Tutorial matic
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Jan 05, 2014 10:15
Tutorial matic
Bro bro
Mau tanya nih...
Kalo mobil matic terjebak banjir...gmn mengatasinya?
Kalo manual khan tinggal rpm ditinggikan dan jaga kopling aja...mobil pasti jalan dan tidak mogok
Thx bro bro
Mau tanya nih...
Kalo mobil matic terjebak banjir...gmn mengatasinya?
Kalo manual khan tinggal rpm ditinggikan dan jaga kopling aja...mobil pasti jalan dan tidak mogok
Thx bro bro
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Tutorial matic
Kalo banjir gak dalam ya tuas di L atau 2
Jika steptronic masuk di 1 aja
Jika banjir sgt tinggi better hindari aja
Jika steptronic masuk di 1 aja
Jika banjir sgt tinggi better hindari aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Jan 05, 2014 10:15
Re: Tutorial matic
Jd kalo tuk ketemu banjir...tetap msh kuat manual ya bro?
Soal nya pengalaman pakai manual, ketemu banjir, satu ban mobil karimun terendam, walaupun was2...tetap msh bisa jalan
Gmn kalo mobil matic?
Thx bro bro
Soal nya pengalaman pakai manual, ketemu banjir, satu ban mobil karimun terendam, walaupun was2...tetap msh bisa jalan
Gmn kalo mobil matic?
Thx bro bro
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Tutorial matic
Kalau daerah anda sering banjir maka saluran breather Matic bisa ditambah selang sampai ketinggian tertentu ajayutekcien wrote:Jd kalo tuk ketemu banjir...tetap msh kuat manual ya bro?
Soal nya pengalaman pakai manual, ketemu banjir, satu ban mobil karimun terendam, walaupun was2...tetap msh bisa jalan
Gmn kalo mobil matic?
Thx bro bro
Utk mencegah masuknya air
Biasanya bengkel2 Off road yg sering ngerjain ginian
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Tutorial matic
Manual - matic cuma beda di transmisi Bro, combustion chamber mah podo wae.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Jan 05, 2014 10:15
Re: Tutorial matic
Jd gmn caranya matic supaya tdk gampang mogok kalo menerjang banjir?
Kalo manual khan pake gas ama kopling
Tinggal injak kopling dalam2 ama jaga gas supaya besar
Jalan pelan2 pasti nggak mogok
Kalo matic...kalo injak gas dalam2 khan jd ngebut menerjang banjir
Thx2 bro bro
Kalo manual khan pake gas ama kopling
Tinggal injak kopling dalam2 ama jaga gas supaya besar
Jalan pelan2 pasti nggak mogok
Kalo matic...kalo injak gas dalam2 khan jd ngebut menerjang banjir
Thx2 bro bro
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Tutorial matic
Matiin ac dan kelistrikan yg gak perlu spt radio dan lampu kabin. Kaca jendela dibuka buat jaga2 kalo korslet jendelanya sudah terbuka (bagi yg pake power windows), juga buat ngawasin kondisi kiri-kanan.
Yg penting jalan perlahan, jgn hentak gas. Bukaan gas makin gede, ngisap udara sekitarnya juga makin kenceng, so bayangin kalo sekitarnya penuh air yg keisap ya udara bonus air. Jaga rpm seperlunya jgn sampe mesin mati.
Yg penting jalan perlahan, jgn hentak gas. Bukaan gas makin gede, ngisap udara sekitarnya juga makin kenceng, so bayangin kalo sekitarnya penuh air yg keisap ya udara bonus air. Jaga rpm seperlunya jgn sampe mesin mati.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Jan 05, 2014 10:15
Re: Tutorial matic
Gmn caranya jaga rpm di mobil matic?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32
Re: Tutorial matic
CMIIW, tapi setahu saya melewati banjir dengan menahan kopling dan membuka gas / throttle besar-besar agar RPM tinggi, merupakan sebuah salah kaprah.
Ada yang bilang bahwa alasan menjaga RPM tinggi adalah supaya exhaust / knalpot menghembuskan gas buang dengan kuat, agar air tidak masuk melalui knalpot. Hal ini salah kaprah karena selama mesin menyala, daya dorong exhaust cukup kuat untuk mencegah air masuk melalui knalpot. Masalah akan terjadi jika RPM terlalu rendah dalam posisi in-gear, sampai mesin stall / mati, sehingga tidak ada tekanan sama sekali dari exhaust, dan mengakibatkan air masuk sehingga mobil tidak dapat distarter.
Tapi perlu diingat juga bahwa water hammer pada mesin juga terjadi jika air sampai masuk dari air intake, dimana apabila throttle dibuka besar, daya sedot intake akan semakin besar dan meningkatkan resiko air masuk.
Cara paling benar adalah cukup jaga RPM konstan sekitar 2000, atau bahkan jika memang sudah terbiasa / berpengalaman mengemudikan mobil manual, cukup bawa seperti biasa dengan kecepatan rendah dan hati-hati jangan sampai mesin stall (resiko stall lebih besar apabila anda tipe orang yang suka "bogging the engine").
