Baru2 ini saya rental Kia Optima LPG untuk dipakai berkeliling di pulau Jeju selama 5 hari.
Kenapa Kia Optima?
dari dulu saya paling suka dengan tampang Kia Optima. Entah kenapa lebi ganteng dan garang dibanding kembarannya, Hyundai Sonata.
Di korea, harga bensin oktan 98 1950 won. silahkan saja dikali 12. LPG cuma 1200-an. Diesel 1600-an. Sayangnya LPG agak susah didapatkan, khususnya di sudut2 terpencil pulau jeju. Jadi setelah mobil ditangan, langsung isi penuh 60 liter.
1. Styling
Wah ini dia bagian favorit saya dari Kia Optima. Depan ganteng, kesan garang berbeda dgn sonata yang agak lembut. Headlampnya futuristik, foglampnya juga bagus. saya lebi suka bentuk foglamp yg lama daripada yg baru dan menurut saya merusak tampangnya Tapi all new sonata menurut saya juga sudah jauh lebi bagus desainnya, gak mbulet2 spt yg lama. Bagian belakangnya juga bagus, montok dan [cencored]. samping sebenarnya bagus juga, cuma saya ga suka bentuk pintu blkgnya yg ga lazim dan aneh. dan side vent di dekat pintu depan yang menurut saya norak. Ada yang timpang dari mobil rental saya, entah knp bannya besar dan tebal sekali spt SUV. 205 70 15 dan ring 15 kelihatan timpang sekali dengan bodi bongsornya optima.
2. Interior
sbenarnya bentuk dan layoutnya menurut saya agak2 mirip dengan Audi dan grup VW. Tapi bgitu disentuh, wkwkwk bahannya terkesan murahan. panel gap cukup konsisten dan rapih. Meter Clusternya menarik walaupun entah kenapa terlalu terang, Walaupun sudah disetel paling gelap. Setir bisa maju mundur dan tilt steering. driving position juga oke, kecuali kaca belakangnya kecil sekali buat ukuran midsize sedan. agak susah ngintip via spion tengah. Posisi pedalnya mirip spt BMW dan mercedes. Joknya juga supportive dan masih nyaman diduduki untuk perjalanan jauh. Mazda 6 lateral supportnya sih bagus tapi saya merasa terlalu mendekap hehehe. Camry malah terlalu loss dan tidak ada supportnya. Space interiornya luar biasa lega. Leg room depan dan belakang lega, jauh dibanding Teana, mazda 6, mirip Accord Fullsize yg dulu. Headroom belakang pun lega. Agak berlawanan dengan sedan2 sekarang yg sptnya headroom belakang dikorbankan demi desain. NVH juga baik, kedap, suara mesin cukup senyap, wind noise juga senyap. bagian paling berisik justru dari ban ketika dipacu 140km/h. Bagasinya juga besar dan lapang, saya rasa yang terbaik di kelasnya. sayang tersita dengan tabung LPG super besar.
3. Performance
Unit yg dipakai menggunakan mesin 2.4L dgn output 200hp. torsinya payah, tapi bgitu mid high rpm mesinnya terasa bertenaga. Kurang halus juga output tenaganya dan cenderung agak kasar, bahkan di mode eco sekalipun. Entah kenapa karakternya mirip mesin honda jaman dulu yang minta dibejek hingga rpm tinggi. Yang hebat mesin cukup efisien, mungkin terbantu dengan kondisi traffic yang lengang di jeju. 1 liter untuk 9-10km. Gearbox 6 speednya responsif dan sigap untuk berakselerasi, lagi2 sayangnya kurang halus untuk dipakai cruising. Saya suka gaya gearbox spt ini hahaha, tapi mungkin yg hobi santai ga cocok. gearboxnya hobi shiftdown dan meraung cepat. Ini berlawanan total dengan Camry apalg CVT Nissan Teana. Tapi anehnya respon pedal gasnya justru agak bolot. jadi kalau mau overtaking dengan halus agak sulit. dipijak sedikit ga ada respon, tapi dipijak dalam mobil melompat hahaha. Sempat ukur akselerasi dengan software GPS di smartphone 0-100nya bisa mencapai best time di 8.9 detik. saya rasa cukup cepat dibanding saingan2nya di indonesia. dan saya yakin dengan versi bensin, mungkin bisa lebi cepat lagi.
4. Ride, Feel, Handling.
Entah kenapa saya selalu benci dengan steeringnya kia, hambar, terlalu ringan seperti setir mainan, dan feedbacknya kosong. Gak di jalan lurus dan di tikungan rasanya ada yg salah dengan steeringnya. Memang ada setting untuk steeringnya, tapi setting sportnya pun ga membantu. Biasanya mobil2 lain terasa steeringnya ga nyaman ketika berbelok atau menikung, tapi optima ini bahkan ketika lurus pun rasanya ga meyakinkan. Suspensinya terlalu keras menurut saya untuk midsize saloon, apalg habis naik teana. mungkin penumpangnya bisa menyebut kia optima seperti gerobak. Untungnya di korea jalan sangat mulus dan kerasnya suspensi hanya terasa ketika melewati speedbump. Rasanya mazda 6 yg rigid pun, ga se harsh ini ridenya. menurut saya disini nilai minus si optima.
5. Equipment
Hahaha mobil ini juara soal equipment. di mobil rental saya ini ada panoramic roof, jok elektrik 8 way kulit, audio 8 speaker yang mantap, bluetooth, cruise control, usb port, MID yang super lengkap, headlamp leveling, start stop button, smart key, rear parking camera. padahal mobil ini versi basic. saya compare dengan accord atau camry versi basic di website korea, versi basic mereka sangat minim equipment.
Conclusion
+ Spacenya luar biasa lega, semua aspek interior (headroom, legroom, shoulder room) dan bagasinya luar biasa lega
+ Mesinnya bertenaga, paling bertenaga di kelasnya
+ Gearboxnya sigap sekali untuk ngebut
+ Stylingnya yang ganteng abis
+ Equipmentnya yang bagus bgt buat entry level
- Steeringnya butut abis, Camry pun masih lebih beres setidak2nya ketika jalan lurus.
- Ride yg harsh, mazda 6 rigid tapi ga sampai keras spt optima.
- Buat konsumen kelas ini, mungkin akan mengeluh kurang smooth. khususnya penyaluran tenaganya. thanks to stupid DBW
Total trip dengan Kia Optima ini 459km, habis LPG sekitar 47 liter selama 5 hari.
rute bervariasi, dari twisty mountain road dekat Mt. Hallasan, Expressway, jalan kecil. 3 hari pertama panas terik, 2 hari terakhir hujan besar dan hari terakhir sempat ada typhoon kecil.
biaya sewa 37rb won per hari, silahkan dikali 12 rupiah.
hari pertama dan kedua sempat coba Veloster dan Genesis Coupe 2.0 Turbo
Maaf kalau foto kurang memadai hahaha lupa kalau mau review.
Review Kia Optima LPG 2012, Korea Domestic Market...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Review Kia Optima LPG 2012, Korea Domestic Market...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review Kia Optima LPG 2012, Korea Domestic Market...
nice om sharing nya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Review Kia Optima LPG 2012, Korea Domestic Market...
Velgnya culun yh, mending yg dsini
.

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Kia Optima LPG 2012, Korea Domestic Market...
wuih nice review oom.... singkat padat dan cukup jelas
setuju soal desain, Optima lebih baik. Sonata nggak jelas lekukan-lekukannya terlalu lebay dan dipaksakan... kayak ricer car...
dan mirip Audi/VW wajar karena yang desain mantan chief designer VW-Audi, Peter Schreyer
Haha... as i expected. Koreans car is all about cosmetics. sepertinya demam plastic surgery tidak hanya disukai oleh wanita, tapi juga sudah merambah ke otomotif....
sisanya... characterless.... ane sudah 3 kali nyetir mobil Korea : KIA Rio 2012, KIA Sportage Platinum 2013, KIA Sorento CRDi 2013.... nggak ada satupun yang mengena ke ane. Interior quality buruk, steer hambar, handling dull, dan bantingan harsh.... kualitasnya ya tetep begitu-begitu aja....
kalo sama Mazda yaa... masih jauh oom
wong Mazda6 terbaru ini keras nya nggak bikin sakit pinggang. udah nyaman, sporty feel dapet, build quality diatas rata-rata pesaingnya.
no offense... karena korean cars belakangan overrated berkat desain dan fiturnya. honestly, perkembangan di sektor lain tidak se-wah exteriornya.
enjin? cuma mengandalkan high output doang. akibatnya low-rev boyo seperti di Sportage. dieselnya sih cakep, sangat powahhhhful.... tapi entah itu spesifikasi jeroannya spt apa.... Koreans still need to learn to create cars....
setuju soal desain, Optima lebih baik. Sonata nggak jelas lekukan-lekukannya terlalu lebay dan dipaksakan... kayak ricer car...
dan mirip Audi/VW wajar karena yang desain mantan chief designer VW-Audi, Peter Schreyer
Haha... as i expected. Koreans car is all about cosmetics. sepertinya demam plastic surgery tidak hanya disukai oleh wanita, tapi juga sudah merambah ke otomotif....

sisanya... characterless.... ane sudah 3 kali nyetir mobil Korea : KIA Rio 2012, KIA Sportage Platinum 2013, KIA Sorento CRDi 2013.... nggak ada satupun yang mengena ke ane. Interior quality buruk, steer hambar, handling dull, dan bantingan harsh.... kualitasnya ya tetep begitu-begitu aja....
kalo sama Mazda yaa... masih jauh oom


no offense... karena korean cars belakangan overrated berkat desain dan fiturnya. honestly, perkembangan di sektor lain tidak se-wah exteriornya.
enjin? cuma mengandalkan high output doang. akibatnya low-rev boyo seperti di Sportage. dieselnya sih cakep, sangat powahhhhful.... tapi entah itu spesifikasi jeroannya spt apa.... Koreans still need to learn to create cars....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32
Re: Review Kia Optima LPG 2012, Korea Domestic Market...
Biaya sewanya kalau dirupiahkan sekitar Rp 450rb per hari, murah juga yah, kalau disini harga segitu cuman dapet avanza, atau mungkin innova...
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Kia Optima LPG 2012, Korea Domestic Market...
Wuah... nice ripiu om... langsung driving di Jeju, Koryo pulak...
Nah ini dia, mobil yang ane penasaran. Sering liat acara TV korea dan beberapa mobil HyunKIA muncul. Ngeliat gimmicknya sih menarik. Entah pegimane ride experience nya... Padahal jalanan di Korea mulus tanpa lubang...



Nah ini dia, mobil yang ane penasaran. Sering liat acara TV korea dan beberapa mobil HyunKIA muncul. Ngeliat gimmicknya sih menarik. Entah pegimane ride experience nya... Padahal jalanan di Korea mulus tanpa lubang...
Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Review Kia Optima LPG 2012, Korea Domestic Market...
Ane pernah jadi penumpang di mobil ini. Feel posisi duduknya enak banget serasa tenggelam & mantap seperti naik sedan eropa, meski kualitas interior biasa aja. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Review Kia Optima LPG 2012, Korea Domestic Market...
iya neh om debut pertama review hehe. i love mazda 6 om hahaha. tp yg di indo, sptnya kia dicukur semua fiturnya om. tempat tombolnya kosong semua tuh hahaha. fiturnya melimpah banget deh om disana buat basic modelnya. berarti mobil kia hyundai bgitu semua yak. tp dibanding 10thn lalu, mobil korea skrg sih jauh lebi bagus ya om. misal dijejerin sama kia lotze (optima 2nd gen) ato optima generasi pertama. wah jauh bagus yg skrg. Tar yak om, lg nyusun review Hyundai Veloster kuning haha.ChZ wrote:wuih nice review oom.... singkat padat dan cukup jelas
setuju soal desain, Optima lebih baik. Sonata nggak jelas lekukan-lekukannya terlalu lebay dan dipaksakan... kayak ricer car...
dan mirip Audi/VW wajar karena yang desain mantan chief designer VW-Audi, Peter Schreyer
Haha... as i expected. Koreans car is all about cosmetics. sepertinya demam plastic surgery tidak hanya disukai oleh wanita, tapi juga sudah merambah ke otomotif....![]()
sisanya... characterless.... ane sudah 3 kali nyetir mobil Korea : KIA Rio 2012, KIA Sportage Platinum 2013, KIA Sorento CRDi 2013.... nggak ada satupun yang mengena ke ane. Interior quality buruk, steer hambar, handling dull, dan bantingan harsh.... kualitasnya ya tetep begitu-begitu aja....
kalo sama Mazda yaa... masih jauh oomwong Mazda6 terbaru ini keras nya nggak bikin sakit pinggang. udah nyaman, sporty feel dapet, build quality diatas rata-rata pesaingnya.
![]()
no offense... karena korean cars belakangan overrated berkat desain dan fiturnya. honestly, perkembangan di sektor lain tidak se-wah exteriornya.
enjin? cuma mengandalkan high output doang. akibatnya low-rev boyo seperti di Sportage. dieselnya sih cakep, sangat powahhhhful.... tapi entah itu spesifikasi jeroannya spt apa.... Koreans still need to learn to create cars....
yep mulus sekali om, jd bantingannya ga sbrp masalah sih disana. speed bumpnya pun yahud banget bentuknya. kalo di indo naik ginian encok pinggang kita om. kbetulan di jeju tarif sewa mobil separuh harga di mainland korea. jadi kesempatan deh buat nyoba. saya bakal pindah kesana om bulan depan. jadi nanti saya bakal coba review mobil2 korea disana haha. Tar fotonya dibanyakin belajar spt suhu madcat hehe.madcat015 wrote:Wuah... nice ripiu om... langsung driving di Jeju, Koryo pulak...![]()
![]()
![]()
Nah ini dia, mobil yang ane penasaran. Sering liat acara TV korea dan beberapa mobil HyunKIA muncul. Ngeliat gimmicknya sih menarik. Entah pegimane ride experience nya... Padahal jalanan di Korea mulus tanpa lubang...
tp kan disini dapet supir om hahaha. saya sering rental mobil diluar negeri om. pernah coba Lexus IS250, Ford Falcon V6, Camry hybrid. Lexus aja cuma 60usd om sehari. saya rasa metode test drive paling bagus ya dgn rental. bisa dicoba di jalan berkelok2, jalan tol. test drive sesi dari showroom ga bs leluasa.ammophobia wrote:Biaya sewanya kalau dirupiahkan sekitar Rp 450rb per hari, murah juga yah, kalau disini harga segitu cuman dapet avanza, atau mungkin innova...
nama idnya mirip family name saya om hehe. ya culun emang om, kalo yg tipe atas pake velg 18. ga tau deh kerasnya kayak apa. ban profil 70 aja udah keras apalg profil 45 apa 50WongZo wrote:Velgnya culun yh, mending yg dsini.
iya rendah banget om dan spt tenggelam haha. saya biasa bawa SUV rasanya aneh klelep.Hansen wrote:Ane pernah jadi penumpang di mobil ini. Feel posisi duduknya enak banget serasa tenggelam & mantap seperti naik sedan eropa, meski kualitas interior biasa aja.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Kia Optima LPG 2012, Korea Domestic Market...
Wow, makasih om vincewonk...vincewonk wrote:-cut-
yep mulus sekali om, jd bantingannya ga sbrp masalah sih disana. speed bumpnya pun yahud banget bentuknya. kalo di indo naik ginian encok pinggang kita om. kbetulan di jeju tarif sewa mobil separuh harga di mainland korea. jadi kesempatan deh buat nyoba. saya bakal pindah kesana om bulan depan. jadi nanti saya bakal coba review mobil2 korea disana haha. Tar fotonya dibanyakin belajar spt suhu madcat hehe.madcat015 wrote:Wuah... nice ripiu om... langsung driving di Jeju, Koryo pulak...![]()
![]()
![]()
Nah ini dia, mobil yang ane penasaran. Sering liat acara TV korea dan beberapa mobil HyunKIA muncul. Ngeliat gimmicknya sih menarik. Entah pegimane ride experience nya... Padahal jalanan di Korea mulus tanpa lubang...
-cut-



Semoga pindahannya berjalan dengan lancar dan mudah om... Terima kasih atas kesediaan om vincewonk untuk merelakan waktu dan tenaga dan pikirannya untuk meripiu mobil KDM di Korea sana... Tentu saja ripiu2 om vincewonk sangat ditunggu dan bakalan menyediakan pengetahuan yang sangat berharga tentang dunia otomotif di Korea...
Kudos to you, om...

Waktunya membuat SM lebih besar lagi, an Indonesian automotive forum with members and reviews across the globe...

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Review Kia Optima LPG 2012, Korea Domestic Market...
Dan jgn lupa, salah satu orientasi pabrikan mobil komersil, tentunya bukan hanya mobil yang "hebat" tapi juga mobil yang "laku dan untung".vincewonk wrote:iya neh om debut pertama review hehe. i love mazda 6 om hahaha. tp yg di indo, sptnya kia dicukur semua fiturnya om. tempat tombolnya kosong semua tuh hahaha. fiturnya melimpah banget deh om disana buat basic modelnya. berarti mobil kia hyundai bgitu semua yak. tp dibanding 10thn lalu, mobil korea skrg sih jauh lebi bagus ya om. misal dijejerin sama kia lotze (optima 2nd gen) ato optima generasi pertama. wah jauh bagus yg skrg. Tar yak om, lg nyusun review Hyundai Veloster kuning haha.ChZ wrote:wuih nice review oom.... singkat padat dan cukup jelas
setuju soal desain, Optima lebih baik. Sonata nggak jelas lekukan-lekukannya terlalu lebay dan dipaksakan... kayak ricer car...
dan mirip Audi/VW wajar karena yang desain mantan chief designer VW-Audi, Peter Schreyer
Haha... as i expected. Koreans car is all about cosmetics. sepertinya demam plastic surgery tidak hanya disukai oleh wanita, tapi juga sudah merambah ke otomotif....![]()
sisanya... characterless.... ane sudah 3 kali nyetir mobil Korea : KIA Rio 2012, KIA Sportage Platinum 2013, KIA Sorento CRDi 2013.... nggak ada satupun yang mengena ke ane. Interior quality buruk, steer hambar, handling dull, dan bantingan harsh.... kualitasnya ya tetep begitu-begitu aja....
kalo sama Mazda yaa... masih jauh oomwong Mazda6 terbaru ini keras nya nggak bikin sakit pinggang. udah nyaman, sporty feel dapet, build quality diatas rata-rata pesaingnya.
![]()
no offense... karena korean cars belakangan overrated berkat desain dan fiturnya. honestly, perkembangan di sektor lain tidak se-wah exteriornya.
enjin? cuma mengandalkan high output doang. akibatnya low-rev boyo seperti di Sportage. dieselnya sih cakep, sangat powahhhhful.... tapi entah itu spesifikasi jeroannya spt apa.... Koreans still need to learn to create cars....
Demi kompromi ini, kadang satu harus dikorbankan untuk yang lainnya.
Mungkin bisa saja salah satu pabrikan, tim R&D-nya develop mobil yang hebat, tapi oleh management bisa saja dianggap ngga sepadan atau ngga masuk jalur produksi/sales.
Dilema-dilema seperti ini wajar dialami perusahaan manufaktur, termasuk di keseharian saya (meski bukan di dunia otomotif)
Saat ini mungkin trend yg dianggap lebih menjual adalah tampang & fitur, bukan rasa berkendara. Jadi semua resource dan R&D lebih diarahkan kesitu.
Seperti halnya disini, mobil2 ber-krom overkill, dicaci di SM, tapi kenyataannya malah itu yang menjual.
Padahal bisa jadi, desainer-nya waktu ngasih krom2an seperti itu juga setengah hati dan ngga rela hehehe...
Maybe Korean still needs to learn create car, but they did n do a hell of a great job making and selling it worldwide, not domestic only (seperti yg dialami pabrikan2 China/India, jadi besar karena jualan domestik atau beli kepemilikan pabrikan mapan)
Hyundai/Kia, sudah beberapa tahun terakhir jadi #4 world's largest automaker by sales & production. Hanya dibawah Toyota, GM dan VW Group.
http://www.oica.net/wp-content/uploads/ ... anking.pdf
Kalau di Asia, sudah jelas hanya kalah sama Toyota, pabrikan Japs lainnya sudah dilewati dengan sukses
*btw, ditunggu review Veloster nya ya pak.. Sekalian Genesis-nya juga kalau bisa

dan jgn lupa banyakkin foto2nya hehehe...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Review Kia Optima LPG 2012, Korea Domestic Market...
Iya neh om sedih deh lupa fotonya. Dan saya ada sempet coba all new sonata juga om. Genesis Coupe sayangnya yang saya bukan yg terbaru.