Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Nyok kite sedia payung sebelum hujan
Daripade uring2-an / gak rela harga BBM kesayangan naek, lebih baik kita atur strategy efisiensi aja yuk.......toel gak......xixixixixixixixi
Dimulai dari saya (yg udah ane terapkan selama ini)
1. Dari sisi mobil dan mesin
- Gaya Nyetir Pulse n Glide (yg belum biasa mending buruan pelajarin dahhhh)
- No warming up, start mesin en dalam 20 detik lgs jalan.....walau jalan pelan2 pake gigi rendah en Komp AC Off dulu selama 5 menit pertama
- Pelajari dengan seksama karakter mesin dan transmisi mobil anda, jadi anda dapat mengoptimalisasi efisiensi dengan penggunaan gigi yang tepat. Hal ini akan lebih mudah jika kita pasang EGT meter (Diesel) atau vakum meter (Petrol)
- Tidak ada nunggu sambil mesin idle, nunggu ya matikan mesin.
- Air filter standard sebulan sekali tiup angin kompressor, jika suatu hari angin udah susah liwat lgs ganti air filter
- Gunakan oli mesin viskositas terendah yang diijinkan di buku manual, kalau saya isi oli mesin hanya 80% level F.
- Keluarkan semua barang2 yg nggak perlu dari mobil
- Kalau ganti velg dan ban jangan yang jauh lebih besar / jauh lebih lebar dari standard, kalau saya sih utk lebar ban dan diameter pelek hanya naik 1 step dari ban / velg standard. Jika anda prefer efisiensi maka lupakanlah pelek raksasa
- Pilihlah ban yang Low Rolling resistance
- Lakukan pendekatan dr sisi aerodinamika spt spoiler / pengarah angin di bagian belakang mobil / penutup bagian bawah mesin dan daerah radiator (nyang ini ane belum coba, tapi ada rekan yg coba katanya ada efeknya)
- Maintain celah katup ideal (utk mesin non HLA)
- Carbon Clean / Purging injector dalam kurun waktu tertentu
- Monitor kondisi Receiver Dryer saluran AC, karena Rec Dryer mampet bikin kompressor jadi berat.
- Setelan rem belakang jangan sampai bikin "seret" putaran roda
- Jaga tekanan ban
- Utk mobil yg tidak dilengkapi MID maka bisa install OBD2 meter yg ada fitur pengukuran kons BBM. Kalau mobil karburator bisa install vakuum meter.
- Cek setting roda mobil secara berkala / 10.000 Km sekali, setting roda depan yg Toe-nya "ngangkang" atau "nutup malu2" meningkatkan friksi ban depan, pengaruh thd BBM.
2. Manajemen perjalanan / Traffic anticipation
- Sebelum pergi boleh buka lewatmana.com / jasamargalive.com / Waze apps / Google map traffic layer, utk hindari rute macet (kecuali ga ada pilihan lain yah uwis dah......wkwkwkwkwk)
- Jika terjebak macet di suatu jalan besar / Tol dan gak buru2, maka lebih baik menepi di rest area / suatu tempat utk menunggu sampai traffic reda, drpd maksain macet2-an dan habiskan BBM.
- Hindari daerah2 wisata di suatu hari tertentu dimana pasti macet di hari2 tsb (Kecuali sgt urgent)
3. Hal hal lain
- Jika ada hal2 yg bisa kita lakukan dengan internet maka gunakan internet daripada harus pergi ke tempat yg dituju.
Demikian sharing
nanti kalau ada hal2 lain yg kepikiran lagi ane tambahin.......wkwkwkwkwkwk
Bagaimana dengan rekan2
Yuk kita sharing........
Daripade uring2-an / gak rela harga BBM kesayangan naek, lebih baik kita atur strategy efisiensi aja yuk.......toel gak......xixixixixixixixi
Dimulai dari saya (yg udah ane terapkan selama ini)
1. Dari sisi mobil dan mesin
- Gaya Nyetir Pulse n Glide (yg belum biasa mending buruan pelajarin dahhhh)
- No warming up, start mesin en dalam 20 detik lgs jalan.....walau jalan pelan2 pake gigi rendah en Komp AC Off dulu selama 5 menit pertama
- Pelajari dengan seksama karakter mesin dan transmisi mobil anda, jadi anda dapat mengoptimalisasi efisiensi dengan penggunaan gigi yang tepat. Hal ini akan lebih mudah jika kita pasang EGT meter (Diesel) atau vakum meter (Petrol)
- Tidak ada nunggu sambil mesin idle, nunggu ya matikan mesin.
- Air filter standard sebulan sekali tiup angin kompressor, jika suatu hari angin udah susah liwat lgs ganti air filter
- Gunakan oli mesin viskositas terendah yang diijinkan di buku manual, kalau saya isi oli mesin hanya 80% level F.
- Keluarkan semua barang2 yg nggak perlu dari mobil
- Kalau ganti velg dan ban jangan yang jauh lebih besar / jauh lebih lebar dari standard, kalau saya sih utk lebar ban dan diameter pelek hanya naik 1 step dari ban / velg standard. Jika anda prefer efisiensi maka lupakanlah pelek raksasa
- Pilihlah ban yang Low Rolling resistance
- Lakukan pendekatan dr sisi aerodinamika spt spoiler / pengarah angin di bagian belakang mobil / penutup bagian bawah mesin dan daerah radiator (nyang ini ane belum coba, tapi ada rekan yg coba katanya ada efeknya)
- Maintain celah katup ideal (utk mesin non HLA)
- Carbon Clean / Purging injector dalam kurun waktu tertentu
- Monitor kondisi Receiver Dryer saluran AC, karena Rec Dryer mampet bikin kompressor jadi berat.
- Setelan rem belakang jangan sampai bikin "seret" putaran roda
- Jaga tekanan ban
- Utk mobil yg tidak dilengkapi MID maka bisa install OBD2 meter yg ada fitur pengukuran kons BBM. Kalau mobil karburator bisa install vakuum meter.
- Cek setting roda mobil secara berkala / 10.000 Km sekali, setting roda depan yg Toe-nya "ngangkang" atau "nutup malu2" meningkatkan friksi ban depan, pengaruh thd BBM.
2. Manajemen perjalanan / Traffic anticipation
- Sebelum pergi boleh buka lewatmana.com / jasamargalive.com / Waze apps / Google map traffic layer, utk hindari rute macet (kecuali ga ada pilihan lain yah uwis dah......wkwkwkwkwk)
- Jika terjebak macet di suatu jalan besar / Tol dan gak buru2, maka lebih baik menepi di rest area / suatu tempat utk menunggu sampai traffic reda, drpd maksain macet2-an dan habiskan BBM.
- Hindari daerah2 wisata di suatu hari tertentu dimana pasti macet di hari2 tsb (Kecuali sgt urgent)
3. Hal hal lain
- Jika ada hal2 yg bisa kita lakukan dengan internet maka gunakan internet daripada harus pergi ke tempat yg dituju.
Demikian sharing
nanti kalau ada hal2 lain yg kepikiran lagi ane tambahin.......wkwkwkwkwkwk
Bagaimana dengan rekan2
Yuk kita sharing........
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Yg ane penasaran pengen coba spt yg ini nehhh

After

http://ecomodder.com/forum/showthread.p ... s-587.html
Cuman belum tahu mesti bikin dimane
Mungkin rekan2 ada ide ?


After

http://ecomodder.com/forum/showthread.p ... s-587.html
Cuman belum tahu mesti bikin dimane
Mungkin rekan2 ada ide ?

* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Bikin sendiri juga bisa. Pakai kardus, bentuknya dijiplak. Kemudian dibaut, ceknlagi bentuknya dan duduknya sudah enak atau belum. Tambah braket2 kalau perlu. Kalau ada lubang2 yang mesti dibikin, sekarang waktunya.
Setelah yakin, bisa dibikin dari lembaran plastik yang agak tebal atau aluminium 1-2mm. Potongnya mesti pakai waterjet atau punya alat2 seperti jigsaw dan bor. Untuk yang aluminium mesti hati2 potongnya supaya tidak bengkok tepi2-nya.
Tergantung dari letaknya, baut2-nya mesti rada banyak dan semakin panjang ke belakang efeknya semakin manjur. Idealnya seluruh bawah mobil ditutup rapat. Mesti diperhatikan masalah panas knalpot & mesin.
Setelah yakin, bisa dibikin dari lembaran plastik yang agak tebal atau aluminium 1-2mm. Potongnya mesti pakai waterjet atau punya alat2 seperti jigsaw dan bor. Untuk yang aluminium mesti hati2 potongnya supaya tidak bengkok tepi2-nya.
Tergantung dari letaknya, baut2-nya mesti rada banyak dan semakin panjang ke belakang efeknya semakin manjur. Idealnya seluruh bawah mobil ditutup rapat. Mesti diperhatikan masalah panas knalpot & mesin.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 99
- Joined: Wed Dec 19, 2012 5:11
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
1. buy LCGC...
2. done...
2. done...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
ogut ganti ban dari 205/65/15 ke 225/55/17 sama aja kok fc nya, naik 2 step dan diameter lbh besar gak beda fc nya kok, sama aja.
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Nambahin yg ane terapkan
Kalo deket pake sepeda onthel, jauh baru mobil
Ya berhubung dimarih jarak deket2 semua pake sepeda dah..
Start up jgn biasakan gas terlalu dalam .. Gas normal saja, tapi jgn terlalu dikit mesin mati yg ada..
Kalo deket pake sepeda onthel, jauh baru mobil
Ya berhubung dimarih jarak deket2 semua pake sepeda dah..
Start up jgn biasakan gas terlalu dalam .. Gas normal saja, tapi jgn terlalu dikit mesin mati yg ada..
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
1. jalan kaki utk perjalanan <1 km
2. pake sepeda kayuh utk perjalanan <5 km
3. pake sepeda motor utk perjalanan <10 km
4. bikin garasi tertutup dlm rumah daripada sekedar carport terbuka depan pagar (jika memungkinkan). makin besar effort utk mengeluarkan mobil makin males mau pake mobil. sebaliknya akses keluar masuk sepeda & sepeda motor dipermudah.
5. isi bensin yg banyak sekali isi, trutama klo rumah jauh dari spbu, biar menghemat perjalanan ke spbu.
2. pake sepeda kayuh utk perjalanan <5 km
3. pake sepeda motor utk perjalanan <10 km
4. bikin garasi tertutup dlm rumah daripada sekedar carport terbuka depan pagar (jika memungkinkan). makin besar effort utk mengeluarkan mobil makin males mau pake mobil. sebaliknya akses keluar masuk sepeda & sepeda motor dipermudah.
5. isi bensin yg banyak sekali isi, trutama klo rumah jauh dari spbu, biar menghemat perjalanan ke spbu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Waduh, kalo kyk gini diterapin di mobil ane yg corolla GL jebot sih, yg ada mobilnya ngeden2- No warming up, start mesin en dalam 20 detik lgs jalan.....walau jalan pelan2 pake gigi rendah en Komp AC Off dulu selama 5 menit pertama

BTW thx tips2nya om

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Nah ini jg dan kalo dipikir2 jg akses keluar mobil ane sangat amat sulit.. Apalagi masuknya, ga brani ane parkirin sendiri..djia wrote: 4. bikin garasi tertutup dlm rumah daripada sekedar carport terbuka depan pagar (jika memungkinkan). makin besar effort utk mengeluarkan mobil makin males mau pake mobil. sebaliknya akses keluar masuk sepeda & sepeda motor dipermudah.
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Hello Bro Turboman..Apakabar..?
Maaf ane engga bisa ikutan Gathering Fortuner di Bandung tempo hari itu...
Ane Baru pulang mudik Bogor - Palembang - Bogor yang merupakan mudik ke 2x pake Fortuner VNT
Ada catatan penting sehubungan dengan konsumsi BBm VNT ane pada mudik Lebaran kali ini..
Untuk Rute sama = pake Tol Bogor - Merak + Jalur Lintas Timur Sumatera..
Untuk bbm sama = Bio Solar
Untuk Ban = beda, yaitu mudik Lebaran 2013 pake Ban standar Fortuner VNT (lupa ukuran nya)
Sedangkan Mudik Lebaran 2014 Ane sudah ganti Ban Pirelli Scorpion MTR 285/70/R17.. telapak kasar & suara bising sepanjang jalan aspal
Gaya menyetir juga Beda, waktu mudik Lebaran 2013 ane Gas Pool VNT sepuas2nya karena mobil masih gress pengen tau performa nya.. dan lagi ane jalan sama adik ipar yg wong Pelmbang aseli..dia pake R3 juga emang hobby gas Pool.. ane jadi sibuk ngejar itu R3 yang sering ninggalin VNT jauh sekali..
Untuk Mudik Lebaran 2014 ini ane jalan sendirian 1 mobil dowang.. Gaya menyetir santai tapi tetap jaga waktu tempuh tidak terlalu pelan.. bahkan sempat istirahat 3 jam di SPBU Bandarlampung menjelang subuh udah ngantuk sekali...
Konsumsi BBm ini Lumayan Berbeda...
Waktu Mudik Lebaran 2013 dengan gaya menyetir Gas Pool raat2 kecepatan 100 - 120km/jam penuh semangat injak pedal gas VNT, isi Bio solar Rp.380.000 di Spbu Demang Lebar Daun - Palembang... sampai Spbu tol Tangerang bbm sudah menipis sekali sehingga saya putuskan untuk segera isi kembali Bio Solar.. (jarak tempuh sekitar 500km)
Mudik Lebaran 2014 ini dengan menyetir santai, hanya sekali2 saja ber akselerasi injak pedal gas dalam2 ketikan ingin menyalip itupun tidak sering... isi Bio solar 340.000 di Spbu Demang Lebar Daun - Palembang... sampai Kota Bogor bio solar masih tersisa cukup lumayan 1/2 strip..sekitar 12,5%.. (jarak tempuh sekitar 570km)
Total Jarak Tempuh Bogor - Palembang muter2 kota - Bogor = 1.271,2 Km
Isi Biosolar waktu berangkat Full Tank Rp.350.000,-
Isi Biosolar kembali di Palembang pada 700km Fulltank Rp.340.000,-
Kesimpulan = Menurut analisa yang saya sudah lakukan adalah memang benar cara mengemudi cukup berpengaruh kepada konsumsi BBM
Untuk Ban, mungkin juga ada pengaruh tetapi sedikit sekali efek nya, setidaknya itu yang saya rasakan...
Manajemen Perjalanan ini sangat berhubungan dengan gaya menyetir...
Percuma kita gas pool nyalip2 memaksakan diri injak pedal gas, tapi nanti di depan juga kita kena macet atau memang kita dengan sengaja berhenti untuk istirahat dll. Lebih baik setir santai tapi konstan menjaga kecepatan sambil atur kapan kita mendahului atau tetap berjalan seperti konvoi bersama kendaraan lain...
Demikian pengalaman saya 2x Mudik Lebaran menggunakan VNT dengan spek mesin standar
(hanya ban+velg saja yang saya ganti)

Maaf ane engga bisa ikutan Gathering Fortuner di Bandung tempo hari itu...
Ane Baru pulang mudik Bogor - Palembang - Bogor yang merupakan mudik ke 2x pake Fortuner VNT
Ada catatan penting sehubungan dengan konsumsi BBm VNT ane pada mudik Lebaran kali ini..
Untuk Rute sama = pake Tol Bogor - Merak + Jalur Lintas Timur Sumatera..
Untuk bbm sama = Bio Solar
Untuk Ban = beda, yaitu mudik Lebaran 2013 pake Ban standar Fortuner VNT (lupa ukuran nya)
Sedangkan Mudik Lebaran 2014 Ane sudah ganti Ban Pirelli Scorpion MTR 285/70/R17.. telapak kasar & suara bising sepanjang jalan aspal


Gaya menyetir juga Beda, waktu mudik Lebaran 2013 ane Gas Pool VNT sepuas2nya karena mobil masih gress pengen tau performa nya.. dan lagi ane jalan sama adik ipar yg wong Pelmbang aseli..dia pake R3 juga emang hobby gas Pool.. ane jadi sibuk ngejar itu R3 yang sering ninggalin VNT jauh sekali..


Konsumsi BBm ini Lumayan Berbeda...
Waktu Mudik Lebaran 2013 dengan gaya menyetir Gas Pool raat2 kecepatan 100 - 120km/jam penuh semangat injak pedal gas VNT, isi Bio solar Rp.380.000 di Spbu Demang Lebar Daun - Palembang... sampai Spbu tol Tangerang bbm sudah menipis sekali sehingga saya putuskan untuk segera isi kembali Bio Solar.. (jarak tempuh sekitar 500km)
Mudik Lebaran 2014 ini dengan menyetir santai, hanya sekali2 saja ber akselerasi injak pedal gas dalam2 ketikan ingin menyalip itupun tidak sering... isi Bio solar 340.000 di Spbu Demang Lebar Daun - Palembang... sampai Kota Bogor bio solar masih tersisa cukup lumayan 1/2 strip..sekitar 12,5%.. (jarak tempuh sekitar 570km)
Total Jarak Tempuh Bogor - Palembang muter2 kota - Bogor = 1.271,2 Km
Isi Biosolar waktu berangkat Full Tank Rp.350.000,-
Isi Biosolar kembali di Palembang pada 700km Fulltank Rp.340.000,-
Kesimpulan = Menurut analisa yang saya sudah lakukan adalah memang benar cara mengemudi cukup berpengaruh kepada konsumsi BBM
Untuk Ban, mungkin juga ada pengaruh tetapi sedikit sekali efek nya, setidaknya itu yang saya rasakan...
Manajemen Perjalanan ini sangat berhubungan dengan gaya menyetir...
Percuma kita gas pool nyalip2 memaksakan diri injak pedal gas, tapi nanti di depan juga kita kena macet atau memang kita dengan sengaja berhenti untuk istirahat dll. Lebih baik setir santai tapi konstan menjaga kecepatan sambil atur kapan kita mendahului atau tetap berjalan seperti konvoi bersama kendaraan lain...
Demikian pengalaman saya 2x Mudik Lebaran menggunakan VNT dengan spek mesin standar
(hanya ban+velg saja yang saya ganti)



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Gaya mengemudi pengaruhnya signifikan ya.
Kalo perjalanan jauh saya sering iseng2 ngukur fc metode full to full (kebiasaan selalu isi penuh sebelum berangkat). Hasil fc memang variatif sesuai dengan kondisi mengemudi selama perjalanan tsb.
Kadang kalo bareng sama sodara yg hobi nyetir saya serahkan ke dia selama perjalanan. Dengan kendaraan yang sama, hasil fc lumayan beda signifikan dengan hasil kalo saya yang nyetir (biasanya saya lebih hemat).
Kalo saya bawa mobil yang ada indicator eco nya biasanya juga sering nyala itu lampu indikator. Maklum ga begitu bernyali buat kebut2an.
Kalo perjalanan jauh saya sering iseng2 ngukur fc metode full to full (kebiasaan selalu isi penuh sebelum berangkat). Hasil fc memang variatif sesuai dengan kondisi mengemudi selama perjalanan tsb.
Kadang kalo bareng sama sodara yg hobi nyetir saya serahkan ke dia selama perjalanan. Dengan kendaraan yang sama, hasil fc lumayan beda signifikan dengan hasil kalo saya yang nyetir (biasanya saya lebih hemat).
Kalo saya bawa mobil yang ada indicator eco nya biasanya juga sering nyala itu lampu indikator. Maklum ga begitu bernyali buat kebut2an.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Fri Jul 25, 2014 10:48
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Selain driving style sangat mempengaruhi, jangan lupa juga pilihan mobil juga menjadi faktor utama konsumsi bahan bakar. Pilihlah mobil yang bener bisa irit bahan bakar secara literan, jangan hanya bisa karena bisa nengak premium, tapi boros. Perawatan rutin juga menjadi kunci, dimana oli yang sudah kadarluasa, busi yang sudah tidak bagus pengapiannya juga dapat mengurangi efisiensi kerja mesin.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Nyindir mobilnya horang kayah dsini tuhfastlanedriving wrote:Selain driving style sangat mempengaruhi, jangan lupa juga pilihan mobil juga menjadi faktor utama konsumsi bahan bakar. Pilihlah mobil yang bener bisa irit bahan bakar secara literan, jangan hanya bisa karena bisa nengak premium, tapi boros. Perawatan rutin juga menjadi kunci, dimana oli yang sudah kadarluasa, busi yang sudah tidak bagus pengapiannya juga dapat mengurangi efisiensi kerja mesin.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
harman karton?WongZo wrote:Nyindir mobilnya horang kayah dsini tuhfastlanedriving wrote:Selain driving style sangat mempengaruhi, jangan lupa juga pilihan mobil juga menjadi faktor utama konsumsi bahan bakar. Pilihlah mobil yang bener bisa irit bahan bakar secara literan, jangan hanya bisa karena bisa nengak premium, tapi boros. Perawatan rutin juga menjadi kunci, dimana oli yang sudah kadarluasa, busi yang sudah tidak bagus pengapiannya juga dapat mengurangi efisiensi kerja mesin..


always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
horang kayahh????batumakam wrote:harman karton?WongZo wrote:Nyindir mobilnya horang kayah dsini tuhfastlanedriving wrote:Selain driving style sangat mempengaruhi, jangan lupa juga pilihan mobil juga menjadi faktor utama konsumsi bahan bakar. Pilihlah mobil yang bener bisa irit bahan bakar secara literan, jangan hanya bisa karena bisa nengak premium, tapi boros. Perawatan rutin juga menjadi kunci, dimana oli yang sudah kadarluasa, busi yang sudah tidak bagus pengapiannya juga dapat mengurangi efisiensi kerja mesin..
![]()
yg signaturenya gini??
Kalo bs beli mbl yg ada speaker BOSE, knp beli mbl yg speakernya karton?








[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Saya sih mau gak mau kudu lewat jalan yg relatif ramai dan kadang agak macet, setiap hari!
Jadi yg bisa saya lakukan adalah:
1. Menjual mobil yg lama yg relatif boros bbm diganti dengan city car (don't try this at home
)
2. Kaki kanan disekolahkan. Sekarang hampir gak pernah main bejek gas, selalu jalan santai supaya RPM < 2000
Jadi yg bisa saya lakukan adalah:
1. Menjual mobil yg lama yg relatif boros bbm diganti dengan city car (don't try this at home

2. Kaki kanan disekolahkan. Sekarang hampir gak pernah main bejek gas, selalu jalan santai supaya RPM < 2000
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Kalo ane
1. Perawatan mesin
2. AC kalo tidak perlu dimatiin
3. Cari jalanan terdekat kalo bisa
4. DLL DSB
Awas lho nanti yg punya datang...
1. Perawatan mesin
2. AC kalo tidak perlu dimatiin
3. Cari jalanan terdekat kalo bisa
4. DLL DSB








Awas lho nanti yg punya datang...

There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
UHUK!!!!Felixz_Yaris wrote:horang kayahh????batumakam wrote:harman karton?WongZo wrote: Nyindir mobilnya horang kayah dsini tuh.
![]()
yg signaturenya gini??
Kalo bs beli mbl yg ada speaker BOSE, knp beli mbl yg speakernya karton?
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Tue Jun 24, 2014 2:59
- Location: Surabaya
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Ane bukan horang kayah, tapi kalau memutuskan beli mobil memang sudah siap resiko beli BBM, ane lebih mentingin kenyamanan berkendara dari pada ngirit BBM jadinya mengurangi kenyamanan berkendara. Contohnya matiin ac lah, berhenti bentar harus matiin mesin lah, injet gas harus konstan lah (bayangin aja di surabaya yg siang hari panasnya minta ampun dan sering matiin ac...)
Bagi ane irit BBM emang penting asalkan tidak mempengaruhi kenyamanan, karna alasan ane beli mobil karna lebih nyaman dari pada naek motor. Kalo ane mentingin irit BBM doang, ane lebih rela panas panasan touring pakek motor.... IMO
Bagi ane irit BBM emang penting asalkan tidak mempengaruhi kenyamanan, karna alasan ane beli mobil karna lebih nyaman dari pada naek motor. Kalo ane mentingin irit BBM doang, ane lebih rela panas panasan touring pakek motor.... IMO
________________________
if you can get better features why buy brands
if you can get better features why buy brands
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Naik mobil, keluar duit, tambah lemak
Naik sepeda, keluar lemak, tambah duit
Naik sepeda, keluar lemak, tambah duit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
daripada mikirin pengeluaran lebih baik mikirin bagaimana mendapatkan income lebih
Setuju?
Membuat income naik 10x lipat,, mau bensin harga 65.000 no problem
Kalau orang lain bisa kenapa kita enggak bisa
1 lagi,, tritnya harusnya diskusi cara menjadi mafia,, dekat dengan pemegang kursi dll dkk
Setuju?
Membuat income naik 10x lipat,, mau bensin harga 65.000 no problem
Kalau orang lain bisa kenapa kita enggak bisa
1 lagi,, tritnya harusnya diskusi cara menjadi mafia,, dekat dengan pemegang kursi dll dkk
engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
sy hanya naik mobil jika :
- harus keluar rumah bersama istri
- pas saatnya latihan atau balapan di Sentul
kalok sehari2 sendirian dan enggak ujan, sy lebih suka naik motor Regal Raptor Daytona saya
- harus keluar rumah bersama istri
- pas saatnya latihan atau balapan di Sentul
kalok sehari2 sendirian dan enggak ujan, sy lebih suka naik motor Regal Raptor Daytona saya
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
ke kampus nebeng teman atau naik motor
kalo naik motor (supra x 125) tiap 3 hari sekali ngisi petromax full
wiken bawa mobil, karena kaki kanan susah diajak kompromi dan palembang macet super jadi avanza cuman dapet 1:7 doang dalem kota
mudik ke sumbar kemaren pake 2 mobil 1 avanza dan 1 PS exceed, untuk avanza satu kali pergi palembang-padang 350K dan untuk PS 275K
setuju untuk cara mengemudi menentukan banyaknya minyak yg di semprot, kalo kakak ane yg makek exceed, dia cuman dapet 12-14L/100 km
kalo ane dapet 8,9-11L/100 km
INTInya adalah, jaga kaki kananmu dan urut gas pelan, serta bertahap
cmiiw
kalo naik motor (supra x 125) tiap 3 hari sekali ngisi petromax full
wiken bawa mobil, karena kaki kanan susah diajak kompromi dan palembang macet super jadi avanza cuman dapet 1:7 doang dalem kota
mudik ke sumbar kemaren pake 2 mobil 1 avanza dan 1 PS exceed, untuk avanza satu kali pergi palembang-padang 350K dan untuk PS 275K
setuju untuk cara mengemudi menentukan banyaknya minyak yg di semprot, kalo kakak ane yg makek exceed, dia cuman dapet 12-14L/100 km
kalo ane dapet 8,9-11L/100 km
INTInya adalah, jaga kaki kananmu dan urut gas pelan, serta bertahap
cmiiw
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Wed Sep 11, 2013 1:26
Re: Diskusi efisiensi penggunaan BBM
Turboman wrote:Nyok kite sedia payung sebelum hujan
Daripade uring2-an / gak rela harga BBM kesayangan naek, lebih baik kita atur strategy efisiensi aja yuk.......toel gak......xixixixixixixixi
Dimulai dari saya (yg udah ane terapkan selama ini)
- No warming up, start mesin en dalam 20 detik lgs jalan.....walau jalan pelan2 pake gigi rendah en Komp AC Off dulu selama 5 menit pertama
om bukannya kompresor AC bakal cpet rusak klo kaya gini ?

kompresor kan terdapat oli dan piston di dalamnya, butuh waktu untuk pelumasan, jd AC dinyalakan saat idle jgn dinyalakan saat rpm udh tinggi (di atas idle)

klo manasin mobil ga lama2 sy setuju om

cmiiw