Mengenai mobil dengan transmisi otomatis, umumnya justru resiko kerusakannya adalah komponen transmisi yang terendam air, karena memang komponen-komponen transmisi A/T umumnya lebih sensitif. Passenger cars pada umumnya memang tidak didesign untuk melewati banjir. Resiko air masuk karena mesin stall bisa dikurangi dengan tips diatas, tapi hanya sampai kedalaman tertentu. Apabila memang banjir terlalu dalam, mobil dengan transmisi manual pun akan mengalami kerusakan. Dan karena faktor resiko komponen transmisi terendam air, umumnya toleransi mobil dengan transmisi otomatis terhadap banjir lebih rendah daripada mobil dengan transmisi manual.
Intinya, sebisa mungkin hindari melewati jalan banjir, baik transmisi manual maupun otomatis. Besar kemungkinan mobil anda tidak didesign untuk dapat menerjang banjir dengan aman. Apabila memang terpaksa, pertimbangkan kembali apakah tujuannya sebanding dengan resikonya. Jika memang memungkinkan, berhenti di restoran, mall, atau pom bensin terdekat (preferably yang tempat parkirnya cukup tinggi), dan tunggu sampai banjir reda.
Ada yang bilang bahwa alasan menjaga RPM tinggi adalah supaya exhaust / knalpot menghembuskan gas buang dengan kuat, agar air tidak masuk melalui knalpot. Hal ini salah kaprah karena selama mesin menyala, daya dorong exhaust cukup kuat untuk mencegah air masuk melalui knalpot. Masalah akan terjadi jika RPM terlalu rendah dalam posisi in-gear, sampai mesin stall / mati, sehingga tidak ada tekanan sama sekali dari exhaust, dan mengakibatkan air masuk sehingga mobil tidak dapat distarter.
Tapi perlu diingat juga bahwa water hammer pada mesin juga terjadi jika air sampai masuk dari air intake, dimana apabila throttle dibuka besar, daya sedot intake akan semakin besar dan meningkatkan resiko air masuk.
Cara paling benar adalah cukup jaga RPM konstan sekitar 2000, atau bahkan jika memang sudah terbiasa / berpengalaman mengemudikan mobil manual, cukup bawa seperti biasa dengan kecepatan rendah dan hati-hati jangan sampai mesin stall (resiko stall lebih besar apabila anda tipe orang yang suka "bogging the engine").
Mengenai mobil dengan transmisi otomatis, umumnya justru resiko kerusakannya adalah komponen transmisi yang terendam air, karena memang komponen-komponen transmisi A/T umumnya lebih sensitif. Passenger cars pada umumnya memang tidak didesign untuk melewati banjir. Resiko air masuk karena mesin stall bisa dikurangi dengan tips diatas, tapi hanya sampai kedalaman tertentu. Apabila memang banjir terlalu dalam, mobil dengan transmisi manual pun akan mengalami kerusakan. Dan karena faktor resiko komponen transmisi terendam air, umumnya toleransi mobil dengan transmisi otomatis terhadap banjir lebih rendah daripada mobil dengan transmisi manual.
Intinya, sebisa mungkin hindari melewati jalan banjir, baik transmisi manual maupun otomatis. Besar kemungkinan mobil anda tidak didesign untuk dapat menerjang banjir dengan aman. Apabila memang terpaksa, pertimbangkan kembali apakah tujuannya sebanding dengan resikonya. Jika memang memungkinkan, berhenti di restoran, mall, atau pom bensin terdekat (preferably yang tempat parkirnya cukup tinggi), dan tunggu sampai banjir reda.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Tutorial matic
Newbie menyimak



There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Tutorial matic
Ya pindahin ke posisi pling rendah 1 atau L .... terus jalan....gas secukupnya as usual matic lebih enak bwat lewat banjir. G bakal stall g repot neken kopling....yutekcien wrote:Gmn caranya jaga rpm di mobil matic?
Yg penting tidak stall, g perlu naikin rpm.. malah intake makin nyedot...selama mesin nyala exhaust g akn kemasukan air. mesin mati juga klw air ga setinggi header dan head, air g akan masuk ke ruang bakar.
perhatikan tinggi intake, breather baik enjin,transmisi dan gardan.. jg lubang dipstick mesin dan gb AT.
Bwat mobil gasoline n crd modern, perhatikan kabel2 dan sensor pastikan sealnya masih baik, dan kabel masih utuh, sering ada kabel ngelupas di hajar tikus... apalagi mbl yg berumur.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47
Re: RE: Re: Tutorial matic
Kalo panjangin selang breather gmn Om?billyd1773dz wrote:Ya pindahin ke posisi pling rendah 1 atau L .... terus jalan....gas secukupnya as usual matic lebih enak bwat lewat banjir. G bakal stall g repot neken kopling....yutekcien wrote:Gmn caranya jaga rpm di mobil matic?
Yg penting tidak stall, g perlu naikin rpm.. malah intake makin nyedot...selama mesin nyala exhaust g akn kemasukan air. mesin mati juga klw air ga setinggi header dan head, air g akan masuk ke ruang bakar.
perhatikan tinggi intake, breather baik enjin,transmisi dan gardan.. jg lubang dipstick mesin dan gb AT.
Bwat mobil gasoline n crd modern, perhatikan kabel2 dan sensor pastikan sealnya masih baik, dan kabel masih utuh, sering ada kabel ngelupas di hajar tikus... apalagi mbl yg berumur.
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Car Is My Life
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Tutorial matic
Nah Om Billy sesepuh oprut tolong berbagi,syukur ada to poto 
