
Saya udah inden sejak maret, dan sejak saat itu bimbang terus untuk meminang LCGC, pengalaman bermobil saya tidak terlalu banyak, yang dimiliki sendiri Cuma Civic Excelent 80, starko 89 dan Ford Laser GL 93. Kalo ngurusi punya sodara bervariasi, dari MPV sampe sedan. Sebenarnya bukan mobil yang merepotkan, tapi namanya mobil udah capek, pasti ada aja sparepart yang udah umurnya minta ganti. LCGC merupakan jalan keluar untuk memiliki mobil baru, dengan budget saya yang maksimal 100 juta pas gk pake nambah “dikit” seperti istilah orang2.

Dari maret sampe akhirnya dapet ni unit awal bulan ini tipe T warna Grey Metallic, saya belum ada keyakinan untuk milih ini sebenarnya. Karena lebih tertarik dengan LCGC yg 4 silinder. Tapi akhirnya waktu kemarin antar saudara, manfaat 5+2 baru terasa. Hal yang tidak mungkin diakomodasi LCGC lain yaitu 5 dewasa 3 anak2 didalam mobil baru 100 juta kurang (99,9 Juta). Harga kampret
Oke cukup intronya
Exterior:
-Mobil ini termasuk enak dilihat menurut saya (jelas, merefer ke histori mobil saya)

-Wiper aman buat Hujan deras, walaupun Cuma 1 bilah (udah dicoba pas deres banget), sapuan merata, baik supir maupun penumpang tetap jelas melihat kedepan.

-Lampu depan sebaran cukup merata, baik samping maupun depan
-Spion yang plastik hitam, sebenarnya bukan masalah besar karena dari pilar A, pilar B semua berwarna hitam, jadi kalau dilihat dari samping hitam semua. Kecuali kacafilm pake yg silver/seperti kaca jadi berantakan estetikanya menurut saya.
-Banyak yang mengeluhkan suara pintu, bagi saya sih memang lebih keras suaranya untuk mobil baru yg belakang terutama
-Jendela belakang agak kecil, mungkin untuk beberapa orang menyulitkan ketika mundur.
Interior
-Rasanya semua orang banyak mengeluhkan interior yang sangat kurang, bukan kualitasnya tapi asesoris pendukungnya, seperti glovebox, HU yg Cuma MDS, Power Window yang Cuma depan dan tidak dilengkapi master control. Saya sih tidak mengeluh, karena bagi saya udah jauh lebih keren dari mobil sebelumnya. Memang ada beberapa ganjalan, seperti tidak ada jam, tiltsteering, Tachometer yang ada di MID, knop AC yg seperti kompor. Tapi inget, ini LCGC dan semua LCGC gitu
-Ruang kaki enak, kaki kiri bisa sandaran di consol tengah tempat tuas presneling
-Yang saya suka dari penempatan tuas gigi dan tuas rem tangan sangat dekat dengan setir, tangan tidak perlu jauh2 ke samping kiri untuk pindah gigi dan rem tangan.
-Kekedapan kabin lumayan lah untuk LCGC, dari atas/atap tidak terlalu berisik ketika hujan deras, dari samping suara masih masuk apalagi dari Motor bebek berknalpot Moge (baca bersuara keras), rencana karet pintu body diganti yang pake balon. Semoga membantu. Suara dari bawah kedengeran banget, bahkan pasir aja kedengeran. Padahal saya lihat ada lapisan di ruang roda, entah itu lapisan peredam suara/anti karat. Setelah saya aplikasi antikarat, suara dari bawah sedikit berkurang.
-Rasanya sehari2 tidak mungkin kursi depan mentok habis kebelakang kecuali yg duduk depan overweight. Tengah masih enak kok untuk 3 orang dewasa berukuran wajar. Untuk row 3 kemarin di isi 2 anak kecil karena yg 1 dipangku ditengah lalu didepan. Masih luas kok, buktinya bisa tingkah polah gk karuan.
Performa mesin:
-Getaran mesin wajar menurut saya, bahkan sama dengan mobil saya sebelumnya yg 4 silinder. Mungkin mindset yang harus dirubah kalau mesin 3 silinder getar, karena perkembangan teknologi mesin dan engine mounting.
-Kemarin isi 5 dewasa 3 anak, saya masih bisa ngebut kok dengan full AC, ketika AC mati maupun nyala tidak terasa bedanya.
-Gigi 1 pendek banget, hanya sampe 20-30 KPJ udah abis nafas. Memang menurut saya spesialis tanjakan dan angkatan pertama saja. Gigi 2 cocok untuk padat merayap. Gigi 3-5 udah cocok untuk penggunaan lalu lintas lancar dan Tol. Cuma menurut saya perbandingan gigi 1 dan 2 agak jauh, kadang di kecepatan tanggung, gigi 1 RPM udah 3000 sedang kalo gigi 2 masih terlalu berat. Bisa lihat di spec teknis
-Suara knalpot kalo diperhatikan ternyata meraung “gruunggg” gitu, mungkin ciri khasnya seperti ipah bensin ketika berakselerasi. Saya sih lebih suka hening, karena waktu ababil masih bawa civic excellent, knalpot udah kayak sembalap. Sekarang udah tobat
-Suara kipas termasuk kencang, menurut ane bagus. Negara kita tropis soalnya hehehe... perlu gk ya ditambah extra fan?
-Mesin ane termasuk puas banget baik dengan performa, tarikan enteng. Buat selap selip responsif. Kemaren baru jalan 120 KPJ enak2 aja, mau diatas itu? Lebih baik ganti ban dulu.
-Untuk lurus gk usah ditanya, tarikan enteng banget. Mungkin karena limpahan torsi yg jauh lebih besar dari LCGC 3 silinder lain.
Suspensi:
-Pertama pasti orang bilang keras, saya pun merasa begitu walau perlu saya ralat kerasnya bukan berarti tidak nyaman tapi kaku mirip swift/ AN picanto pas ane coba2 punya sodara n temen. Tapi waktu dicoba2 berandalan di Tol, selap selip. Body roll lumayan berasa tapi gk parah.
-Waktu isi 5 dewasa 3 anak, tinggi mobil relatif turun Cuma sedikit, tidak membuat mobil jadi mendongak. Bantinganpun tetap nyaman
Kesimpulan:
Bagi saya Datsun mengurangi cost untuk interior dan kelengkapan tambahan, namun membayar dengan kelengkapan yang lebih penting seperti
-mesin yang menurut ane lebih rapi, torsi yang lebih besar hampir sama seperti LCGC 4 silinder, gk seadanya
-Immobilizer
-Ane gk tau tebal plat body LCGC lain, tapi rasanya kurleb.
-Suspensi yang lebih rigid, lebih stabil
-Akomodasi yang lebih baik, walau bukan 7 seater tapi 5+2
-ane sih lebih puas drpd performa mesin LCGC 1000cc
AKAN DI UPDATE Lagi, belum 1 bulan itupun gk bawa tiap hari. sehari2 biker