Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by diveblues »

Desain stop lamp golf mk6 (R)
Image

rasanya lebih enak dilihat (terutama malam) daripada golf mk7
Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15654
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by ChZ »

Rocco77 wrote:Sepertinya pajak dan kurs euro yang bikin harga european cars melambung...imho
nah, bisa jadi oom rocco. kenaikan harga mobil eropa belakangan ini cukup sinting loh.

Mercedes S500 naik 1M langsung harganya :big_slap: thanks to that stupid PPnBM tax yang membuat mobil diatas 3000cc naik harga banyak. belom lagi pajak ini, pajak itu, dan kurs euro. :big_slap:

dan seingat ane setahun yang lalu ane nanya BMW 320i masih di 600jutaan. sekarang udah 728juta aja OTRnya... walaupun Astra BMW HR Muhammad bilang open discount 100jeteng.
erwinign wrote:2014 ini yg unit CBU masih on sale kah bro ChZ?
sudah not on sale bro. sekarang cuma 1.2 TSI SKD, 1.4 TSI SKD, dan 2.0 GTI CBU.
montirangin wrote: Ane belom liat merc A class nya om. Tapi ane udah liat bmw x1. Kaget2 liatnya, kalo buat bmw, itu seperti gerobak. *sorry to x1 owner*.
tapi sejelek2nya, kita mobilnya masih lebih affordable dari sg yg harganya 31/2 kali (min) dari indonesia.
campoeran wrote:X1 ancur mmg ya interiornya . Kalau audi q3 gimana ya , lom pernah masuk interiornya.
amfibi wrote:
Kamis kemaren ane sempet bertapa dalem Q3...

Nggak seperti audi biasanya, Q3 ini dalemnya ga gitu bagus jg kualitasnya om... :ungg:
BMW X1 :big_slap: crappiest BMW i've ever seen.

Q3 sepertinya buruk karena based on Tiguan. Interior Tiguan sih acceptable ya buat mobil harga 500juta, kualitas dashboard dan finishing masih boleh dibilang lebih baik dari Forester yang juga 538juta walaupun nggak bisa dibilang superior. Masalahnya, Q3 harganya nyaris 200juta lebih mahal dari Tiguan.

dan dugaan ane, Merc GLA juga akan mengalami sindrom yang sama krn based on A-Klasse. Kita liat saja nanti setelah IIMS. Mercedes bilang mw masukin GLA.

message : never buy entry level of luxury germans.

anyway kemaren dapat info menarik dari cece J, Audi A4 NIK 2013 OTR dilepas 530jeteng! :mky_02: :mky_02:
Last edited by ChZ on Sun Aug 24, 2014 15:43, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15654
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by ChZ »

diveblues wrote:Desain stop lamp golf mk6 (R)
Image

rasanya lebih enak dilihat (terutama malam) daripada golf mk7
Image
setuju! :mky_02:

jujur ane kurang suka stoplamp MK7 GTI, terlalu bling-bling, too much LED. Lebih suka MK6 R, lebih berkarakter dan unique, plus intimidating, karena yang akan sering diliat orang di jalan adalah bagian pantatnya :mky_03:

sering banget liat MK6 TSI ganti stoplamp Golf R punya, cuanteeeek :big_exellent:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
MojoBerry
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Sun Apr 29, 2012 17:40
Location: Sby
Daily Vehicle: Ferarri 488 Pista

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by MojoBerry »

ChZ wrote: anyway kemaren dapat info menarik dari cece J, Audi A4 NIK 2013 OTR dilepas 530jeteng! :mky_02: :mky_02:
anuu :big_childish: itu harga sudah nett atau bisa ditekan(diskon) lagi yah??
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15654
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by ChZ »

MojoBerry wrote:
ChZ wrote: anyway kemaren dapat info menarik dari cece J, Audi A4 NIK 2013 OTR dilepas 530jeteng! :mky_02: :mky_02:
anuu :big_childish: itu harga sudah nett atau bisa ditekan(diskon) lagi yah??
nah kurang tau oom :big_slap: kemaren ane hanya menanyakan unit A4 yang bertengger di showroom, ternyata itu unit sudah laku.

entah masih ada stock atau kaga :big_childish: untuk A4 dan Scirocco R dia cuma punya NIK2013. NIK2014 belom ada :big_childish:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by montirangin »

Rocco77 wrote:Sepertinya pajak dan kurs euro yang bikin harga european cars melambung...imho
3bulan trakhir euro melemah dibanding rupiah, walu sebelomnya menguat. jadi biasanya diskonnya dilebihin.
ChZ wrote: ane setahun yang lalu ane nanya BMW 320i masih di 600jutaan. sekarang udah 728juta aja OTRnya... walaupun Astra BMW HR Muhammad bilang open discount 100jeteng.

anyway kemaren dapat info menarik dari cece J, Audi A4 NIK 2013 OTR dilepas 530jeteng
om chz..tahun 2013. tapi kalo ada yg inget.. harga 328 itu sama dgn harga termurahnya seri 5, 520i. Diharga 800 kalo ga salah. Tahun ini kaget setengah mati liat beda 100jt dari 328i dan 520i. Jadi rasanya ya om chz, ini ada permainan bahwa bmw baru sadar kalo org mikir ngapain ambil seri 3 dgn more power tapi harga sama dgn seri 5.
Akhirnya harga yg seri 5 dinaekkin jauh melambung.
*satu fakta yg mensupport, awal2 tahun ini disaat bmw diskon 120-140jt stok nik 2013, yg langsung abis duluan adalah yg seri 5, baru yg seri 3.

Audi nik 2013 yg tipe terendahnya om? A4 1.8T fsi? harga normalnya 645jt? masih kurang bagus kalo yg itu keliatannya ya om.
and btw, apakah ada perbedaan antara 2013 dan 2014 om?

oh btw, Q3 kalo masuk kedalem dan coba feel dan liat, bahannya jauh lebih berkualitas dibanding tiguan. Dari bau2nya, dan juga estetikanya. Tapi ya itu 200jt lebih mahal. Apa mungkin q3 diskon 200jt disaat yg skrg hanya 30jt? :D kalo iya, jelas mending audi rasanya dibanding tiguan. *ngimpi mode:on*

liat2 audi a4 2ndnya tahun 2012, cuman 400jt flat. bisa tawar pula..oh my...kalo beli 2013 530jt berarti masih banyak depresiasinya..perlu tambahan pengajuan 130jt lagi ini :wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15654
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by ChZ »

montirangin wrote:
3bulan trakhir euro melemah dibanding rupiah, walu sebelomnya menguat. jadi biasanya diskonnya dilebihin.

om chz..tahun 2013. tapi kalo ada yg inget.. harga 328 itu sama dgn harga termurahnya seri 5, 520i. Diharga 800 kalo ga salah. Tahun ini kaget setengah mati liat beda 100jt dari 328i dan 520i. Jadi rasanya ya om chz, ini ada permainan bahwa bmw baru sadar kalo org mikir ngapain ambil seri 3 dgn more power tapi harga sama dgn seri 5.
Akhirnya harga yg seri 5 dinaekkin jauh melambung.
*satu fakta yg mensupport, awal2 tahun ini disaat bmw diskon 120-140jt stok nik 2013, yg langsung abis duluan adalah yg seri 5, baru yg seri 3.

Audi nik 2013 yg tipe terendahnya om? A4 1.8T fsi? harga normalnya 645jt? masih kurang bagus kalo yg itu keliatannya ya om.
and btw, apakah ada perbedaan antara 2013 dan 2014 om?

oh btw, Q3 kalo masuk kedalem dan coba feel dan liat, bahannya jauh lebih berkualitas dibanding tiguan. Dari bau2nya, dan juga estetikanya. Tapi ya itu 200jt lebih mahal. Apa mungkin q3 diskon 200jt disaat yg skrg hanya 30jt? :D kalo iya, jelas mending audi rasanya dibanding tiguan. *ngimpi mode:on*

liat2 audi a4 2ndnya tahun 2012, cuman 400jt flat. bisa tawar pula..oh my...kalo beli 2013 530jt berarti masih banyak depresiasinya..perlu tambahan pengajuan 130jt lagi ini :wkkk:
328i sekarang di 882jeteng, 520i di 1M 8juta :big_slap: nah betul oom, kebanyakan orang mikir, ngapain beli seri-3 kalo ane bisa dapat more appeal dengan seri-5. walaupun cuma entry level, seri-5 appealnya lebih baik dari seri-3. anyway, seri-5 barusan dapet minor change di akhir 2013 kalo nggak salah. ada sedikit perbedaan di exterior (dan mungkin interior)

A4 dimarih cuma dipasarin yang 1.8T oom. Audi di Indonesia ga kebanyakan varian :big_slap: err ga nanya kemaren sih, kayaknya ga ada info update untuk A4 NIK 2014.

tapi 530jeteng untuk sebuah A4 jelas a bargain oom, cuma beda 30jeteng lebih mahal dari Tiguan. Lebih murah 20jeteng dari Scirocco TSI. memang tidak bisa dipungkiri Resale Value Audi sangat jatoh :ungg: dan harga segitu kita dapet mobil sekelas BMW seri-3 yang barunya sekarang 728jeteng diskon 100jeteng :big_smoking:

nah ane sendiri belom liat Q3... possible sih kalo Q3 kualitasnya lebih baik dari Tiguan. VW dan Audi itu kayak Toyota dan Lexus soalnya, beda luxury gimmick aja. technical spec nggak jauh beda. dillema nya sama : nggak worth it penambahan harganya dengan peningkatan kualitasnya yang nggak bisa dibilang quantum leap.

