mobil matic dan mobil manual?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Jan 05, 2014 10:15
mobil matic dan mobil manual?
bro bro
mobil bekas matic dan mobil bekas manual...
harganya lbh jatuh yang mana?
denger2 kok mobil bekas matic hrg jual nya lbh jatuh drpd mobil bekas manual
bener tha bro ?
thx bro
mobil bekas matic dan mobil bekas manual...
harganya lbh jatuh yang mana?
denger2 kok mobil bekas matic hrg jual nya lbh jatuh drpd mobil bekas manual
bener tha bro ?
thx bro
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01
Re: mobil matic dan mobil manual?
mobil matic kalau satu kelas, beli lebih mahal, harga jual terjun bebas,
contoh avG 2010 manual sekitar 110-120an, matic temen ane jual cuma 100
kalo beda kelas misalkan brio satya dan brio CKD msh lebih mahal CKD
contoh avG 2010 manual sekitar 110-120an, matic temen ane jual cuma 100
kalo beda kelas misalkan brio satya dan brio CKD msh lebih mahal CKD
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: mobil matic dan mobil manual?
tergantung tipe apa dulu yang populer, oom.
kalo Avanza atau innova dimana mayoritas yang laku M/T, jelas harga jualnya lebih kuat yang M/T.
kalo mobil udah kelas 300juta keatas ya yang laku A/T biasanya. jadi harga jual lebih kuat yang A/T, pun begitu likuiditas unit lebih bagus yang A/T. Sebagai contoh Honda CR-V 2.0 M/T ngejualnya sangat susah karena jarang sekali orang yang mau... biasa carinya A/T kalo Honda CR-V.
tapi sekarang lagi terjadi pergeseran trend sih dimana mobil 200juta kebawah juga yang laku A/T... contoh aja Mobilio CVT dan Ertiga A/T sekarang lebih banyak dibanding yang M/T.....
kalo Avanza atau innova dimana mayoritas yang laku M/T, jelas harga jualnya lebih kuat yang M/T.
kalo mobil udah kelas 300juta keatas ya yang laku A/T biasanya. jadi harga jual lebih kuat yang A/T, pun begitu likuiditas unit lebih bagus yang A/T. Sebagai contoh Honda CR-V 2.0 M/T ngejualnya sangat susah karena jarang sekali orang yang mau... biasa carinya A/T kalo Honda CR-V.
tapi sekarang lagi terjadi pergeseran trend sih dimana mobil 200juta kebawah juga yang laku A/T... contoh aja Mobilio CVT dan Ertiga A/T sekarang lebih banyak dibanding yang M/T.....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Jan 05, 2014 10:15
Re: mobil matic dan mobil manual?
Kalo mobil matic kelas hatchback ...gmn bro bro?
harga jualnya lbh kuat drpd mobil manual hatchback?
harga jualnya lbh kuat drpd mobil manual hatchback?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: mobil matic dan mobil manual?
Itu mah cerita 10 tahun yg lalu kaleeeeeyutekcien wrote:bro bro
mobil bekas matic dan mobil bekas manual...
harganya lbh jatuh yang mana?
denger2 kok mobil bekas matic hrg jual nya lbh jatuh drpd mobil bekas manual
bener tha bro ?
thx bro
Skg banyak variant mobil yg gak ada versi M/T nya malah
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: mobil matic dan mobil manual?
Matic.yutekcien wrote:Kalo mobil matic kelas hatchback ...gmn bro bro?
harga jualnya lbh kuat drpd mobil manual hatchback?
Simpel, yang pake anak muda biasanya, masih dibeliin ortu dan ogah repot pastinya. nyari Jazz M/T jauh lebih susah dari nyari Jazz A/T seken....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: mobil matic dan mobil manual?
kalo beli u cepat di jual lagi ya ikuti market taste
kalo beli u practicality ya belilah yg di inginkan
kalo bingung jgn beli dulu
haji hamdun di kebon belakang rumah sy blm lama beli baru avanza manual type E ...kbtulan u selama di jkt ini sy sedang sewa avanza matic type E (thn sama, 2014) n wkt sy ajak dia pergi pilih pilih sapi u korban nanti ...sy ajak dia naik avanza yg sy sewa n sy suruh dia yg bawa (sy kasih briefing dulu PRND123 n supir sewa sy suruh minggir di sebelah dia) n dia bilang "enak ya, lbh enak dr yg manual .. wkt sy tanya knp tdk ambil yg matic wkt beli? ...jwb dia ...abis kalo matic pas mogok tdk bisa di dorong kata orang orang ...
sy tanya ...mobil baru nya mmg sdh mogok brp x?
kalo beli u practicality ya belilah yg di inginkan
kalo bingung jgn beli dulu
haji hamdun di kebon belakang rumah sy blm lama beli baru avanza manual type E ...kbtulan u selama di jkt ini sy sedang sewa avanza matic type E (thn sama, 2014) n wkt sy ajak dia pergi pilih pilih sapi u korban nanti ...sy ajak dia naik avanza yg sy sewa n sy suruh dia yg bawa (sy kasih briefing dulu PRND123 n supir sewa sy suruh minggir di sebelah dia) n dia bilang "enak ya, lbh enak dr yg manual .. wkt sy tanya knp tdk ambil yg matic wkt beli? ...jwb dia ...abis kalo matic pas mogok tdk bisa di dorong kata orang orang ...
sy tanya ...mobil baru nya mmg sdh mogok brp x?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: mobil matic dan mobil manual?
Haahaha
Mobil matic ane pertama lgx 2.0 l 2002, inden nya 3 bulan
Selama ini sudah jalan 200 juta meter, dan tetep jalan, setelah beli matic sudah ngak pernah beli mobil manual lagi.
Kenapa matic lebih unggul?
Kenyamanan nya jauh, baik yang numpang apalagi yang nyetir
Ngak akan kerasa ndut ndut an
0 maintanance, cuma ganti oli itupun jaranggg sekali, bayangkan jika manual, dulu sayan pernah punya krista m t sering banget ganti kampas kopling, apalagi sekarang yang tambah macet
Dan jika jatuh dijual iya
Hanya 60 juta harganya untuk mobil tua itu
Mobil matic ane pertama lgx 2.0 l 2002, inden nya 3 bulan
Selama ini sudah jalan 200 juta meter, dan tetep jalan, setelah beli matic sudah ngak pernah beli mobil manual lagi.
Kenapa matic lebih unggul?
Kenyamanan nya jauh, baik yang numpang apalagi yang nyetir
Ngak akan kerasa ndut ndut an
0 maintanance, cuma ganti oli itupun jaranggg sekali, bayangkan jika manual, dulu sayan pernah punya krista m t sering banget ganti kampas kopling, apalagi sekarang yang tambah macet
Dan jika jatuh dijual iya
Hanya 60 juta harganya untuk mobil tua itu
engine roaring!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: mobil matic dan mobil manual?
Ga jg lah... Setuju ama bro chz sih, tergantung mobilnya...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: mobil matic dan mobil manual?
masih banyak org yg berpandangan terlalu kolot thp matic terutama yg tua..kalo skrg usianya rata2 udah diatas 50..kebanyakan di60an..
yg pandangannya matic gampang rusak..kalo rusak ga bisa di derek dsb..
yg pandangannya matic gampang rusak..kalo rusak ga bisa di derek dsb..
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: mobil matic dan mobil manual?
untungnya bokap ane sudah pakai matic di jaman orang2 belom pada pake maticmontirangin wrote:masih banyak org yg berpandangan terlalu kolot thp matic terutama yg tua..kalo skrg usianya rata2 udah diatas 50..kebanyakan di60an..
yg pandangannya matic gampang rusak..kalo rusak ga bisa di derek dsb..

dari jaman BMW E36, Civic Ferio dan Galant Hiu keluar baru......... udah ogah beli manual lagi


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: mobil matic dan mobil manual?
Sekarang rasanya mirip mirip aja deng [emoji77]
Patokannya, Panjah 2011 MT seken di 139 jt jaman 2012. AT2010 nya di 135...anggap buang krum kruman 3 juta ton sama bungkus jok kamseu yang nilainya miliaran dollar zimbabwe itu, pastinya masih masuk selisih wajar antara '10 dan '11.
Metik jauh jaaaauuuhhh lebih enak, jujur sangat memudahkan saat habis capek capekan/mood hilang. Tapi untuk kasus saya, kudu punya MT dan AT di satu garasi[emoji15] ....terkadang suka gatel buat rev matching[emoji55][emoji97]
Patokannya, Panjah 2011 MT seken di 139 jt jaman 2012. AT2010 nya di 135...anggap buang krum kruman 3 juta ton sama bungkus jok kamseu yang nilainya miliaran dollar zimbabwe itu, pastinya masih masuk selisih wajar antara '10 dan '11.
Metik jauh jaaaauuuhhh lebih enak, jujur sangat memudahkan saat habis capek capekan/mood hilang. Tapi untuk kasus saya, kudu punya MT dan AT di satu garasi[emoji15] ....terkadang suka gatel buat rev matching[emoji55][emoji97]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: mobil matic dan mobil manual?
berarti om chz punya bokap yg flexible orgnya..ngikutin perkembangan
bokapnya pake internet juga dong om?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: mobil matic dan mobil manual?
wah masa mahalan mobil manual 2nd nya? ada yang mau tuker guling innova d4d a/t nya sama innova d4d m/t gw?? kekekekeke
kalau di jakarta sih orang lebih banyak cari yg matic.. macet boooooooooooooo....... soal maintenance matic mahal itu sih pikiran org jaman dulu.. (kecuali transmisi a/t nya honda yah..terutama yg cvt jaman jazz/fit 1st gen dulu kayaknya suka ada trouble..) jaman dulu ortu punya honda fit 2003 sama oddysey 2002 3.0 2-2 nya transmisinya bermasalah.... padahal punya mobil matic yg lain ga pernah ada masalah.
kalau di jakarta sih orang lebih banyak cari yg matic.. macet boooooooooooooo....... soal maintenance matic mahal itu sih pikiran org jaman dulu.. (kecuali transmisi a/t nya honda yah..terutama yg cvt jaman jazz/fit 1st gen dulu kayaknya suka ada trouble..) jaman dulu ortu punya honda fit 2003 sama oddysey 2002 3.0 2-2 nya transmisinya bermasalah.... padahal punya mobil matic yg lain ga pernah ada masalah.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: mobil matic dan mobil manual?
yap... kadang soal hape ane malah lebih gaptek dari bokapmontirangin wrote:berarti om chz punya bokap yg flexible orgnya..ngikutin perkembanganbokapnya pake internet juga dong om?

mungkin next harus beli BMW biar doi keracunan sistem iDrive

Innova D-4D AT sekarang sih lebih langka di pasaran dan begitu ada harganya ngawur bener dah tingginya...tesna wrote:wah masa mahalan mobil manual 2nd nya? ada yang mau tuker guling innova d4d a/t nya sama innova d4d m/t gw?? kekekekeke
kalau di jakarta sih orang lebih banyak cari yg matic.. macet boooooooooooooo....... soal maintenance matic mahal itu sih pikiran org jaman dulu.. (kecuali transmisi a/t nya honda yah..terutama yg cvt jaman jazz/fit 1st gen dulu kayaknya suka ada trouble..) jaman dulu ortu punya honda fit 2003 sama oddysey 2002 3.0 2-2 nya transmisinya bermasalah.... padahal punya mobil matic yg lain ga pernah ada masalah.

wah sh1tp1ti Honda Jazz/City GD dan Odyssey RB non-Absolute sih problemnya sangat banyak oom. makanya kalo ada orang yang mau cari sekennya saya nda pernah rekomen Jazz GD metik, mending yang manual, atau lari ke mobil lain. makanya Honda Jazz sejak dari GE8 balik ke 5-speed AT.
sekarang balik ke Sh1tp1ti lagi... kamsud e opo iki

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: mobil matic dan mobil manual?
Untuk kelas HB kyk jazz atau yasir ATnya lebih kuat, lebih mahal dan lebih bnyk di cari, soalnya rata" yg pke ababil atau cici" umur 20an atau ibu rumah tangga.yutekcien wrote:Kalo mobil matic kelas hatchback ...gmn bro bro?
harga jualnya lbh kuat drpd mobil manual hatchback?
Klw kyk ipah sma avz mh jelas lbh bnyk cri yg MT, secondnya jg agak bnyk yg manual apalagi avz, klw ipah masih agak sebanding

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: mobil matic dan mobil manual?
huh...coba kalo freed ada yg M/T......
perawatan mobil2 matik : aki & alternator harus selalu sehat, lebih rajin ganti oli mesin & oli tranny kudu sesuai jenis matiknya (AT konvensional ataukah CVT), kampas rem lebih cepat habis drpd M/T...kelebihannya : lebih nyaman bermacet ria dibanding M/T, gampang disupiri oleh pemula/baru belajar nyetir...kelemahan : spt post suhu2 di atas, plus harga jual bekasnya hampir selalu di bwh jenis M/T (untuk tipe & merk mobil yg sama), karena kalau sampe rusak, harga sparepart matik (apalagi CVT
) jauh lebih mahal drpd M/T....
M/T : perawatan tranny lebih mudah drpd A/T, kaki kiri pegel kalo ketemu macet, harga sparepart lebih murah drpd A/T (untuk jenis kerusakan yg sama)....
sementara itu dulu...![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

perawatan mobil2 matik : aki & alternator harus selalu sehat, lebih rajin ganti oli mesin & oli tranny kudu sesuai jenis matiknya (AT konvensional ataukah CVT), kampas rem lebih cepat habis drpd M/T...kelebihannya : lebih nyaman bermacet ria dibanding M/T, gampang disupiri oleh pemula/baru belajar nyetir...kelemahan : spt post suhu2 di atas, plus harga jual bekasnya hampir selalu di bwh jenis M/T (untuk tipe & merk mobil yg sama), karena kalau sampe rusak, harga sparepart matik (apalagi CVT

M/T : perawatan tranny lebih mudah drpd A/T, kaki kiri pegel kalo ketemu macet, harga sparepart lebih murah drpd A/T (untuk jenis kerusakan yg sama)....
sementara itu dulu...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: mobil matic dan mobil manual?
Memang inilah mitos yg masih ada mengenai mobil matik, terutama untuk yg masih di daerah daerahhariy wrote:huh...coba kalo freed ada yg M/T......![]()
perawatan mobil2 matik : aki & alternator harus selalu sehat, lebih rajin ganti oli mesin & oli tranny kudu sesuai jenis matiknya (AT konvensional ataukah CVT), kampas rem lebih cepat habis drpd M/T...kelebihannya : lebih nyaman bermacet ria dibanding M/T, gampang disupiri oleh pemula/baru belajar nyetir...kelemahan : spt post suhu2 di atas, plus harga jual bekasnya hampir selalu di bwh jenis M/T (untuk tipe & merk mobil yg sama), karena kalau sampe rusak, harga sparepart matik (apalagi CVT) jauh lebih mahal drpd M/T....
M/T : perawatan tranny lebih mudah drpd A/T, kaki kiri pegel kalo ketemu macet, harga sparepart lebih murah drpd A/T (untuk jenis kerusakan yg sama)....
sementara itu dulu...
Statistik ngawur ala saya, dari 10 orang teman pemakai manual yg pernah saya tanya, jawabannya persis diatas dan ditambahi alasan larinya boyo plus boros... keukeuh bener ngga mau pakai matik
Seiring berjalannya waktu dan ada rejeki coba-coba mobil matik, 9 dari 10 orang tadi akhirnya tetep keukeuh juga, tapi kali ini keukeuh ngga mau pakai manual lagi

Tinggal 1 yang belum insyaf

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: mobil matic dan mobil manual?
Huehuehue...betul, om..kalo rejeki berlebih sih, sepertinya mobil matik terlihat jadi pilihan bagus...karena kalau beli baru, harganya sudah pasti lebih mahal drpd manual punya...dan seiring waktu, bisa saja kan selera atau kebutuhan orang berubah ?imsus2c wrote:Memang inilah mitos yg masih ada mengenai mobil matik, terutama untuk yg masih di daerah daerah
Statistik ngawur ala saya, dari 10 orang teman pemakai manual yg pernah saya tanya, jawabannya persis diatas dan ditambahi alasan larinya boyo plus boros... keukeuh bener ngga mau pakai matik
Seiring berjalannya waktu dan ada rejeki coba-coba mobil matik, 9 dari 10 orang tadi akhirnya tetep keukeuh juga, tapi kali ini keukeuh ngga mau pakai manual lagi![]()
Tinggal 1 yang belum insyaf
Saya hanya pernah coba matik itupun punya kakak, avz'10 & Mazda 2'12..nyaman memang..tapi untuk memilikinya, nanti dulu..banyak pertimbangannya. Termasuk domisili saya di daerah kota kecil dimana radius 45 km tidak ada bengkel resmi 3 ellips & H tegak.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: mobil matic dan mobil manual?
Sama nih.... Ane pingin freed yg MThariy wrote:huh...coba kalo freed ada yg M/T......![]()
perawatan mobil2 matik : aki & alternator harus selalu sehat, lebih rajin ganti oli mesin & oli tranny kudu sesuai jenis matiknya (AT konvensional ataukah CVT), kampas rem lebih cepat habis drpd M/T...kelebihannya : lebih nyaman bermacet ria dibanding M/T, gampang disupiri oleh pemula/baru belajar nyetir...kelemahan : spt post suhu2 di atas, plus harga jual bekasnya hampir selalu di bwh jenis M/T (untuk tipe & merk mobil yg sama), karena kalau sampe rusak, harga sparepart matik (apalagi CVT) jauh lebih mahal drpd M/T....
M/T : perawatan tranny lebih mudah drpd A/T, kaki kiri pegel kalo ketemu macet, harga sparepart lebih murah drpd A/T (untuk jenis kerusakan yg sama)....
sementara itu dulu...

There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: mobil matic dan mobil manual?
ya org masih dipedalaman lama2 pasti ikut org kota..pertamanya mereka kolot.
org indonesia juga pasti ikutin adat barat..pertamanya mereka kolot..
org indonesia juga pasti ikutin adat barat..pertamanya mereka kolot..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: mobil matic dan mobil manual?
Lain cerita kalo tokisulnya LGX 1.8Lwalid_007 wrote:Haahaha
Mobil matic ane pertama lgx 2.0 l 2002, inden nya 3 bulan
Selama ini sudah jalan 200 juta meter, dan tetep jalan, setelah beli matic sudah ngak pernah beli mobil manual lagi.
Kenapa matic lebih unggul?
Kenyamanan nya jauh, baik yang numpang apalagi yang nyetir
Ngak akan kerasa ndut ndut an
0 maintanance, cuma ganti oli itupun jaranggg sekali, bayangkan jika manual, dulu sayan pernah punya krista m t sering banget ganti kampas kopling, apalagi sekarang yang tambah macet
Dan jika jatuh dijual iya
Hanya 60 juta harganya untuk mobil tua itu
walaupun AT harganya gk jatuh banget kaya versi 2.0L
Skr yg laku mobil matic liat aja LCGC duo alay yg laku lainnya sotoy,wangon,panci yg gk ada versi matic krg begitu laku dibanding duo alay..ada cerita unik dimana chevrolet pameran pengunjung kebanyakan pada nanya spin diesel matic kapan keluar.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: mobil matic dan mobil manual?
maksudnya spin belom ada yg matic gitu>?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: mobil matic dan mobil manual?
Menurut saya yg orang pelosok desa ini, bukan masalah kolot & adat barat...melainkan menyangkut selera, jalur yg dilalui, sisa saldo bank (atau isi celengan bambu ??), dsb....dan yg terpenting, jarak domisili kita dari bengkel resmi sesuai gerobag yg saya punya ? apakah saya berani ambil resiko panggil montir bengkel jalanan? lha kalau gerobag saya matik & kebetulan ada problem sehingga mengharuskan diderek sekian puluh km ke bengkel resmi, apakah saya akan nekad beli mobil matik? Nah, itulah yg membuat orang kolot semisal saya ini untuk mikir berkali2 sebelum memutuskan beli mobil matik...montirangin wrote:ya org masih dipedalaman lama2 pasti ikut org kota..pertamanya mereka kolot.
org indonesia juga pasti ikutin adat barat..pertamanya mereka kolot..
Lagian, masak orang barat malah balik jadi kolot? pabrikan di barat kan juga masih memproduksi mobil2 M/T buat konsumsi mereka sendiri.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: mobil matic dan mobil manual?
dealer pasti akan membuka cabang2 dan juga bengkel2 dimana ada populasi mobil yg cukup. Selama orang2nya bertahan manual, mereka juga mikir buat buka automatic. jadi harus ada demand dulu baru supply masuk.
Kalo selera, rasanya setiap org pasti lebih ingin matic. Menggarap ladang pun ngga mau nyangkul, pasti mau lebih cepat dan tak cape pake kerbau, dan lama2 pake traktor yg dikendarain sendiri. Berikutnya seperti di amerika saat ini, traktor menggarap otomatis termasuk menanam benihnya tanpa perlu org di traktor itu. namun karena masih dianggap riskan karena ketidaktahuan, maka masih jarang yg menggunakan.
Kenapa org barat yg kolot? setiap kelompok manusia pasti ada yg kolot ada yg ga. Dikota, di desa, dinegara maju. Namun secara majority of people, indonesia dan asia mengikuti barat. bahkan kalo mau mengaku, kita indonesia mengikuti negara kecil tetangga ..karena mereka berubah lebih dulu dari kita..
Kalo selera, rasanya setiap org pasti lebih ingin matic. Menggarap ladang pun ngga mau nyangkul, pasti mau lebih cepat dan tak cape pake kerbau, dan lama2 pake traktor yg dikendarain sendiri. Berikutnya seperti di amerika saat ini, traktor menggarap otomatis termasuk menanam benihnya tanpa perlu org di traktor itu. namun karena masih dianggap riskan karena ketidaktahuan, maka masih jarang yg menggunakan.
Kenapa org barat yg kolot? setiap kelompok manusia pasti ada yg kolot ada yg ga. Dikota, di desa, dinegara maju. Namun secara majority of people, indonesia dan asia mengikuti barat. bahkan kalo mau mengaku, kita indonesia mengikuti negara kecil tetangga ..karena mereka berubah lebih dulu dari kita..