat kualiti mrk rombeng sana sini
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

adityabp wrote: Sori, apakah data blackbox bisa membuktikan kalo pesawat tidak menabrak awan Cb?
Hmmm.........ada baiknya kita nggak ngikut tulisan / istilah media yg mana mrk bukan aviation expert

CB itu bukan tembok

Di radar cuaca pesawat hanya ada indikasi hijau - kuning - merah.......nah pilot semua sudah tahu harus hindari zona merah

Tapi kadang perubahan cuaca sulit diduga.......

Kombinasi FDR dan CVR lah nanti yg dapat menyimpulkan apa yg terjadi sebenarnya

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

vipere wrote:hasil knkt itu diumumin ke publik gak ya ? kayak adam air dulu apa hasil dari knkt ?

kalo gak diumumin ke publik, percuma nunggu hasil knkt..mending kita duga duga sendiri aja.heheh.
Diumumin

Publik bebas menduga sejauh itu hanya utk konsumsi pribadi saja & bersifat disclaimer

Sedangkan utk kesimpulan konkrit better kita serahkan kepada badan resmi yg sudah ditunjuk dan dimana data dari CVR & FDR sudah dianalisa dgn detail

suatu kesimpulan akhir bukan hal yg mudah......ingat dulu kasus 737 belok sendiri & jatuh itu butuh waktu berbulan bulan mendapat kesimpulan dimana setelah puluhan test akhirnya ketahuan "power steering" ekor belakang aka Rudder actuator buatan Parker Haniffin macet akibat perbedaan suhu dari sgt dingin (35.000 ft) ke suhu normal saat mau landing.

Akhirnya seluruh "power steering" ekor B 737 di seluruh dunia di recall

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ternakblog »

Kok semakin kesini semakin gila ya itu media2.tadi sekilas lihat ada wawancara2 kurang kerjaan yg bahas ttg besaran asuransi yg harus dibayarkan air asia.bayangken sodara.masak si narasumber bilang besaran asuransi harusnya 55M.bukan 1.5M.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

Buntut dah ketemu

Image

Mudah2-an Bbox segera ketemu
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by batumakam »

wah katanya LCC mau dihapus bener gak tuh? Sayang sebenarnya,ketika orang mulai pindah ke moda transportasi yg 'canggih' seperti ini malah dihapus :mky_01:

Code: Select all

http://www.kaskus.co.id/thread/54aca862bccb179e588b4571/?ref=homelanding&med=hot_thread
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

Wah om Gerry ngamuk2 di twitter......sampe muncul gbr :

Image

Is this how Indo transport minister sees the airlines? Glorified privateer city buses known for dangerous driving?
https://twitter.com/gerrys

:wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk:
* Bukan ajakan Beli *
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by kunaskun »

loh bukannya emang sudah lama namanya airline LCGC beroperasi di indo = kopaja udara? kok baru sekarang heboh? :big_think: boleh dibilang dari airport, baggage handling, terminal, sampe ke penumpangnya sendiri ya masih mental kopaja :big_biglaugh:

but i do belief ga ada namanya airliner yang segitu bodohnya mau buang nyawa crew, pesawat, dll sampe maen2 dengan keselamatan. namanya aja pebisnis, misal: boss PO bus gila mana pake Scania buat trayek Surabaya - medan? :big_slap: pasti paling bagus mercy biasa :mky_03: lah bus scania pasti dijadiin super executive bus. atau ga usah2 jauh pak menteri sekarang aja ninggalin hal pinter di PT KAI: kereta api gerbong ekonomi aja dipakein AC supaya harga bisa naek, jadi ga ada cerita lagi: ga untung jualan ekonomi = perusahaan tetep bisa napas., walau itu AC split rumahan dipaksa pasang di gerbong :big_biglaugh: .

kalau ada airliner segitu gilanya, mungkin yang punya lebih cocok jalanin yayasan sosial atau punya bisnis sampingan perusahaan asuransi buat gelapin asuransi. emangnya gampang cari pilot, training cabin crew, ground crew control, dll. apalagi pesawat sebiji dengan harga luar biasa gitu dibiarin terbang ngasal aja tanpa cek safety. yang ada jangan2 airliner punya SOP yang lebih canggih daripada regulator, demi2in tuh pesawat dan isinya selamet.

jadi biar untung ya kualitas layanan dipangkas abis2an selama namanya masih lolos safety dan ga ngelanggar aturan ya jalanin aja. :big_okay:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by walid_007 »

Ibget.... lain kali minimal british airways...



Tapi sama aja pilotnya kayakna kalah pibyer sama emirats .. kalo landing pasti jeduakkkk
engine roaring!
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by octafiantos »

Turboman wrote:Wah om Gerry ngamuk2 di twitter......sampe muncul gbr :

Image

Is this how Indo transport minister sees the airlines? Glorified privateer city buses known for dangerous driving?
https://twitter.com/gerrys

:wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk:
Ini gambar kayanya dia bikin hampir 10 tahunan kali. 2006 aja udah sering keluar di Indoflyer kalo gua ga salah inget.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

octafiantos wrote:
Turboman wrote:Wah om Gerry ngamuk2 di twitter......sampe muncul gbr :

Image

Is this how Indo transport minister sees the airlines? Glorified privateer city buses known for dangerous driving?
https://twitter.com/gerrys

:wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk:
Ini gambar kayanya dia bikin hampir 10 tahunan kali. 2006 aja udah sering keluar di Indoflyer kalo gua ga salah inget.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
hahaha gw ampe ubek2 IF..gw cari2 nemu yang ini doang..

http://www.indoflyer.net/forum/tm.asp?m ... age=1&key=

beliau kalo dah ngamuk serem...saya pernah kena "kuliah 3 sks" jam 11 malam gara2 kesalahan kecil yang saya lakukan di game simulasi yang berhubungan dengan penerbangan..hahaha tapi saya salut beliau dedikasinya sangat tinggi, mau itu cuma game tetep dedikasinya tinggi..beliau memang "sersan" (serius tapi santai)

btw ini ada pembahasan dari jaman baheula, "Low Ticket Prices = Low Safety? Masa??? " (google this kalo link gak bisa kebuka)
http://www.indoflyer.net/forum/tm.asp?m ... ey=&#43559
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Nightster Guy »

Oot bentaran.. masih menyangkut aviation,, colek om rubblepedia/siapapun yg kompeten jawab....

ICAO country codes 'AVU' itu buat negara mana ya? Sy disuruh sewa heli ama bigboss, dapet prusahaan carter lokal sini, di brosurnya ada foto heli registrasi AVU-HV. Ubek2 gugling2 ngga nemu kode AVU. Apa untuk Timor Leste tp blom dilisting ya hehe..

:mky_01:

Thx
Das Beste oder nichts.
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ibar78 »

:popcorn: