Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Selamat malem all SM seniors, readers, piyikers…..ooters…mohon maaf, nubie mencoba buka topik baru….atau kalau udah pernah dibahas, monggo di merge saja..
Sehubungan dengan kegiatan mudik yang setidaknya bakalan menempuh perjalanan panjang, misalnya di Pantura/lintas Sumatra/lintas Selatan/Java-Bali dll, barangkali ada pengalaman para senior disini, yg udah ngalamin, biijimane kejadiannya kalau lagi enak-enak di toll manteng di kec 100 km/jam, tiba-tiba ban meletus…..Bisa dimulai apabila meletus ban depan sebelah kiri…kira-kira akan ngebuang kemana dan bagaimana kita mengantisipasinya supaya tidak terjadi hiil yang tidak diinginkan…
Dan errr sebagian besar ban-ban sekarang kan udah tubeless yak…yang kempesnya pelan-pelan gitu, kok masih ada kejadian ban bisa meletus ya…apa kena ranjau paku?
Kendaraan bisa mpv, sedan, jeep atau tiga bintang dll. Atau bijimane kalau kejadian di kendaraan yang ban dgn teknologi RTF ? Atau Citroen yg katanya bisa melaju dgn 3 roda saja.
jika mobil pake ban dng profil tinggi (dinding bannya tinggi), jika salah 1 meletus maka efek negatifnya lebih beresiko dibandingkan mobil dng ban yg pake ban dng profil rendah ..
Norival Fuel Enhancer Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
yg penting jangan panik, jangan ngerem mendadak, lepas gas dan santai aja biar speed turun pelan2 sambil menepi
saya pernah ngalamin bukan hanya ban pecah, tapi roda depan copot di kec 100 km/jam.......itu gara2 pakai spacer dan baut roda patah.....mana mobil tinggi Panther kotak......but Thx God semua aman2 aja sampai mobil menepi, supir saya juga enggak panik........dan untung saya pakai shock depan Bilstein, jadi saat roda turun guncangannya gak gitu terasa di kabin
Yang pasti jangan panik, santai saja. Jangan direm mendadak, jangan banting setir, kalem. Tepikan mobil perlahan-lahan, cari tempat yang aman untuk berhenti. Bukan seperti di film2, kalau ban jebol mobil terguling dan meledak.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
Turboman wrote:yg penting jangan panik, jangan ngerem mendadak, lepas gas dan santai aja biar speed turun pelan2 sambil menepi
saya pernah ngalamin bukan hanya ban pecah, tapi roda depan copot di kec 100 km/jam.......itu gara2 pakai spacer dan baut roda patah.....mana mobil tinggi Panther kotak......but Thx God semua aman2 aja sampai mobil menepi, supir saya juga enggak panik........dan untung saya pakai shock depan Bilstein, jadi saat roda turun guncangannya gak gitu terasa di kabin
Intinya tetap tenang ya om? Tapi misalkan arah mobil jadi tak terkendali solusinya gimana om? Ane dulu juga pernah tapi ban belakang sebelah kanan, untungnya juga lagi jalan lambat, jadi gak gitu ngeri cuma glodak2 doang di bagian belakang
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
JESKONENG wrote:jika mobil pake ban dng profil tinggi (dinding bannya tinggi), jika salah 1 meletus maka efek negatifnya lebih beresiko dibandingkan mobil dng ban yg pake ban dng profil rendah ..
Pantesan di drag race pada pake profil tipis ya om...
Turboman wrote:yg penting jangan panik, jangan ngerem mendadak, lepas gas dan santai aja biar speed turun pelan2 sambil menepi
saya pernah ngalamin bukan hanya ban pecah, tapi roda depan copot di kec 100 km/jam.......itu gara2 pakai spacer dan baut roda patah.....mana mobil tinggi Panther kotak......but Thx God semua aman2 aja sampai mobil menepi, supir saya juga enggak panik........dan untung saya pakai shock depan Bilstein, jadi saat roda turun guncangannya gak gitu terasa di kabin
Wahh sp ban lepas mengerikan om...thks God, ++supir ekselente dan Bilstein
POS VETT wrote:Yang pasti jangan panik, santai saja. Jangan direm mendadak, jangan banting setir, kalem. Tepikan mobil perlahan-lahan, cari tempat yang aman untuk berhenti. Bukan seperti di film2, kalau ban jebol mobil terguling dan meledak.
batumakam wrote:Intinya tetap tenang ya om? Tapi misalkan arah mobil jadi tak terkendali solusinya gimana om? Ane dulu juga pernah tapi ban belakang sebelah kanan, untungnya juga lagi jalan lambat, jadi gak gitu ngeri cuma glodak2 doang di bagian belakang
Nah ini yang harus diingat dan dipraktekan....jangan panik yak, ga ngerem mendadak tetap kalem. Dan kalau arah mobil jadi tidak seperti yang diharapkan...solusinya itu gimana ya
*belajar ngedrift ke om kucing...?
Turboman wrote:yg penting jangan panik, jangan ngerem mendadak, lepas gas dan santai aja biar speed turun pelan2 sambil menepi
saya pernah ngalamin bukan hanya ban pecah, tapi roda depan copot di kec 100 km/jam.......itu gara2 pakai spacer dan baut roda patah.....mana mobil tinggi Panther kotak......but Thx God semua aman2 aja sampai mobil menepi, supir saya juga enggak panik........dan untung saya pakai shock depan Bilstein, jadi saat roda turun guncangannya gak gitu terasa di kabin
Setuju dengan om turbo...
Ane dan bokap pernah mengalami pecah ban di jalur tol ke Puncak waktu ane kecil (sekitar taon 1995), pakai IsPan. Bokap malah ngajarin ane pegimane untuk mengendalikan. Pecah ban belakang kanan pas kebetulan di jalur tengah... Pasang sein kanan, bokap lepas gas, downshift saat diperlukan. Saat kecepatan sudah moderat di 40an, pelan2 injak rem dan tarik rem tangan sangaaaat perlahan. Akhirnya berhenti di jalur paling kanan, dan om ane lgs telpon patroli. Dibantu dengan para petugas yang datang dan parkir sekitar 40m dari IsPan bokap.
Satu dari sedikit pengetahuan yang bokap berikan ke ane...
Never ever do a hard braking when one or more of your tyres went flat.
Turboman wrote:yg penting jangan panik, jangan ngerem mendadak, lepas gas dan santai aja biar speed turun pelan2 sambil menepi
saya pernah ngalamin bukan hanya ban pecah, tapi roda depan copot di kec 100 km/jam.......itu gara2 pakai spacer dan baut roda patah.....mana mobil tinggi Panther kotak......but Thx God semua aman2 aja sampai mobil menepi, supir saya juga enggak panik........dan untung saya pakai shock depan Bilstein, jadi saat roda turun guncangannya gak gitu terasa di kabin
Setuju dengan om turbo...
Ane dan bokap pernah mengalami pecah ban di jalur tol ke Puncak waktu ane kecil (sekitar taon 1995), pakai IsPan. Bokap malah ngajarin ane pegimane untuk mengendalikan. Pecah ban belakang kanan pas kebetulan di jalur tengah... Pasang sein kanan, bokap lepas gas, downshift saat diperlukan. Saat kecepatan sudah moderat di 40an, pelan2 injak rem dan tarik rem tangan sangaaaat perlahan. Akhirnya berhenti di jalur paling kanan, dan om ane lgs telpon patroli. Dibantu dengan para petugas yang datang dan parkir sekitar 40m dari IsPan bokap.
Satu dari sedikit pengetahuan yang bokap berikan ke ane...
Never ever do a hard braking when one or more of your tyres went flat.
thn 95 telp pakai HP om dhar ?? motorola yg segede gaban n masih mahalnya haram jadah tuh donk
adek gw juga pernah lepas bannya pas lg ke lokasi di perbatasan kaltim kalsel, pertama melongo ban siapa yg melesat kedepan. pas dilihat dgn seksama n lsg berasa aneh baru nyadar itu ban dia
twa wrote:
thn 95 telp pakai HP om dhar ?? motorola yg segede gaban n masih mahalnya haram jadah tuh donk
adek gw juga pernah lepas bannya pas lg ke lokasi di perbatasan kaltim kalsel, pertama melongo ban siapa yg melesat kedepan. pas dilihat dgn seksama n lsg berasa aneh baru nyadar itu ban dia
GSM kan pertama keluar th 1994......Telkomsel dan lalu ISAT
HP nya Motorolla 7200 / 8200 / Si Emens / Nokia / Alcatel kalo ga salah.....range harga sekitar Rp. 3 - 5 jt. - an (AMPS dulu paling murah 6 - 7 juta-an)
saya dulu sempat pakai Motorolla 7200 yg hampir segede Mangga harumanis kalau pake batere Hi Cap. & kartu SIM masuk penuh segede CC.......
Trus karena dulu masih banyak blankspot akhirnya terkenal istilah GSM = Geser Sedikit Mati
Turboman wrote:yg penting jangan panik, jangan ngerem mendadak, lepas gas dan santai aja biar speed turun pelan2 sambil menepi
saya pernah ngalamin bukan hanya ban pecah, tapi roda depan copot di kec 100 km/jam.......itu gara2 pakai spacer dan baut roda patah.....mana mobil tinggi Panther kotak......but Thx God semua aman2 aja sampai mobil menepi, supir saya juga enggak panik........dan untung saya pakai shock depan Bilstein, jadi saat roda turun guncangannya gak gitu terasa di kabin
Setuju dengan om turbo...
Ane dan bokap pernah mengalami pecah ban di jalur tol ke Puncak waktu ane kecil (sekitar taon 1995), pakai IsPan. Bokap malah ngajarin ane pegimane untuk mengendalikan. Pecah ban belakang kanan pas kebetulan di jalur tengah... Pasang sein kanan, bokap lepas gas, downshift saat diperlukan. Saat kecepatan sudah moderat di 40an, pelan2 injak rem dan tarik rem tangan sangaaaat perlahan. Akhirnya berhenti di jalur paling kanan, dan om ane lgs telpon patroli. Dibantu dengan para petugas yang datang dan parkir sekitar 40m dari IsPan bokap.
Satu dari sedikit pengetahuan yang bokap berikan ke ane...
Never ever do a hard braking when one or more of your tyres went flat.
nais inpohna om...*never ever do a hard braking...
Thanks infonya suhu sekalian, informasi sangat berarti, karena kita taunya versi film yg langsung mobil lepas kendali guling guling, bensinnya bocor trus meledak deh.
Kebetulan ane sering perjalanan jauh juga Surabaya - Banyuwangi , agak parno juga kalau mobil kena ranjau pas kecepatan tinggi ( pernah kena ranjau paku di tancapin di kayu, tapi pas kecepatan 40 k/j )
________________________ if you can get better features why buy brands
Drag slicks/radials biasanya profil tinggi sidewall-nya. Ceritanya panjang dan bukan topik di thread ini.
Melebihi batas kecepatan maksimum ban kalau hanya untuk 1-2 menit dan hanya 10-15kpj, tidak ada masalah. Tergantung kondisi ban, permukaan jalan, suspensi mobil, beban yang diangkut, temperatur, kecepatan, durasi, dan mungkin seabrek faktor2 lainnya. Rating Q yang dianggap rendah untuk ban mobil & truk, maks speed masih 160 kpj. Jadi harusnya tidak masalah.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
POS VETT wrote:Drag slicks/radials biasanya profil tinggi sidewall-nya. Ceritanya panjang dan bukan topik di thread ini.
Melebihi batas kecepatan maksimum ban kalau hanya untuk 1-2 menit dan hanya 10-15kpj, tidak ada masalah. Tergantung kondisi ban, permukaan jalan, suspensi mobil, beban yang diangkut, temperatur, kecepatan, durasi, dan mungkin seabrek faktor2 lainnya. Rating Q yang dianggap rendah untuk ban mobil & truk, maks speed masih 160 kpj. Jadi harusnya tidak masalah.
bukan sy yg menyebut2 soal ban utk drag race .... hehehe .... sy cuma bilang, mobil pake ban dng profil tinggi, jika salah 1 meletus di high speed, lebih berbahaya daripada kalok pake ban profil rendah ....
Norival Fuel Enhancer Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
POS VETT wrote:Drag slicks/radials biasanya profil tinggi sidewall-nya. Ceritanya panjang dan bukan topik di thread ini.
Melebihi batas kecepatan maksimum ban kalau hanya untuk 1-2 menit dan hanya 10-15kpj, tidak ada masalah. Tergantung kondisi ban, permukaan jalan, suspensi mobil, beban yang diangkut, temperatur, kecepatan, durasi, dan mungkin seabrek faktor2 lainnya. Rating Q yang dianggap rendah untuk ban mobil & truk, maks speed masih 160 kpj. Jadi harusnya tidak masalah.
bukan sy yg menyebut2 soal ban utk drag race .... hehehe .... sy cuma bilang, mobil pake ban dng profil tinggi, jika salah 1 meletus di high speed, lebih berbahaya daripada kalok pake ban profil rendah ....
btw, memang sih, ban utk drag, apalagi yg RWD kelas funny car dan top fuel, pasti pake ban blakang profil tinggi banget, dan tekanan dibikin agak rendah utk mendapatkan traksi maksimal, menghindari overspin berlebihan....
Norival Fuel Enhancer Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
POS VETT wrote:Drag slicks/radials biasanya profil tinggi sidewall-nya. Ceritanya panjang dan bukan topik di thread ini.
Melebihi batas kecepatan maksimum ban kalau hanya untuk 1-2 menit dan hanya 10-15kpj, tidak ada masalah. Tergantung kondisi ban, permukaan jalan, suspensi mobil, beban yang diangkut, temperatur, kecepatan, durasi, dan mungkin seabrek faktor2 lainnya. Rating Q yang dianggap rendah untuk ban mobil & truk, maks speed masih 160 kpj. Jadi harusnya tidak masalah.
bukan sy yg menyebut2 soal ban utk drag race .... hehehe .... sy cuma bilang, mobil pake ban dng profil tinggi, jika salah 1 meletus di high speed, lebih berbahaya daripada kalok pake ban profil rendah ....
Response ditujukan ke boss Mastermax yang beranggapan ban yang dipakai untuk drag racing berprofil tinggi.
Untuk ban tubeless, bisa juga meledak. Kerusakan di strukturnya dan/atau tekanan terlalu tinggi yang bisa akibat beberapa faktor.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
10 taun lalu siang2 dr tol karawang ke jkt lg uber2an pas lari 150 ambil jalur kiri ternyata ada balok kira2 1 meteran melintang saya menghindar ke kanan kena ban depan kiri lgsg meletus samping..reflek rem sampe ke jalur kanan pelan ampir brenti..lalu lgsg ke kiri dah..untung kontener jauh diblakang..
doq wrote:Ban tubeless bisa meledak emang nya? :e_think:
kayaknya sih gak bisa om, paling cuma kempes.. kecuali kalo ditembak mungkin beda cerita
emang bener harusnya nggak bisa ? kok aku pernah ngalamin ya emang sih, kondisi ban sudah tipis sangat...
nahhh itu........setau saya sih ban tubeless ga bisa meletus, sepanjang pemakaian normal yah ga dipakai melebihi speed rating maupun hajar balok dikecepatan tinggi
At least itu yg saya tau dr baca kanan kiri dan sedikit googling.........
So selama ini sih sy ga pernah khawatir bakal kejadian
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching