Tutorial matic

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

yutekcien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Jan 05, 2014 10:15

Tutorial matic

Post by yutekcien »

Bro bro
Mau tanya nih...
Kalo mobil matic terjebak banjir...gmn mengatasinya?
Kalo manual khan tinggal rpm ditinggikan dan jaga kopling aja...mobil pasti jalan dan tidak mogok

Thx bro bro
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Tutorial matic

Post by Turboman »

Kalo banjir gak dalam ya tuas di L atau 2

Jika steptronic masuk di 1 aja

Jika banjir sgt tinggi better hindari aja
* Bukan ajakan Beli *
yutekcien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Jan 05, 2014 10:15

Re: Tutorial matic

Post by yutekcien »

Jd kalo tuk ketemu banjir...tetap msh kuat manual ya bro?
Soal nya pengalaman pakai manual, ketemu banjir, satu ban mobil karimun terendam, walaupun was2...tetap msh bisa jalan
Gmn kalo mobil matic?
Thx bro bro
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Tutorial matic

Post by Turboman »

yutekcien wrote:Jd kalo tuk ketemu banjir...tetap msh kuat manual ya bro?
Soal nya pengalaman pakai manual, ketemu banjir, satu ban mobil karimun terendam, walaupun was2...tetap msh bisa jalan
Gmn kalo mobil matic?
Thx bro bro
Kalau daerah anda sering banjir maka saluran breather Matic bisa ditambah selang sampai ketinggian tertentu aja

Utk mencegah masuknya air

Biasanya bengkel2 Off road yg sering ngerjain ginian
* Bukan ajakan Beli *
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Tutorial matic

Post by TUFF Stough »

Manual - matic cuma beda di transmisi Bro, combustion chamber mah podo wae.
yutekcien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Jan 05, 2014 10:15

Re: Tutorial matic

Post by yutekcien »

Jd gmn caranya matic supaya tdk gampang mogok kalo menerjang banjir?

Kalo manual khan pake gas ama kopling
Tinggal injak kopling dalam2 ama jaga gas supaya besar
Jalan pelan2 pasti nggak mogok

Kalo matic...kalo injak gas dalam2 khan jd ngebut menerjang banjir

Thx2 bro bro
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Tutorial matic

Post by TUFF Stough »

Matiin ac dan kelistrikan yg gak perlu spt radio dan lampu kabin. Kaca jendela dibuka buat jaga2 kalo korslet jendelanya sudah terbuka (bagi yg pake power windows), juga buat ngawasin kondisi kiri-kanan.

Yg penting jalan perlahan, jgn hentak gas. Bukaan gas makin gede, ngisap udara sekitarnya juga makin kenceng, so bayangin kalo sekitarnya penuh air yg keisap ya udara bonus air. Jaga rpm seperlunya jgn sampe mesin mati.
yutekcien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Jan 05, 2014 10:15

Re: Tutorial matic

Post by yutekcien »

Gmn caranya jaga rpm di mobil matic?
ammophobia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32

Re: Tutorial matic

Post by ammophobia »

CMIIW, tapi setahu saya melewati banjir dengan menahan kopling dan membuka gas / throttle besar-besar agar RPM tinggi, merupakan sebuah salah kaprah.

Ada yang bilang bahwa alasan menjaga RPM tinggi adalah supaya exhaust / knalpot menghembuskan gas buang dengan kuat, agar air tidak masuk melalui knalpot. Hal ini salah kaprah karena selama mesin menyala, daya dorong exhaust cukup kuat untuk mencegah air masuk melalui knalpot. Masalah akan terjadi jika RPM terlalu rendah dalam posisi in-gear, sampai mesin stall / mati, sehingga tidak ada tekanan sama sekali dari exhaust, dan mengakibatkan air masuk sehingga mobil tidak dapat distarter.

Tapi perlu diingat juga bahwa water hammer pada mesin juga terjadi jika air sampai masuk dari air intake, dimana apabila throttle dibuka besar, daya sedot intake akan semakin besar dan meningkatkan resiko air masuk.

Cara paling benar adalah cukup jaga RPM konstan sekitar 2000, atau bahkan jika memang sudah terbiasa / berpengalaman mengemudikan mobil manual, cukup bawa seperti biasa dengan kecepatan rendah dan hati-hati jangan sampai mesin stall (resiko stall lebih besar apabila anda tipe orang yang suka "bogging the engine").

Mengenai mobil dengan transmisi otomatis, umumnya justru resiko kerusakannya adalah komponen transmisi yang terendam air, karena memang komponen-komponen transmisi A/T umumnya lebih sensitif. Passenger cars pada umumnya memang tidak didesign untuk melewati banjir. Resiko air masuk karena mesin stall bisa dikurangi dengan tips diatas, tapi hanya sampai kedalaman tertentu. Apabila memang banjir terlalu dalam, mobil dengan transmisi manual pun akan mengalami kerusakan. Dan karena faktor resiko komponen transmisi terendam air, umumnya toleransi mobil dengan transmisi otomatis terhadap banjir lebih rendah daripada mobil dengan transmisi manual.

Intinya, sebisa mungkin hindari melewati jalan banjir, baik transmisi manual maupun otomatis. Besar kemungkinan mobil anda tidak didesign untuk dapat menerjang banjir dengan aman. Apabila memang terpaksa, pertimbangkan kembali apakah tujuannya sebanding dengan resikonya. Jika memang memungkinkan, berhenti di restoran, mall, atau pom bensin terdekat (preferably yang tempat parkirnya cukup tinggi), dan tunggu sampai banjir reda.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Tutorial matic

Post by sandal »

Newbie menyimak :ungg: :ungg:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Tutorial matic

Post by billyd1773dz »

yutekcien wrote:Gmn caranya jaga rpm di mobil matic?
Ya pindahin ke posisi pling rendah 1 atau L .... terus jalan....gas secukupnya as usual matic lebih enak bwat lewat banjir. G bakal stall g repot neken kopling....

Yg penting tidak stall, g perlu naikin rpm.. malah intake makin nyedot...selama mesin nyala exhaust g akn kemasukan air. mesin mati juga klw air ga setinggi header dan head, air g akan masuk ke ruang bakar.

perhatikan tinggi intake, breather baik enjin,transmisi dan gardan.. jg lubang dipstick mesin dan gb AT.

Bwat mobil gasoline n crd modern, perhatikan kabel2 dan sensor pastikan sealnya masih baik, dan kabel masih utuh, sering ada kabel ngelupas di hajar tikus... apalagi mbl yg berumur.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
mpvfreak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47

Re: RE: Re: Tutorial matic

Post by mpvfreak »

billyd1773dz wrote:
yutekcien wrote:Gmn caranya jaga rpm di mobil matic?
Ya pindahin ke posisi pling rendah 1 atau L .... terus jalan....gas secukupnya as usual matic lebih enak bwat lewat banjir. G bakal stall g repot neken kopling....

Yg penting tidak stall, g perlu naikin rpm.. malah intake makin nyedot...selama mesin nyala exhaust g akn kemasukan air. mesin mati juga klw air ga setinggi header dan head, air g akan masuk ke ruang bakar.

perhatikan tinggi intake, breather baik enjin,transmisi dan gardan.. jg lubang dipstick mesin dan gb AT.

Bwat mobil gasoline n crd modern, perhatikan kabel2 dan sensor pastikan sealnya masih baik, dan kabel masih utuh, sering ada kabel ngelupas di hajar tikus... apalagi mbl yg berumur.

:beer:
Kalo panjangin selang breather gmn Om?

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Car Is My Life
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tutorial matic

Post by nugroho bagor »

Nah Om Billy sesepuh oprut tolong berbagi,syukur ada to poto :thanks: