Saya sendiri kepikiran ingin menuliskan beberapa ide tentang paddle shift dengan jenis transmisi CVT.
Seperti yang kita tahu, paddle shift yang berada di balik setir punya dua fungsi. Pertama, memindahkan gigi layaknya transmisi manual (shiftronic). Kedua, menentukan besar rem mesin (selama ini baru ada di Mitsubishi Outlander PHEV).
Tapi di sisi lain, mungkin paddle shift juga bisa berfungsi sebagai:
1.Pengubah gaya mengemudi (economic-moderate-power). Perpindahan tersebut dapat ditilik dari responsivitas sensor gas, kecepatan perubahan perbandingan pully dan komposisi perbandingan campuran bahan bakar dan udara. Khusus mobil VGT, juga dapat dirasa dengan perubahan bukaan vane turbo.
2.Cruise Control. Tombol kanan (+) untuk mempercepat laju kendaraan, sedangkan tombol kiri (-) buat memperlambat lajunya. Di samping itu, RES ada di tombol kanan, serta SET ada di tombol kiri. Sementara tombol CRUISE dan CANCEL ada di palang setir dekat klakson, seperti biasa.
Semoga saja fungsi ini dapat segera dipakai di mobil2 yang akan segera meluncur tahun depan.
Hatur nuhun
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)