
Pemikiran saya adalah saat ini konsumen sdh muali dimanjakan dgn berbagai fitur di mobil2 masa kini, bahkan untuk mobil yag kelas "menengah" harga 200 -300 an pun fitur sdh mulai banyak, termasuk Honda sdh mulai tobat dari sunat2 nya.
Namun tidak semua fitur tsb betul2 berguna atau kepake di Indo, banyak yg masih gimmick yg tdk/jarang dipake tapi nambah2 in harga nya.
Nah berdasarkan hal itu, saya ajak rekan2 utk kasih opini, berdasarkan pengalaman selama punya mobil (apa saja), kalau mau beli lagi, fitur apa yang HARUS ada, yang kalau ga ada jadi deal breaker.
Syarat2 nya :
1. harus fitur yg benar2 akan dipake , baik yg selama ini dirasakan sangat bermanfaat di mbil2 yg sdh dimiliki, atau yang belum pernah dimiliki tapi dirasa amat penting dan pasti akan dipake. Contoh : kalau yg ga hobi musik ya jangan masukin fitur "speaker ajib, Bose, HK, dsb". Yang ga butuh sunroof ya jangan minta itu, yang ga doyan ngebut jangan minta VSC, traction control, turbo dst. Yang ga bawa mobilnya keluar kota naik gunung/offroad ya ga perlu HSA, HLA, dll.
2. Fitur boleh dari sisi interior ataupun exterior. Contoh interior : sunroof, audio, paddle shift. Exterior : foglamp, roof bar, Xenon headlamp, Hill start assist, etc.
3, Fitur harus asli bawaan pabrik, jadi misalnya kalau foglamp ya bawaan dr sononya, bukan beli sendiri.
4. Harus disebutkan alasannya kenapa harus ada fitur tsb, kalau bisa berdasarkan pengalaman selama ini.
Saya mulai dari saya sendiri :
Interior :
1. Kualitas audio yang cukup baik, tidak harus mahal tapi jangan asal2an dan speaker ganjelan pintu (i'm talking to you, Hando). kenapa? karena saya suka dengerin musik di mobil utk ngurangi stres krn macet. Oh ya audionya harus bisa bluetooth utk streaming musik dr smartphone saya, juga berguna utk telepon2 an.
2. Harus ada tombol kontrol audio dan HF bluetooth di setir, karena bahaya utak atik audio di dasboard sambil nyetir. Juga kalau puter lagu pake kabel ribet dan bahaya kalau ada telepon masuk.
3. Tuas perseneling musti di consol tengah, krn saya ga suka kalau di setir, rasanya aneh dan ga natural
4. Harus ada cukup banyak kompartemen utk uang logam, HP, CD, uang kertas, karcis, botol minum, dll
5. Setir harus tilt dan telescopic karena ukuran badan yang ga sama setiap orang supaya bisa dapet posisi yg pas. Kursi juga ada heigth adjuster
6. Ada opsi manual gearing kalau mobilnya matic, bisa pake paddle shift atau di tuas gpp asal jgn spt di Ford dan Chevy Spin yang aneh itu posisinya.
7. harus ada lampu di plafon atas depan di atas dashboard (saya ga jadi beli Livina krn ini), supaya cari2 barang dan baca karcis di malam hari lebih mudah
8. bangku belakang bisa dilipat utk nambah volume bagasi
9. MID ada minimal bisa lihat konsumsi fuel, rata2, jarak tempuh, dll.
Exterior :
1. Foglamp harus ada, hari ini mobil modern ga ada foglamp keterlaluan, dan bagi saya perlu krn bisa nambah penerangan sore hari.
2. Spion harus bisa dilipat elektrik meski ga harus auto fold
3. Harus ada VSC /Stability control/traction control karena saya suka ngebut dan manuver
4. mesin N/A bukan turbo karena turbo perawatan lebih extra dan sensitif sama bensin
5. Setir harus pas beratnya, jgn terlalu ringan atau berat. Ga mau yg hidrolis krn ribet ganti oli dsb.
6. ABS, EBD, BA wajib ada
Udah itu saja

Silahkan rekan2 ikut urun pendapat berdasarkan pengalaman masing2.
thanks sdh baca