Halo om budi.. kebetulan sekali nih, keduanya ada di garasi rumah saya
Yang ada di rumah: Ertiga GX MT 2012 dan EcoSport Titanium AT 2014.. mungkin utk AT Ertiga saya ga tau banyak karena belum nyoba
Sebelumnya yg saya mau tanyakan adalah:
Kebutuhan utamanya mobil 2 baris atau 3 baris? tentu ini krusial karena EcoSport hanya 2 baris sedangkan Ertiga 3 baris..
Tapi kalau melihat kriteria om Budi dengan mengesampingkan hal di atas (Untuk yg lumayan irit, responsif dan ga terlalu banyak service), maka saya akan menyarankan Suzuki Ertiga
Alasan saya:
1. Lebih irit. Testi di forum Ertiga AT utk dalkot di kisaran 1:10-11.. untuk Ecosport pengalaman saya dalkot di kisaran 1:8-9
2. Untuk yg Ertiga MT saya coba masih lebih responsif putaran bawahnya dibanding Ecosport AT.. Mungkin ga apple-to-apple, tapi itu sedikit gambaran dari saya
3. Jumlah jaringan dan layanan servis masih lebih banyak dan baik Suzuki dibandingkan Ford.. untuk di kota saya (Bandung), layanan bengkel Ford satu-satunya sangat payah, bahkan Suzuki jauh lebih baik (Gimana dibandingin dengan Astra yg jauh lebih baik dari Suzuki

) Apalagi pengalaman sebelumnya menggunakan Suzuki Splash, pasti sudah pernah ke Beres Suzuki
Berikut saya jabarkan kelebihan-kekurangan keduanya menurut saya:
Suzuki Ertiga
Kelebihan:
Kualitas fit&finishing material lebih baik dibanding EcoSport
Kekedapan kabin
Tarikan bawahnya lebih baik (MT)
Irit
Tiga baris
Free Jasa servis s/d 50.000Km tanpa batasan waktu (Maintenance murah)
Kelemahan:
Steering rack rattle kalau sering lewat jalan jelek (bisa klaim)
Warna interior gampang kotor
Meskipun fit&finish baik, teradang muncul rattle entah dari doortrim atau dashboard bagian bawah
Design bagi sebagian orang terlalu "polos"
Akses baris 3 yg tidak sepraktis Avanza
Bagasi minim apabila baris ke-3 dibuka
Cat tipis, mudah gores
Ford Ecosport (asumsi saya bakal ambil yang Titanium AT ya om

)
Kelebihan:
Banyak feature dan gimmick, seperti sunroof, SYNC, Traction Control, ESC, jok kulit, Digital AC, Smart Key & Push Start-Stop Button
Body tebal, buka pintunya aja berat
GC tinggi
Tempat duduk row 2 terasa lebih lega dibanding Ertiga, mungkin karena High Seat-Low Floor jadi ruang kaki terasa lega
Kelemahan:
Boros untuk mesin 1.5L.. Dalkot 1:7-9, Kombinasi dalkot+tol 1:9-12, lukot belum coba
Bunyi knalpot berisik. Entah apa maksud Ford bilang paling kedap di kelasnya tapi bunyi knalpot kedengeran bgt.. memang sih bbunyi mesin dan suara dari luar ga ada
Kualitas fit&finish kurang.. terdapat panel gap yg tidak konsisten dan panel plastik silver terasa murahan terlihat potongannya yang tidak rapi, dalam hal ini Ertiga lebih baik meskipun plastik EcoSport terasa lebih tebal.. kalau cuci mobil pasti sering ada air meler berasal dari celah spion, kaca, dan lampu dengan bodi yang cukup besar..
Blindspot pilar A
Headrest keras oi
Jaringan Beres
Overall saya puas dengan kedua mobil tersebut
oiya utk Ecosport siap2 inden aga lama, sedangkan Ertiga umumnya Ready Stock dan diskonnya lumayan gede
Semoga terbantu
