Biar gak kebanyakan review CR-V RM, ane gabungkan di sini ya.
Ya ya... ane tau pasti pada tanya
"kenapa kok beli RM? Bukannya situ bilang RM ampas bla bla bla?"
Sebetulnya simple sih alesannya, harganya sulit ditolak untuk sebuah RM 2nd hand yang masih mulusss dan jarang dipake. Seorang karyawan bokap kebetulan menawarkan untuk menjual mobil ini ke bokap dengan harga sangat miring dan status over kredit. Tanpa pikir panjang dilego lah SX4 putih adik saya buat nebus RM Prestige '14 yang harganya sangat "miring" ini.
Bahkan RM 2013 atau CX-5 GT 2013 aja harganya gak semiring ini....
Kenapa harus ane buat review nya lagi?
Karena point of view sebagai pengguna dan test driver ini surprisingly sangat berbeda, entah kenapa setelah 2 hari bercengkrama i found this car is not really that bad, though. Mungkin karena memang ane sudah kangen nyetir CR-V sejak RE 2011 ane dipindahtugaskan untuk "berdinas" di rumah kakek ane dan dibawa supir setiap hari? Entahlah.
Singkat cerita RM Prestige '14 dengan mileage yang masih sangat rendah berwarna Alabaster Silver ini mendarat ke rumah pukul 16.30 dan kebetulan waktu ane mau pergi hang-out, langsung dikasih kuncinya sama bokap. Yo wis....
*ntah kenapa setiap pakai CR-V selalu dapet jatah pertama, dulu di RE juga jatah pertama bawa mobilnya keliling
First Impression
Begitu disodorin kunci udah hilang kunci Honda yang membosankan bentuknya dan berubah jadi smartkey yang bentuknya cukup keren. Tapi impresi awal interiornya, ya udah jadi rahasia umum lah....
Plastik murah dimana-mana, gak ada premium feel sama sekali. Door handle aja gak beda sama punya Jazz, plastik interior gak beda jauh sama Jazz, lampu kabin bagian depan? 100% itu nemplok punya CR-V RE sak LED biru nya (baru sadar ini setelah punya di garasi, my bad). Hal paling simpel, bahkan tombol start-stop nya pun terasa murah dan setara OS punyak...
Hal bagus yang ane temukan hanya sekitaran setir, penuh dengan tombol gak kayak RE yang polosan. Plus ada tombol buat ngangkat telpon dan tutup telpon... what? Baru sadar CR-V punya bluetooth handsfree
lumayan, biar bokap mengurangi kebiasaan megang henpon sambil nyetir...
Head unit err sangat bagus karena mengingatkan untuk tidak mengoperasikan head unit pada saat nyetir.... dan pada saat ane coba, itu warning tinggal ane OK langsung ane bisa operasikan dengan normal saat nyetir. Jadi itu cuma sekedar peringatan dan bukan fitur khusus biar yang nyetir gak nyentuh HU? Wow... Emejing.
Interface nya gak terlalu menarik, background putih. Koneksi ke bluetooth errr... ke henpon samsung butut ane, ya jangan ditanya lah itu henponnya yang ampas, langsung ane putus dan ganti pakai henpon sony-type-entahlah teman ane lancar. Berikut ane coba pakai GalaxyTab juga lancar. Conclusion : Henpon ane ampas.
Suara audio ya gitulah, better dikit aja dari RE's Kenwood, tetep gak ada tweeter dan cuma pake spiker harman karton. Lebih powerful dikit tapi ya tetep ampas.
Semua keliatan gak menarik sebelum ane menyentuh sebuah tombol bertuliskan "MAP". GPSnya ya buat ane yang katrok ini bagus lah, simpel, resolusinya bagus, dan gak keliatan ampas kayak GPSnya Outlander Sport. Belom coba buat blusukan tapi sejauh ini akurat-akurat aja. Ya karena jalanan Semarang itu gampang diapali jadi gak perlu GPS yang canggih-canggih amat. Semarang mah modal tanya yang punya alamat aja pasti ketemu. Yang jelas nice to have, karena di RE facelift selain interface nya lemot juga GPS harus nambah lagi.
i-MID, gak tau fungsinya apa, utak atik bentar udah bosen, informasi di i-MID sama di MID tengah speedometer sama plek, trus ngapain dikasih i-MID segala? ECON button useless malah bikin boros, cruise control, vsc, dan err apalagi ya... kayaknya itu aja.
Intinya kalo gak ngomong harga miring sebenernya gak worth aja.
Driving Around the City
Ya karena udah bosen ngutak utik interiornya. Semua tombol ane sudah familier karena lokasinya semua mirip dengan RE, plus sahabat ane di sebelah yang udah bosen nunggu ane ngutak-atik mobil ini (sambil doi ikut terkagum-kagum, ya wajar karena orang awam otomotif), akhirnya langsung jalan aja.
OK pertama jelas kerasa setirnya ringan, bisa bagus bisa jelek. Walaupun subjectively ane nggak suka setirnya yang ringan, tapi karena hari itu jempol ane luka gegara insiden, maka muter setirnya gak perlu pake otot kayak RE atau SX4, cukup satu tangan aja yang menari-nari gerakin setir. Somehow satu jempol luka itu bisa mempengaruhi grip tangan ke setir jadi kurang mantep
Lifeless? Not as lifeless as many Nissan's steering. Di pesaing terdekatnya, X-Trail bahkan kita gak tau itu roda masih nemplok di axle atau tidak. Tapi ya tetep gak direct rasanya, beda dengan RE yang cukup direct.
Next, respon pedal gas, awalnya kerasa agak berat, ternyata setelah liat indikator di cluster, tombol ECON yang menjijikkan itu aktif
langsung ane matikan. Impresi awal gak beda jauh dengan RE, tapi setelah cukup lama dipake, RM punya karakter yang lebih kalem dan bisa ngail torsi di RPM lebih rendah. Penyebabnya adalah penggunaan intake berbahan plastik dan exhaust yang langsung downpipe, lalu gear ratio yang lebih halus. Karakter mobil ini overall justru lebih kalem dari RE, good for a family cruiser
Sebenernya desain intake-exhaust di K24Z9 RM ini identik dengan mesin K24Z3 Accord previous gen (CP2), makanya ane gak heran karakter mesinnya mirip dengan Accord previous gen dibanding CR-V previous gen yang masih intake metal dan pakai header. Yang jadi korban adalah engine note nya yang gak senikmat previous gen karena header nya hilang dan karena aliran udara di intake lebih minim turbulensi
Tentu saja karena karakter mesinnya yang gak se-peaky CR-V RE, mobil ini lebih enak dibawa kalem. Berbeda dengan RE yang selalu minta dibawa kenceng biar lebih enak. Dampak positifnya ya konsumsi BBMnya karena karakternya lebih kalem
Karena rute pertama adalah jemput teman ane di daerah Tanah Mas (yang tinggal di Semarang pasti tau betapa "nikmatnya" jalan di Tanahmas buat semi-offroading), cocok buat test noise dan damping. Sebagian besar jalan berpaving, road noise tetep gak lebih baik dari RE. Damping, sedikit membaik. Awalnya ane ngerasa agak keras, tapi besoknya dipake lagi malah kerasa cukup lembut, ya lebih lembut dari RE lah. Mungkin waktu itu efek habis dari Harrier pindah ke RM jadi sedikit keras.
Setelah itu agendanya adalah jenguk teman ane yang rumahnya di daerah Citarum, gang nya cukup sempit, sempat kesasar lalu puterbalik dan RM passes the test, radius putarnya gak terlalu besar, more or less kayak RE. Visibilitas baik bahkan buat parkir pun gak susah ngepasinnya
Setelah dari situ kami beranjak ke Jl. Sultan Agung ke sebuah cafe di site yang baru dibangun. Jalanan cukup naik turun, dan di turunan entah kenapa lebih mantap nikung pakai RM daripada RE. RE walaupun steering feelnya lebih baik tapi bodyrollnya masih cukup besar. RM dengan dukungan ban Dunlop SPSportMaxx dan chassis yang sepertinya lebih kaku, bodyroll hampir gak berasa dan nikung 60 km/h masih lengket dan terasa meyakinkan.
Apakah saya mulai menyukai RM? Sayangnya ada beberapa hal yang mengganggu.
5-Speed A/T nya cukup blo'on untuk menentukan mau pake gigi mana. Shiftingnya lambat dan kebanyakan mikir, kalau dibandingkan dengan transmisi CX-5. Downshiftnya cepet tapi buat upshift lambat sekali. Akibatnya gak kerasa sama sekali ane sedang nyetir mobil yang punya 190PS under the hood, lebih kerasa kayak 170PS yang alias sama-sama wae dengan CR-V RE.
Karakter mobil yang kelewat kalem dan engine note yang tidak menggugah bikin mobil ini gak menggugah sama sekali buat speeding, lebih cocok buat nyetir-nyetir santai dalem kota. Not a good feeling on a Honda though. Walaupun overall chassis dan suspensinya bagus, tapi steeringnya juga no good, blas gak enak buat ugal-ugalan, kerasa slow. Soal steering dan kelincahan di dalem kota RE lebih baik. Sama CX-5? Jauh sekali bahkan.
Dan finally, speaking of the 190PS.... 190PS @7k RPM sounds like marketing gimmick, orang gila mana yang akan nyentuh 7K RPM untuk nyetir dalem kota?
Conclusion
Kalo dibilang kecewa, malah gak sama sekali, lho? Alesannya simpel kok, karena harganya aja. Subjektif sekali kan? Ane gak expect aneh-aneh karena biarpun mobil seken kondisi masih kayak baru dan harganya "spesial" karena lebih murah dari yang taun tua sekalipun.
Jadi rasanya masih mobil baru, bahkan bau interiornya pun khas mobil baru kok. Sampe kemaren temen - temen pada gak percaya kalo mobil ini bekas. Maklum pada orang awam mobil, gak tau RM udah facelift.
Hal kedua, karena CR-V RE adalah mobil yang sangat berkesan buat ane dan overall mobil ini gak jauh beda, malah dengan driving style ane yang sekarang lebih cocok, karena driving style ane lebih kalem dibanding 1 taun lalu
Hal ketiga ngeliat ekspresi bokap waktu nyetir mobil ini keliatan sangat puas rasanya priceless sekali... Rasa penasarannya dengan RM selama ini terbayarkan sudah.
Ya ada faktor lain yaitu karena RE gak dijual, cuma pindah "rumah dinas" dari rumah ane ke rumah kakek ane. Ini yang signifikan gak bikin kecewa-kecewa amat selain harga. Jadi kalo kangen masih bisa bawa RE, kayak punya 2 mobil beda casing aja
Dapet bonus HID Autovision, lumayan lah...