alhasil, 2 menit nyelah sampai pegal motor sukses ngadat.

diamkan lagi 3 menit, motor bisa dihidupkan.

aneh, padahal MIL tidak menunjukkan error di sistem injeksi.

alhasil selama perjalanan saya selalu nempel di belakang beat, mangantisipasi mati mendadak, jadi bisa didorong duluan sebelum menepi.
dan kejadian ini terulang di saat cuaca cerah maupun hujan, terutama ketika menutup throttle. sekedar catatan, motor tidak pernah dicucikan, sampai disemprot2 segala. jadi kemungkinan soket kelistrikan kemasukan air sangat kecil. motor ini baru 2-3 kali dicuci, cuma dilap bagian luarnya, odo jalan 3000 an km.
dari hasil tanya sana sini, ada yang merekomendasikan setting ecu di beres, ada juga yang merekomendasikan ganti koil. rekomendasi bengkel resmi adalah untuk mengganti bbm ke pertamax dari premium (motor sering bergantian pake pertamax n premium). tapi sepertinya faktor bahan bakar juga bukan, mengingat selalu melakukan pengisian di pom yang terpercaya. faktor ventilasi tutup tangki yang tersumbat juga bukan, coz tutup tangki dibuka juga sama saja (masalah ini lebih umum terjadi di sistem karbu).
mungkin ada masukan dari master SM yang paham dengan beat fi? bengkel resmi juga kebingungan mencari penyakit ini.