REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
v63000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57

REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by v63000 »

Perkenankan saya kali ini berbagi Review HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Intro
Sebelum kita berlanjut ke Review saya jelaskan terlebih dahulu bahwa semua gambar yang ada di review ini bukan merupakan Hyundai Trajet milik saya karena arsip gambar Hyundai Trajet yang dulu saya miliki sudah hilang semua :big_cry:. gambar tersebut murni saya ambil dari Om Google dan apabila ada yang merasa keberatan atas gambar Hyundai Trajet nya saya lampirkan pada review ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya gambar tersebut saya lampirkan hanya untuk memenuhi estetika dan kelengkapan pada review saya kali ini. Tanpa banyak basa basi lagi langsung kita ke topik pengalaman : Mobil ini saya beli dulu pada tahun 2010 seharga 85Jt kondisinya sendiri cukup lumayan bagus untuk sisi interior namun transmisi dan mesin ada PR Nya, odometer sendiri sudah mencapai 150.000++ untuk PR Nya sendiri adalah Timing Belt yang sudah harus diganti, Servo sudah ngadat sehingga kadang Rpm Tiba Tiba Turun dan mesin mati, dan solenoid matik sudah harus diganti seingat saya itu PR nya, hanya bagian kaki-kaki saja yang masih bagus Pengetahuan saya tentang Hyundai Trajet adalah merupkan MPV Keluaran Hyundai saingan pada pertama kali masa edarnya mungkin hanya kia carnival. karena seingat saya pada tahun 2000 belum banyak MPV yang cukup mewah seperti Hyundai Trajet ini ataupun seperti Kia Carnival tapi mulai tahun 2002 ke atas kalau tidak salah Hyundai Trajet mulai mendapat banyak saingan dengan munculnya Toyota Previa dan Honda Odysey serta di tahun 2004 muncul saingan barunya yaitu nissan serena dan inova 2.7. Trajet sendiri tidak mengalami perubahan berarti sampai tahun 2008 dan sampai dihentikan penjualannya di indonesia seingat saya hanya Facelift saja di lampu depan dan belakang dan sedikit penyegaran di interiornya

Eksterior
Depan
Image

Samping
Image

Belakang
Image

Menurut saya pribadi eksterior mobil ini pada pertama kali masa edarnya terlihat cukup modern bayangkan saja pada tahun 2000 MPV yang beredar dan populer di masyarakat paling hanya KUTERJANG (KUDA, PANTHER DAN KIJANG) dari brand nissan serena C23 belum bisa menyamai kemodernan eksterior trajet ini mungkin produk jepang di indoensia yang bisa menyaingi Trajet ini pada tahun 2000 hanya Mitsubishi Chariot itupun unitnya sedikit entahlah apakah odysey sudah ada pada tahun 2000 CMIIW ?? Tapi bila diamati lama kelamaan saya mendapatkan kesan untuk eksteriornya adalah Gendut dan Tembem Hahaha :mky_03: walaupun memang Tampak Modern :big_grin: Cukup itu saja pendapat saya mengenai eksteriornya

Interior & Fitur
Memasuki interior kita disuguhi dengan dashboard yang modern dan cantik dash nya termasuk lebar bahkan lebih lebar dari grandeur dan teana akan tetapi kualitas dashnya tidak begitu bagus banyak hard plastiknya, softpad hanya terdapat pada bagian atas dash saja itu pun soft padnya tidak terlalu soft mungkin soft pad KW2 kali hahaha :mky_03: panelgap juga kurang rapih ada inkonsisten panel pada beberapa panelnya. Tapi yang bagus adalah dashnya yang lebar menjadikan jarak antara setir dengan kaca depan menjadi Cukup jauh :big_think: Oh ya desain setirnya pun untuk trajet 2.7 itu Lumayan bagus bila dibandingkan dengan setir trajet 2.0 yang aneh berbentuk 3 palang itu, Selain modelnya yang modern dashnya pun memiliki beragam tempat penyimpanan dimana mana, antara lain dua konsol di penumpang kiri depan dan 3 laci di tengan selain di dash ada juga dua cup holder di kursi supir. Belum lagi door pocket yang mampu menyimpan botol 1,5 liter pada pintu depan yang jelas tak usah khawatir dengan segala barang bawaan anda, semuanya ada tempatnya intinya tempat penyimpanan pada hyundai trajet ini begitu berlimpah baik itu di depan, tengah maupun belakang.

Image

namun lagi-lagi ketiadaan MID pada dashboardnya menjadi nilai minusnya. Akan tetapi penempatan jam digital yang disimpan di kaca spion tengah boleh saya acungi jempol karena semua penumpang jadi tahu ini jam berapa tanpa harus bertanya pada pengemudi. Selain itu di setir pun sudah terdapat Tombol untuk cruise control. Akan tetapi controler AC agak sedikit menggelikan karena menggunakan model putar dan kenopnya pun aneh, harusnya Controlernya sudah elektrik seperti trajet yang beredar di luar negeri. Akan saya berikan gambarnya

Image

Tuh kan lebih keren Trajet yang Versi luar dibanding yang Versi Indonesia. Ok cukup kita membahas Dashnya sekarang kita beralih ke kursi. Saya mengacungi jempol untuk kenyamanan kursinya ok biar saya urutkan apabila teana mendapatkan ranking 1 untuk kursinya, Harrier Rank 2 dan Trajet ini Rank 3. Lumayan kan masuk tiga besar Hehehe :big_exellent:. Kursi pada trejet ini bahan kulitnya bagus, lembut namun kurang kuat karena apabila sering terjemur matahari maka kulit kursinya cepet mengelupas dan retak-retak selain kursi bahan kulit pada doortrimnya pun sama rawan mengelupas dan retak, untuk keempukan busa joknya sendiri tidak kalah empuk dibanding harrier namun belum bisa menyamai teana. Selain itu untuk kursi depan bisa diputar menghadap ke belakang namun menurut saya hal tersebut mubazir harusnya yang bisa diputar itu kursi yang tengah bukan yang depan.

Image

Image

Memang kursi tengah ini bisa dijadikan meja tapi seberapa enak sih jok depan di putar dan jok tengah jadi meja sambil mobil berjalan saya sendiri sih merasa pusing saat konfigurasi seperti itu dibuat. Jok depan diputar ini hanya cocok saat kita beristirahat dan mobil berhenti saja. Selain jok depan yang bisa diputar jok tengah dan belakang bisa dicopot namun naudzubilah beratnya jok tersebut sehingga saya sendiri hanya pernah sekali mencopotnya selain itu untuk memasangnya kembali pun agak susah menurut saya, sekarang kita berbicara mengenai legroom nya untuk di kabin depan legroom nya cukup luas akan tetapi saat di kabin tengah legroom nya bagi saya cukup sempit karena kaki kita tidak bisa diamsukan ke kolong jok depan. selain itu rel untuk sliding pun mundurnya hanya sedikit oleh karena itu saya memodifikasinya agar rel tersebut bisa mundur lebih jauh dan voila legroom pun menjadi luas heheh :big_grin:. Untuk dibelakang sendiri menurut saya hanya cocok disi dengan orang yang mempunyai tinggi badan di bawah 170cm cukup sekian pembahasan joknya. Kita beralih ke AC. Penempatan blower ac agak aneh karena vent ac yang untuk kabin belakang malah diletakan di pilar C baris ke 3 haduh :big_dunno:, selain itu ac nya pun harus bekerja keras untuk mendinginkan kabinnya saya menyetel posisi Fan sering di posisi 2 atau 3 jarang di posisi pertama. Dibalik kekurangan acnya kehadiran sunroof menjadi nilai tambah dalam hal penilaian interiornya.

Image

Ride & Handling

Pertama memasuki bagian driver posisi jok agak tinggi dan tidak suportif namun nyaman dan empuk pandangan ke bonet nyaris tidak ada. Posisi mengemudi ideal sulit diraih walaupun pengaturan setirnya terasa mudah, perlu waktu lama untuk merasakan nyaman dan terbiasa duduk sebagai driver di mobil ini. Belum lagi posisi tuas transmisi di dash yang seperti honda CRV gen 2 dan nissan serena jujur perlu waktu untuk membiasakannya malah saat belum terbiasa niat mau ke D eh malah loncat Ke 3 atau 2. Injak gasnya wah baru terasa mobil ini responsif betul saya tidak bohong trajet ini responsif untuk di putaran bawah sampai tinggi serius deh :big_exellent: malah kalau harrier terasa mulai kehabisan nafas pada saat digeber lebih dari 80KM/h pada jalan menanjak trajet ini tidak seperti itu, dari 80-140KM/h di jalan tol Mudah diraih di tanjakan pun tidak terengah-engah beda dengan trajet 2.0 dan harrier yang ditanjakannya terasa loyo. Selain itu suspensinya hebat masih memberikan kestabilan di kecepatan tinggi tapi masih cukup empuk juga saat menghajar lubang tidak ada gejala limbung seperti grandeur, harusnya suspensi grandeur sehebat trajet ini. hanya saja trajet ini ternodai dengan masuknya suara angin pada kecepatan tinggi selain itu kabinnya pun kurang kedap malah kalah kedap bila dibandingkan crown 1990 sekalipun. Untuk konsumsi BBM nya memang harus diakui sama borosnya dengan grandeur yang berkapasitas mesin lebih besar akan tetapi cukup terbayar dengan performa mesinnya dan kenyamanan kabinnya.

Kesimpulan
MPV yang cukup modern pada zamannya namun untuk mendapatkan unit yang “mint condition” pada saat sekarang ini cukup sulit. Kelengkapan fiturnya harus diakui cukup lengkap walaupun ada beberapa fitur yang dirasa cukup aneh seperti bangku depannya yang bisa diputar itu namun terlepas dari semua itu jika anda mempunyai budget dibawah 100jt dan ingin MPV yang Nyaman, Performa Mesin Ok, dan tidak mempermasalahkan konsumsi BBM juga resale value maka Hyun Trajet 2.7 ini Cukup saya rekomendasikan

Plus
(+) Cukup Modern
(+) Nyaman
(+) Value For Money saat ini cukup baik
(+) Suspensi Mantap

Minus
(-) Boros
(-) AC
(-) Bahan Kulit Rawan Mengelupas
(-) Legroom Belakang
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22082
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by Turboman »

ini mesinnya konon berbasis Mitsu v6

Dulu teman pernah punya, dimana sebelumnya dia pake Galant Hiu V6.......dia bilang model mesinnya sangat mirip......dia pernah lariin sampe masuk 200 di Speedo

Trus mesin era ini masih open loop........saat dibejek Torsi-nya lgs nonjok.......
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by sandal »

Hyundai Trajet V6 :mky_02:

Kalo ane kepingin bungkus mobil ini bakalan banyak PR nih :big_chicken: :big_chicken:
Tapi ane masih ragu ama ketahanannya :ungg: :ungg:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 743
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by jar-jit-no »

repiu mobil tua lagi...thanks om v63k...nice repiu :mky_02:

dulu sempet naksir jg ama trajet ini wkt lg nyari 1st car pertama ane. tp ukuran yg kegedean buat keluarga kecil akhirnya gk jadi deh :mky_01:

borosnya seberapa tuh om buat rute dalkot & lukot?
4A91 4at - Slow Driver
rito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Mar 12, 2012 4:28

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by rito »

kalo yang 2000cc pake pertamax, kondisi macet parah bisa 1:6 km/l kalo rame lancar bisa 1:7 - 1:8 km/l untuk luar kota, pernah hitung dapet 1:10
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by axala »

Bagus sekali reviewnya om :mky_02: sangat detil...mengutamakan aspek pentingnya....

ane kebetulan seneng pula ama trajet...sering dulu nebeng punya temen...enak n nyaman...dia punya yg manual GL8...so setirnya palang 3 dengan design yg bigal gitu :ngacir: dan mesin 2.0 cvvt

overall gud bgt....korea memang selalu menggoda ane dalam hal bantingan...dan part2nya juga ga susah2 amat lah :mky_01:

Secara built quality ini masi di jaman2 jahiliah koreancar....malahan ditemen ane panel cover seatnya copot....jd keliatan besi2 penyangga jok depannya....dan isinya mengerikan :big_slap:

Overall aje seneng si ama ni mobil....dr 2003 aja dah projie headlampnya :upss:
Pursuit of Perfection
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by WongZo »

Nice review, MPV gambot yg keren, dulu jg bokap smpet kepikiran bwt pelihara, tp karena sizenya yg gde sma dulu msh watir kualitasnya, jdi di coret dah :big_grin: .
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by montirangin »

nice r3eview om...mobil yg rada terlupakan
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by sanfip77 »

nice review om,
kebetulan sampai sekarang ortu saya masih pelihara Trajet 2.7 th 2000 versi sunroof juga km sudah 220k, belum turun mesin atau transmisi. Penyakit bawaan yang ada suara ratling di kursi belakang, agak susah dibenerinnya.
Kalo tarikan di tanjakan .... kagak usah ragu mau nyalip sangat mudah,tenaganya besar dan responsif , tapi rem nya cenderung kurang mumpuni. :big_grin:
Mobil ini cenderung bandel, selama ini servis cuma ke beres Hyundai aja.BBM cukup premium aja :big_grin:
Mobil keluarga yang murah dan enak untuk perjalan luar kota.
sekali lagi nice reviewnya om :big_peace:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by amfibi »

Nice review om :mky_02:
Tiba tiba kepingin trajet V6 jdnya :ungg: Jauh lebih baik gt daripada si lemon car, KIA carnival bensin :mky_03:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by sandal »

amfibi wrote:Nice review om :mky_02:
Tiba tiba kepingin trajet V6 jdnya :ungg: Jauh lebih baik gt daripada si lemon car, KIA carnival bensin :mky_03:
KIA Carnival bensin :big_chicken: :big_chicken:
Banyak problema nih :big_slap:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
v63000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by v63000 »

Turboman wrote:ini mesinnya konon berbasis Mitsu v6

Dulu teman pernah punya, dimana sebelumnya dia pake Galant Hiu V6.......dia bilang model mesinnya sangat mirip......dia pernah lariin sampe masuk 200 di Speedo

Trus mesin era ini masih open loop........saat dibejek Torsi-nya lgs nonjok.......
Oh gitu pantes aja saya ngerasa mesin ini cukup hebat untuk akselerasi dan ga boyo cuman emang bensin ngocor hahaha :mky_01: :mky_01: tapi udah biasa sih soalnya ini mobil dipiara sesudah miara crown jadi ga begitu kaget bensinnya boros :big_okay: :big_okay:
User avatar
v63000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by v63000 »

sandal wrote:Hyundai Trajet V6 :mky_02:

Kalo ane kepingin bungkus mobil ini bakalan banyak PR nih :big_chicken: :big_chicken:
Tapi ane masih ragu ama ketahanannya :ungg: :ungg:
iya emang kurang begitu reliable om tapi kalo dipiara cuma buat weekend menurut saya masih ok lah lagian harganya juga udah hancur lebur :big_dunno: :big_dunno:
User avatar
v63000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by v63000 »

jar-jit-no wrote:repiu mobil tua lagi...thanks om v63k...nice repiu :mky_02:

dulu sempet naksir jg ama trajet ini wkt lg nyari 1st car pertama ane. tp ukuran yg kegedean buat keluarga kecil akhirnya gk jadi deh :mky_01:

borosnya seberapa tuh om buat rute dalkot & lukot?
untuk pastinya dalkot saya belum pernah ukur secara akurat :big_childish: :big_childish: namun kalo perkiraan saya sekitar 1:5-6 kondisi lalu lintas normal :big_peace: :big_peace: kalo macet bisa lebih boros lagi. kalo lukot lewat tol misal bdg jkt lumayan irit bisa 1:9 bahkan 1:11 kalo kaki kanan kita sekolah :mky_08: :mky_08: kalo Lukot tanpa tol bisa 1:8an kalo ga salah :big_think: :big_think:
User avatar
v63000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by v63000 »

axala wrote:Bagus sekali reviewnya om :mky_02: sangat detil...mengutamakan aspek pentingnya....

ane kebetulan seneng pula ama trajet...sering dulu nebeng punya temen...enak n nyaman...dia punya yg manual GL8...so setirnya palang 3 dengan design yg bigal gitu :ngacir: dan mesin 2.0 cvvt

overall gud bgt....korea memang selalu menggoda ane dalam hal bantingan...dan part2nya juga ga susah2 amat lah :mky_01:

Secara built quality ini masi di jaman2 jahiliah koreancar....malahan ditemen ane panel cover seatnya copot....jd keliatan besi2 penyangga jok depannya....dan isinya mengerikan :big_slap:

Overall aje seneng si ama ni mobil....dr 2003 aja dah projie headlampnya :upss:
bantingan Hyun Trajet ini memang enak stabil pula tapi kalo hyun grandeur ngeri ung sangat limbung dan tidak stabil :big_dunno: :big_dunno: lampu projector di tahun keluaran 2000 emang termasuk canggih di zamannya hehehe, btw maaf OOT om axala saya mau nanya dung itu harrier saya ternyata cd changer dan pemutar kasetnya rusak kira-kira HU harrier ini bisa diperbaiki atau ganti HU ga ya :big_childish: :big_childish: ?? tapi kalo ganti HU masalahnya tombol untuk mid di Harrier ada di HU std Harrier :big_think: :big_think:
User avatar
v63000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57

Re: REVIEW HYUNDAI TRAJET 2.7 V6 Tahun 2001

Post by v63000 »

sanfip77 wrote:nice review om,
kebetulan sampai sekarang ortu saya masih pelihara Trajet 2.7 th 2000 versi sunroof juga km sudah 220k, belum turun mesin atau transmisi. Penyakit bawaan yang ada suara ratling di kursi belakang, agak susah dibenerinnya.
Kalo tarikan di tanjakan .... kagak usah ragu mau nyalip sangat mudah,tenaganya besar dan responsif , tapi rem nya cenderung kurang mumpuni. :big_grin:
Mobil ini cenderung bandel, selama ini servis cuma ke beres Hyundai aja.BBM cukup premium aja :big_grin:
Mobil keluarga yang murah dan enak untuk perjalan luar kota.
sekali lagi nice reviewnya om :big_peace:
Oh iya lupa ditulis betul om saya setuju rem nya kurang mumpuni jarak pengeremannya agak jauh memang :mky_04: :mky_04: setuju om emang ada ratling kalo ga didudukin tapi saya suka setel musik sih jadi ga gitu kedenger :mky_01: :mky_01: saya setuju kalo mesin bandel tapi bahan kulit ori nya ga begitu kuat panas ya sepertinya soalnya yang saya dulu cepet ngeletek :mky_04: :mky_04: