
Mobil yang saya review adalah RR Vouge 2006 dengan mesin BMW M57, 3000CC turbo diesel 6 inline yang sampe saat ini sebenernya BMW cuma improve dikit2 dari mesin ini..
Jujur mobilnya underpowered, no torque whatsoever, but what you get is superb comfort, just like driving a yacht on a water really.. 190HP dengan 390NM untuk narik kebo seberat 2.7Ton.. Hehehe.. But di indo mobil ini populasi totalnya hanya 10 unit saja setelah ngecek ke Java.. But anyway here we go..
Exterior:
Good looking, handsome, kotak kotak, garis tegas, macho.. Mobilnya saya beli sudah ada head lamp cover dan rear lamp cover asli dari UK. Tadinya ada talang air juga tapi saya copot karena jadi kaya naik mobil murah aja.. Hehe, peace.. Ga cocok aja menurut saya.. Kebetulan saya punya udah facelift asli dari UK so no need facelift2an yang harganya mencapai 90 juta. Dikasih velg 20 inch dari RR Sport langsung keren mobilnya.. Cocok betul dengan mobilnya.. Thumbs up buat model yang udah 12 tahun ga keliatan tua..

Score: 9/10
Interior:
As usual mobil ini penuh leather dan wood.. Baunya oxford leather with beige color dan wood grain.. Mantep deh... Mobil ini jujur masih miskin fitur.. Hanya saja simple banget untuk digunakan. Cuma ada air sus, Traction control, cruise control, audio 12 speaker harman kardon logic 7, full electric seats depan, airbag ada 8, and the rest is a standard features lah.. colokan hape aja masih maunya nokia yang dapet dari sana.. wkwkwk..
Jok, wah kaya nyetir pke jok sofa, gede banget untuk orang seukuran saya yang gedenya 187cm dengan berat 130KG. Jok belakang juga gede banget, lega.. Bagasi, beh, bisa masuk ban 20 inch ga ada masalah deh.. This car is the big daddy dan full size real SUV.. Ada sunroof, full electric windows di 4 kaca belakang and thats all really. Nothing fancy.. Just easy to use car..

Score: 8/10
Engine, Handling, Rides:
Engine seperti yang saya bilang, lemot, boyo banget. Mesti full throttle baru deh mobilnya ngacir.. Torsinya agak ngepas buat 2.7ton. So driving thrill is not what you get here or what you expect. But whats the most important is the ride, how you feel.. No wonder dipakai oleh kerajaan inggris.. mobilnya senyap, bantingan empuk, sangat enak. Di tol mobilnya diem, ga banyak goyang and for cruising sangat enak.. Full tank 110L bisa untuk 600 KM dalam kota dan 1000KM lebih kalau luar kota. So dieselnya sangat irit.. dan untungnya masih euro 3, but saya kasih DEX terus koq..
Kalau nikung, ya mobil besar kebo begini ga bisa nikung cepet2.. Harus pelan2, it's not like Beemer yang bisa di belokin kaya di circuit.. But it must be gentle, soft and tender.. hehehe.. Kaya nonik2 suroboyo gt loh yang mulus2.. wkwkwkwkw... (maklum setengan jowo suroboyo juga..)..

But anyway, if you want this car, then don't expect to be a performance car. This is a gentlemen's car.. So you ride in style and very comfy..

Score: 8/10
Reliability:
Nah ini pasti jadi pertanyaan orang nih kalau beli mobil ini bermasalah apa. Jujur saya beli mobil ini ada sedikit masalah dengan selang, dan kaki2. Sisanya good as new.
Yang perlu diperhatikan sudah pasti suspensi. Suspensi RR Vouge L322 memang agak lemah di airsusnya, setelah saya ngomong dengan orang UK, dia bilang air sus terbuat dari rubber dan pasti karena panas dan lembabnya kota asia, maka lebih cepet jebol. Di indo jebol 50rb KM dan di UK bisa sampai 80rb KM.
But untungnya saya punya kompresor sudah diganti dari pemilik yang dulu dan itu ngirit 13 juta kantong saya.. Airsus yang cepet rusak hanya bagian depan saja dan itu untuk 2 biji(disarankan ganti langsung 2 2nya, jangan satu saja) dengan harga 24 juta sudah dengan jasa..
Kemudian ball joint, arm double wishbonenya, bushing, engine mounting saya ganti semua kena harga 10 juta lah.. Plafon saya lem ulang karena sudah turun dan penyakit mobil eropa di indo cuma 1 juta aja udah beres. Beberapa interior panel vinylnya ngelontok, saya cat ulang dan ga kena biaya karena kenalan bokap. Dan untuk mesin bukan serius hanya saja selang dari filter solar ke high pressure line leak dan sudah hancur. Itu saya ganti 2 juta rupiah. dan washer lampu depan ganti 1.5 juta dan bocornya tabung reservoir washer kaca, dengan harga 800rb. So total saya sudah spend di mobil ini kira2 ya 60 juta lah sama velg 20 inch RR sport dengan bannya.
But after this you're driving without worrying other things. Semua tinggal pakai..

Overall:
Mobil enak, agak lemot, interior mewah, nyetir aja bisa ngantuk abis kaya duduk di yacht mewah.. Mantep dah pokoknya.. Overall score 8.5/10..
Yang minat mobilnya boleh contact saya masih available nitip di showroom temen.. Dan I show you what RR can do in Jakarta.. Looks expensive but you can terobos banjir 80CM.
Nanti foto banjir menyusul (karena ganti hape fotonya ilang deh..)... Jadi adanya foto nyomot dari internet but you know how deep jakarta flood can be...