waktunya SSI cece J untuk TD Q3! :big_smoking:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15654
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by ChZ »

nah, bicara soal kenaikan harga yang agak sinting, ane barusan nonton video review Golf GTI by Chris Harris

http://www.youtube.com/watch?v=2kl8AP6CoyI

yes mobil ini sangat dipuji-puji olehnya, hot-hatchback yang sangat sensibel, bahkan mengubah mode dari Comfort-Normal-Sport sama sekali tidak terlalu jauh soal bantingannya, padahal seperti kita tau Sport mode di beberapa mobil membuat mobil tsb sangat tidak nyaman. Di GTI MK7, semua diredam dengan sangat baik. Dikatakan, meskipun di Sport mode handling menjadi lebih sharp dan bantingan menjadi lebih firm, tetapi tidak harsh. Begitu pula di Comfort, respon steering tetap baik dan tidak jadi dull meskipun bantingannya cukup nyaman. GTI bisa berubah dari "shopping-cart" ke "gokart" tanpa kehilangan karakter aslinya :mky_02:

masalah utamanya sama : Harga. 28ribu pounds, yang mana hanya berselisih 2000pound dengan BMW M135i bermesin straight-six 3liter Turbocharged, sedangkan GTI hanya 2.0 Turbocharged.

Referensi lain, review perbandingan GTI MK7 vs A250 AMG vs BMW 125i vs Volvo V40 by DRIVEN, channel video review negara tetangga.
http://www.youtube.com/watch?v=Ddyg8j1FLWI

229.888 RM yang dikurskan jadi sangat uberprice, 850jeteng :big_slap: (memang di Malaysia mobil lebih mahal dari Indonesia karena pemerintahnya pro mobnas, sehingga gap harga antara mobnas dan mobil impor sangat jauh) A250 menempati urutan terakhir di komparasi tersebut, sangat pricey dan seperti review om helm, bantingannya terlalu harsh menurut mereka, "i don't think i can live with it everyday"

still waiting for driving one of the GTI tho..... ayolah VW... masa unit TD cuma Golf TSI dan Tiguan melulu :frm_bang_head: MINI aja ada TD Cooper S, masa hot-hatchback terbaik sepanjang masa nggak ada TDnya :frm_bang_head:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3692
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by sandal »

diveblues wrote:Desain stop lamp golf mk6 (R)
Image

rasanya lebih enak dilihat (terutama malam) daripada golf mk7
Image
Nice stoplamp yg MK6 R Image
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by montirangin »

ChZ wrote:
montirangin wrote:
3bulan trakhir euro melemah dibanding rupiah, walu sebelomnya menguat. jadi biasanya diskonnya dilebihin.

om chz..tahun 2013. tapi kalo ada yg inget.. harga 328 itu sama dgn harga termurahnya seri 5, 520i. Diharga 800 kalo ga salah. Tahun ini kaget setengah mati liat beda 100jt dari 328i dan 520i. Jadi rasanya ya om chz, ini ada permainan bahwa bmw baru sadar kalo org mikir ngapain ambil seri 3 dgn more power tapi harga sama dgn seri 5.
Akhirnya harga yg seri 5 dinaekkin jauh melambung.
*satu fakta yg mensupport, awal2 tahun ini disaat bmw diskon 120-140jt stok nik 2013, yg langsung abis duluan adalah yg seri 5, baru yg seri 3.

Audi nik 2013 yg tipe terendahnya om? A4 1.8T fsi? harga normalnya 645jt? masih kurang bagus kalo yg itu keliatannya ya om.
and btw, apakah ada perbedaan antara 2013 dan 2014 om?

oh btw, Q3 kalo masuk kedalem dan coba feel dan liat, bahannya jauh lebih berkualitas dibanding tiguan. Dari bau2nya, dan juga estetikanya. Tapi ya itu 200jt lebih mahal. Apa mungkin q3 diskon 200jt disaat yg skrg hanya 30jt? :D kalo iya, jelas mending audi rasanya dibanding tiguan. *ngimpi mode:on*

liat2 audi a4 2ndnya tahun 2012, cuman 400jt flat. bisa tawar pula..oh my...kalo beli 2013 530jt berarti masih banyak depresiasinya..perlu tambahan pengajuan 130jt lagi ini :wkkk:
328i sekarang di 882jeteng, 520i di 1M 8juta :big_slap: nah betul oom, kebanyakan orang mikir, ngapain beli seri-3 kalo ane bisa dapat more appeal dengan seri-5. walaupun cuma entry level, seri-5 appealnya lebih baik dari seri-3. anyway, seri-5 barusan dapet minor change di akhir 2013 kalo nggak salah. ada sedikit perbedaan di exterior (dan mungkin interior)

A4 dimarih cuma dipasarin yang 1.8T oom. Audi di Indonesia ga kebanyakan varian :big_slap: err ga nanya kemaren sih, kayaknya ga ada info update untuk A4 NIK 2014.

tapi 530jeteng untuk sebuah A4 jelas a bargain oom, cuma beda 30jeteng lebih mahal dari Tiguan. Lebih murah 20jeteng dari Scirocco TSI. memang tidak bisa dipungkiri Resale Value Audi sangat jatoh :ungg: dan harga segitu kita dapet mobil sekelas BMW seri-3 yang barunya sekarang 728jeteng diskon 100jeteng :big_smoking:

nah ane sendiri belom liat Q3... possible sih kalo Q3 kualitasnya lebih baik dari Tiguan. VW dan Audi itu kayak Toyota dan Lexus soalnya, beda luxury gimmick aja. technical spec nggak jauh beda. dillema nya sama : nggak worth it penambahan harganya dengan peningkatan kualitasnya yang nggak bisa dibilang quantum leap.

waktunya SSI cece J untuk TD Q3! :big_smoking:
iya betul vw dan audi mirip apalagi kalo compare brosur/katalog a3 & tiguan, mirip kalo liat spec nya.

baru tau ternyata scirocco beda 20jt, kirain cuman yg 700jutaan aja.. :frm_bang_head:

nah kalo audi memang iya, a4 sekelas bmw series 3 tapi ya itu depresiasinya parah abis. btw, kalo cek a4 & bmw 3 series yg lama2, yg tahun2 2004-2005, harga 2ndnya ga beda ya, mirip2. Ga tau nanti a4 dan series 3 ini bisa mirip demikian ga, kalo bisa mirip, lumayan a bargain ya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15654
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by ChZ »

montirangin wrote: iya betul vw dan audi mirip apalagi kalo compare brosur/katalog a3 & tiguan, mirip kalo liat spec nya.

baru tau ternyata scirocco beda 20jt, kirain cuman yg 700jutaan aja.. :frm_bang_head:

nah kalo audi memang iya, a4 sekelas bmw series 3 tapi ya itu depresiasinya parah abis. btw, kalo cek a4 & bmw 3 series yg lama2, yg tahun2 2004-2005, harga 2ndnya ga beda ya, mirip2. Ga tau nanti a4 dan series 3 ini bisa mirip demikian ga, kalo bisa mirip, lumayan a bargain ya.
seri-3 dan A4 sebetulnya harga seken cuma beda dikit, mahalan BMW tapi nggak signifikan. kalo dibandingin rasio populasi berbanding harga mobkasnya ya nggak sebanding.

yang agak kuat ya C-Klasse, itupun juga jatoh. seri-3 dan C-Klasse taun sama bisa beda 100juta. :big_slap:

sebetulnya kalo ngejual Audi/VW lebih baik ke orang yang sama-sama ngerti, misalnya anak klub NuVolks atau AudiFreunde. pasarnya sempit dan terbatas sekali. jual ke showroom mobkas harganya bisa "dihabisi" sama pedege dengan semena-mena.... siapa yang mau beli? :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by montirangin »

betul om..sama pdg abis2an itu harganya..
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by imingwahyudi »

ChZ wrote:nah, bicara soal kenaikan harga yang agak sinting, ane barusan nonton video review Golf GTI by Chris Harris

http://www.youtube.com/watch?v=2kl8AP6CoyI

yes mobil ini sangat dipuji-puji olehnya, hot-hatchback yang sangat sensibel, bahkan mengubah mode dari Comfort-Normal-Sport sama sekali tidak terlalu jauh soal bantingannya, padahal seperti kita tau Sport mode di beberapa mobil membuat mobil tsb sangat tidak nyaman. Di GTI MK7, semua diredam dengan sangat baik. Dikatakan, meskipun di Sport mode handling menjadi lebih sharp dan bantingan menjadi lebih firm, tetapi tidak harsh. Begitu pula di Comfort, respon steering tetap baik dan tidak jadi dull meskipun bantingannya cukup nyaman. GTI bisa berubah dari "shopping-cart" ke "gokart" tanpa kehilangan karakter aslinya :mky_02:

masalah utamanya sama : Harga. 28ribu pounds, yang mana hanya berselisih 2000pound dengan BMW M135i bermesin straight-six 3liter Turbocharged, sedangkan GTI hanya 2.0 Turbocharged.
-cut-

hal yang disayangkan :big_childish:

padahal dashboard dan eksterior demen GTI kemana mana...hanya kurang demen di front bumper yang banyak cakar Catwoman nya itu :big_think: . GTI MT dapet gearknob yang lucu bener, kaya bola golf beneran :big_grin:

Andai Golf R32 masih ada di Mk7 chassis :big_childish: :big_childish:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15654
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by ChZ »

imingwahyudi wrote:
ChZ wrote:nah, bicara soal kenaikan harga yang agak sinting, ane barusan nonton video review Golf GTI by Chris Harris

http://www.youtube.com/watch?v=2kl8AP6CoyI

yes mobil ini sangat dipuji-puji olehnya, hot-hatchback yang sangat sensibel, bahkan mengubah mode dari Comfort-Normal-Sport sama sekali tidak terlalu jauh soal bantingannya, padahal seperti kita tau Sport mode di beberapa mobil membuat mobil tsb sangat tidak nyaman. Di GTI MK7, semua diredam dengan sangat baik. Dikatakan, meskipun di Sport mode handling menjadi lebih sharp dan bantingan menjadi lebih firm, tetapi tidak harsh. Begitu pula di Comfort, respon steering tetap baik dan tidak jadi dull meskipun bantingannya cukup nyaman. GTI bisa berubah dari "shopping-cart" ke "gokart" tanpa kehilangan karakter aslinya :mky_02:

masalah utamanya sama : Harga. 28ribu pounds, yang mana hanya berselisih 2000pound dengan BMW M135i bermesin straight-six 3liter Turbocharged, sedangkan GTI hanya 2.0 Turbocharged.
-cut-

hal yang disayangkan :big_childish:

padahal dashboard dan eksterior demen GTI kemana mana...hanya kurang demen di front bumper yang banyak cakar Catwoman nya itu :big_think: . GTI MT dapet gearknob yang lucu bener, kaya bola golf beneran :big_grin:

Andai Golf R32 masih ada di Mk7 chassis :big_childish: :big_childish:
yes mingky..... even outside the Golf haz also getting uberpriced. atau VW memang berusaha untuk upmarket seperti yang dikatakan oleh ze Stig? :big_childish:

hmm GTI MK7 sudah nggak bisa dibilang understated juga sih. bempernya sangat mudah dikenali sebagai sebuah GTI :big_childish: tapi ane malah demen cakar catwoman nya itu :big_childish:

ahh yes... Golf R32 :mky_02: with six bangers inside :mky_02: sekarang adanya Golf R which is..... 2.0Liter Turbocharged..... 280HP..... AWD. wish it was six bangers :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by AD74YA »

Kelebihan Golf ketimbang new A-class, atau 208, atau yang lain sebenernya simpel; understatement. Itu kata kuncinya. Walaupun harus diakui sirip2 nggak jelas itu sangat-sangat mengganggu, tapi kalau di jalan, sekilas, GTI tidak akan lebih menarik dari A250 AMG.

Mereka nggak perlu bikin interior se heboh Mercedes, yang malah jatuhnya kerasa alay karena plastik-plastiknya kerasa sama parah sama buatan korea, tapi mereka invest di kualitas.

Dan sayang sekali, di review ChZ pengurangan bobot 100 kg hanya di bahas sekilas, karena sebenarnya inilah ini progress utama evolusi mk7 dari mk6, dan yang membuat keduanya layaknya langit dan bumi.

Pengurangan bobot 100 kg di mobil seperti Range Rover, atau S-class, itu sangat mudah.. Tinggal ganti saja semua panel pakai aluminium, voila! Berkurang 100 kg. Harganya naik dikit pun kelas konsumennya tetap sama.

Tapi di kelas hatchback, yang mana merupakan mobil yang sangat simpel, sudah ringan dari awal,panel dan parts sedikit, plus gimmicks yang terbatas karena kelas dan rentang harganya membatasi, pengurangan 100 kg itu almost magical. F30 saja dengan otak2 engineer German yang dewa hanya bisa turun 35 kg dari E90.

Selain turun 100 kg, mk7 rigiditas sasisnya juga naik sebesar 45% dari mk6. Dan hal ini tentunya merupakan huge leap dalam engineering dan akan sangat berpengaruh ke feel berkendara.

Kebetulan ane mendapatkan privilege untuk mencoba unit ini duluan ketika baru banget masuk Indonesia untuk diantarkan ke salah satu konsultan terbesar di Indonesia saat VW akan penentuan harga jual, dan walaupun sebentar, ane bisa merasakan betapa besarnya perubahan Mk7 dari Mk6. Bahkan berapa kali ane state di tret manapun di SM, ane sampai bingung, buat apa beli Audi A4 kalau refinement Golf Mk7 sudah bisa terasa menyamainya..
GOLF.jpg
Ane yang udah pernah nyoba Golf GTI Mk 1, GTI dan R32 Mk 5, TSI dan GTI Mk. 6, dan TSI Mk7 berani state bahwa inilah evolusi terbesar Golf semenjak VW mengeluarkan Mk 1. Karena setelah coba GTI mk1, Mk5 kerasa seperti berat, dan lambat, dan terlalu banyak excess weight yang tidak diperlukan.. Dari Mk 5 ke 6 juga hanya berasa seperti "facelift" walaupun bentuknya berubah total. Tapi dengan Mk7, ane merasa inilah harusnya yang dilakukan Mk6 ketika menggantikan Mk5. Mk7 is the best Golf.

Eniwei, R32 Mk. 5 ane pernah coba di bandung bersama istri.. Sempat mau beli malahan sebelum ambil Mazda6. Walaupun terasa lebih cepat dan beringas, R32 terlalu terbeban di bagian depan.. Balance nya agak kacrut, dan suspensi depannya walaupun terasa bekerja ekstra keras kerasa kepayahan.. V6 terlalu berat untuk ditanamkan di hatchback sebesar Golf. Saya justru bersyukur mereka meninggalkan V6 dan menggantikan dengan I4, karena dengan V6 mobilnya jadi terasa terlalu complicated untuk di kemudikan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15654
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by ChZ »

exactly. you got my points om helm :mky_02: dan ini komentar yang ane tunggu-tunggu dari om helm.
AD74YA wrote:Kelebihan Golf ketimbang new A-class, atau 208, atau yang lain sebenernya simpel; understatement. Itu kata kuncinya. Walaupun harus diakui sirip2 nggak jelas itu sangat-sangat mengganggu, tapi kalau di jalan, sekilas, GTI tidak akan lebih menarik dari A250 AMG.

Mereka nggak perlu bikin interior se heboh Mercedes, yang malah jatuhnya kerasa alay karena plastik-plastiknya kerasa sama parah sama buatan korea, tapi mereka invest di kualitas.
setuju, that's what i like from a Golf : understatement. di jalan terlihat sangat understated, orang awam bakal ngira ini mobil sekelas Honda Jazz. interiornya, simpel, tanpa banyak tombol transformer, rocket launcher, atau self destruct, tapi dibungkus dengan kualitas kelas wahid.
Dan sayang sekali, di review ChZ pengurangan bobot 100 kg hanya di bahas sekilas, karena sebenarnya inilah ini progress utama evolusi mk7 dari mk6, dan yang membuat keduanya layaknya langit dan bumi.

Pengurangan bobot 100 kg di mobil seperti Range Rover, atau S-class, itu sangat mudah.. Tinggal ganti saja semua panel pakai aluminium, voila! Berkurang 100 kg. Harganya naik dikit pun kelas konsumennya tetap sama.

Tapi di kelas hatchback, yang mana merupakan mobil yang sangat simpel, sudah ringan dari awal,panel dan parts sedikit, plus gimmicks yang terbatas karena kelas dan rentang harganya membatasi, pengurangan 100 kg itu almost magical. F30 saja dengan otak2 engineer German yang dewa hanya bisa turun 35 kg dari E90.

Selain turun 100 kg, mk7 rigiditas sasisnya juga naik sebesar 45% dari mk6. Dan hal ini tentunya merupakan huge leap dalam engineering dan akan sangat berpengaruh ke feel berkendara.

Kebetulan ane mendapatkan privilege untuk mencoba unit ini duluan ketika baru banget masuk Indonesia untuk diantarkan ke salah satu konsultan terbesar di Indonesia saat VW akan penentuan harga jual, dan walaupun sebentar, ane bisa merasakan betapa besarnya perubahan Mk7 dari Mk6. Bahkan berapa kali ane state di tret manapun di SM, ane sampai bingung, buat apa beli Audi A4 kalau refinement Golf Mk7 sudah bisa terasa menyamainya..
GOLF.jpg
Ane yang udah pernah nyoba Golf GTI Mk 1, GTI dan R32 Mk 5, TSI dan GTI Mk. 6, dan TSI Mk7 berani state bahwa inilah evolusi terbesar Golf semenjak VW mengeluarkan Mk 1. Karena setelah coba GTI mk1, Mk5 kerasa seperti berat, dan lambat, dan terlalu banyak excess weight yang tidak diperlukan.. Dari Mk 5 ke 6 juga hanya berasa seperti "facelift" walaupun bentuknya berubah total. Tapi dengan Mk7, ane merasa inilah harusnya yang dilakukan Mk6 ketika menggantikan Mk5. Mk7 is the best Golf.

pengurangan bobot 100kg di sebuah hatchback sekecil Golf itu sangatlah signifikan efeknya. I admit, ane kurang meng-highlight bagian itu. ane saja bingung, dimensi jelas nambah, bagian mana ini yang dikurangi VW untuk diet bobot 100kg? ini golf,lho? bukan A8 atau Q7. terasa sekali memang perubahan karakter handling dari MK6 ke MK7.

somehow, ane masih ingat MK6 yang ane coba setaun lalu, mobilnya terasa berat setelah ane coba MK7 ini. yes it got more power, yes it got no turbo lag because of supercharger. tapi begitu manuver tajam dan kencang, MK7 terasa jauh lebih lincah berkat diet 100kg nya, moncong mobil mudah diprediksi, mobil pun lebih cepat merespon gerakan setir dibanding MK6.

plus, MK7 terasa lebih tenang begitu diajak cruise, tidak jerky plus meledak-ledak seperti MK6, tapi begitu diajak ugal-ugalan bisa manuver seperti lalat, sangat effortless. what could be better? hatchback 485juta, bisa diajak nyetir kalem, bisa juga diajak ugal-ugalan. bahkan om sukribo yang menemani ane di sesi TD kedua pun sangat memuji kehebatan Golf. dan tau sendiri om sukribo terbiasa pake best handling car in the world : Miata.

dan ane sendiri kembali mempertanyakan, if i got 485millions (minus 30millions discount), would i choose this car? karena, Honda Civic pun harganya segitu dengan kualitas yang kita sudah sama-sama tau. build quality Golf dan Civic? don't make me laugh comparing those two :mrgreen: wong build quality Golf aja miles better than hatchback yang 200juta lebih mahal : A-Klasse yang cuma mahal di logo Mercedes aja :upss:

overall ane setuju dengan om Helm, MK7 adalah breakthrough engineering yang sangat luar biasa. :off_good_job: dimana MK5 ke MK6 terlihat seperti hanya facelift. ane jadi pengen TD Golf GTI MK7. om helm kontek ane yak kalo ada yang tiba-tiba bawa ke rumah :ngacir: :ngacir: :ngacir:

dan mungkin lawan sepadan untuk Golf MK7 GTI adalah BMW Cooper S 2014 yang ditest oleh madcat. A-Klasse rasanya masih harus cukup banyak belajar.
Eniwei, R32 Mk. 5 ane pernah coba di bandung bersama istri.. Sempat mau beli malahan sebelum ambil Mazda6. Walaupun terasa lebih cepat dan beringas, R32 terlalu terbeban di bagian depan.. Balance nya agak kacrut, dan suspensi depannya walaupun terasa bekerja ekstra keras kerasa kepayahan.. V6 terlalu berat untuk ditanamkan di hatchback sebesar Golf. Saya justru bersyukur mereka meninggalkan V6 dan menggantikan dengan I4, karena dengan V6 mobilnya jadi terasa terlalu complicated untuk di kemudikan.
soal Golf R32, ciyussss ada yang punya di Indonesia? :big_chicken: hmm denger komentar om helm jadi inget komentarnya Jeremy Clarkson yang juga bilang R32 handlingnya rada kacrut karena front-heavy dengan enjin V6 nya, if i'm not mistaken.

and yes, probably VW had thought of it, dan memutuskan menggunakan I4 di Golf R MK6 dan MK7. walaupun orang-orang bilang better buy the GTI karena Golf R nggak terlalu impresif di kelas harganya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by AD74YA »

ChZ wrote: soal Golf R32, ciyussss ada yang punya di Indonesia?
Yang punya? Banyaakk...

So far ane dah liat langsung 2 biji, hitam dan abu-abu gelap..

Ane rasa nick Izark juga udah pernah liat yang ane cobain ini, di Bandung, dekat dengan rumah sakit Cicendo, tepat di sebelah kiri toko roti Nessa dulu disana tempat nangkring R32 hitam dengan velg BBR 18" orisinil.. Sayang saat ini sudah pindah entah kemana..

Good car, and the sound is amazing, miles better than ordinary GTI.

GTI Mk.7, ya sama, ane juga penasaran sekali dengan setup baru front-diff nya.. Mudah-mudahan ada yang mampir kerumah.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15654
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by ChZ »

AD74YA wrote: Yang punya? Banyaakk...

So far ane dah liat langsung 2 biji, hitam dan abu-abu gelap..

Ane rasa nick Izark juga udah pernah liat yang ane cobain ini, di Bandung, dekat dengan rumah sakit Cicendo, tepat di sebelah kiri toko roti Nessa dulu disana tempat nangkring R32 hitam dengan velg BBR 18" orisinil.. Sayang saat ini sudah pindah entah kemana..

Good car, and the sound is amazing, miles better than ordinary GTI.

GTI Mk.7, ya sama, ane juga penasaran sekali dengan setup baru front-diff nya.. Mudah-mudahan ada yang mampir kerumah.
Errr.. any photo? penasaran ne :ngacir:

hmm sangat disayangkan ya oom.... good engine.... tapi masuk ke badan sebuah Golf jadi front-heavy dan mengganggu balance mobil :frm_bang_head:

yes.... contact me kalo ada yang bawa ke rumah oom :ngacir: ane langsung ngacir ke Sby timur :ngacir: karena cece J confirm unit TD cuma Tiguan dan TSI MK.7 :frm_bang_head:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by AD74YA »

Wah wis gak ada fotonya.. Itu jaman ane cari pengganti buat ANJ yang akhirnya diputuskan ambil Mazda6.. Berarti taun kapan ya itu.. 2012 koyo'e..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3692
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by sandal »

ChZ wrote:
AD74YA wrote: Yang punya? Banyaakk...

So far ane dah liat langsung 2 biji, hitam dan abu-abu gelap..

Ane rasa nick Izark juga udah pernah liat yang ane cobain ini, di Bandung, dekat dengan rumah sakit Cicendo, tepat di sebelah kiri toko roti Nessa dulu disana tempat nangkring R32 hitam dengan velg BBR 18" orisinil.. Sayang saat ini sudah pindah entah kemana..

Good car, and the sound is amazing, miles better than ordinary GTI.

GTI Mk.7, ya sama, ane juga penasaran sekali dengan setup baru front-diff nya.. Mudah-mudahan ada yang mampir kerumah.
Errr.. any photo? penasaran ne :ngacir:

hmm sangat disayangkan ya oom.... good engine.... tapi masuk ke badan sebuah Golf jadi front-heavy dan mengganggu balance mobil :frm_bang_head:

yes.... contact me kalo ada yang bawa ke rumah oom :ngacir: ane langsung ngacir ke Sby timur :ngacir: karena cece J confirm unit TD cuma Tiguan dan TSI MK.7 :frm_bang_head:
R32 :big_chicken: :big_chicken:
Nunggu dari om AD74YA ah :ngacir: :ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15654
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by ChZ »

AD74YA wrote:Wah wis gak ada fotonya.. Itu jaman ane cari pengganti buat ANJ yang akhirnya diputuskan ambil Mazda6.. Berarti taun kapan ya itu.. 2012 koyo'e..
errrr.... :big_chicken:

*padahal modus mau todong review* :ngacir: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by Izark »

ooo yang R32 itu bukan barengan ya ngeceknya itu ya? bukan biru itu warnanya? jaman-jaman newbie masi suka poto2 mobil asal liat di jalan tuh... masih ada gak ya fotonya... :e-think:

Inget kapan dulu pernah lagi nganterin siapa gitu (liat si R32 yang sama) terus ketemu tukang jualnya (kayanya sih jaga toko doang) yang punya sejuta alasan buat gak nyalain mobilnya... tanya kenapa :off_bored:
mau nulis apa ya...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by AD74YA »

Izark wrote:ooo yang R32 itu bukan barengan ya ngeceknya itu ya? bukan biru itu warnanya? jaman-jaman newbie masi suka poto2 mobil asal liat di jalan tuh... masih ada gak ya fotonya... :e-think:

Inget kapan dulu pernah lagi nganterin siapa gitu (liat si R32 yang sama) terus ketemu tukang jualnya (kayanya sih jaga toko doang) yang punya sejuta alasan buat gak nyalain mobilnya... tanya kenapa :off_bored:
Yup..

Sejauh pengamatanku; AC rusak, motorized seat kiri kanan rusak, dan lampu sensor ABS mati.

Awak sempet test nyala soale

Mk5 emang banyak masalahnya... Apalagi R32..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by Izark »

ooo iya, kalo yang pas tau AC rusak dkknya sampe mesin nyala itu emang bareng kita. Padahal sekilas keliatan masi mulus lus lus ternyata bakal ngabisin fulus lus lus kalo jadi bungkus kus kus :off_bored:
mau nulis apa ya...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review of Volkswagen Golf 1.4 TSI DSG MKVII (CBU)

Post by AD74YA »

Sebenernya gak papa asal yang punya mau handle..

Lah ini di suruh awak yang benerin..

Ogahhh
Anda sudah TEST DRIVE belum?...