Mengenal DME, Bahan bakar Gas utk mesin Diesel

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Mengenal DME, Bahan bakar Gas utk mesin Diesel

Post by Turboman »

Dimethyl Ether (DME).

DME, yang memiliki formula kimia CH3OCH3, awalnya digunakan sebagai aerosol propellant pada produk-produk konsumer, seperti hairspray, paint spray, parfum, deodoran, dan insektisida. Gas ini tidak berbau, tidak berwarna, serta cukup mudah dalam memprosesnya ke dalam bentuk cairan. DME juga menggantikan gas-gas CFC (untuk AC dan refrigerator) yang kini telah dilarang digunakan di banyak negara. Yang menarik pada DME adalah potensinya sebagai bahan bakar alternatif untuk kendaraan bermesin diesel, karena memiliki bilangan cetane 55-60, dibandingkan dengan minyak diesel/solar yang hanya 40-55. Dengan lebih tingginya bilangan cetane, DME mampu menggantikan minyak diesel/solar serta sekaligus menurunkan tingkat kebisingan suara mesin diesel menjadi sehalus suara mesin kendaraan bermotor yang menggunakan gasoline. Bila digunakan sebagai bahan bakar transportasi, DME menyebabkan emisi karbon monoksida (CO) 50% lebih rendah dari pada minyak diesel/solar; demikian juga dengan emisi nitrogen oksida yang 90% lebih rendah.

Seperti pada liquefied petroleum gas (LPG, atau elpiji), DME berwujud gas pada temperatur dan tekanan normal, tetapi akan berubah menjadi cair apabila ditekan atau didinginkan. Mudahnya proses pencairan DME membuatnya mudah juga dalam transportasinya hingga ke pelosok-pelosok daerah dan mudah dalam penyimpanannya. Sifat tadi dan sifat lainnya, yaitu banyak mengandung oksigen, rendah kadar belerang atau kandungan NOx lainnya, serta pembakarannya yang bersih, membuat DME merupakan solusi yang menjanjikan sebagai bahan bakar terbarukan yang bersih dan rendah karbon.

DME dapat diperoleh dari banyak sumber, termasuk material yang terbarukan seperti biomassa, sampah organik, dan produk pertanian. Juga dapat diolah dari bahan bakar fossil, seperti batubara muda dan gas alam.

DME diproduksi sekurang-kurangnya dalam dua tahap. Pertama, hidrokarbon dikonversikan ke gas sintesis, sebuah kombinasi dari karbon monoksida dan hidrogen. Kedua, gas sintesis tersebut kemudian dikonversikan ke DME, baik lewat methanol (proses konvensional) atau langsung dalam satu tahap saja.

Prospeknya sebagai pengganti LPG.

Berdasarkan pertimbangan akan sifatnya yang agak serupa dengan LPG dan biaya produksinya yang 20% lebih murah (Jakarta Globe, 24 Juni 2089), DME memiliki prospek yang sangat baik untuk menggantikan LPG impor dan domestik, yang juga berarti dapat mengurangi beban subsidi Pemerintah.

Pemerintah perlu menggandeng sektor swasta untuk memproduksi DME secara besar-besaran agar dapat mengakhiri ketergantungan LPG dari luar. Saat ini PT Pertamina bekerja sama dengan sebuah perusahaan minyak swasta, PT Arrtu Mega Energie (AME) untuk membangun sebuah pabrik di Peranap – Riau, dan Eretan – Jawa Barat dengan biaya US$ 1,9 milyar. Pabrik di Riau akan memproses batubara kualitas low-grade menjadi methanol, yang kemudian diproses menjadi DME di pabrik Eretan. Menurut Christoforus Richard, Presiden Direktur AME, kapasitas produksinya akan mampu mencapai 1,7 juta ton per tahun. AME akan menguasai 80% saham di kedua pabrik tersebut dan sisanya merupakan saham PT Pertamina.

http://atmonobudi.wordpress.com/2011/07 ... ganti-lpg/


Di Indonesia penggunaan DME masih terbatas untuk penggunaan bahan propellant. Pemanfaatannya sedang dalam perencanaan untuk segera diimplementasikan sebagai bahan bakar sector rumah tangga, dan sector transportasi, tambah Oktaufik.

Menurutnya kendala yang ditemui dalam penggunaan DME adalah belum adanya harga penetapan. “Berdasarkan asumsi harga DME bisa lebih murah 20-50 persen harga LPG per kilogramnya,” ucapnya.

http://www.energitoday.com/2012/11/12/d ... bas-emisi/
* Bukan ajakan Beli *
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Mengenal DME, Bahan bakar Gas utk mesin Diesel

Post by akulemu »

Buat ipah diesel bisa naik berapa hp mod? :big_grin:
Cars have soul.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengenal DME, Bahan bakar Gas utk mesin Diesel

Post by Turboman »

Nilai kalor DME konon hanya sekitar 75% dari nilai kalor Solar minyak bumi, jadi utk menghasilkan Hp yg sama dia akan konsumsi 25% lebih banyak dari solar (Mau Hp lebih tinggi tinggal AFR dibuat lebih rich aja)

tapi menimbang harganya dooonkkk.........di bawah harga ViGas (LPG)....kalo harga ViGas Rp 3600 / SLP (Seliter setara Petrol) atau misal ViGas naik jadi Rp 5600 / SLP......DME anggap 10% di bawahnya.........nahhhhh

Udah itu bebas sulphur, scr teoritis usia oli lebih panjang / EGR lebih bersih / Turbin Turbo jauh lebih bersih (benefit buat VGT) / Katalik gak cepat mampet

Hanya saja DME juga perlu proses produksi yg baik, supaya gak ada kontaminasi air / kotoran (spt yg sering ditemukan di Elpiji).......juga perlu pompa injeksi khusus dan Converter kit juga

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *