Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15588
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by ChZ »

Hola para pembaca........... :mky_02:

ijinkan ane untuk lagi-lagi menulis sepatah-dua patah Review.

Sebuah sedan dari daratan Munich, Germany. Of course, it's a Beemer.

Sebuah BMW 520i Modern (F10) :mky_02:

============================
Intro

Sebetulnya semua yang terjadi hari ini adalah coincidence.

3 Minggu yang lalu setelah melihat pameran di GrandCity dan masuk ke dalam sebuah 520i, ane sangat mengagumi ambient kabin dan posisi duduk yang sangat rileks. dan terpikir di otak ane "why don't we take a spin?"

sayangnya waktu itu unit TD tidak dibawa. jadi ane kontek kucing untuk menemani ane TD 520i. Setelah scheduling dan tertunda beberapa kali akibat jadwal TD lain, akhirnya minggu lalu saat di GM (sekaligus mini KuSeM dengan madcat, sandal, dan Felix_Wasir), madcat ketemu dengan orang BMW kenalannya, dan kami janjian untuk TD sabtu ini.

Kemudian 3 hari yang lalu ada sebuah kabar dari Madcat :
"Bro ChZ, kita sabtu ke Araya!"

errr... bukannya BMW di HR Muhammad? Ahh, lalu sebuah gambar dipost oleh madcat di grup KuSeM :



Yes! bertepatan dengan sebuah acara yang diadakan oleh Astra BMW. dan unit TD yang ane incar ada di sana. And luckily, kami tidak perlu berjuang dengan traffic Surabaya Barat yang seperti neraka di sabtu siang.

Dan pagi ini, ane meluncur untuk menjemput kucing dari kandangnya, lalu kami langsung ngibrit ke TKP. Tentu saja, ane tidak melewatkan moment ini untuk mengambil sedikit photoshoot :big_cat:

Akhirnya sampailah kami ke TKP dan disambut oleh 3 unit mobil yang siap untuk dipera.... errr.... di TD. 320i, 520i, dan X3 2.0d.

Dan karena madcat yang mengerti betapa obsessed nya ane dengan 5-series, kami pertama kali memasuki 520i berwarna putih terlebih dahulu, yang ane kira itu 535i karena menggunakan rim 18inches :big_slap:

Image

Image

dan ternyata ini standar! bukan optional :mky_02: jadi pembeli 520i F10 FL tidak perlu pusing memikirkan untuk membuang ban RFTnya dan ganti velg lebih besar supaya tampilan mobil tidak culun, nope, 520i Facelift sudah terlihat jauh lebih gagah dari F10 non-FL. :big_smoking:

So, here we go.
==============================
BMW Without Bangle?

Pertanyaan yang mungkin ada di benak para BMW-fans setelah Christopher Edward Bangle atau akrab disapa dengan Chris Bangle meninggalkan BMW. Ya, chief designer BMW tersebut akhirnya meninggalkan BMW di tahun 2009.

Image

Yang pertama menjadi pertanyaan adalah, bagaimana tampilan BMW di masa depan tanpa Bangle?

Selama ini karya tangan Bangle dikenal kontroversial dan menerima banyak pujian dan caci maki dari beberapa kritikus. Bahasa desain radikal Bangle sangat sulit diterima oleh masyarakat pada masanya. Beberapa buah karya Bangle seperti seri-7 E65/66, seri-5 E60/61, seri-3 E90/91/92, dan beberapa model BMW lainnya di era 2001 sampai 2010. Disebut sebagai era "Deconstructivism". Peninggalan terakhir Bangle yang bisa kita lihat sekarang adalah di BMW 7-series F01.

Image

Banyak orang mengagumi desain Bangle, sekaligus banyak orang yang membencinya.

Apakah desain Bangle jelek? Subjectively, nope. Justru desain Bangle ini menjadi influence beberapa mobil masa kini. Paling kentara kita lihat di Honda Accord CP2 2008-2012. Potongan pilar C ke bagasinya begitu mirip dengan 5-series E60, sengaja dibuat "patah". Dan tail lamps yang mirip dengan seri-7 E65.

Image

Image

Nope, desain Bangle sama sekali tidak jelek, hanya saja radikal dan melebihi zaman. Justru ketika kita melihat model-model BMW era Bangle di masa sekarang, malah terlihat relevan. Semakin berumur semakin cantik, bukan malah menua seperti kebanyakan lawannya.

Lalu, bagaimana setelah peninggalan Bangle?

Posisi Chief Designer BMW diteruskan oleh Adrian van Hooydonk. Kabar bagusnya, van Hooydonk memiliki hubungan cukup dekat dengan Bangle sewaktu Bangle masih di BMW. Hooydonk sendiri orang yang juga mendesain E64 6-series dan juga E65 7-series. van Hooydonk sendiri memiliki pandangan radikal yang sama dengan Bangle.

Image
Van Hooydonk

Hanya saja, pendekatannya berbeda. van Hooydonk memiliki filosofi berbeda : understated exterior with high-value interior.

Hasilnya? Yes, seperti yang kita kenali sekarang, BMW F10 5-series. Exterior F10 sendiri didesain oleh Jacek Frohlich, head of exterior design BMW dari Januari hingga Oktober 2010. Frohlich mendesain exterior 5-series dengan konsep "must feel longer and sporty, like a sports coupe".

Image

Image
Jacek Frohlich

Sporty? Well, kalo sama E-Klasse W212 dan A6 sih memang F10 masih terlihat paling sporty. Desain F10, however, tidak se-radikal E60, lebih mudah dicerna oleh masyarakat luas, dan memang terlihat lebih classy. Selengkapnya di Review aja lah.

Tetapi jika boleh saya bilang, F10 adalah "missing link" antara BMW era Bangle dengan BMW masa sekarang. F10 adalah "transisi" dari Bangle-era ke present-era.

Image
Karim Habib (kiri) w/ Van Hooydonk

Tahun 2011 Karim Habib, mantan designer BMW yang juga turut terlibat di perancangan exterior 7-series F10 yang pindah ke Mercedes, kembali lagi ke BMW, lalu menjabat menjadi "Director of Design". Van Hooydonk sendiri dinaikkan pangkatnya menjadi Vice-President BMW. Dan BMW mendapatkan corporate identity baru sejak Karim menjabat. Orang yang cukup berjasa menciptakan corporate identity baru sekaligus membuat tampang BMW terbaru lebih segar dan lebih agresif :off_good_job:

Image

................... yang sepertinya juga meng-influence Mazda dalam mendesain Mazda6 :ngacir:

Image

Back to 5-series.

5-series di Indonesia masuk dalam 5 trim : 520i Modern dan 520d Modern sebagai entry level, 528i Luxury sebagai mid-level, 535i M Sport sebagai top trim. Dan tentu saja, the almighty F10 ///M5 bermesin V8 4.4L TwinTurbo :big_smoking:

Dan model yang akan saya review ini adalah model terbaru yang baru saja mendapatkan Facelift di awal 2014. Revisi berupa grill, bumper, dan beberapa ubahan minor termasuk i-Drive yang lebih lengkap. Model 520i bermesin N20B20 4-silinder TwinPowerTurbo dengan spek 184hp/270Nm. Mesin ini juga digunakan di 528i dengan output lebih besar, 245hp/350Nm.

Cukup signifikan bedanya daripada Mercedes yang E200 dan E250 cuma beda 20hp aja. :shrug:

OK, daripada berlama-lama langsung saja reviewnya. Hereby i proudly Present :

BMW 520i Modern F10 :big_smoking:

Reference :
http://www.bmwism.com/bmws_designers.htm

=================================
1. Exterior

Seperti yang sudah banyak saya bahas di atas, F10 masih belum mendapatkan "wajah baru" BMW seperti F30. Bagaimanapun, guratan desain dari Frohlich cukup berhasil membuat F10 terlihat panjang namun tetap sporty.

Image

Image

Tampang depan terlihat lebih garang, dibanding F10 pre-FL yang terlihat begitu konservatif. Revisi di bumper dan grille untuk versi FL ini seakan menegaskan bahwa F10 tetaplah sebuah BMW dan tetap sporty. Bumper depan begitu mirip dengan seri-3 dan grill yang seakan terlihat seperti gigi seekor ikan hiu yang lapar siap menerkam seekor kucing yang tenggelam.... :ngacir:

Image

Revisi pada penampilan F10 ini sedikit mengingatkan pada New Z4.

Image

Image

Sementara beralih ke bagian sampingnya, proporsi F10 betul-betul pas. Profil sedan panjang, wheelbase panjang, roda berukuran 18inches. Stance roda begitu pas mengisi ruang fender, tidak seperti 520i PFL yang fendernya terkesan kopong akibat ukuran velg kecil.

Dari tampilan samping saja kita bisa mengidentifikasi bahwa F10 punya "split-personality", di satu sisi ia keliatan sporty, di sisi lain ia terlihat sangat elegan tanpa harus tampil berlebihan dengan chrome 100ton atau guratan garis aneh. Sekilas terlihat lebih panjang dari dimensi aktualnya, yang hanya sepanjang Honda Accord CP2 dan New Mazda6, yaitu 4,9m.

Image

Image

Image

Melongok sedikit ke belakang.... mmmm..... sedikit terkesan konservatif. Sekilas kita akan sulit membedakan seri-5 dan seri-3 di jalanan kalau liat dari belakang. Meskipun jujur, bentuk stoplamp ini saya jauh lebih suka dibanding E60. Lebih terkesan sleeper dan less-aggressive. Filosofi untuk terlihat understated pun nyata paling terlihat dari bentuk lampu belakangnya.

Overall, apakah saya suka exteriornya?
Yes, absolutely, yes! Melihat exterior F10 saya serasa ingin memilikinya. Profil sedan dengan wheelbase panjang dan tampang sangarnya membuat siapapun jatuh cinta. Plus, penggunaan 18inch alloy rims dengan finishing warna gunmetal membuat F10 facelift ini terlihat sangat proporsional.

Exterior Score : 10/10

===============================
2. Interior

Here we go. Bagian favorit saya di F10.

Image

Ambient kabin dari F10 begitu menyenangkan dan inviting. Posisi duduk di baris pertama sangat nyaman dan rileks.

Warna interior untuk unit test kami berwarna merah, yang jujur saja saya kurang sreg. Lebih suka warna hitam untuk interiornya, senada dengan dashboard.

Cluster Meter

Image

Cluster sederhana ala BMW, tidak terlalu bling-bling dan tidak terkesan high-tech seperti di Mercedes. Karena semua high-tech terdapat di sistem i-DRIVE.

Steering wheel
Image

Steering wheel yang berbahan lembut dan ukurannya pas di genggaman. :off_good_job:

Dashboard
Image

Dashboard begitu simpel dan fungsional. Semua tata letak instrumen mudah dijangkau dan dioperasikan. Pun layar i-DRIVE yang tidak terlihat cheap seperti di present Mercedes.

Kekurangan dari dashboardnya adalah : wood panel berwarna terang ! :frm_bang_head: sangat tidak serasi dan terlihat begitu aneh.... :shrug:

saya lebih prefer carbon panel atau piano finish, karena bagaimanapun wood panel terlihat sangat overrated di sebuah BMW. :shrug:

dan nightmare wood panel ini berlanjut ke......

Doortrim!

Image

Center Console!

Image

Serius, wood panel menjadi pengacau interior keseluruhan. Dan hal buruknya wood panel ini tidak bisa diganti carbon atau piano finish :frm_bang_head:

Center Glovebox
Image
Cukup baik dengan slot USB dan tempat untuk meletakkan HP anda. Practical.

Sunroof!
Image

Image
Dilengkapi dengan wind deflector.

Bagaimanapun, meskipun detail di F10 ini cukup baik dan ada beberapa refinement seperti :

Bagian sambungan panel tengah, PFL (photo by AD74YA) :

Image

dan di unit TD saya (FL) :
Image

tetap kualitas materialnya tidak sebagus Mercedes. Jok kulitnya tidak terasa lembut seperti di Mercedes, begitu pula untuk bagian - bagian lain, terasa sekali materialnya kurang berkualitas jika dibandingkan dengan Mercedes.

Overall apakah saya suka interiornya?
Mmmmh. In terms of practicality, yes. In terms of material, no. Tapi karena saya masa bodo dengan interior quality, jadi saya yes saja :mrgreen:

Interior Score : 7/10

==============================
3.iDrive System and Entertainment

Yah, bagian paling rumit dan saya paling males jelasin. Karena saya gaptek dan naik mobil selama ini taunya ngegas doang :frm_bang_head:

Meskipun iDrive di BMW sekarang sudah simplified, jauh lebih simpel dibanding iDrive di BMW - BMW lawas yang katanya mau naik mobilnya aja harus dikuliahin 3 SKS dulu.

Anyway mengoperasikan iDrive di F10 Facelift ini cukup mudah. Here's the menus.

Image

Mulai dari bagian paling menarik dulu :

Image

Powahhhhmeter! :big_smoking:

Image

Vehicle status

Image

Trip Computer. Please, there's nothing to do with the average FC :ngacir: saya bawanya nyantai kok, ciyus :ngacir:

Image

Dan reference buat yang males buka manual book.

Image

EfficientDynamics.... mmmh... seriously, nothing to do with this kok :ngacir:

Dan masih banyak lagi menunya...... ahhh sudahlah.... capek saya kalo harus bahas menu satu-satu :mrgreen:

Sound System

Jujur saja sound system di F10 ini kurang layak untuk mobil seharga 1M, HiFi standar BMW untuk kuping standar saya saja terasa kurang nendang. Rasa-rasanya speaker standar VW Golf TSI standar saja lebih nendang. Entahlah. Apa kuping saya salah :shrug:

==================================
4. Accomodation

Belom sampe ke driving ya? :mky_05:

OK lah, untuk akomodasi, 5-series cukup acceptable walaupun tidak terlalu spesial juga.

Image

Legroom belakang tidak bisa dibilang terlalu lega, tapi masih lebih lega daripada Mazda6, masih kalah lega dari Honda Accord. Ya bagaimanapun nggak terlalu masalah, buktinya saya dan madcat bisa duduk di belakang dengan cukup nyaman :mrgreen:

Dan bagian menarik yang membuat F10 layak disebut proper family sports-saloon :

Image
Armrest belakang multifungsi :mky_02:

Image
Dan rear AC vent plus beberapa kompartemen kecil, practical indeed :off_good_job:

Boot space... errr... lupa liat :frm_bang_head:

===================================
5. Driving Impression

Yes Please! This is the most exciting thing when we talk about BMW. Nggak peduli itu seri-3, seri-5, seri-7, seri-X sekalipun, point utama BMW adalah Joy of Driving :big_smoking:

Under the hood, sebuah mesin N20B20 (lupa foto saking excited nya) 1.991cc TwinPowerTurbo bertengger. Spek teknis 184hp @5000RPM dan 270Nm @1250-4000RPM Flat. Spek yang sama dengan BMW 320i F30. Dipadu dengan transmisi ZF 8-Speed. Jujur saja saya agak skeptis. Bodi sebesar ini dicemplungin mesin berkapasitas 2000cc? Sebuah powertrain yang lebih kecil dari New Mazda6 atau New Accord? :shrug:

Specwise, F10 520i memiliki horsepower sama dengan SKY-G 2.5 di Mazda6 dan torsi yang lebih besar 20Nm dari SKY-G 2.5L. Dan torsi yang flat dari 1250-4000RPM rasanya cukup menjanjikan. Mazda6 sendiri torsi puncaknya di 3250RPM.

OK, start the engine dan kita berangkat. Saya dan ko D sang sales duduk di depan, sementara madcat memilih duduk di belakang, as a mahakitteh. :big_cat:

Image

Image

FYI, Kontur jalan yang saya lewati adalah paving, perfect for sound-testing, not good for drifting :off_no: Batal rencana saya mau ambil foto F10 drifting karena kontur jalan tidak mendukung. :frm_bang_head:

Saya menjalankan mobil di kompleks dengan tanpa ekspektasi berlebihan, pertama saya coba jalan santai. Hajar polisi tidur dan "JEDUK" :frm_bang_head: padahal itu udah pelan sekali.

Lalu saya hajar full throttle, mobil merespon cepat, tidak terasa turbo lag yang signifikan seperti di SLK200. Dan BOOM! Transmisi ZF 8-speed menyalurkan torsi ke roda belakang dan mobil melaju sangat effortless, semua di luar dugaan saya. Saya kira dengan bobot lebih berat dari F30 dengan mesin sama, F10 akan terasa lame dan lamban seperti mobil orang tua, ternyata tidak. Torsi begitu berlimpah, perpindahan gigi begitu cepat dan agresif. Dipadu dengan engine note yang cukup menggugah, walaupun tentu saja tidak se-menggugah Inline-Six, bagaimanapun ini masih Inline-4 biasa.

Yang bener aja..... Seriously BMW? This car was heavier than 3-series, but still having the same quick response? How come? :big_chicken:

Dibandingkan mesin M156 Mercedes yang pernah saya coba di SLK200, mekanikal di BMW jauh lebih refined. Turbo lag tidak terlalu signifikan, transmisi 8-speed berpindah cepat dan halus tanpa menyentak, walaupun tentu saja kekurangan terbesarnya, gearbox terasa agak jerky di kecepatan rendah.

Sampai ke polisi tidur berikutnya yang lebih tinggi dan "JEDUAK". F##k!!!!!!!!!!!!! :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: Padahal saya sudah sepelan mungkin melewatinya. Seriously, polisi tidur di Indonesia bener-bener tidak manusiawi. :frm_bang_head: apalagi F10 memiliki wheelbase sepanjang Mazda8 (kisaran 2,9m) dan travel suspensi agak panjang, membuat mobil ini sangat mudah mentok di polisi tidur rata-rata perumahan di Indonesia yang desain polisi tidurnya seenak jidat dan masuk kategori unsafe karena berisiko menyebabkan kecelakaan :off_no:

Next, madcat menyuruh saya mencoba bermanuver dengan mode COMFORT. Begitu saya bermanuver bodyroll terasa sangat besar seperti mengemudikan sebuah Toyota Camry dan respon throttle menjadi tidak seagresif sebelumnya. Berikutnya coba ECOPRO, even worse.

Nope, BMW diciptakan untuk bersenang-senang :big_smoking: mode SPORT tetap jadi pilihan saya, lalu saya matikan DSC. Let's burn some rubber baby!

Memastikan traffic kosong, saya hajar gas di bundaran komplek Araya, saya belokkan setir dengan tajam sambil menambah gas. Seketika pantat mobil mulai menari di paving, bokong langsung bergeser dan terjadi oversteer yang terkontrol lalu saya koreksi. Woahhhh, this car also can drift :mky_02: Man, i think i'm in love :cupss:

Jika oversteer di SLK200 bikin saya ngeri saking mobilnya tidak balanced, tidak di 520i F10. 520i terasa sangat balanced dan mudah dikontrol, distribusi bobot 50:50 khas BMW benar-benar menunjukkan kehebatannya disini. Oversteer di 520i malah terasa sangat fun! Dibantu bodyroll minim dan steering yang sharp, 520i is surely a surprise for me!

Dan ini baru 520i, entry level 5-series. Saya nggak bisa membayangkan how tail-happy is 528i, 535i, or even M5.

Then, how's the comfort? BMW kan mobil buat fun, keras dong?

Dan ini satu hal yang jadi surprise juga. Sepanjang perjalanan madcat yang duduk di belakang tidak protes apa-apa. Bantingan terasa agak firm tapi damping 520i terasa nyaman, lebih nyaman dari Toyota Harrier. Bahkan madcat sendiri yang pernah merasakan E250 W212 FL berkata lebih prefer berada di dalam F10.

........................... Dan saya nyaris lupa mobil ini pake RFT....... sebelum saya berusaha cari cacatnya : road noise!

Wind noise teredam dengan baik, sayangnya road noise cukup signifikan untuk mobil 1M. Sekali lagi untuk mobil 1M ya. Kalo sama CR-V ya masih lebih kedap 5-series.

Tapi dibandingkan sesama mobil 1M, rasanya 520i paling berisik. Yea, drawback of RFT............ dan saking ngototnya BMW dengan idealisme distribusi bobot 50:50 yan gak mau pasang ban serep.

But yes, itu bisa dimaklumi tentu saja, karena bicara road noise di BMW tentu saja nggak pada tempatnya. Engineering is the point of BMW.

Setelah selesai saya kembalikan 520i ke tempat awal, dan saya parkirkan mundur, no parking cameras.

Image

Surprisingly, memarkirkan 520i pun cukup mudah. Yes, parking cameras are for pussies :big_smoking:

Overall, how's the driving impression?
It can drift, it can bring your grandparents comfortably and quickly to their destination. What else do you want?

Driving Impression Score : 9/10

===================================
6. Verdict

520i F10, sebuah sedan yang melebihi ekspektasi saya. Sedan besar yang sama sekali tidak terasa besar, mesin kecil yang sama sekali tidak terasa lamban, dan tentu saja sedan ini mampu membawa orang tua dengan nyaman dan anda bisa melakukan some stunts dengannya.

Sedan dengan split-personality yang menyenangkan. Seketika membuat saya jatuh cinta.

Tampilan agresif, performa menyenangkan, fun to drive, handling yang well-balanced, bisa ngedrift, plus nyaman dan terkesan understated? What else can this car do?

And note it : this car is fuel-efficient! As seen on the idrive monitor, 14,5L/100KM dengan gaya nyetir agresif saya yang dikit-dikit bejek pol alias 6,89km/l atau 7 km/l. What a car!

Dengan harga OTR 1,008 Miliar rupiah dengan potongan sebesar 100juta menjadi 908juta rupiah, it's a bargain. Sebagai perbandingan, arch-rivalnya E200 CGI seharga 946juta Rupiah.

Warranty selama 2 taun termasuk spare parts. Service Inclusive 5 taun.

In the end, Mercedes memiliki detail dan material yang berkualitas, sedangkan BMW memiliki split-personality. The choice is yours. :big_cat:

Tapi untuk middle-aged man yang mengalami krisis paruh baya, 5-series lebih cocok sepertinya. #colek oom sukribo :ngacir: please get an M5 F10 oom. :big_cat:

================================

Sekian Review saya, selamat membaca :mky_02:
Last edited by ChZ on Sat Sep 20, 2014 9:37, edited 3 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by Shonen »

pertamax di review ciamik bro chz...review yg sangat lengkap brooo
irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Thu Aug 14, 2014 9:54

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by irdna »

mmau tanya
kenapa ya bmw diskonnya akhir2 ini sampe 100 jt?
apa emg setiap tahun begitu ya?
atau tahun ini aja?
agak heran seri 3 jg sampe 100 jt
padahal menurut pandangan ane di jkt lumayan byk yg pake dan beli mobil ini?
apa karena demandnya turun?
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by montirangin »

om chzzz..manteppp..

om chz demen ya sama exteriornya, ane jg demen. f10 f30 ini bener2 eyecatching ga seperti e90 waktu launching juga

mobil begini diisi sikuning, ndut2an ga jalannya om? ada yg tau om om lainnya? dibawah di rpm rendah diantara 0-3000 rpm maksudnya bisa awet ga mesinnya kalo diisi sikuning? atau sama sekali ga bisa?
om kompre membuktikan mercedes nya dikasih minum sikuning, ga dimanja :D..
Last edited by montirangin on Sat Sep 20, 2014 10:51, edited 1 time in total.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by montirangin »

irdna wrote:mmau tanya
kenapa ya bmw diskonnya akhir2 ini sampe 100 jt?
apa emg setiap tahun begitu ya?
atau tahun ini aja?
agak heran seri 3 jg sampe 100 jt
padahal menurut pandangan ane di jkt lumayan byk yg pake dan beli mobil ini?
apa karena demandnya turun?
bmw ckd lokal om. jadi mereka ada kapasitas produksi minimum yg harus dipenuhi, laku tidak laku tetep minimum harus diproduksi. nah pas bulan2 "sepi", terjadi penumpukan walau 100-200 unit, dan bmw tidak suka menyimpan mobil2 lama2 digudangnya. dan ditambah ckd lokal yg setau ane hanya bener2 untuk domestic consumption (makanan kali)
jadi memang sering diskon seperti itu
namun saat ini terjadi kekurangan supply, jadi diskon lagi rendah2nya. 2 bulan dan bahkan bulan agustus masih diangka 100jt dan pengajuan 110jt langsung approve, sekarang denger2 hanya 40jt.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by sandal »

Wih... mantep banget reviewnya :mky_02: :mky_02:
Btw kalo disuruh milih 520 bensin atau diesel pilih mana yah? :big_grin:
Dan apakah 520i bisa dìupgrade jadi M5 KW? :upss:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by madcat015 »

Ripiu yang sangat luar biasa... Ein Job gut gemacht, bro chz! :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Kali ini ane melihat ente yang lebih menikmati menyetir sebuah mobil, alih2 menginjak pedal gas dalam2 dan berteriak "POWWAAAAHHHH!" :mky_03:

Sedikit pendapat dan pengalaman cetek dari ane:
1. F10 520i FL 2014 vs W212 250 AVG FL 2013
Nah, ini dia... dua kubu yang selalu bertarung demi dominasi dan meninggalkan Audi A6 tersisih di pinggir...

Jujur, saat W212 belum di FL, F10 dan W212 PFL menjadi dua arch-rival dengan garis2 tajam khas karakter masing2. W212 dengan twin eyes nya, sementara F10 dengan dual corona ring di headlamp. Sisi bokong juga sama2 khas. W212 PFL dengan ponton dan lampu rem yang sangat menarik dan berkarakter, sementara F10 terhempas dengan keluarnya F30. Untuk urusan eksterior kedua mobil ini bisa dikatakan sangat berimbang.

Tetapi begitu W212 mendapatkan FL di akhir tahun 2013, awalnya, ane sangat menyukai twin DRL yang dibuat mirip dengan predecessor nya. Tetapi semakin ane liat... malah aneh. Ponton hilang dari fender belakang, suatu hal yang cukup bagus dengan catatan desain bokong menawan, dan Merc gagal di sini. Lampu belakangnya jelek sekali.

Urusan interior memang Merc rata2 memiliki built quality dan material yang lebih baik dari BMW, sementara BMW memiliki desain dan elektronik super canggih. Layar MID di Merc terasa seperti layar komputer tahun 1980, sementara BMW menampilkan layar jernih di iDrive yang seakan2 HD 1080p.

Untuk urusan power, memang tidak apple to apple, karenanya, ane memasukkan F10 528i 2011 punya teman ane ke ring tinju. Tenaga di W212 terasa lebih lembut dengan turbolag segambreng dan akselerasi tanpa drama... simply tasteless but definitely comfortable. Handling juga terasa layaknya kapal dengan bantingan suspensi begitu lembut dan kabin yang hening...

BMW F10 528i memiliki karakter yang cukup bertolak belakang, dari semenjak ane meletakkan bokong ane di kursi nya, terasa sekali posisi duduk BMW lebih rendah daripada Merc. Good for young men but spine breaking for the old and decrepit. Driving position begitu menyenangkan dan terasa sporty dengan dashboard rendah, sementara di Merc, dashboard dan posisi duduk agak sedikit tinggi. Kekedapan, nyata BMW berada di bawah Merc, tetapi keuntungannya, exhaust note terdengar cukup merdu...

Handling, sheer driving pleasure never lies... Jika Merc W212 terasa seperti kapal, maka BMW F10 terasa seperti jetski yang sanggup melempar pengemudi nya.

2. F10 520i FL 2014 vs F10 528i PFL 2011
Selisih tiga tahun, dan F10 berbenah diri. Sistem iDrive yang diuprated berharga lebih dari kenaikan harganya, dan BMW memberikan sunroof di versi 520i FL. Interior nyaris tidak berbeda sama sekali, semua tombol dan tuas berada pada tempatnya, sementara piano finish atau darkwood panel malah berganti dengan wood panel berwarna terang yang menurut ane jelek.

Sisi mekanikal, upgrade transmisi karena F10 FL mendapatkan transmisi 8sp, sementara versi sebelumnya mendapatkan 7sp. Plus suspensi yang diperbaiki sehingga lebih manusiawi tetapi tetap memberikan kekakuan saat melesat di tikungan.

3. F10 520i FL 2014 vs F10 M5 PFL 2012
Errr... bloodshed...

Image

M5 membantai seluruh kasta F10 dari segala hal... :big_smoking:

Kecuali urusan konsumsi bahan bakar... :ngacir:


=============

Ane sempat berkata ke bro ChZ, jika membeli BMW, maka setidaknya ente mendapatkan 3 mobil. F10 dengan mode ECO yang menyedihkan, F10 dengan mode COMFORT yang sangat limbung, F10 dengan mode SPORT yang menyenangkan dan lebih manusiawi, dan F10 dengan mode SPORT+ untuk membuat para ababil alay di hatchback2 Jepun malu. :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by jar-jit-no »

wow great repiu om chris :mky_02:

hal yg bikin aneh, interiornya..wood panelnya..warna joknya.. :big_chicken:
ane jg mikir kok gk pake black piano finish aja ya..trs jok item..kyknya bakal lebih kerasa luxurynya

om madcat, cerita dong kesan2nya duduk di kursi penumpang belakang..terutama waktu insiden nubruk poldur..


om helm blm komen nih..harus di summon dulu kali biar muncul

:ngacir: :ngacir:
4A91 4at - Slow Driver
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by montirangin »

om chz om madcat
kalo dengan 320 nya body comparisonnya bagaimana effect ke driving pleasurenya?
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by walid_007 »

Sales di grand city pun bilang kalo sekarang bmw f10 lebih nyaman, ada refinement di supensi dan rft yg baru

F10 memang membuat ane jatuh cinta sama exterior nya (asal putih).

Sayangnya pasti f10 hanya tinggal 2 atau 3 tahun lagi, dan interior yang tidak lebih baik dari sebuah japan dengan harga yang sama pun membuat ane masih menahan nafsu untuk membelinya

Sayang review ini dipenuhi accord, mazda 6 dan toyota camry, slk, vw, jadi enek baca nya
engine roaring!
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by madcat015 »

jar-jit-no wrote:wow great repiu om chris :mky_02:

hal yg bikin aneh, interiornya..wood panelnya..warna joknya.. :big_chicken:
ane jg mikir kok gk pake black piano finish aja ya..trs jok item..kyknya bakal lebih kerasa luxurynya

om madcat, cerita dong kesan2nya duduk di kursi penumpang belakang..terutama waktu insiden nubruk poldur..


om helm blm komen nih..harus di summon dulu kali biar muncul

:ngacir: :ngacir:
Astogeee... ane lupa... :big_sorry:

Kursi belakang berlimpah leg room dan head room. Bahkan jok samping terasa membekap punggung dan hand rest di door trim posisinya sempurna... Setidaknya nya untuk ane...

Saat hard acceleration, badan tidak terasa terbanting2, bahkan saat bro ChZ drifting dengan mode SPORT. Nah, apabila mode COMFORT, maka suspensi terasa lebih panjang travelnya dan lebih lembut. Kursi belakang makin menyenangkan...

Saat gasruk... errr... miris ui... terdengar bunyi benturan dari kolong depan mobil, tepat di belakang roda depan...

:big_think:


montirangin wrote:om chz om madcat
kalo dengan 320 nya body comparisonnya bagaimana effect ke driving pleasurenya?
F30 320i lebih lincah, karena dimensi lebih kecil. Sementara sisi suspensi, 320i sport terasa jauh lebih kaku daripada F10 520i ini.

Untuk urusan drifting dan mengganas di jalanan, F10 terasa lebih kalem, sementara F30 terasa lebih bersemangat dengan oversteer dan tail slide lebih liar... Melahap tikungan pun, F30 lebih lincah...

Size does matter untuk kesenangan mengemudi. :mky_03:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by montirangin »

madcat015 wrote:
jar-jit-no wrote:wow great repiu om chris :mky_02:

hal yg bikin aneh, interiornya..wood panelnya..warna joknya.. :big_chicken:
ane jg mikir kok gk pake black piano finish aja ya..trs jok item..kyknya bakal lebih kerasa luxurynya

om madcat, cerita dong kesan2nya duduk di kursi penumpang belakang..terutama waktu insiden nubruk poldur..


om helm blm komen nih..harus di summon dulu kali biar muncul

:ngacir: :ngacir:
Astogeee... ane lupa... :big_sorry:

Kursi belakang berlimpah leg room dan head room. Bahkan jok samping terasa membekap punggung dan hand rest di door trim posisinya sempurna... Setidaknya nya untuk ane...

Saat hard acceleration, badan tidak terasa terbanting2, bahkan saat bro ChZ drifting dengan mode SPORT. Nah, apabila mode COMFORT, maka suspensi terasa lebih panjang travelnya dan lebih lembut. Kursi belakang makin menyenangkan...

Saat gasruk... errr... miris ui... terdengar bunyi benturan dari kolong depan mobil, tepat di belakang roda depan...

:big_think:


montirangin wrote:om chz om madcat
kalo dengan 320 nya body comparisonnya bagaimana effect ke driving pleasurenya?
F30 320i lebih lincah, karena dimensi lebih kecil. Sementara sisi suspensi, 320i sport terasa jauh lebih kaku daripada F10 520i ini.

Untuk urusan drifting dan mengganas di jalanan, F10 terasa lebih kalem, sementara F30 terasa lebih bersemangat dengan oversteer dan tail slide lebih liar... Melahap tikungan pun, F30 lebih lincah...

Size does matter untuk kesenangan mengemudi. :mky_03:

:big_exellent:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by amfibi »

Apa coba overrated nya wood panel even itu terang... Ane bingung

Sejak jaman dahulu kala jg BMW 5series rajin pake wood panel kok di varian2nya...

Image

Image

Image
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by madcat015 »

Haish...

Yg diprotes hanya warna dan itu berarti selera subyektif ke ripiuer. What the fuss is all about?

Ada yg suka wood panel terang, ada yg suka gelap, ada yg suka piano finish, ada yg suka aluminium dan plastik...

Even M5 F10 2012 punya cece ane pun ga ada wood panel. Aluminium panel dan plastik di konsol tengah...

Not all 5-serie use wood panel. Some of them aren't. Taste is a subjective matter, please take note on that.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by amfibi »

Katanya lose respect... Kok masih interaksi dgn ane :mky_03:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by madcat015 »

Lose respect bukan berarti ane ga siap berdebat dgn ente...

Ente yg bertindak kelewat batas, dan ane menahan diri utk tidak frontal ke ente habis2an.

Argumen ane uda ada di atas posting ente, ane tunggu jawaban ente yg katanya obyektif itu
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by amfibi »

Ngapain juga aku jawab, plg ujung2nya diomongin di belakang jg :ngacir:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by montirangin »

innova pertama kali woodpanel gelap, trus facelift jadi terang, sekarang balik ke gelap lagi


udahlah ini kan sesuai selera, sama spt ane ga pernah demen sama subaru diharga segitu walau banyak yg belain fitur2nya..well mereka ngerti teknis, ane ngerti pandangan mata. itu aja tapi perbedaan jangan jadi pertengkaran, masa ikutin si pasukan berkuda, malu atuh..kita muda ga berarti harus lebih ga wise dari dia kan :big_grin:
Last edited by montirangin on Sat Sep 20, 2014 15:48, edited 1 time in total.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by madcat015 »

Hah, jawaban paling menyedihkan yg pernah ane terima.


I wasted my time typing my argument against a cowardly toddler.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by amfibi »

Terimakasih oom :cupss: :mky_02:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by madcat015 »

montirangin wrote:innova pertama kali woodpanel gelap, trus facelift jadi terang, sekarang balik ke gelap lagi


udahlah ini kan sesuai selera, sama spt ane ga pernah demen sama subaru diharga segitu walau banyak yg belain fitur2nya..well mereka ngerti teknis, ane ngerti pandangan mata. itu aja tapi perbedaan jangan jadi pertengkaran, masa ikutin si pasukan berkuda, malu atuh..kita muda ga berarti harus lebih ga wise dari dia kan :big_grin:
Makanya ane bilang selera dan itu subyektif ke tiap ripiuer atau komentator...

Thanks for pointing it out very clearly that taste... is subjective.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by montirangin »

madcat015 wrote:
montirangin wrote:innova pertama kali woodpanel gelap, trus facelift jadi terang, sekarang balik ke gelap lagi


udahlah ini kan sesuai selera, sama spt ane ga pernah demen sama subaru diharga segitu walau banyak yg belain fitur2nya..well mereka ngerti teknis, ane ngerti pandangan mata. itu aja tapi perbedaan jangan jadi pertengkaran, masa ikutin si pasukan berkuda, malu atuh..kita muda ga berarti harus lebih ga wise dari dia kan :big_grin:
Makanya ane bilang selera dan itu subyektif ke tiap ripiuer atau komentator...

Thanks for pointing it out very clearly that taste... is subjective.
:big_okay: :big_deal: :cupss:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by billyd1773dz »

btul om montir :D

hal subjektif jgn di ributin lah............................ di jelasin argumen apapun g akan nyambung urusan selera sih... beda dgn fakta teknis/hal objektif.


hargai pendapat orang lain, hargai selera orang lain, hargai karya orang lain




ujung2nya saling ngomongin dibelakang juga kan.

:big_dunno: :big_dunno: :big_dunno: :big_dunno:











anyway............
review om cris dan om dhar selalu menarik unless for me especially driving impressionny.. love it very much.. :big_love: wkwkw :D i also love pushing car to its limit when my child-side cried want to play wkwk :D :D this is also a subjective matter... i knew it could be dangerous, don't let fun turn into a nightmare.

sometime lebay bwat yg kurang suka *this is not what i want to read*, *u describe it wrong*,*who care about drifting*, *what the frakking sake just drive slowly its public road*

well they doesn't got paid from anyone, they write it just for fun,and write what they like,they doesn't have responsible to fulfill everybody taste. they doesnt need view or a reply count,

wkwk everybody could create your own Point of view if u want, or just ask them nicely :D or just TD it by ur self and write it down or just leave it politely with facepalm :D

well maybe to be safe ada baik nya kurangin kata2 yg bersifat subjektif di next review? atau klw perlu tekankan klw ini hal *subjectiv*



so for driving pleasure seeker mending lari ke F30 320i aja kli ya?

:beer:
Last edited by billyd1773dz on Sat Sep 20, 2014 16:37, edited 3 times in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by montirangin »

billyd1773dz wrote:btul om montir :D

hal subjektif jgn di ributin lah............................ di jelasin argumen apapun g akan nyambung urusan selera sih... beda dgn fakta teknis/hal objektif.


hargai pendapat orang lain, hargai selera orang lain, hargai karya orang lain




ujung2nya saling ngomongin dibelakang juga kan.

:big_dunno: :big_dunno: :big_dunno: :big_dunno:
betul om..selama kita menghargai org lain, mereka juga pasti sama akan menghargai kita..well ada lah bbrp kasus yg ngga..seperti si numero uno yg gagal itu :big_grin:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.

Post by madcat015 »

Kalau urusan teknis vs billy mah, ane mundur...

Serem kl argumen sama master lumpur... :ngacir: bisa kayak sidang TA... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat: