Perkenankan nubietol utk share pengalaman TD Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 4AT 2011 py tante... Mbl ini adlh Dakar batch pertama dan berwarna merah (rare, sepanjang penglihatan gw cuman ada 2 di medan, mbl ini dan 1 mbl yg lainnya)
Short History
Mitsubishi Pajero Sport yg dipasarkan disini adlh generasi ke2, generasi pertama meluncur di taon 1997-2008 dan ga pernah dipasarkan resmi oleh PT KTB selaku APM Mitsu di Indonesia, kalopun masuk hanya dari IU... Basis menggunakan mitsubishi L200 strada, saudaranya yg masuk resmi ke Indo...
Pajero Sport meluncur di Indo taon 2009 pertengahan, dengan chassis dan mesin berbagi dgn Strada Triton (kejadian yg sama dgn PJS gen.1 terulang lg) waktu itu ada Exceed 4x2, Exceed 4x4 dan GLX 4x4... Taon 2011 meluncur Pajero Sport Dakar 4x2 dan 4x4 dgn mesin VGT 4D56 dan fitur lebi byk... Yang anehnya, pajero sport Dakar 4x4 batch pertama ini fiturnya ga lebih lengkap dr 4x2... (No sunroof, MPSS)
Taon 2011 akhir alias stgh taon setelah Dakar keluar, keluarlah minor FL Reloaded (yg gw hapal, lampu sen di spakbor ganti jadi vent) dan fitur Dakar ditambah, en Dakar 4x4 fiturnya sama dgn 4x2 cuma beda interior burgundy ama item aja...
Taon 2014 muncullah major FL pajero,bemper depan ganti, grille ganti, taillamp ganti, design velg ganti dan ditambahkan HU doble din DVD (dulu kaga ada, kalo ada paling bonusan diler aja) dan penempatan HU dan MID berubah...
Baiklah, langsung ke bag ripiunya aja ya...
Eksterior

Fascia depan gagah tapi rada aneh, seperti sampan terbalik tapi masi acceptable lah menurut gw... Grille memakai model honeycomb chrome, pembeda dgn varian lainnya...

Fascia samping, gagah & proporsional... Cakep deh... Model velg persis spt py exceed dibalut dgn ban Bridgestone Dueler ukuran 17 inch... Gw lebi prefer model kyk gini drpd model velg dakar 2012 yg aneh...

Bagian belakang rada jelek, tawar, plain gitu... Taillampnya juga jelek (mending diganti ama facelift 2014 py ato aftermarket yg LED py) Sudah dilengkapi dgn spoiler belakang (menolong tampilan bokong yg tawar) 4 titik sensor parkir utk membantu saat parkir dan muffler tip
Overall, gagah lah walo lebi gagah fortuner (tapi fortuner mbl om2 40an banget) Saran gw mending jgn beli warna merah dah, jelek banget... Mending warna item / putih aja

Interior

Interior didominasi warna hitam dgn jok kulit hitam, dan wood panel coklat di konsol tengah dan door trim... Kabin didominasi bahan hard plastic yg lebih bagus drpd CRV RM dan Fortuner...
Setir sdh menggunakan bhn kulit asli yg licin klo digenggam (hello mitsu? Mbl ini baru jalan 9000 km dan ente kasi bahan kulit setir yg licin gini?) dan tdpt steering switch control yg sudah terlihat biasa bgt utk mbl jaman skrg (ertiga dan avanza top trim aj dh pake)
Di atas tdpt sunroof yg fungsinya selain utk nyenengin anak kecil (anak si owner mobil plg senang klo ketemu sunroof) juga utk berduaan bareng nonik (menurut buku mazdasutra by madcat015 bab 81927)... Gw pribadi plg suka kalo ke brastagi ato apalah yg daerah dataran tinggi trus buka sunroof... Cuman, dgn adnya sunroof sgt menyita headroom yg dah sempit menurut gw, jadi makin sempit...

Speedometer simple & spartan... Ga ada gimmick aneh2 macam eco mode dll...
HU menggunakan single DIN dan displaynya terconnect di MID dan dilengkapi dgn mitsubishi power sound system yg katanya sudah ditambahin power ampli tapi suaranya ga beda jauh ama exceed lah... MID cukup informatif, ada latitude longitude, kompas, konsumsi bbm dll...
Posisi mengemudi tinggi tp aneh, headroom sgt sempit (kepala gw hampir kena penutup sunroof, fyi tinggi gw 172 cm) lantai terlalu tinggi jadinya posisi kaki gw jadi ga nyaman...

Baris ke2 mirip2 innova, cuman jok mbl ini keras jadi ga nyaman... Baris ke 3 sangat menyiksa, headroom sempit dan legroom juga pas-pasan kyk duduk di ANGL engkong...

Enji Gay eh... enjin bay
Mobil ini menggunakan mesin 4D56 DID HI-Power VGT yg mempunyai tenaga 178 HP dan torsi 350 NM (klaim pabrikan) dan ditandem dgn transmisi 4 speed INVECS...
Impression
1. Me as driver
Nyalakan mesin dan mesin ini bergetar halus, lebih halus dr 2KD VNT bahkan 2KD biasa sekalipun...
Coba jalankan mobil, torsi terasa kopong di rentang 1000-2000 rpm, tapi klo dikickdown baru tenaganya keluar... No play play emang... Pas dibawa di jalur medan - brastagi kaga pernah kekurangan tenaga bahkan gw jadi ketagihan nyelip2 gegara tenaganya ini...

Setir berat, lebih berat dr setir innova tp menurut gw mantap kalo bw kencang... Tapi sgt menyiksa kalo dipake di dalam kota krn selain setirnya yg berat juga radius putarnya yg gede...
Handling limbung khas SUV tinggi, tapi bantingan cukup keras...
Konsumsi bbm sekitar 15,0 / 100 km (kombinasi, liat dr MID) Sinar lampu HID manteb, terang persis kyk py OS (kyknya dh pake super wide HID dah)
2. Me as passenger
Headroom & legroom baris ke3 sangat sempit dan bantingan keras, jadi no further comment... Sangat disarankan utk mengisi anak2 dgn tinggi maksimal 160 cm saja krn sgt menyiksa utk gw yg tingginya 172 cm dan rada lebar... Udah gitu jok juga keras busanya... Alhasil makin keras busanya...
Pindah ke baris ke2, juga sama... Cuman ini headroom ama legroom mucho better...
Nyokap yg duduk di baris ke2 bareng tante jg ngeluh ga nyaman... Kyk dibanting2 gitu... Masi mending innova utk jarak jauh ktnya... Gw sgt mengamini sabda nyokap gw...
Verdict
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2011
SUV 7 seater yg bagus dgn akomodasi setara MPV spt innova... Value for moneynya cukup tinggi... Kalo dilihat dr sisi value for moneynya gw lebi pegang ini deh drpd contendernya...
Pros
-Tenaga yg galak di putaran atas
-GC tinggi
-Value for money
-Material dashboard baik
-Sunroof
-Resale value cukup baik, setara ama fortuner
-Bio solar able
-Bagasi luas
Cons
-Posisi duduk aneh
-Material jok kulit jelek
-Baris ke3 sempit
-Sensor parkir sering dicolong
-Bantingan keras spt dibanting2
-Setir bikin cape klo dipake dalkot
-Radius putar gede
Maap kalo ripiu nubie ini acakadut dan jelek... Thanks utk yg sudah membaca...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)