Kali ini gw mau menceritakan pengalaman test drive mbl yg sempat menjadi backbone Honda di era 2003-2007 yaitu Honda Jazz GD3 2007 VTEC Sports AT...
Prologue
Ceritanya...pas hari minggu yang cerah...
Tiba2 nyokap bersabda "ricz, ente bawa jazz tmn gw ya, kurang mbl soalnya"
Kebetulan tmn nyokap ini pas pertama beli ini mbl (seken) blm bs bawa mbl, skrg sih dah bisa


Eksterior
Desain keseluruhan mbl ini cenderung ke arah garis design MPV look, dan generasi penerusnya spt Jazz GE8 ama GK5 juga menggunakan design serupa spt ini (MPV look)

Bagian depan, sebenarnya culun di versi i-DSI, jadi lebih garang di versi VTEC 2007 krn udh mengadopsi design full bumper, ga kek VTEC 2005 Sports yg masih berupa add on jadi tidak terlalu ada kesan gaharnya...
Bagian samping, kerasa bgt MPV looknya, yg menurut gw cenderung plain & membosankan (personally lebih suka design Yaris) meski lumayan dibantu dgn side skirts yg mempergahar tampilan mbl ini...
Velg menggunakan 15 inch dgn ban Achilles ATR Sports (sdh diganti oleh pemilik) yg menurut gw kurang dapet garangnya, masih lebih bagus velg VTEC Sports 2005 yg berwarna gunmetal...

Bagian belakang, plain, hambar dan membosankan... Bumper belakang jg berbeda ama i-DSI (lebi rendah) en menurut gw keren...

Overall, not bad lah... Masih bs diterima ama mata gue... Designnya ga macem2 en ga byk lekukan dramatis yg bakal bikin membosankan (walo ttp jadul banget banding GE8)
Interior

Dashboard berwarna full black dan menggunakan material hard plastic en dari beli (seken) dah dilapis bahan kulit sintetik oleh pemilik sblmnya...
Di kolom setir dah ada tombol 7 speed mode, fungsinya kek manual mode, gw coba modenya dan rada menyentak krn transmisi CVTnya agak bermasalah...
Speedometer njijiki, dgn warna kuning norak... masih mending yg lama... By the way, design speedo ini cukup timeless lho, terbukti GK5 type A masi pake speedo model kyk gini


Audio mengunakan head unit JVC jaman jebot doble din dgn 4 speaker harman/karton dgn 2 tweeter aftermarket... suara speaker ya khas harman/karton...
Soal kabin, roomy, khas Ahond.. headroom ama legroom luas di kelasnya dan bagasi pun luas...

Enji bay

Mesin menggunakan L15A 1500 cc VTEC dan ditandemkan dgn transmisi CVT... Soal performa ya termasuk loyo...
Driving exp
Start engine, mesin L15A menderum halus dgn suara ngelitik dikit dikarenakan owner mbl mengisi mobil dengan bahan bakar bersubsidi (tapi masa mbl ginian isi pertamax

Engage tranny ke D, diwarnai dengungan dan seisi mobil getar2 dikarenakan tranny CVT yang mulai ada tanda2 mau kaput...
Setir berat abis pas mobil melaju dlm kecepatan rendah, tapi pas kecepatan tinggi (60-80 kpj) malah jadi ringan beud...

Performa mobil...yaa lemod sangat, dibejek juga lambat & klo gw bejek kencang ampe 70-80an kpj malah gw yg sport jantung sendiri krn seisi mbl udh rattling smua... Tapi ttp tidak separah rattlingnya Yaris jadul yg ampe seisi mbl pun kriyet2 smua... Mbl ini paling rattlingnya di panel pintu ama dek bagasi blkg... Terus suara mesinnya, beuhhh, inilah mbl pertama yang menganut suara perasan tebu pertama di Honda!!

Bantingan sangat keras, sampe bisa bikin ibu2 yg lagi hamil tua bs brojolin anaknya di mbl ini...

Posisi mengemudi.....bikin pegal2 krn nyetir mbl seharian, bukan krn gw sehari2 bawa CRV RM makanya ga nyaman bw jazz GD3 ini, tapi emang kagak nyaman... Jok keras, busa tipis dan tidak memeluk tubuh dgn baik.. Masih mending gw bawa Innova manual gw macet2an drpd bw mbl ini...
Baris kedua yaa lumayan lah untuk mbl sekecil ini.. Bagasi juga luas, lebih luas dr Yaris...
Overall : mbl yg sangat ga nyaman bwt dalkot maupun lukot... Ingat, semua ini hanya subjektif murni gue belaka, untuk end user Jazz GD3 sekarang ini jgn timpuk gw pake batu ya...

Verdict
Honda Jazz VTEC Sports AT 2007
Mobil yang pas2an, cuman menang di akomodasi yang cukup luas di kelasnya, tetapi kalo suruh saya pribadi untuk membeli mobil ini, saya lebih baik membeli mbl lain yg lebih nyaman dr mbl ini krn cape banget nyetir mbl ini (ato krn unit gw yg kondisinya jelek ya)
Pros:
-Akomodasi luas
-Konsumsi bbm irit
-CVT yang halus(kalo kondisi sehat, kt bro amfibi unit yg satu ini dh penyakitan)
-Handling lumayan
Cons:
-Perasan tebu

-Fitur minim kalo dibanding kompetitor sekelasnya pd jaman itu
-Lemot
-Posisi mengemudinya sgt ga nyaman
-Bantingan sgt keras
-CVT ringkih
-Setir berat pas berhenti / kec. rendah
Sekali lagi

