Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by madcat015 »

sintoni wrote:Hehe. Emang kalo boros oli emang gt, soalnya emang kodrat mobil ini nyemprotin oli ke rotor untuk ngelumasin apex seal. Kalo ane baca2 sih untuk iklim tropis pake buntut 40 biar ga terlalu boros. Hehehehe. CMIIW
Couldn't agree more, bro... :big_exellent:

Cloud wrote:Satu-satunya pelumasan ke apex seal ya dari oli yang diatur jumlahnya oleh oil seal di rotor. selain apex seal, side seal juga butuh pelumasan. dan karena luas permukaan yang harus ditempuh seal-seal ini jauh lebih besar dari mesin piston, makanya wajar jika boros oli, sering-sering dicek volumenya.
selain dari luas permukaan, kecepatan apex seal terhadap rotor housing juga sangat besar dibandingkan kecepatan ring piston terhadap silinder, sehingga volume oli yang diberikan lebih banyak untuk menghindari lub failure.
tinggal nunggu RX 7,
Adakah owner fd di SM? please berbaik hati direview,
+1

Adakah owner FD dan AP1/2 di SM yang berbaik hati untuk mereview mobilnya... :mky_01:


hariy wrote:
madcat015 wrote:Thank you om hariy... :mky_01:

RX-8 ini sah jadi mobil weekend atau untuk morning mesu... errr.. morning run. Secara kalau digunakan di kemacetan, enjin rotary nya memiliki FC yang sama saat dia diajak redline. Oli cenderung boros karena karakter mesin wankel nya... secara konstan oli di pompa ke rotornya.

Nah, bungkus aja om. Mumpung bro sintoni uda sepik2 mw lepas nih... Velg SSR Type C ori nya mantab tenan. Tinggal ganti ban dan crash course ke ane, om hariy siap beraksi di tikungan dah... :mky_03:
Wahahahaha...duit darimane, om? Jual 2 mobil saya saja masih nombok lumayan...ntar berpuluh2 taun, kalo sudah bener2 jadi horang kayah, baru deh iseng2 td sportcar macam rx8 atau s2k...buat koleksi. Tapi umur saya yg sudah ngga cucok nyupir adrenaline booster car macam rx8... :mky_03: ntar bisa kena serangan jantung..
poko'e joged...eh, mantab ripiunya... :big_exellent: buat om sintoni, meski sudah mo ultah ke 9, rx8nya masih cakep.... :big_peace:
Semoga rejeki om hariy berlimpah, jadi bisa bungkus mobil unik untuk koleksi...

*ane juga lagi ngincar CamperVan/Combi..., asal ga ketahuan bonyok ane nambah mobil van di rumah...* :ngacir:



Prestige wrote:Pasti nongol dong ..

Org trit mobil bergizi :mky_03:

Inceran ogut yg tak tersampaikan :big_slap:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Nah, coba ente SSI bokap ente. Kalo ga mempan, kasi ratjoen tjap SM... :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5726
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by sintoni »

hariy wrote:
sintoni wrote:Eh beneran dimasukin ke SM sama mod kucing. :mky_01:

Hehehe.. Abis baca dari page 1, banyak yg tanya kenapa dipakein ban ATR.

Ini mobil paling keluar 1-1,5 bulan sekali soalnya kerja di luar kota, jadi kebanyakan mobil cuma diam di garasi. Dulu perna pake Toyo T1R sama Continental (lupa tipe yg mana), pas mau dipake ternyata udah benjol. Jadi ya karena alasan finansial, mikir ga perlu pake ban terlalu mahal, akhirnya ya kepake ATR ini. Hebatnya udah hampir setaun pake ATR, belom kenapa2, mungkin karena compound ban ini keras, jadi grip emang ga sebagus merk lain, tapi lebih tahan lama.

Kalo pajak ada yg tanya, ini mobil biar diitung 1300 cc, pajak per taunnya kena 5.7jt tanpa progresif.

Trims yang udah bela2in baca ripiu dari gerobak tua ane. :big_smile]

Oh ya, ini mobil jg mau ane lepas pelan2.
:big_peace:
yang saya bold itu :
berkenaan pajak : whadhuh..... :big_chicken:
berkenaan lepas : dihargai berapa, om? jawaban via pm saja om...(tapi saya cuma tanya saja loh....ngga papa kan? soale belum siap miara mobil macam rx8...) :big_grin:
Hehe.. Gpp dong om.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by madcat015 »

Yang mau sepik2 buka lapak di marih harus kasi upeti ke ane... :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:



























*ngibrit sebelum di tusbol om tomket krn menyalah gunakan kolorijo ane...* .................................. :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by ChZ »

Akhirnya The legendary RENESIS ada ripiunya di SM :mky_02:

Tampilan luar nya iconic dan identik dengan CX-7. Tapi ane lbh suka yg FL

Ane setuju dgn om helm... ban achilles ATR sepertinya yang bikin ente spun out terus :big_slap:

Enjin note nya ini menyenangkan... kaya mesin jahit :mky_03:

Tinggal RX-7 yang belum :big_smoking: waktunya membawa mazdaism poison to the next level :big_smoking: kayaknya di sby ada yang FC3S :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by madcat015 »

ChZ wrote:Akhirnya The legendary RENESIS ada ripiunya di SM :mky_02:

Tampilan luar nya iconic dan identik dengan CX-7. Tapi ane lbh suka yg FL

Ane setuju dgn om helm... ban achilles ATR sepertinya yang bikin ente spun out terus :big_slap:

Enjin note nya ini menyenangkan... kaya mesin jahit :mky_03:

Tinggal RX-7 yang belum :big_smoking: waktunya membawa mazdaism poison to the next level :big_smoking: kayaknya di sby ada yang FC3S :upss:
Ahayyy... akhirnya ente melipir di mabes juga... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Ane lebih suka yang non FL malah... :big_slap: Nah, tentang enjin note, errr... bukannya mesin jahit itu si Prius ya. That triple damned Hybrid. :snipersmile:



Di tunggu laporan roadtrip dan carspotting ente selama ente liburan... :big_smoking:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by artoodetoo »

Pokoknya suatu ketika nanti saya mesti TD mesin rotary.
Jadi penasaran.
:big_smoking:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by madcat015 »

artoodetoo wrote:Pokoknya suatu ketika nanti saya mesti TD mesin rotary.
Jadi penasaran.
:big_smoking:
Rotary machine... coming rite up... :big_smoking:

Image

*salah tafsir...* :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by ChZ »

madcat015 wrote:
Ahayyy... akhirnya ente melipir di mabes juga... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Ane lebih suka yang non FL malah... :big_slap: Nah, tentang enjin note, errr... bukannya mesin jahit itu si Prius ya. That triple damned Hybrid. :snipersmile:



Di tunggu laporan roadtrip dan carspotting ente selama ente liburan... :big_smoking:
Errr prius mah kaga ada suaranya :ngacir: the most mainstream car in nihon

Begimane yak... mesin jait yg muter 8500rpm :ngacir: enak dikasih s/c :mky_03:

Ahh diusahakan nanti malem :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by artoodetoo »

madcat015 wrote:
artoodetoo wrote:Pokoknya suatu ketika nanti saya mesti TD mesin rotary.
Jadi penasaran.
:big_smoking:
Rotary machine... coming rite up... :big_smoking:

Image

*salah tafsir...* :ngacir:
Oh itu, kalo itu mah, saya sudah pakai yang matic
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by amfibi »

artoodetoo wrote:
madcat015 wrote:
artoodetoo wrote:Pokoknya suatu ketika nanti saya mesti TD mesin rotary.
Jadi penasaran.
:big_smoking:
Rotary machine... coming rite up... :big_smoking:

Image

*salah tafsir...* :ngacir:
Oh itu, kalo itu mah, saya sudah pakai yang matic
Di rumah juga si adek sudah pake yang matic :upss:

Image
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by axala »

Punya ane udh rusak dong :upss:

Maticnya kena banjir :ngacir:
Pursuit of Perfection
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3692
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by sandal »

axala wrote:Punya ane udh rusak dong :upss:

Maticnya kena banjir :ngacir:
Dibenahin dong maticnya :upss:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by imingwahyudi »

wohooo, ini toh mobilnya :mky_04: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Nice one kooohh :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Better to be late than nothin eh :mky_03: :mky_03:

Hoki dapet unit HO, dan MT pulak :mky_02:

not a big fan of RX8 kalo boleh jujur....agak...err...coupe dimelarin gitu ya? Kebanting sama RX7 nya :big_childish:

pernah duduk beberapa kali di kokpitnya, posisi duduk rendah bener yak, throw and rubbery feel si MT nya wiiihhh....coba MMI masukin Miata MT...persis tuh kayanya :big_comfort: :mky_02: :cupss:
User avatar
v63000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by v63000 »

nice review om, ane suka dengan design pintu rx 8 ini benar benar unik ga nyangka dengan luar biasa performanya dan juga baris ke duanya cukup manusiawi
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by madcat015 »

v63000 wrote:nice review om, ane suka dengan design pintu rx 8 ini benar benar unik ga nyangka dengan luar biasa performanya dan juga baris ke duanya cukup manusiawi
Terima kasih om v63000, RX-8 memang memberikan sensasi tersendiri dengan karakter rotary nya. Hanya sedikit mobil Jepang yang bisa melampaui rpm 9k... :mky_01:

Kombinasi power dan torsi di hi rev benar2 membuat RX-8 begitu menyenangkan... sekaligus horror... :ngacir:

imingwahyudi wrote:wohooo, ini toh mobilnya :mky_04: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Nice one kooohh :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Better to be late than nothin eh :mky_03: :mky_03:

Hoki dapet unit HO, dan MT pulak :mky_02:

not a big fan of RX8 kalo boleh jujur....agak...err...coupe dimelarin gitu ya? Kebanting sama RX7 nya :big_childish:

pernah duduk beberapa kali di kokpitnya, posisi duduk rendah bener yak, throw and rubbery feel si MT nya wiiihhh....coba MMI masukin Miata MT...persis tuh kayanya :big_comfort: :mky_02: :cupss:
Mingkyyyy... :cupss:

Yoi mingky, RX-7 lebih agresif dan RX-8 cenderung lebih lembut. Mohon diperhatikan definisi lembut di marih bukan seperti Mazda sedan lainnya, tetapi dibandingkan dengan Ze Legend! RX-7...


Yep, ane benar2 penasaran dengan Miata MT Supercharged... Low rev torque is good when eating corners like candies... :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by ChZ »

hated by greenpeace, loved by petrolheads.... a lovely car indeed.

setelah bercengkrama cukup lama ngerasain revnya dan mengaguminya lewat lensa kamera :cupss:

Image

first meeting juga dengan bro sintoni yang begitu ane datang langsung memberikan sebuah kunci dari mobil sport 4-pintu yang bisa nge-rev sampe 10k RPM. what a bliss.... :big_love:

begitu masuk mobil... owh man... manual! sejarang-jarangnya ane nyetir manual... sekalinya nyetir malah sebuah mobil sport rotary dengan rev 10k :big_slap:

ya tentu saja... sebagai orang yang selama nyetir 4 taun selalu automatic box... yang manual bisa diitung jari (terakhir Jazz GK RS 2014)... nyetir RX-8 menjadi tantangan tersendiri. pertama, nggak kebiasa dengan feel pedal koplingnya makanya jadi ndut-ndutan, dan problem kedua sering engine stall di gigi 1....

masuk gigi 1 agak jerky, gigi 2, disini baru kerasa RX-8 ternyata enak buat dipake di dalem kota untuk jalan santai (i am not joking), kalo buat dalem kota, gigi 2 RX-8 paling enak. selama perjalanan menuju test track ane hanya memainkan gigi 2 dan 3 saja dengan rev di 5000an (belum unleash rev sampe 9k). dan berkali-kali bro sintoni, modcing, dan bro yusaku mengingatkan ane untuk ngerem karena poldur :big_slap:

sampe di citraland... nah..... waktunya beraksi :big_smoking: bro sintoni langsung mengeluarkan komando : rev up sampe 9k!

aye aye, sir! :big_smoking: style mengemudi ane berubah menjadi tambah agresif (dan kasar :big_slap: ), hajar rev hingga 9k dan shift alarm berbunyi, suara exhaust GReddy aftermarket nya menggelegar dipadu dengan rev khas Rotary.... :big_chicken: my God!

the rev is...... ADDICTING ! :big_love: engine bukan termasuk yang paling torquey, tapi semakin comes alive seiring dengan bertambahnya rev.... diiringi suara engine dan exhaust yang sangat lovely :big_love:

saking semangatnya ane salah masuk jalan , lalu putar balik di bundaran dengan speed medium dan sedikit iseng mencoba agak kejam ke setir dan whoaa! bokong mobil langsung bergeser. :big_slap:

setelah kembali ke jalan yang benar, kembali rev up terus hingga sampe ke spot untuk foto-foto dan sedikit manuver, steeringnya terasa quick dan lots of feedback, body control cukup baik, mobil terasa compact dan juga menapak di jalan (salah satu faktornya berkat penggunaan ban belakang lebih lebar).

setelah sesi spinning dan foto-foto, bro yusaku yang dapat giliran untuk mencoba mobil ini.... tentu saja dengan bro yusaku yang terbiasa dengan three pedals, skill ane nggak ada apa-apanya :big_childish: sekaligus membuat bro yusaku galau untuk nuker M2 nya ke RX-8 :ngacir: :ngacir:

sampai sekarang suara rev 13B nya masih terngiang-ngiang di kuping..... :big_love: what a lovely car.

selain itu kami juga mendapatkan bonus : MZR37 Cyclone Engine. Mazda CX-9 :big_love:

13B RENESIS & MZR37 V6.... you two really made my day :cupss: also bro sintoni, modcing, and bro yusaku yang tiba-tiba datang dan show us some skill with RX-8 :cupss: memang yakuza ini diam-diam mematikan.

sayang sekali om sukribo malah kabur ke bali.... padahal bakal lebih seru kalo bisa nyatuin MX-5 dan RX-8 dalam satu frame.... :big_love:

Image

my dad would be proud also.... jarang-jarang anaknya nyetir manual... sekalinya nyetir RX-8.... dasar bocah edhian :big_slap:

*saatnya latihan manual kembali.... ngelist mobil manual di rumah.... KiSul.... Fuso... Dyna... Hino.... L300....* :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

hopefully, semoga video review dari RX-8 ini bisa segera dibuat sebelum ownernya menyatakan SOLD :big_cry:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by montirangin »

ini cantik rx 8 ini...makin hari makin sering liat rx 8 makin demen.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by ricz »

aduh itu ban rx8nya koq tipis bgt ya...omg...
2021 Fortuner VRZ
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by hariy »

ricz wrote:aduh itu ban rx8nya koq tipis bgt ya...omg...
oh my........
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3692
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by sandal »

That nice car... :big_love: :big_love:
Anyway thanks for the foto bro chz

*hopefully someday i can drive this car..... :big_childish:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by montirangin »

ricz wrote:aduh itu ban rx8nya koq tipis bgt ya...omg...
mengakomodasi velg besarnya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by ChZ »

thanks all...

sayang sekali kemaren cuacanya mendung... pencahayaannya kurang bagus dan langitnya juga kurang bagus... hasil fotonya jadi kurang maksimal, itu saya udah retouch pake photoshop. kalo liat aslinya sih pencahayaannya berantakan

padahal target saya jam 3-4 sore itu langitnya paling bagus karena sunset... ternyata malah mendung :big_childish:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by madcat015 »

Stunning photography indeed... :mky_02:


Ane malah suka yg kyk gini, teduh di sore hari dgn temaram lampu penerangan jalan raya. Nice ambient! :mky_02:

Thank you for the amazing effort bro...
Obey the mahakitteh. :big_cat:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4262
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by b0ku »

HouseOfDetailing wrote:Lol,di kejar Boku dan Freednya :mky_04:
:mky_03: kalo itu punya ane gampang kok ngenalinnya pintu belakang mobil ane ngecap muka pajero belom di benerin sampe sekarang :ngacir:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by imingwahyudi »

Sticks are addictive :mky_03:

Good shots bro! :cupss:

Kalo dibikin B&W kayanya asik hacep ah :mky_02: