REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
v63000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57

REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by v63000 »

Perkenankan saya kali ini berbagi Review Toyota Crown Royal Saloon tahun 1990

Intro
Sebelum kita berlanjut ke Review saya jelaskan terlebih dahulu bahwa semua gambar yang ada di review ini bukan merupakan toyota crown milik saya karena arsip gambar toyota crown yang dulu saya miliki sudah hilang semua :mky_01:. gambar tersebut murni saya ambil dari Om Google dan apabila ada yang merasa keberatan atas gambar toyota crown nya saya lampirkan pada review ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya gambar tersebut saya lampirkan hanya untuk memenuhi estetika dan kelengkapan pada review saya kali ini. Tanpa banyak basa basi lagi langsung kita ke topik pengalaman : Mobil ini saya beli dulu pada tahun 2005 seharga 45Jt kondisinya sendiri cukup lumayan walaupun tidak bisa disebut bagus banget odometer sudah mencapai 200.000++ untuk PR sendiri adalah rem belakang bunyi, antena elektrik mati, elektrik seat terkadang mati, seingat saya itu PR nya, mesin dan transmisi juga kaki-kaki alhamdulilah dalam keadaan baik Pengetahuan saya tentang Toyota Crown adalah merupkan Big Sedan Premium Keluaran Toyota Kehadirannya sendiri sudah ada sejak tahun 1970an kalau tidak salah, dan Crown sendiri merupakan Flagship Sedan Keluaran Toyota hanya satu tingkat dibawah Toyota Century yang biasa digunakan sebagai kendaraan kerajaan jepang CMIIW :big_peace:

Eksterior

Depan
Image

Samping
Image

Belakang
Image

Menurut saya pribadi eksterior mobil ini pada jamannya mungkin terlihat mewah namun untuk saat ini kesan tersebut sudah hilang berganti menjadi kesan klasik :big_blushing:, baik kita melihat dari depan, pinggir ataupun belakang kesan saya tetap saja mobil ini adalah mobil jadul yang terkesan klasik apalagi foglamp yang ditempatkan di gril menambah kesan klasiknya sangat khas mobil 90an, jujur untuk eksterior saya lebih senang crown model ini daripada seperti crown yang keluaran tahun 1992 ke atas atau kita biasanya menyebut dengan crown model lexus. Kenapa saya lebih suka crown yang model ini karena kesan klasiknya amat kental dan ada beragam pernik di eksteriornya, sebut saja lambang toyota yang berada di pinggir gril berpadu dengan lambang mahkota raja pada tengah grill nya. Lambang mahkota tersebut bukan hanya pada gril tetapi ada juga pada pilar C samping mobil ini dan juga penutup kunci bagasi pun bahkan menggunakan lambang mahkota :big_exellent: wow keren

Interior & Fitur
Memasuki interior kita disuguhi dengan dashboard modelrata sama seperti nissan teana tahun 2005 hahaha :mky_03: (mungkin designer teana 2005 terinspirasi dari toyota crown ini) selain itu setir palang duanya bagi saya terlihat aneh untung adanya lambang mahkota pada setir tersebut cukup menolong.

Image

namun jangan berharap pada dashboard ini terdapat MID yang ada hanyalah jam digital saja, begitu pula tombol pengaturan spion terasa kagok karena ditempatkan di belakang tombol power window, sedangkan bahan dashboard sendiri cukup baik sudah menggunakan softpad pada beberapa bagian dash nya, panelgap pun masih bisa ditoleransi apalagi bila kita mengingat ini mobil keluaran tahun 1990 namun lagi lagi amat disayangkan ketiadaan wood panel pada crown ini cukup membuat kesan mewah mobil ini berkurang. Bagaimana dengan joknya ?? Joknya sendiri cukup nyaman walaupun tidak dilapisi bahan kulit tetapi masih memakai bahan fabric berwarna merah joknya sendiri menggunakan per sehingga keempukannya pas :big_grin:, kita bisa betah berlama-lama duduk di joknya tanpa merasa lelah yang berlebihan, menurut saya yang bisa mengalahkan nyamannya jok Crown 1990 ini pada masa edarnya hanyalah mercy boxer. Legroom pada bagian depan cukup memadai walaupun tidak bisa disebut luas, pada bagian belakang menurut saya sih agak sempit legroomnya karena jujur saya tidak bisa selonjoran jika duduk di bangku bagian belakang ini.

Image

namun hebatnya walaupun legroom sempit kita tidak cepat merasa lelah jika duduk di bangku bagian belakang ini ternyata yang menolong adalah lagi lagi joknya yang hebat itu. Jok dibagian belakang pun jangan salah sudah electric seat dimana teana atau grandeur pun jok belakangnya belum electric seat :big_think: tapi anehnya toyota crown ini jok penumpang depan malah tidak electric :big_smoking:, ok kita bahas kembali jok belakangnya jadi jok belakangnya ini bisa sliding apakah kita ingin punggung kita bisa agak rebah namun legroom otomatis menjadi lebih sempit atau kita bisa memilih punggung kita agak tegak namun legroom agak luas pilihan yang sulit hahaha :mky_01: oh ya selain jok dibagian belakang pun kita disuguhi dengan rear AC + dengan controlernya dimana ventilasi AC nya sendiri sudah diletakan di pinggir atap persis seperti pada toyota alphard :big_exellent: oh ya jangan lupakan juga bahwa ac pada toyota crown ini bisa swing lho seperti ac rumah sudah climate control juga walaupun climate nya masih model geser khas mobil jadul, selain ac yang bagus ada hal istimewa lainnya yaitu jika kita ingin minuman dingin pun tidak usah khawatir kulkas mini pun sudah tersedia walaupun kapasitasnya hanya cukup untuk dua kaleng minuman ukuran sedang selain kapsitasnya yang minim kulkas ini penempatannya memang rada kagok yaitu di belakang headrest penumpang belakang, grandeur dan teana pun harus bertekuk lutut masalah memanjakan penumpang belakang keduanya kalah telak bila dibandingkan crown jadul ini hahaha :mky_03: selain itu ada juga pegangan pada jok depan untuk penumpang belakang entah lah untuk apa fungsinya saya juga jarang memegangnya saat jadi penumpang belakang. Fitur yang lainnya adalah fitur standar pada mobil yang beredar saat ini yaitu power window, central lock, tapi ada juga fitur yang cukup keren menurut saya yaitu auto antena jadi bila kita menyalakan radio antena belakang otomatis naik hehehe :big_grin: intermiten wiper dan auto lamp pun sudah ada tidak lupa ketinggian lampu pun sudah bisa diatur saya cukup kagum dengan segala fiturnya mengingat mobil ini adalah mobil jadul tetapi fiturnya sudah sangat kumplit untuk jamannya bahkan tidak kalah dengan mobil mobil keluaran terbaru saat ini.

Ride & Handling

Saat pertama memasuki bagian driver impresi yang saya rasakan adalah wah mewah sekali walaupun mobilnya jadul walaupun memang setir palang duanya terasa aneh, maklum sebelum menggunakan mobil ini mobil sebelumnya yang saya gunakan adalah toyota kijang diesel 1997, posisi mengemudi ideal pun gampang diraih pada toyota crown ini. Joknya tidak begitu suportif memeluk tubuh akan tetapi nyaman diduduki, putar kunci kontak brumm mesin stasioner halus sekali apalagi bila mesin sudah mulai panas suaranya makin halus, malah boleh saya katakan sampai saat ini suara stasioner crown ini yang paling sedikit masuk ke kabin dibanding grandeur atau teana walaupun kedua mobil tadi juga sama sama halus. Dengan mobil ini pula saya pertama kali merasakan kehalusan mesin 6 silinder, namun pada crown ini mesinnya 6 silinder segaris bukan V6 hehehe :big_biglaugh:. Akan tetapi kehalusan saat stasioner langsung sirna saat mobil diajak berakselerasi suara mesinnya langsung berubah menjadi kasar dan lucunya walaupun suara mesinnya kasar saat akselerasi tapi akselerasinya sendir lambat sekali alias boyo, selain itu transmisi matiknya pun terasa bodoh betah sekali berlama lama di satu gigi. perpindahan antar gear terjadi cukup lama dan di rpm yang cukup tinggi hahaha :mky_04: selain itu hal lainnya yang menyebalkan dari mobil ini konsumsi BBM nya pun ampun borosnya lebih boros dari grandeur padahal mesinnya sendiri hanya berkapasitas 2000cc 6 Silinder segaris mungkin mesin yang belum canggih dan transmisi yang bodoh menjadi penyebab borosnya konsumsi BBMnya. Apalagi pada saat itu ilmu kebal terhadap boros bbm saya belum terlalu tinggi sehingga shock lah saya akan konsumsi bbm nya. Sebagai perbandingan apabila dulu saat memakai kijang diesel untuk 1 minggu aktifitas dalam kota saya mengeluarkan uang sekitar 60rb pada saat memakai crown menghabiskan bbm sebanyak 150rb kebayangkan borosnya, apalagi bila mengingat saat itu harga premium masih dibawah Rp6500/liter. Namun saat perjalanan luar kota dengan melewati tol saya sempat mengukur konsumsi bbm nya menggunakan metode full to full tercatat kalo tidak salah konsumsinya sekitar 8Km/L. Intinya bila kita berbicara mengenai mesinnya adalah mesinnya halus saat stasioner namun kasar saat akselerasi, akselerasinya pun lambat, dan transmisi matiknya terasa bodoh selain itu konsumsi bbm nya pun terbilang boros bagaimana dengan handlingnya ?? Hmm masalah handling yang jelas mobil ini harus saya akui cukup baik, empuk namun pada saat di toll juga masih lebih baik daripada camry tahun 2003 walaupun tidak sebaik teana, tidak terlalu empuk dalam artian masih bisa memberikan kestabilan dan tidak limbung ataupun mengayun saat Cruising di jalan toll. Akan tetapi bila kecepatan lebih dari 120Km/h mobil mulai terasa limbung. Yang jelas suspensinya bagi saya cukup nyaman malah teman saya yang pada saat itu punya camry tahun 2003 pun mengakui kalau crown ini lebih stabil di toll dibanding camry miliknya. Saat melindas jalanan berlubang pun guncangan ke kabin terasa minim hanya lubang yang benar benar dalam yang mampu membuat kabinnya terguncang penumpang juga gampang terlelap di mobil ini kekedapan suara dari luar untuk ukuran mobil tahun 1990 amat terasa baik di mobil ini walaupun bila dibandingkan dengan teana atau camry ya kalah kedap

Kesimpulan
Kesan Klasik pada mobil ini masih mampu membuat beberapa pencinta mobil 90an berdecak kagum akan eksteriornya saya sendiri sampai sekarang masih menyukai design eksteriornya pun begitu dengan interiornya selain joknya yang masih cukup nyaman fiturnya pun komplit malah ada beberapa fitur yang terkesan unik seperti swing ac selain itu suspensinya pun cukup nyaman namun semua kenyamanan tersebut memang harus dibayar dengan borosnya konsumsi bbm. untung toyota belajar dari borosnya mesin crown ini sehingga pada saat tahun 1997 mesin toyota harrier yang v6 3000cc jauh lebih irit dari crown ini Apabila anda ingin bernostalgia dengan mobil tahun 90an yang terasa mewah dan suspensi empuk namun cukup stabil juga fitur berlimpah crown ini cocok jadi pilihan apalagi mengingat harganya saat ini sudah sangat down to earth hanya sekitar 30-40jt asal dengan catatan anda tidak masalah dengan akselerasi yang boyo, transmisi yang bodoh dan bbm yang boros

Plus
(+) Eksterior Klasik
(+) Fitur tidak ketinggalan Zaman
(+) Jok Per dan Nyaman
(+) Suspensi Cukup Baik

Minus
(-) Tidak ada Wood Panel
(-) Boros BBM
(-) Mesin Kasar Saat Akselerasi
(-) Boyo
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by liep »

waduh rajin bner om, ga ad 10 menit ud 2x posting review baru...
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by sandal »

Wih..... :big_chicken: :big_chicken:
Mantep bener Crownnya

Restorasi om jadi a superb Crown :mky_02: :mky_02:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by Turboman »

Ini Maticnya pake Aisin AW4 atau Aisin Warner 340 bukan ?

Kalau iya supaya Matic-nya lebih responsip bisa dipasangin TransGo SK 340 atau HD2

Utk mesin yah di carbon clean / purging injector aza....sensor2 dibersihkan ........mungkin penyebab Boros krn Torsi kecil dan setting ECU nya agak banjir dan Fuel Cut-nya kurang oke......bisa di optimalkan dengan Dastek mestinya (kontrol Fuel Cut-nya)

Eniwei ini mesin inline 6 - 2000 cc adalah heritage........Toyota udah gak bikin lagi mesin inline 6

Mobil ini sebetulnya berpotensi utk di upgrade, Bilstein aja bikin shock utk mobil ini.......

Dan bicara soal kenyamanan........value mobil ini saat baru dgn kondisi uang skg yah nilai-nya mungkin setara Alphad / Harrier 2.4 lah.......Teana Dan Camry jelas bukan kelasnya (jika tahunnya sama)............Crown Mentri aja harga barunya brp tuh (yg dipake Mentri 3000 cc D4-S)
:big_grin:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by jar-jit-no »

gile..boros bener yak :mky_06:

buat dalkot bisa dibawah 1:5 dong?

soal eksterior entah kenapa ane kok kurang suka crown ya..masi lebih cakep maestro & merc boxer
tapi soal fitur pemanja penumpang belakang, crown juaranya :big_exellent:
4A91 4at - Slow Driver
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by walid_007 »

Mahkota,,,
engine roaring!
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by madcat015 »

Wuih! Nice ripiu om V6sajeng... :mky_02:

Bbrp hari ini saat nguli, ane liat Crown ini keliaran di jalan. Warna hitam... mint... mengkilat... luar biasa terawat... dan inline 6 bok!


*jd pengen nyoba...* :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by axala »

Very nice :mky_02: membuat dua review yg lumayan detil dan pas pembahasannya untuk 2 mobil yg notabene unik nan hebat dalam satu hari itu sangat sesuatu lho :upss:

Beludru kualitas tinggi+interior merah ala vampir mengingatkan ane dengan interior rumah disalah satu sinetron :upss: hanya aja disini lebih pas :mky_03:

Kesan overclassic yg indah berbeda ama crown lexus yg ala 90an bgt...ane lebih prefer ini ketimbang crown lexus....inline 6 :mky_03:

Dan rear eseat yg lazimnya di big sedan eropa dimasanya+ rear ac yg tidak lazim karena lokasinya dah kaya mpv...bahkan kulkas yg tak lazim karena ditaro dibelakang semua menjadi keunikan yg jd ciri khas :big_comfort:

Completely awesome :mky_03:
Pursuit of Perfection
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by wekiweko »

selain jok belakang elektrik dan kulkas mininya, hal lain yang menarik perhatian saya ketika kecil dulu adalah HU alpine 2din yang motorized :big_smile]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by ChZ »

nais repiu oom V6saceng :mky_02:

Crown yang ini mengingatkan ane pada waktu liburan ke Jepang kemaren.... jadi taksi masih pada mulus-mulus. ajegile mobil taun segini noh :big_chicken:

jadi kangen japan :big_childish:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by amfibi »

ChZ wrote:nais repiu oom V6saceng :mky_02:

Crown yang ini mengingatkan ane pada waktu liburan ke Jepang kemaren.... jadi taksi masih pada mulus-mulus. ajegile mobil taun segini noh :big_chicken:

jadi kangen japan :big_childish:
Yang buat taxi mah lain lagi, namanya Crown Comfort & Crown Sedan, masih diproduksi ampe skrg :mky_03:

Nice review om :mky_02:
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by WongZo »

madcat015 wrote:Wuih! Nice ripiu om V6sajeng... :mky_02:

Bbrp hari ini saat nguli, ane liat Crown ini keliaran di jalan. Warna hitam... mint... mengkilat... luar biasa terawat... dan inline 6 bok!


*jd pengen nyoba...* :ungg:
Monil ini gaad handbrakenya yh? :big_bored: .
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by ChZ »

WongZo wrote: Monil ini gaad handbrakenya yh? :big_bored: .
handbrake? drift pake Crown?

anda mengucapkan mantra yang salah kepada mahakitteh...... :ngacir: :big_cat:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by WongZo »

ChZ wrote:
WongZo wrote: Monil ini gaad handbrakenya yh? :big_bored: .
handbrake? drift pake Crown?

anda mengucapkan mantra yang salah kepada mahakitteh...... :ngacir: :big_cat:
Ane kn memperingatkan, jdi mod cat mungkin gaakan kepikiran yg aneh" pas TD nih mobil :big_grin:
:ngacir:
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by ola_comoesta »

Jujur yg agak shock warna merahnya, dan kisi ac diatas. Untuk pegangan , itu untuk orang tua om kalo mau keluar mobil, biar gak susah bangun, jadinya pegangan itu dulu. Coba deh, ortu yg cukup berumur, duduk di sclass, keluar 2nd row pegangan headrest depan. Klo crown kan enak ada peganganny fufufu. Salah satu ciri khas yg akhirnya diturunkan di camry.

Tapi entah bagi pegangan tersebut berfungsi lain sebagai apa hohoho
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by jason28 »

Nice review om :mky_02:
Btw punya om ini warna apa ya? :ungg:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by artoodetoo »

Nice nice Om :mky_02:
Saya dulu sempat kepingin beli loh Crown ini :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by sandal »

artoodetoo wrote:Nice nice Om :mky_02:
Saya dulu sempat kepingin beli loh Crown ini :upss:
Beli bekasnya aja om :upss: :upss:
WongZo wrote:
ChZ wrote:
WongZo wrote: Monil ini gaad handbrakenya yh? :big_bored: .
handbrake? drift pake Crown?

anda mengucapkan mantra yang salah kepada mahakitteh...... :ngacir: :big_cat:
Ane kn memperingatkan, jdi mod cat mungkin gaakan kepikiran yg aneh" pas TD nih mobil :big_grin:
:ngacir:
Handbrake?? :big_chicken: :big_chicken:
Mahakitteh jadi passenger aja deh :ngacir: :upss:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by ChZ »

WongZo wrote: Ane kn memperingatkan, jdi mod cat mungkin gaakan kepikiran yg aneh" pas TD nih mobil :big_grin:
:ngacir:
Crown tua ini di swap pake 2JZ-GTE kayaknya seru juga.........................................

Crown Drifting.... seems interesting...................
Image

Image

siapa bilang saloon begini cuma buat santai?

:ngacir: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by sandal »

ChZ wrote:
WongZo wrote: Ane kn memperingatkan, jdi mod cat mungkin gaakan kepikiran yg aneh" pas TD nih mobil :big_grin:
:ngacir:
Crown tua ini di swap pake 2JZ-GTE kayaknya seru juga.........................................

Crown Drifting.... seems interesting...................
Image

Image

siapa bilang saloon begini cuma buat santai?

:ngacir: :ngacir:
:big_chicken: :big_chicken:
Memang Crown bisa dibuat apa aja :big_grin:
Dan Crown bisa dibuat taksi di Singapura lho
Like this
Image
Badak bener Crown ini :big_exellent: :big_exellent:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
unthul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Thu Jan 02, 2014 3:11
Location: semarang

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by unthul »

salam om,numpang ijin ninggalin jejak..review yang bagus,hampir mirip ma pemikiran otak kecil saya..
pernah beberapa kali minjem punya kakak ipar..warna hitam mulus,cuma bemper depan pating coel,belum di benerin ampe di jual,interior warna merah masih bagus..menurut saya yang sopir angkot ini,sangat nyaman bawanya,masih kedap untuk mobil tuwir.. :big_exellent:
tapi gara2 boros,di jokul ma kakak..
ganti mercy 300e :big_slap: sebagai garage queen bersanding vw combi..
eling..dan bersyukur..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by Turboman »

Bisa swap juga pakai 1 / 2KD-FTV mestinya

Trus bikin project ala htannis

:big_grin:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by WongZo »

ChZ wrote:
WongZo wrote: Ane kn memperingatkan, jdi mod cat mungkin gaakan kepikiran yg aneh" pas TD nih mobil :big_grin:
:ngacir:
Crown tua ini di swap pake 2JZ-GTE kayaknya seru juga.........................................

Crown Drifting.... seems interesting...................
Image

Image

siapa bilang saloon begini cuma buat santai?

:ngacir: :ngacir:
Slah ngomong ane :ngacir:
User avatar
v63000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by v63000 »

sandal wrote:Wih..... :big_chicken: :big_chicken:
Mantep bener Crownnya

Restorasi om jadi a superb Crown :mky_02: :mky_02:
ampun om mobil yang di atas bukan mobil saya, saya cuma berbagi pengalaman saat zaman dulu saya menggunakannya gitu om :mky_01: :mky_01:
User avatar
v63000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57

Re: REVIEW TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 1990

Post by v63000 »

Turboman wrote:Ini Maticnya pake Aisin AW4 atau Aisin Warner 340 bukan ?

Kalau iya supaya Matic-nya lebih responsip bisa dipasangin TransGo SK 340 atau HD2

Utk mesin yah di carbon clean / purging injector aza....sensor2 dibersihkan ........mungkin penyebab Boros krn Torsi kecil dan setting ECU nya agak banjir dan Fuel Cut-nya kurang oke......bisa di optimalkan dengan Dastek mestinya (kontrol Fuel Cut-nya)

Eniwei ini mesin inline 6 - 2000 cc adalah heritage........Toyota udah gak bikin lagi mesin inline 6

Mobil ini sebetulnya berpotensi utk di upgrade, Bilstein aja bikin shock utk mobil ini.......

Dan bicara soal kenyamanan........value mobil ini saat baru dgn kondisi uang skg yah nilai-nya mungkin setara Alphad / Harrier 2.4 lah.......Teana Dan Camry jelas bukan kelasnya (jika tahunnya sama)............Crown Mentri aja harga barunya brp tuh (yg dipake Mentri 3000 cc D4-S)
:big_grin:
Ampun om Turbo :big_sorry: :big_sorry: saya ga ngerti matic na pake apa saya cuma berbagi pengalaman aja saat dulu saya memakainya. Torsi kecil mungkin om yang jelas untuk awal start akselerasi lumayan berat om :big_dunno: :big_dunno: setuju om value for money mobil ini untuk harga bekas saat ini cukup tinggi fiturna kumplit bgt om :big_peace: :big_peace: