
Itu sebelumnya dia pasang peredam di tempat lain, makanya ditulis peredam awal, lalu dibanding dgn hasil pengukuran VNT lain yg masih std ting2

nah yg ini komparasi lgs di mobil yg sama, Fortuner VNT juga
saya belum sempat coba naik mobil2 tsb, tapi jika melihat angka2 tsb spt nya penurunan level kebisingannya sih menarik juga
Di RPM 3000 itu biasanya suara mesin D4 D udah cukup kenceng (berisik)
Nah skg kita bandingkan yuk dgn noise level mobil bensin kelas Premium
2014 Mercedes-Benz E-Class Sedan
(3.5L V6 AWD 7-speed Automatic)
Sound level @ idle (dB) 37.6
@ Full throttle (dB) 71.6
@ 70 mph cruise (dB) 60.3
http://www.edmunds.com/mercedes-benz/e- ... pecs2.html
Saat idle si bensin memang 11 dB lebih senyap......tapi saat cruise / RPM tengah........angkanya sangat dekat......dan ini sedan Premium Gasoline lawannya hanya SUV Diesel kelas menengah aja lho.........biar dipasangin peredam canggih harga mobil + peredamnya tetep jauhhhhh sekali di bawah sedan premium Gasoline
Cruise di VNT biasanya di sekitar RPM 2000 - 2500......noise level dipengaruhi faktor suara ban juga
(Bacaan dB meter beda merek alat bisa beda, yg kita perhatikan di sini adalah "Before - After"-nya)
*bukan seles bengkel peredam*